urutan film transformers

Transformers merupakan salah satu franchise film dengan banyak film yang telah tayang, terdapat juga beberapa spin-off dari film. Sehingga bagi yang tidak mengikuti film ini dari awal, tentu akan kesulitan menentukan urutan film Transformers dari pertama sampai terakhir.

Nah, untuk memudahkan Sedulur menonton film ini dan mengikutinya, maka akan kita bahas seperti apa urutan film Transformers dari awal hingga akhir. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Urutan Film John Wick Lengkap dengan Sinopsisnya!

Film Transformers Adaptasi Kisah Fiksi

urutan film transformers
Screen Rant

Pada awalnya, film transformer merupakan sebuah cerita fiksi yang terkenal di Amerika serikat tahun 1984, hal tersebut karena pada tahun 1980-an semua cerita tentang robot disukai oleh banyak orang. Sehingga kemudian cerita fiksi tersebut diadaptasi menjadi sebuah komik dan tayangan kartun.

Secara perlahan, kemudian Transformers juga diadaptasi menjadi sebuah mainan dan laris hingga banyak terjual. Akhirnya, pada tahun 2007, dirilis film pertama Transformers ketika teknologi cinematic telah sanggup mewujudkan setiap detail kebutuhan film Transformer. Dari awal dirilis tersebut, hingga tahun ini Transformer telah mengeluarkan banyak film yang ceritanya diadaptasi dari komik dan tayangan kartun yang pernah tayang tahun 1990-an dan 1980-an.

Urutan Film Transformers Berdasarkan Tahun Rilis

Awal pembahasan terkait urutan film Transformers, kita akan bahas terselebih dahulu urutan film Transformers berdasarkan tahun rilisnya. Berikut ini adalah urutan dari film Trasformer berdasarkan tahun rilisnya, yaitu:

1. Transformers (2007)

urutan film transformers
Movieeden

Film Transformers pertama disutradarai oleh Michael Bay dan dirilis pada tahun 2007 silam. Ceritanya dimulai dengan penemuan kubus misterius oleh karakter Sam Witwicky. Remaja tersebut tidak mengetahui kalau kubus yang ditemukan adalah warisan perang antara Autobots (robot alien baik) dan Decepticons (robot alien jahat).

Sam akhirnya bertemu dengan Optimus Prime, pemimpin Autobots, dan belajar tentang perang rahasia yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Di sini, Sedulur bakal melihat aksinya Sam dan para Autobots yang berusaha melindungi kubus tersebut biar tidak direbut Decepticons.

2. Transformers: Revenge of the Fallen (2009)

Urutan nonton Transformers selanjutnya adalah sekuel berjudul Revenge of the Fallen yang rilis pada tahun 2009. Di sini, karakter Optimus Prime dan Autobots sudah bekerja sama dengan pasukan manusia yang dipimpin oleh sektor tujuh dalam melindungi Bumi.

Namun, sayangnya, pasukan Decepticons juga dipimpin oleh Fallen, seorang robot jahat kuno yang berencana menghancurkan Bumi. Pertempuran Optimus Prime dan kelompok Autobots ini akhirnya berakhir cukup tragis karena ada banyak kehilangan pada pihak Autobots dengan matinya beberapa karakter.

3. Transformers: Dark of the Moon (2011)

urutan film transformers
ComicsAlliance

Selanjutnya, Sedulur bisa langsung nonton sekuel Transformers: Dark of the Moon (2011). Tidak kalah seru, Sedulur akan melihat Sam dan Carly, pacar barunya, terlibat dalam pertempuran ketika Decepticons memulai perang lama melawan Autobots.

Kemudian, Autobots juga mempelajari pesawat ruang angkasa Cybertronian yang tersembunyi di bulan untuk berlomba melawan Decepticons.

4. Transformers: Age of Extinction (2014)

Nah, urutan sekuel lainnya yang bisa Sedulur tonton adalah film Transformers: Age of Extinction (2014). Tentu, plot ceritanya masih berlanjut dari film sebelumnya. Setelah pertempuran epik, sebuah kota besar hancur berantakan, tetapi Bumi sendiri terselamatkan. Sayangnya, ada ancaman baru yang mengincar Bumi.

Bersamaan dengan hal tersebut, Sedulur akan menyaksikan kisah sekelompok manusia baru yang dipimpin oleh Cade Yeager membantu Optimus Prime dan Autobots untuk bangkit menghadapi masalah.

5. Transformers: The Last Knight (2017)

Sekuel kelima Transformers berjudul The Last Knight yang masih disutradarai oleh Michael Bay. Film ini berlatar di dunia yang terbagi antara manusia dan Transformers. Namun, para manusia sudah mulai berperang melawan Transformers, baik Autobots maupun Decepticons yang dianggap sebagai ancaman. Pertempuran tiga pihak ini membuat dunia sedang terancam.

Pada akhirnya, Autobots dan manusia memutuskan untuk bekerja sama dan melawan Decepticons yang memang memiliki niat jahat untuk menguasai bumi dan menjadikan semua robot dibawah kendali mereka.

6. Bumblebee (2018)

film bumblebee
Vox

Sesuai judulnya nih, sekuel Transformers satu ini menceritakan Bumblebee sebagai karakter utamanya. Nah, film ini berlatarkan pada tahun 1987, di mana perang antara Autobots dan Decepticons di planet Cybertron lagi panas-panasnya.

Sebagai upaya terakhirnya, Optimus Prime mengirim Bumblebee ke Bumi yang akhirnya berteman dengan seseorang bernama Charlie Watson. Di sini, Sedulur bisa melihat pertemanan manusia dan robot yang semakin kuat dalam memberantas kejahatan.

7. Transformers: Rise of the Beasts (2023)

Urutan film Transformers terakhir baru saja tayang pada bulan Juni 2023, yaitu Rise of the Beasts. Ceritanya mengenai Optimus Prime dan Autobots menghadapi musuh dan tantangan terbesar mereka karena ada ancaman baru yang bisa menghancurkan seluruh planet.

Menariknya, mereka harus bekerja sama dengan Maximals, kelompok Transformers terkuat, untuk menyelamatkan Bumi. Kira-kira, bagaimana perjuangan para robot ini? Wajib ditonton segera jika Sedulur ingin mengetahui kelanjutannya.

Urutan Film Transformers Berdasarkan Kronologi

Berbeda dengan urutan film di atas yang berdasarkan tahun rilis, ada juga alternatif lain yang bisa Sedulur lakukan bagi yang akan menonton Transformers berdasarkan kronologi kejadian dari film itu sendiri. Berikut ini adalah urutannya:

  • Bumblebee (2018)
  • Transformers: Rise of the Beast (2023)
  • Transformers (2007)
  • Transformers: Revenge of the Fallen (2009)
  • Transformers: Dark of the Moon (2011)
  • Transformers: Age of Extinction (2014)
  • Transformers: The Last Knight (2017)

BACA JUGA: Urutan Film Insidious dari Chapter Pertama Hingga Terbaru 2023

Fakta Film Transformers: Rise of the Beasts

urutan film transformers
EW

Nah, perlu juga Sedulur ketahui, bahwa terkait film Transformers terbaru, terdapat beberapa fakta menarik yang wajib Sedulur ketahui. Adapun fakta-fakta yang dimaksud berkaitan dengan film dan juga produksinya. Berikut ini beberapa faktanya:

1. Diadaptasi dari Best Wars Transformers (1996)

Film terbaru Transformers yang berjudul Transformers: Rise of the Beasts mengadaptasi alur cerita dari serial Best Wars Transformers. Best Wars Transformers adalah seri Transformers pertama yang menampilkan karakter-karakter animal dalam animasi komputer.

Serial tersebut menampilkan Autobots dan Decepticon yang berubah menjadi makhluk bernama Maximals dan Predacons. Serial Best Wars Transformers memulai debutnya pada tahun 1996 dan berakhir pada 7 Maret 1999.

Film Transformers: Rise of the Beasts pada dasarnya akan kembali menampilkan Transformers terkenal yang telah kita lihat sebelumnya. Tetapi, akan ada beberapa grup baru juga, hal tersebut tentu saja grup baru yang berkaitan dengan beberapa karakter dari Maximals dan Predacons.

Dalam film ini juga, perseteruan akan menyeret dua grup yang berselisih yaitu Autobots dan Decepticons, disertai dengan keterlibatan Maximals. Maka dari itu, dalam film ini porsi tentang penjelasan Maximals akan didahulukan.

2. Autobots baru

Bukan hanya akan memunculkan Maximals dengan beberapa karakter barunya, namun dalam film Transformers: Rise of the Beasts akan memunculkan Autobots baru, seperti Mirage dan Wheeljack. Karakter Autobots yang sebelumnya belum pernah tampil di film Transformers.

Mirage merupakan Autobots yang dapat berubah menjadi Porsche 964 Carrera RS 3.8 berwarna biru perak dan dapat memproyeksikan hologram. Sementara, Wheeljack, seorang ilmuwan dan mekanik yang dapat berubah menjadi bus panel Volkswagen Tipe 2 berwarna coklat dan putih tahun 1970-an.

Mirage akan diperankan oleh Pete Davidson. Kemudian, Wheeljack akan diperankan oleh Cristo Fernandez, aktor dan pesepak bola Meksiko. Selain Mirage dan Wheeljack, terdapat juga Arcee, Autobots wanita yang dapat berubah menjadi motor Ducati 916 berwarna merah putih.

Keunikan Arcee sendiri yaitu karena berubah menjadi motor, Arcee sendiri dapat memunculkan karakter virtual sebagai pengemudinya saat menjadi motor Ducati 916. Selain itu, ada Stratosphere, Autobots Air-Soldier yang berubah menjadi pesawat kargo Fairchild C-119 Flying Boxcar.

3. Berlatar tahun 1994

Film ketujuh dari seri Transformers ini berlatarkan tahun 1994, beberapa tahun setelah peristiwa Bumblebee tahun 1987. Pada tahun 1994, sepasang arkeolog manusia dari Brooklyn memasuki konflik melalui petualangan keliling dunia dengan Autobots.

Pada saat itu, Autobots sendiri tengah berkaitan dan berhubungan dengan tiga faksi Transformers yaitu Maximals, Predacons, dan Terrorcons. Sutradara Steven Caple Jr. dan produser Lorenzo di Bonaventura memastikan Optimus Prime masih menjadi karakter utama dalam film tersebut.

Transformers: Rise of the Beasts ini akan menampilkan petualangan yang belum pernah ada di film Transformers terdahulu. Hal ini juga perlu dilakukan untuk memperkaya cerita dari Transformer sehingga bisa memunculkan banyak karakter lainnya dengan alur cerita yang lebih menjanjikan.

4. Sekuel Bumblebee

Diketahui, Film Transformers: Rise of the Beasts merupakan sekuel dari film Bumblebee (2018). Sekuel tersebut telah diumukan sejak akhir Januari 2019 dan pada bulan Maret 2019 dikonfirmasi bahwa sekuel Bumblebee itu sedang dalam pengembangan naskah.

Di tahun 2020, Paramount Pictures dilaporkan sedang mengerjakan 2 film Transformers. Salah satunya adalah sekuel Bumbleblee yang naskahnya ditulis oleh Joby Harold. Pada November 2020, Steven Caple Jr. resmi menyutradarai naskah yang ditulis Joby Harold tersebut.

Nah itulah urutan film Transformers yang bisa jadi pilihan Sedulur. Mulai dari urutan film berdasarkan tahun rilis, hingga urutan nonton film berdasarkan peristiwa. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi Sedulur, ya!