film kepribadian ganda

Beberapa penikmat film mungkin akan dibuat tertarik untuk menonton film kepribadian ganda, karena biasanya kisah yang disajikan benar-benar unik, menarik, sekaligus menyeramkan untuk diikuti, atau bahkan dipelajari secara lebih lanjut.

Seseorang akan disebut berkepribadian ganda jika ada dua kepribadian atau lebih di dalam dirinya yang masing-masing memiliki pemikiran dan sifat sendiri. Yang membuatnya mengerikan, kepribadian ganda tersebut dapat mempengaruhi penderitanya untuk melakukan kejahatan.

Jadi tentu saja hal semacam ini bisa menjadi tema yang sangat menarik dalam film psikologi. Nah, bagi yang penasaran dan ingin menonton film kepribadian ganda, berikut ini beberapa rekomendasi film tersebut!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Thriller Jepang yang Menegangkan

1. Identity (2003)

film kepribadian ganda
Bloody Disgusting

Identity berfokus pada sekelompok orang yang terjebak di sebuah motel terpencil di tengah hujan badai. Namun, mereka mulai mengalami serangkaian kejadian misterius dan pembunuhan yang mengubah segalanya.

Ketegangan pun meningkat ketika mereka motel menyadari bahwa ada seorang pembunuh berantai di antara mereka. Mereka mencoba mencari tahu siapa pelaku yang sebenarnya, dan mencoba keluar dari situasi yang berbahaya ini.

2. Me, Myself and Irene (2000)

Charlie dan Hank adalah dua kepribadian dalam satu tubuh yang sangat berlawanan. Ketika Charlie kehilangan kendali, maka Hank muncul yang seringkali menimbulkan kekacauan. Kondisi Charlie semakin rumit ketika dia bertemu dengan wanita bernama Irene Waters.

Irene adalah seorang wanita yang bertujuan mengungkap sebuah konspirasi besar yang melibatkan penyalahgunaan kekuasaan. Charlie dan Hank pun harus membantu Irene sembari berjuang mendapatkan kendali atas diri mereka sendiri.

3. Sybil (2007)

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang wanita bernama Shirley Ardell Mason, yang dikenal dengan nama samaran Sybil Dorsett. Ia adalah seorang wanita muda yang sepertinya memiliki kehidupan yang biasa, namun ternyata memendam masa lalu yang kelam dan kondisi psikologis yang kompleks.

Sybil mulai berkonsultasi dengan seorang psikiater bernama Dr. Cornelia B. Wilbur untuk mengatasi masalah emosionalnya. Dr. Wilbur pun menyadari bahwa Sybil menderita gangguan disosiatif identitas (DID), yang juga dikenal sebagai gangguan kepribadian ganda.

4. Secret Window (2004)

Mort Rainey adalah seorang penulis terkenal yang sedang mengalami krisis kreativitas. Setelah bercerai dengan istrinya, Mort pergi ke sebuah rumah peristirahatan terpencil di daerah hutan untuk mencari ketenangan dan menulis ulang hidupnya.

Di sana, ia berencana untuk menulis novel terbarunya. Namun, hidup Mort menjadi semakin rumit ketika seorang pria misterius bernama John Shooter muncul di depannya, kemudian menuduh Mort telah mencuri ceritanya.

5. Shutter Island (2010)

Rekomendasi film kepribadian ganda berikutnya adalah Shutter Island. Cerita ini berlatar belakang pada tahun 1954 di pulau Shutter Island, sebuah lokasi yang menjadi rumah bagi Rumah Sakit Kepemasyarakatan Ashecliffe.

Rumah sakit tersebut juga menjadi lembaga pemasyarakatan rumit dan menakutkan untuk tahanan mental yang berbahaya. U.S. Marshal Teddy Daniels dan rekannya, Chuck Aule, tiba di pulau ini untuk menyelidiki penghilangan seorang pasien bernama Rachel Solando, yang didakwa telah membunuh tiga anaknya.

6. Black Swan (2010)

film kepribadian ganda
At The Movies

Film ini mengikuti kehidupan seorang penari balet yang berbakat dan ambisius bernama Nina Sayers. Nina adalah seorang penari utama di sebuah perusahaan balet New York City yang sedang bersiap-siap untuk pertunjukan balet terkenal “Swan Lake”.

Dalam produksi tersebut, penari harus memerankan dua peran utama, yaitu Putri Odette (burung angsa putih) yang lemah lembut dan Putri Odile (burung angsa hitam) yang liar dan memikat. Nah, nina semakin terobsesi dalam peran tersebut, tetapi obsesinya mulai merusak kesehatan mentalnya.

7. Fight Club (1999)

Cerita film ini mengisahkan tentang seorang narator yang merasa terjebak dalam rutinitas sehari-hari yang membosankan dan monoton. Dia merasa terisolasi, kehilangan identitasnya, dan menderita insomnia yang parah.

Kehidupannya mulai berubah ketika ia bertemu dengan seorang pria karismatik bernama Tyler Durden. Mereka berdua menjadi teman akrab dan bersama-sama mendirikan sebuah klub rahasia yang disebut “Fight Club.”

8. Split (2016)

Film kepribadian ganda ini berkisah tentang Kevin Wendell Crumb, seorang pria yang menderita gangguan disosiatif identitas (DID) alias kepribadian ganda. Kevin memiliki 23 kepribadian yang berbeda yang muncul secara bergantian, dan yang ke-24 dikenal sebagai “The Beast.”

Nah, ketika Kevin menculik tiga remaja, Casey Cooke dan dua temannya, mereka harus mencoba untuk selamat dari serangkaian kepribadian Kevin yang berbeda. Setiap kepribadian tersebut memiliki niat dan perilaku yang sangat berbeda satu sama lain.

9. Frankie & Alice (2010)

Alur film ini berfokus pada Frankie Murdoch, seorang wanita muda yang tampaknya memiliki kehidupan yang normal di Los Angeles pada tahun 1973. Namun, Frankie mulai mengalami serangkaian gejala aneh, seperti blackouts, kelainan perilaku yang merusak, hingga perubahan kepribadian yang tiba-tiba.

10. Psycho (1960)

Marion Crane adalah seorang sekretaris yang mencuri sejumlah besar uang dari tempat kerjanya dan memutuskan untuk melarikan diri. Setelah menginap semalam di motel, Marion menjadi semakin paranoid dan memutuskan untuk mengembalikan uang curiannya.

Namun, sebelum dia dapat melakukannya, dia menjadi korban pembunuhan misterius dalam salah satu adegan paling terkenal dalam sejarah film. Setelah kematian Marion, seorang detektif swasta bernama Arbogast mulai menyelidiki keberadaannya.

11. Hide and Seek (2005)

David Callaway adalah seorang psikolog yang berusaha untuk membantu putrinya untuk mengatasi trauma emosional setelah ibunya bunuh diri. Mereka pindah ke sebuah rumah pedesaan yang terpencil untuk memulai kehidupan baru.

Namun ketika mereka tiba di rumah baru mereka, Emily menjadi semakin tertutup dan terobsesi dengan teman-teman imajiner barunya, terutama yang bernama Charlie.

12. Peacock (2010)

IMDb

Rekomendasi film kepribadian ganda terakhir ada Peacok. Film ini menceritakan seorang pria bernama John Skillpa, yang tinggal di sebuah rumah terpencil di kota kecil Peacock, Nebraska.

John adalah seorang pria pemalu dan terasing yang hidup dalam kesendirian yang ekstrem. Namun, rahasia besar John yakni bahwa dia memiliki gangguan identitas disosiatif (DID) yang sangat kuat.

Itu dia beberapa rekomendasi film kepribadian ganda yang dapat Sedulur tonton. Masing-masing film tentu saja memiliki plot cerita yang mendebarkan dan tak terduga. Selamat menonton rekomendasi film tentang kesehatan mental, dan pahami alur cerita dengan baik, ya!