siswa ntt naik kuda

Sejak kapan manusia menunggangi kuda?

Kompas

Dari kabar informasi siswa NTT naik kuda ini hingga kaitannya dengan kebijakan Pemprov NTT yang membuat aturan masuk sekolah jam 05.00 pagi, memunculkan pertanyaan sejak kapan manusia menunggangi kuda untuk kehidupan?

Kuda sudah sejak dulu digunakan sebagai alat transportasi, seperti yang dilakukan oleh Rio. Rio sendiri memiliki nama lengkap Rio Jonathan Adu yang harus menaiki kuda karena motornya yang mogok. Karena tidak ingin terlambat, kuda menjadi pilihan alat transportasi.

Kemungkinan sejak dari 5000 tahun yang lalu umat manusia telah menggunakan kuda untuk alat transportasi. Namun momentum atau patokan pertama kapan kuda digunakan belum terpecahkan hingga hari ini.

Setidaknya, para Arkeolog telah menemukan peninggalan yang menunjukan bahwa umat manusia kemungkinan telah menunggangi kuda sejak 3000 tahun sebelum masehi. Penemuan tersebut berdasarkan analisis sisa-sisa kerangka manusia yang ditemukan di seluru Eropa Timur dan diterbitkan dalam Science Advances pada 3 Maret 2023.

Dari sana, arkeolog mengetahui bahwa kaum penunggang kuda terawal adalah Yamnaya. Kaum ini berasal dari wilayah yang kini menjadi Ukraina dan Rusia barat. Yamnaya sendiri menyapu hampir sebagian besar Eurasia antara tahun 3000 SM sampai 2500 SM.

Jejak-jejak tersebut menyimpulkan untuk sementara bahwa umat manusia diperkirakan telah menggunakan kuda sejak 5000 tahun yang lalu. Sampai kemudian bukti-bukti baru ditemukan dan hal tersebut masih terus dilakukan penelitian.

Nah itulah informasi siswa NTT naik kuda yang ramai di media sosial dan menuai pujian. Di sisi lain semakin memunculkan kritik kepada Pemprov NTT akibat kebijakan aturan dan kebijakan yang kontroversial. Dari Rio kita belajar bahwa selalu ada cara dan jalan keluar untuk niat baik. Penting untuk selalu yakin dan bertekad untuk melakukan sesuatu yang baik.