pelajar smk semarang bobol sistem google

Menyicil laptop dan belajar secara otodidak

Kompas

Perjuangan Dzakir tentu tidak didapatkan dengan mudah, banyak tantangan dan kesulitan yang dihadapi oleh Dzakir. Sebagai seorang white hat hacker atau bug hunter perjuangan yang Dzakir lakukan dimulai dengan menyicil laptop.

Cicilan laptop dilakukan oleh orangtuanya demi memperjuangkan keinginan dan mengembangkan kemampuan Dzakir sebagai anaknya. Bermodal laptop tersebut, Dzakir mulai belajar secara otodidak tanpa mengikuti kursus atau pelatihan khusus.

Kemampuan coding Dzakir dan kemahirannya di dunia IT didapatkan dengan belajar sendiri atau otodidak. Diketahui, ayah dari Dzakir merupakan guru ngaji dan tilawah, sementara sang ibu merupakan ibu rumah tangga yang sesekali menerima pesanan keripik kacang hijau atau tumpi.

-->

Keputusan diambil setelah Dzakir menyelesaikan pendidikan sekolah menengah pertama (SMP), Dzakir kemudian meneruskan pendidikannya di SMKN 8 Kota Semarang. Awalnya Dzakir fokus untuk mengembangkan kemampuannya di coding.

Namun menurut pengakuan Dzakir, bahwa cita-citanya adalah untuk menciptakan website atau aplikasi. Karena merasa kesulitan, Dzakir akhirnya beralih sebagai bug hunter atau pemburu bug di sistem internet.

Pada dasarinya, orang tua Dzakir tidak memberikan arahan atau bahkan dorongan untuk mengasah kemampuannya di bidang komputer jaringan. Sebagai seorang guru tilawah, ayah Dzakir lebih mengarahkannya untuk mengikuti lomba tahfidz.

Bahkan, secara iseng Dzakir pun sering mengikuti lomba-lomba Stand Up Comedy untuk mengasah kemampuan komunikasinya.

“Awalnya orang tua nggak mendukung, malah menentang soal hacker karena dianggap hal yang tabu dan jahat. Setelah saya jelaskan pada orang tua, mereka bisa memahami,” Pengakuan dari Dzakir yang dilansir dari Tribun Jateng.

Namun hal tersebut tidak serta membuat Dzakir menyerah dan malas-malasan. Justru menjadi momentum Dzakir untuk lebih konsisten mempelajari komputer jaringan sehingga berhasil diakui dan mendapatkan sebuah prestasi.

BACA JUGA: Potret Raisa Dance Practice Jelang Konser