james randi

Jika Sedulur suka melihat pertunjukkan sulap, maka cobalah untuk membaca artikel-artikel yang membahas James Randi. James Randi adalah seorang mantan pesulap yang hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membongkar trik-trik paranormal yang dilakukan para pesulap lainnya.

Ia bahkan mengadakan sayembara 1 juta dollar untuk siapapun yang berhasil menunjukkan bahwa fenomena supranatural benar-benar ada. Lalu, apakah sudah ada yang berhasil membuktikannya? Simak informasi selengkapnya berikut ini, ya!

BACA JUGA: Aliran Kubisme: Pengertian, Ciri-ciri, Tokoh & Contoh Karyanya

Siapa James Randi?

James Randi
The New York Times

James Randi adalah seorang mantan pesulap asal Amerika Serikat. Ia mendedikasikan dirinya untuk membongkar trik trik yang digunakan oleh pesulap lainnya, juga membongkar bahwa fenomena-fenomena paranormal tidaklah ada. 

-->

Kehebatan yang dimiliki sosok Randi tersebut sudah diakui secara internasional. Tak hanya pujian, ia juga mendapat banyak kutukan karena membongkar trik paranormal yang digunakan oleh pesulap lain untuk mengais pundi-pundi penghasilan. 

Profil James Randi adalah

James Randi
The New York Times

Berikut adalah biodata James Randi yang mungkin Sedulur ingin ketahui.

  • Nama: Randall James Hamilton Zwinge
  • Tanggal lahir: 7 Agustus 1928
  • Asal: Kanada, Amerika Serikat

Ia merupakan seseorang yang memulai karirnya sebagai pesulap. Setelah pensiun di usia 60 tahun, Randi mulai meneliti tentang klaim okultisme, paranormal, hingga supernatural, yang secara kolektif berada dalam payungnya menggunakan istilah “woo-woo”.

Randi juga telah banyak menulis mengenai skeptisisme, paranormal, dan sejarah sulap. Bahkan, ia juga menawarkan uang sejumlah 1 juta dollar kepada siapapun yang bisa membuktikan adanya fenomena  supernatural, paranormal, atau okultisme yang diujikan dan disetujui oleh kedua belah pihak.

BACA JUGA: 8 Potret Pesulap Merah yang Viral di Tiktok Usai Ungkap ‘Ilmu”

Kisah James Randi membongkar tipu paranormal

James Randi
BBC

Randi sangat yakin bahwa sihir hanyalah sebuah trik sulap dan tipu daya visual. Ia bahkan mencemooh sesama pesulap yang membuat penonton percaya pada pekerjaan mereka yang berakar pada kekuatan paranormal atau ekstrasensor. 

Salah satu korban Randi yang paling terkenal adalah James Hydrick yang mengungkapkan kemampuannya dalam menggerakkan objek tanpa menyentuhnya. Dalam acara That’s My Line, Randi diundang bersama Hydrick oleh produser acara, namun tanpa sepengetahuan Hydrick.  

Pada malam acara, Hydrick sudah siap dengan pakaian hitam putih ala pesilat kungfu China. Dengan rambut batok kelapa, Hydrick tampil di atas panggung mempertontonkan kemampuannya dalam menggerakkan benda. 

Setelah Hydrick berhasil membuka lembaran buku telepon dan menggerakkan pensil dengan lancar, pembawa acara kemudian mengundang Randi ke atas panggung. Ia pun mengatakan bahwa Randi akan memberi Hydrick uang sebesar $10 ribu jika bisa mengulangi aksinya dengan tambahan syarat khusus.

Randi kemudian memulai aksinya dengan meletakkan potongan-potongan styrofoam di sekitar buku telepon. Ia ingin membuktikan asumsinya yang menyatakan bahwa Hydrick hanya menggerakkan objek dengan menghembuskan udara dari hidung dan mulutnya, bukan melalui kekuatan pikiran yang selama ini di gaung-gaungkan.

Benar saja, Hydrick tidak bisa membuka lembaran buku telepon tersebut meski sudah mencobanya berkali-kali. Raut wajah optimis yang sedari tadi ditampilkan Hydrick kepada publik pun mulai berubah menjadi raut wajah tegang.

Hydrick bahkan juga mengungkapkan bahwa keberadaan potongan styrofoam dan tata cahaya yang ada di studio menciptakan suatu gelombang elektrik, yang mana membuat lembaran buku menjadi terasa berat. 

Randi pun menolak dan menegaskan bahwa ia telah bosan mendengar alasan yang sama tersebut berulang-ulang kali. Randi memang sudah banyak menguji keabsahan para cenayang melalui berbagai percobaan ilmiah sederhana, yang mana mereka akan mengungkapkan alasan yang sama ketika sudah kehilangan kontrol atas trik tipuan yang dilakukan.

Hingga pada akhirnya, Hydrick mulai mengakui bahwa trik-triknya merupakan penipuan yang dipelajari selama mendekam di dalam penjara. Hydrick pun akhirnya menghabiskan sisa hidup di penjara dan rumah sakit jiwa, dan Randi sukses menghancurkan karier busuk sang cenayang tersebut.  

BACA JUGA: Polisi Ungkap Alasan Persatuan Dukun Laporkan Pesulap Merah

Mengenal lembaga JREF

James Randi
TED

James Randi Educational Foundation (JREF) merupakan lembaga yang didirikan oleh Randi. Lembaga tersebut memiliki motto “to promote critical thinking by reaching out to the public and media with reliable information about paranormal and supernatural ideas so widespread in our society today.”

Melalui lembaga inilah Randi mengungkapkan bahwa ia akan menyediakan hadiah 1 juta dollar US bagi siapapun yang bisa membuktikan adanya fenomena supranatural, sesuai dengan kesepakatan yang telah dirundingkan antara penantang dan pihak JREF.

Sisi lain sayembara 1 juta dollar

James Randi
VOI

Hingga saat ini, belum ada yang berhasil mendapatkan hadiah dari James Randi tersebut. Apakah benar tidak ada peristiwa supranatural apapun di dunia ini? Mari kita lihat beberapa sisi lain dari sayembara tersebut.

Kenyataannya, Randi sering mengabaikan penantang yang datang untuk mengikuti sayembara itu. Mulai dari merumitkan syarat pendaftaran, membatalkan dengan sepihak tes yang akan dilakukan, tidak membiarkan siapapun lolos dari “tes awal”, hingga bertindak sebagai juri, hakim, dan pengawas dalam tes yang dilakukannya sendiri. 

Nah, itulah informasi mengenai James Randi, seorang mantan pesulap yang membongkar tipu paranormal dan mengadakan sayembara 1 juta dollar. Bagaimana menurut Sedulur? Apakah yang dikatakan Randi terbukti kebenarannya? 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.