anime yang menyebut indonesia

Siapa sih yang tidak tahu anime? Di Indonesia sendiri, pecinta anime sangat banyak dan tidak terhitung. Hal tersebut menunjukan bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar menarik bagi produsen anime Jepang. Salah satu cara untuk menarik penonton anime di Indonesia, ada beberapa anime yang menyebut Indonesia. Baik secara langsung atau pun tidak langsung.

Bagi Sedulur yang penasaran apa saja daftar anime yang menyebut Indonesia? Mari simak anime-animenya berikut ini!

BACA JUGA: 15 Anime Romance 2023, Terbaik dan Paling Populer!

1. Dragon Ball

anime yang menyebut indonesia
IMDb

Anime yang pertama yaitu dragon ball. Sedulur pasti sudah tidak asing lagi kan dengan anime satu ini. Ketika karakter utama Son Goku masih kecil dan mengikuti ajang Budokai Tenkaichi. Jika Sedulur perhatikan Papaya Island mirip dengan pulau Bali. Sedulur juga bisa menemukan beberapa istilah dalam bahasa Indonesia, seperti papan reklame bertuliskan Singaraja .Di komiknya, Akira Toriyama selaku pembuat Dragon Ball juga menyisipkan orang Bali asli lho.

-->

2. Ouran Highschool Boys

Ouran Highschool Boys merupakan anime reverse harem di mana karakter utama ceweknya dikelilingi oleh banyak pria tampan. Pada salah satu episode, para karakter cowoknya terlihat sedang memodifikasi ruangan sehingga berkesan seperti di Bali, termasuk pakaian yang dikenakan.

3. One Piece

Siapa yang gak tau anime satu ini, anime yang bertajuk bajak laut ini yang belum di prediksi kapan tamatnya, One Piece, enggak mau kalah dengan menampilkan unsur-unsur Indonesia ke dalam animenya. Contohnya adalah Enel yang menggunakan celana mirip dengan motif batik. Selain itu, telinganya yang memanjang ke bawah juga mirip dengan ciri khas suku Dayak dari Kalimantan. Ada juga pulau Jaya yang diyakini terinspirasi dari Irian Jaya, nama lama pulau Papua. Apalagi, pulau Jaya juga sangat kaya akan emas, sama seperti Papua.

4. Captain Tsubasa

Kapten kita Tsubasa ternyata pernah menampilkan unsur Indonesianya juga loh Sedulur. Ceritanya, timnas U-19 Jepang sedang bertanding pada babak perempatfinal Piala Asia U-19, di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Pertandingan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Akan tetapi, Indonesia dan Jepang berada di grup yang berbeda sehingga mereka tidak bertemu.

5. Joukamachi no Dandelion

Anime selanjutnya yaitu Joukamachi no dandelion. Dimana panglima perang yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit, Panglima Gajah Mada. Joukamachi no Dandelion yang menyinggung Panglima Gajah Mada.

6. Naruto

anime yang menyebut indonesia
Anime Crack

Naruto menjadi salah satu anime terbaik yang pernah tayang di Indonesia. Namun, siapa sangka jika film ini termasuk anime yang menyebut Indonesia dalam tayangannya. Salah satu yang mudah diingat adalah bentuk belum sempurna Juubi yang menyerupai bunga Raflesia Arnoldi. Tapi ada lagi nih, pada film The Last: Naruto the Movie, Sedulur bisa melihat Sakura sedang memegang sebuah stupa yang sangat mirip dengan relief Borobudur.

7. Detective Conan

Anime yang bertajuk detective ini juga pernah menampilkan yang berunsur Indonesianya. Sedulur bisa tonton episode 184. Pada episode yang menceritakan hantu topeng-topeng terkutuk tersebut, sempat terlihat adanya penampakan topeng barong.

8. Nichijou

Tidak cuma lokasi ataupun budaya Indonesia yang pernah ditampilkan oleh anime Jepang. Bahasa Indonesia pun pernah muncul di anime komedi Nichijou. Salah satu karakternya, Aioi Yokko, terlihat menyapa teman-teman di sekolahnya dengan ucapan Selamat Pagi, dan lucunya, ada teman Yokko yang membalasnya dengan berkata Selamat Malam.

9. Hajime Ni Ippo Rising

Anime Hajime Ni Ippo Rising yang menyebutkan petinju asal Indonesia. Ya meskipun dengan nama fiktif tapi terdapat dalam alur anime ini. Petinju yang bernama Papaya Daichu yang dijadikan tokoh petinju asal Indonesia dalam anime tinju berjudul Hajime no Ippo: Rising. Pada episode 120 ada adegan Papaya Daichu yang harus melawan Aoki Masaru.

10. Tekkon Kinkreet

Anime ini memperlihatkan beberapa ornament Bali seperti musik rindik Bali dan juga wayang kulit. Beberapa kebudayaan Indonesia dimunculkan di dalam anime ini yang menunjukan bahwa anime ini merupakan salah satu anime yang menyebut Indonesia secara tidak langsung.

BACA JUGA: 75+ Lagu Anime Terbaik di 2023, Pecinta Anime Wajib Dengerin!

11. Highschool of the Dead

Pinterest

Anime Highschool of the Dead memperlihatkan sangat jelas gambar pulau pulau yang ada di Indonesia. Tentu peta Indonesia yang ditayangkan di anime ini, turut membantu memperkenalkan Indonesia secara internasional.

12. Shokugeki no Souma

Anime ini mengusung tema kuliner. Anime ini memunculkan adegan yang mengulas tentang hidangan khas tanah air loh. Ada tempe yang biasanya kita makan dengan nasi, kali ini digunakan sebagai pelengkap pada ramen. Dalam episode tersebut juga dijelaskan bahwa tempe merupakan makanan tradisional Indonesia yang sudah ada sejak 400 tahun yang lalu.

13. Jormungand Perfect

Anime satu ini menggunakan Jakarta sebagai latar tempat di salah satu episodenya. Kamu bakal melihat berbagai hal khas Indonesia. Mulai dari uang 50 ribu, bajaj, minimarket, dan makanan khas Indonesia muncul pada anime ini. Meskipun makanan yang dimakan karakter adalah nasi goreng, tp kamu bisa melihat daftar menu yang berisi es teler, es cincau, hingga es doger.

14. Kakushigoto

Anime satu ini sempat viral karena kedatangan tenaga kerja Indonesia yaitu Nadila. Nadila bekerja sebagai asisten rumah tangga dari tokoh utama yaitu Kakushi Goto. Anime yang rilis pada April 2020 dan membawa genre slice of life ini tidak boleh Sedulur lewatkan untuk ditonton.

15. Chuunibyou Demo Koi Ga Shitai

Selanjutnya ada anime Chuunibyou Demo Koi Ga Shitai. Anime ini bercerita tentang anak SMA yang menderita sindrom chuunibyou sehingga ia merasa memiliki kekuatan super. Bergenre comedy romance, karakter utama Yuuta Togashi memiliki orang tua yang bekerja di Jakarta. Beberapa kali ditunjukkan cuplikan tentang keadaan Jakarta, termasuk kemacetannya.

16. BTOOM

Anime terakhir yang menyebut Indonesia dalam filmnya adalah BTOOM. Dimana pada salah satu episodenya anime ini menunjukan komodo yang berasal dari NTT Indonesia.

Itulah beberapa anime Jepang yang menyebutkan Indonesia. Unsur Indonesia yang ada dalam anime di atas bisa saja kebetulan, namun bisa juga memang benar-benar diciptakan dari referensi negara Indonesia untuk menarik penonton Indonesia.