rekomendasi film romantis indonesia

Sineas tanah air terkenal mampu menciptakan film drama yang penuh haru dan menguras air mata. Bukan hanya itu saja, hubungan percintaan yang disajikan kadang juga dekat dengan kehidupan sehari-hari. Jadi tak heran bila rekomendasi film romantis Indonesia memang banyak dicari.

Bila Sedulur menjadi salah satu orang yang mencari rekomendasi film romantis Indonesia untuk ditonton bersama pasangan atau keluarga. Coba simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

BACA JUGA: 22 Film Romantis Islami Terbaru yang Bikin Hati Tersentuh 2023

1. Ada Apa dengan Cinta? (2002)

rekomendasi film romantis indonesia
Netflix

Rekomendasi film romantis Indonesia yang selalu dibicarakan sepanjang masa adalah Ada Apa dengan Cinta. Film ini menceritakan tentang seorang siswi SMA bernama Cinta yang awalnya tidak suka dengan siswa lain bernama Rangga.

2. Heart (2006)

Heart adalah salah satu film romantis Indonesia yang paling banyak dikenal masyarakat. Kisah cinta segitiga antara Farel (Irwansyah), Luna (Acha Septriasa), dan Rachel (Nirina Zubir) dalam film ini cukup membuat para penonton terbawa perasaan. Film romantis Indonesia ini bahkan telah memenangkan banyak penghargaan saking populernya saat itu, seperti dalam penghargaan MTV Indonesia Movie Award dan Indonesian Movie Awards.

3. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Rekomendasi film romantis Indonesia selanjutnya adalah Ayat-Ayat Cinta. Film yang rilis pada tahun 2008 ini menjadi pionir film cinta Islami. Drama ini menceritakan tentang Fahri dan lika-liku kehidupannya, termasuk pernikahannya.

4. Habibi dan Ainun (2012)

Suka film romantis yang mengandung unsur sejarah? Maka Habibi dan Ainun harus masuk ke dalam daftar tontonmu. Film ini berisi kisah cinta antara sang presiden ketiga Indonesia Habibie dengan istrinya.

5. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)

Film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck adalah sebuah adaptasi dari novel karya Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan nama Buya Hamka. Berbeda dengan beberapa film lainnya, film ini memiliki latar belakang di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada tahun 1930-an.

6. Rudy Habibie (2016)

Film ini merupakan prekuel dari film sebelumnya. Namun, Rudy Habibie tetap memiliki sisi romantis yang begitu dalam karena ada perjalanan cinta yang sempat terjalin Habibie ketika berada di Jerman.

7. Galih dan Ratna (2017)

Di tahun 2017, ada judul film bergenre romansa yang banyak diperbincangkan penggemar film. Judul film tersebut, yakni Galih & Ratna yang kemudian disebut sebagai salah satu film romantis terbaik di Indonesia. Film yang satu ini merupakan remake dari film berjudul Gita Cinta dari SMA yang dirilis pada 1979 silam. Galih & Ratna mengisahkan tentang cinta masa SMA antara Galih (Refal Hady) dan Ratna (Sheryl Sheinafia).

8. The Perfect Husband (2018)

Diangkat dari novel dengan judul The Perfect Husband, sutradara Rudi Aryanto membawa cerita itu ke layar lebar pada tahun 2018. The Perfect Husband menceritakan tentang seorang siswi SMA yang harus menerima takdirnya dalam sebuah perjodohan.

9. Dilan 1990 (2018)

Film romantis Indonesia satu ini mungkin tidak asing untuk Sedulur. Karena sejak masa penayangannya, Dilan 1990 telah berhasil menarik jutaan penonton ke bioskop. Dilan 1990 mengambil latar kota Bandung di tahun 90-an dengan dua bintang utama yaitu Vanesha Priscilla sebagai vanesa dan Iqbal Ramadhan sebagai Dilan.

10. Teman Tapi Menikah (2018)

Rekomendasi film romantis Indonesia selanjutnya adalah Teman Tapi Menikah. Film ini diangkat dari kisah nyata artis Ayu Diah dan Dito. Cerita film ini tak hanya menceritakan persahabatan yang berujung pada pernikahan, tapi juga perjuangan keduanya untuk bisa bersama.

11. Imperfect (2019)

rekomendasi film romantis indonesia
ANTARA

Film ini memiliki kombinasi yang pas antara komedi dan romantis. Imperfect fokus pada kisah seorang perempuan yang merasa tidak percaya diri dengan dirinya karena lingkungannya.

12. Dilan 1991 (2019)

Sekuel Dilan 1990 ini berkisah tentang Dilan dan Milea yang sudah menjalin cinta tapi ada masalah yang menimpa.

13. Habibi & Ainun 3 (2019)

Film ini masih berhubungan dengan sekuel Habibi dan Ainun serta Rudy Habibie. Namun, pada chapter ketiga, film ini berfokus pada kisah Ainun muda saat menempuh pendidikan kedokteran.

14. Milea: Suara dari Dilan (2020)

Film ketiga Dilan ini bercerita tentang hal-hal yang tidak diceritakan di Dilan 1990 dan Dilan 1991. Untuk melengkapi seri Dillan dan Milea, maka Sedulur wajib sekali menonton film ini.

15. Teman Tapi Menikah 2 (2020)

Sebagai sekuel dari Teman Tapi Menikah, kini mereka menghadapi lika-liku kehidupan pernikahan. Tentu akting antara Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla akan membuatmu kagum di film ini.

16. Mariposa (2020)

Mariposa merupakan sebutan untuk Iqbal (Angga Yunanda) dari Acha (Adhisty Zara). Ia memberikan julukan itu, karena Iqbal selalu menghindar saat ia dekati, seperti kupu-kupu Mariposa. Film romantis Indonesia ini menggambarkan tekad Acha yang berusaha mendapatkan hati Iqbal.

17. Geez & Ann (2021)

Rekomendasi film romantis Indonesia selanjutnya adalah Geez & Ann. Film yang rilis pada tahun 2021 ini menceritakan tentang perempuan yang mandiri jatuh cinta dengan pemuda misterius. Lalu, ada konflik yang harus mereka hadapi.

18. Layla Majnun (2021)

Layla Majnun merupakan film romantis Indonesia tentang dilema cinta antara Layla (Acha Septriasa) dan Qays (Reza Rahardian) yang berasal dari Azerbaijan. Film ini merupakan adaptasi bebas dari kisah legendaris Layla Majnun karya Nizami Ganjavi.

19. Noktah Merah Perkawinan (2022)

Rumah tangga Ambar (Marsha Timothy) dan Gilang (Oka Antara) sedang di ujung tanduk. Semua ini berawal dari campur tangan kedua orang tua mereka. Awalnya ibu Ambar sering meminta bantuan Gilang untuk membiayai kakak Ambar yang ada di luar negeri. Sebenarnya Ambar sudah meminta suaminya untuk menolak, namun Gilang tetap melakukannya diam-diam. 

20. Cintah Subuh (2022)

Film romantis Indonesia yang selanjutnya adalah Cinta Subuh yang diperankan oleh Ray Mbayan dan Dinda Hauw. Cinta Subuh ini menceritakan tentang kisah gadis cantik, Ratih (Dinda Hauw) yang selalu diminta untuk menikah oleh sang kakak yang diperankan oleh Dimas Seto.

21. My Sassy Girl (2022)

rekomendasi film romantis indonesia
Kincir

Diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul sama, film ini berisi kisah percintaan yang menggemaskan. Jika Sedulur adalah pecinta film romantis komedi, maka My Sassy Girl wajib kamu tonton.

22. 12 Cerita Glen Anggara (2022)

Sekuel dari Mariposa ini memiliki alur cerita yang ringan, tapi dipenuhi dengan pelajaran hidup yang berharga. Kisahnya bermula ketika Shena (Prilly Latuconsina) meminta Glen (Junior Robert) menjadi kekasihnya. Awalnya Glen merasa heran, namun setelah mengetahui kondisi Shena yang sebenarnya, Glen pun menerima tawaran tersebut. 

23. Sayap Sayap Patah (2022)

Romantis dan tragis, sebutan tadi memang cocok untuk menggambarkan Sayap-Sayap Patah. Terinspirasi dari kisah nyata, film arahan Rudi Soedjarwo ini bercerita tentang kerusuhan berdarah di Mako Brimob pada 2018. Adji (Nicholas Saputra) dan Nani (Arie Tatum) adalah pasangan muda yang sedang menikmati indahnya rumah tangga. Namun, serangan teroris membuat semuanya jadi tragis.

24. Ada Apa dengan Cinta 2 (2016)

Setelah 14 tahun, kisah Rangga dan Cinta berlanjut lagi ketika mereka bertemu kembali. Namun, hubungan keduanya sudah berbeda dengan masa-masa SMA.

25. Koala Kumal (2016)

Menceritakan anak muda yang bernama Raditya Dika. Dika kecil yang masih usia SD begitu sangat dimanja oleh orang tuanya, dan memiliki hobi bermain video game. Wajar kalau tidak punya teman bermain di luar rumah. Suatu hari, Dika mulai dewasa dan bekerja sebagai penulis skenario film. Dia menghentikan kegiatannya lalu ke dapur. Sang mama yang sedang memasak bertanya pasangan Dika dan menuntut memiliki istri cantik.

26. Dear, Nathan: Thank You Salma (2022)

Tak perlu diragukan lagi akting Nathan (Jefri Nichol) dan Salma (Amanda Rawles) dalam film lanjutan ini. Dear, Nathan: Thank You Salma mengisahkan seorang aktivis kampus yang sibuk dengan berbagai kegiatan. Percintaan keduanya semakin terasingkan ketika Salma didekati dengan Afkar, teman lelakinya yang sekaligus sahabat.

27. Mengejar Surga (2022)

Film Mengejar Surga ini dimainkan oleh Atikah (Jessica Mila) yang memutuskan pergi ke Belanda mencari sosok ayahnya. Film ini pun dibanjiri pemeran populer lainnya termasuk Al Ghazali, Kimberly Ryder, Jeremy Thomas, dan masih banyak lagi.

28. Garis Waktu (2022)

Film romantis Indonesia selanjutnya berjudul Garis Waktu yang merupakan film hasil adaptasi dari novel berjudul yang sama karya Fiersa Besari. Secara garis besar, film ini menceritakan tentang cinta segitiga antara Senandika (Reza Rahadian), April (Michelle Ziudith) dan Sanya (Anya Geraldine).

29. Until Tommorow (2022)

Film yang dibintangi oleh Deva Mahenra dan Clara Bernadeth ini menjadi film romantis Indonesia yang tidak boleh ketinggalan. Until Tomorrow mengisahkan tentang perjuangan cinta yang diangkat dari kisah nyata tragis pasangan Alan Tito dan Daslina Sombi.

30. Tersanjung The Movie (2021)

Film ini merupakan adaptasi dari sinetron legendaris tahun 90-an yang berjudul sama. Tersanjung The Movie dirilis pada tahun 2021 dan menceritakan tentang cinta segitiga antara Yura (Clara Bernadeth) dengan Oka (Kevin Ardilova), dan Christian (Giorgino Abraham).

31. Balada Sepasang Kekasih Gila (2021)

film denny sumargo
Detikhot

Tak seperti film romantis Indonesia pada umumnya, ini mengisahkan tentang pasangan dengan gangguan jiwa (ODGJ). Djarot (Denny Sumargo) sosok yang terpaksa masuk rumah sakit jiwa karena perilakunya yang bisa mengancam orang lain. Sementara itu, Lastri (Sara Fajira) adalah seorang tahanan karena menghabisi dan memutilasi organ intim para pria yang memperkosanya secara bergantian.

32. Selesai (2021)

Selesai mengisahkan pasangan suami istri penuh konflik, Broto (Gading Marteen) dan Ayu (Ariel Tatum). Ini adalah pasangan muda yang berjuang hidup di tengah keserabutan pandemi COVID-19. Konflik di antara keduanya diperparah dengan kehadiran orang ketiga dalam rumah tangga mereka, yakni Anya (Anya Geraldine).

33. Story of Kale: When Someone’s in Love (2020)

Film romantis Indonesia ini merupakan spin off dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Mengisahkan tentang Kale (Ardhito Pramono) sebelum bertemu dengan Awan (Rachel Amanda). Saat itu Kale jatuh cinta dengan wanita bernama Dinda (Aurelie Moeremans) setelah sering bertemu satu sama lain.

34. Toko Barang Mantan (2020)

Toko Barang Mantan adalah salah satu film romantis Indonesia yang layak untuk disaksikan. Bercerita tentang seorang pria bernama Tristan (Reza Rahadian) yang memutuskan untuk berhenti kuliah dan mendirikan Toko Barang Mantan.

35. Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi (2020)

Satu lagi film romantis Indonesia yang diperankan oleh Jefri Nichol, yaitu Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi. Di film ini, Jefri berperan bersama Aurora Ribero, Rebecca Klopper, dan lainnya. Film ini mengisahkan tentang persahabatan antara Kevin dan Nara yang selalu bersama sejak kecil hingga dewasa.

36. Copy of my Mind (2015)

Film ini rilis 2015 silam dengan memasangkan Tara Basro dan Chicco Jerikho sebagai pemeran utama dalam film bergenre drama misteri ini.

37. Eggnoid: Love and Time Portal (2019)

Film romantis Indonesia ini bercerita tentang Ran (Sheila Dara) yang dua tahun lalu seorang Eggnoid dan diberi nama Eggy (Morgan Oey). Eggnoid adalah manusia yang dikirim dari masa depan dan ditakdirkan untuk menjadi support system bagi master-nya.

38. Twivortiare (2019)

Twivortiare merupakan film romantis Indonesia yang mengisahkan pria dan wanita yang jatuh cinta pada pandangan pertama. Setelah saling mengenal dalam beberapa bulan, keduanya memutuskan untuk menikah.

39. Wedding Agreement (2019)

Film Wedding Agreement bercerita tentang konflik dalam kehidupan rumah tangga. Dimulai dari perjodohan antara Tari Hapsari (Indah Permatasari) dan Byantara Wicaksana atau Byan (Refal Hady). Dengan perjodohan sepihak ini, muncul pergaduhan, kebencian hingga suka cita dalam sebuah keluarga.

40. Si Doel The Movie (2018)

Si Doel The Movie merupakan salah satu film romantis Indonesia terbaik dan masuk jajaran box office dalam negeri. Film ini merupakan lanjutan kisah cinta segitiga Doel, Sarah, dan Zaenab. Empat belas tahun sudah Sarah (Cornelia Agatha) pergi tanpa kabar dan perpisahan yang jelas. Hal ini meninggalkan kerinduan dalam di hati Doel (H. Rano Karno) yang sudah berumah tangga dengan Zaenab (Maudy Koesnaedi).

41. Eiffel I’m in Love (2003)

rekomendasi film romantis indonesia
IMDb

Tita (Shandy Aulia) adalah gadis berusia 15 tahun yang baru mengenal dunia dan cinta. Sebenarnya Tita memiliki seorang kekasih, namun orang tuanya yang overprotective membuat hubungannya dan sang kekasih tidak berjalan baik. Apalagi setelah kedatangan Adit (Samuel Rizal), Tita akhirnya putus dari sang kekasih.

42. Eiffel I’m in Love 2 (2018)

Pada film Eiffel I’m in Love 2, ternyata melanjutkan kisah Tita dan Adit yang akhirnya bertemu di Paris lagi. Tita pindah bersama keluarganya ke Paris dan berharap segera dilamar Adit.

42. Critical Eleven (2017)

Film ini mengisahkan sepasang suami istri yang harus menghadapi persoalan sulit karena kehilangan bayi mereka dalam kandungan. Cara mereka menyelesaikan persoalan ini bisa menginspirasi banyak pasangan lain ketika dihadapkan dengan masalah rumah tangga, lho.

43. Kukira Kau Rumah (2021)

Bukan tanpa alasan Bacaterus memasukkan Kukira Kau Rumah dalam list film Indonesia romantis terbaik sepanjang masa. Film arahan Umay Shahab ini terbilang sangat unik dan langka, karena menyatukan romansa dengan genre psikologi, tepatnya menyoroti penderita Bipolar.

44. Cinta Pertama, Kedua dan Ketiga (2022)

Film ini mengisahkan cinta dari dua generasi yang berbeda. Pak Dewa (Slamet Rahardjo) jatuh cinta pada Ibu Linda (Ira Wibowo) saat keduanya bertemu di rumah sakit. Keduanya merasa cocok satu sama lain, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menikah. 

45. A Perfect Fit (2021)

Jadi film original Netflix Indonesia pertama A Perfect Fit memang sempurna dengan mengusung genre romantis dan komedi. Film arahan Hadrah Daeng Ratu ini alurnya sangat simpel, tapi tema ceritanya unik. 

46. Sobat Ambyar (2021)

Sobat Ambyar juga wajib masuk dalam list film Indonesia romantis sepanjang masa. Film arahan Bagus Bramanti dan Charles Gozali ini diadaptasi dari perjalanan karir maestro campursari yaitu mendiang Didi Petet. Ceritanya juga sangat unik, mengisahkan perjalanan cinta salah satu “Sobat Ambyar” atau fans Didi Petet, yang romantis sekaligus tragis. 

47. Milly & Mamet (2018)

Film ini merupakan spin-off dari sekuel Ada Apa Dengan Cinta. Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga akan melanjutkan kisah Ada Apa Dengan Cinta? 2 yang tayang pada 2016. Kisah film ini berpusat pada Milly (Sissy Priscillia) dan Mamet (Dennis Adhiswara) yang mulai memasuki lika-liku kehidupan rumah tangga.

48. Gita Cinta dari SMA (1979)

Gita Cinta Dari SMA bisa dikatakan sebagai legendanya film romantis di Indonesia. Film yang dibintangi oleh Rano Karno dan Yessy Gusman ini sangat populer. Mungkin pasangan di tahun 70 hingga 80-an menjadikan Gita Cinta Dari SMA sebagai film yang wajib ditonton.

49. Assalamualaikum Beijing (2014)

Pada awalnya, Asmara (Revalina S. Temat) menjalin hubungan dengan Dewa (Ibnu Jamil). Sayangnya, hubungan mereka kandas lantaran Dewa telah menghamili rekan kerjanya yang bernama Anita (Cynthia Ramlan). Akibat patah hati, Asmara meninggalkan tanah air untuk menerima tawaran pekerjaan di Beijing, Cina.

50. 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta (2010)

Film yang dibintangi oleh Reza Rahadian ini sangat layak untuk ditonton. 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta mengangkat tentang tema percintaan beda agama sampai dengan restu orang tua yang menjadi penghalang cinta tersebut.

Demikian tadi deretan rekomendasi film romantis Indonesia yang menarik untuk Sedulur tonton. Semoga daftar ini bisa membantu Sedulur menonton film terbaik karya anak bangsa ya!