Bocah di NTT digigit anjing rabies

Kondisi rabies di Bali

Tribun

Pada awal Juni, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sudah membuka data soal jumlah kasus rabies pada hewan yang dilaporkan ke iSIKHNAS (sistem informasi kesehatan hewan Indonesia) sepanjang tahun 2023. Data itu menunjukkan adanya 234 kasus yang tersebar pada 10 provinsi berbeda.

Bali memang menjadi provinsi dengan kasus rabies tertinggi di Indonesia selama dua tahun berturut-turut yakni pada 2022 dan 2023. Pada tahun 2022, data yang disajikan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kemenkes RI, Dr Imran Pambudi menunjukkan ada 38.009 kasus rabies di Bali.

Sedangkan pada tahun 2023, dari semula lebih dari 38 ribu kasus pada tahun sebelumnya menjadi 14.827 kasus selama Januari hingga April. Dari data di atas, bisa dilihat bahwa ternyata tidak sedikit kasus kematian akibat rabies anjing.

Bukan hanya bagi masyarakat Bali, kondisi ini tentu saja membuat para penyayang anjing yang memelihara anjing di rumah ikut was was dan mengkhawatirkan kesehatannya. Mungkin Sedulur ada yang bertanya tentang bagaimana kondisi dan gejala rabies pada manusia?

BACA JUGA: Resep Seblak Viral Terenak, Mirip Masakan Rafael Tan!