anime tentang game

Banyak sekali anime bergenre fantasi yang mengajak para penonton untuk menjelajahi imajinasinya. Dari banyaknya tema yang ada, anime tentang game menjadi salah satu yang banyak disukai. Bukan tanpa alasan, hal ini karena semakin banyaknya orang yang suka dengan aktivitas bermain game.

Tentu saja, anime ini bukan hanya menghadirkan cerita yang menarik, namun juga grafis yang ciamik. Dengan begitu, Sedulur tidak hanya dapat menikmati jalan cerita yang benar-benar seru, namun juga akan dimanjakan dengan tampilan yang dihadirkan.

Nah, bagi Sedulur para pecinta game online, langsung saja berikut ini beberapa judul anime tentang game yang wajib untuk ditonton!

BACA JUGA: Urutan Movie Anime My Hero Academia dengan Sinopsisnya

-->

1. Sword Art Online

urutan nonton sao
Netflix/Sword Art Online

Sword Art Online (SAO) adalah serial light novel karya Reki Kawahara yang diadaptasi menjadi anime. Cerita berlangsung di tahun 2022, ketika teknologi virtual reality terdepan, yaitu NerveGear, memungkinkan pemain untuk masuk ke dalam dunia virtual yang disebut Sword Art Online.

Kirito adalah salah satu dari 10.000 pemain yang terjebak di dalam game ini. Mereka yang terjebak di dalam game ini diberitahu oleh pembuatnya, Akihiko Kayaba, bahwa satu-satunya cara untuk keluar adalah dengan mencapai lantai terakhir dari dungeon.

Namun, ada satu twist yang mengerikan. Jika pemain mati di dalam permainan, mereka juga akan mati di dunia nyata.

2. Ragnarok The Animation

Ragnarok The Animation adalah adaptasi dari game online populer Ragnarok Online. Ceritanya berkisah tentang seorang pemuda muda bernama Roan dan temannya, Yufa, yang bermimpi menjadi pahlawan di dunia Rune Midgard.

Mereka bergabung dengan kelompok petualang yang dipimpin oleh seorang swordsman veteran bernama Iruga. Selama petualangan mereka, mereka harus berhadapan dengan berbagai konflik, termasuk pertempuran melawan monster dan pertarungan melawan musuh manusia yang jahat.

Cerita ini tidak hanya tentang petualangan dan pertempuran, tetapi juga tentang persahabatan, pengorbanan, dan pertumbuhan pribadi.

3. Log Horizon

Anime tentang game berikutnya adalah Log Horizon. Anime ini mengikuti petualangan Shiroe, seorang pemain veteran dalam permainan MMORPG Elder Tale. Suatu hari, setelah pembaruan server, Shiroe dan ribuan pemain lainnya terbangun di dalam dunia game Elder Tale.

Mereka menemukan bahwa semua orang terperangkap di dalamnya. Shiroe, dengan pengetahuannya tentang permainan dan strategi, berusaha untuk memahami fenomena ini dan mencari cara untuk menavigasi dunia baru mereka, sambil membangun masyarakat baru di dalamnya.

Seri ini mengeksplorasi dinamika sosial, politik, dan perjuangan pemain dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan di dunia game.

4. BTOOOM!

BTOOOM! mengikuti kisah seorang pemuda bernama Ryouta Sakamoto. Dia adalah pemain terbaik dalam permainan video BTOOOM!, di mana pemain berkompetisi dengan menggunakan bom. Suatu hari, Ryouta terbangun di sebuah pulau yang sangat mirip dengan dunia permainan BTOOOM!.

Dia melakukannya hanya untuk menemukan bahwa dia dan orang lain terperangkap di sana. Mereka diberi perintah untuk bertahan hidup dengan menggunakan bom yang diberikan kepada mereka, dan Ryouta harus menggunakan keterampilan permainannya untuk bertahan hidup dan mencari jalan keluar dari situasi yang mematikan ini.

5. Hai To Gensou no Grimar

Anime tentang game ini mengisahkan sekelompok orang yang terbangun di sebuah dunia fantasi yang misterius tanpa ingatan masa lalu mereka. Mereka tidak memiliki pengetahuan tentang dunia ini dan tidak memiliki keterampilan bertahan hidup.

Tanpa pilihan lain, mereka bergabung bersama untuk membentuk sebuah kelompok dan memulai petualangan mereka untuk bertahan hidup. Mereka belajar membangun keterampilan bertarung dan menjelajahi dunia Grimgar yang berbahaya.

Tidak hanya itu, tentu saja mereka harus melakukannya sambil juga berjuang untuk memahami dan menerima situasi mereka yang baru.

BACA JUGA: 30 Rekomendasi Anime Psychological Terbaik, Penuh Plot Twist!

6. Overlord

anime tentang game
Netflix/Overlord

Anime ini berkisah tentang seorang pemain game online bernama Momonga yang memainkan permainan populer “Yggdrasil”, sebuah permainan dunia maya yang akan ditutup. Namun, setelah permainan ditutup, Momonga tidak log out dan malah terperangkap di dalamnya.

Hal itupun membuatnya berubah menjadi karakternya sendiri, “Ainz Ooal Gown”. Dalam dunia yang berbeda ini, Momonga memutuskan untuk menjelajahi kekuatannya dan mencari tahu apa yang terjadi dengan dunia tersebut, sambil mempertahankan identitasnya sebagai Ainz Ooal Gown.

Ya, Overlord mengeksplorasi tema-tema kekuasaan, politik, dan eksistensialisme dalam konteks permainan dunia maya yang berubah menjadi kenyataan.

7. Island

Island adalah anime tentang game yang mengisahkan tentang seorang pemuda yang terdampar di sebuah pulau bernama Urashima tanpa ingatan tentang masa lalunya. Dia kemudian bertemu dengan tiga wanita misterius: Rinne, Karen, dan Sara.

Pulau tersebut dipenuhi dengan misteri yang berkaitan dengan sejarah yang gelap, serta rahasia tentang masa lalu dan hubungan antara karakter utama dengan wanita-wanita tersebut.

Dalam perjalanannya untuk mengungkap kebenaran di balik Urashima, dia menemukan konspirasi yang melibatkan waktu, ruang, dan identitas dirinya sendiri. Menariknya, Island menampilkan plot yang kompleks dengan misteri yang rumit dan karakter yang beragam.

8. No Game No Life

Anime yang satu ini mengisahkan tentang Sora dan adiknya, Shiro, yang merupakan gamer profesional legendaris yang dikenal dengan nama “Kosong” dan “Dewi Langit”. Mereka terdampar di dunia fantasi bernama Disboard, di mana segala konflik diatur melalui permainan.

Dengan kecerdasan mereka yang luar biasa, Sora dan Shiro berusaha untuk menjadi raja Disboard dengan mengalahkan pemain lain dalam berbagai permainan, sambil mencari cara untuk kembali ke dunia mereka.

Anime yang berjudul No Game No Life ini menampilkan kecerdasan dan strategi dalam pertarungan permainan yang penuh warna dalam dunia fantasi yang cerah dan unik.

9. Chihayafuru

Chihayafuru merupakan anime yang mengisahkan tentang seorang gadis SMA bernama Chihaya Ayase yang jatuh cinta pada permainan tradisional Jepang yang disebut “karuta”. Chihaya memiliki impian untuk menjadi ratu karuta, terinspirasi oleh temannya dari masa kecil, Arata Wataya.

Bersama dengan teman sekelasnya, Taichi Mashima, mereka membentuk klub karuta di sekolah mereka dan berusaha untuk mencapai tujuan mereka dalam dunia kompetisi karuta.

Seiring waktu, mereka menghadapi rintangan, persaingan, dan pertumbuhan pribadi dalam perjalanan mereka untuk mencapai impian mereka. Chihayafuru mengeksplorasi dunia karuta tradisional Jepang dan perjalanan Chihaya untuk mencapai impian dan menemukan identitasnya sendiri.

10. High Score Girl

Anime ini mengambil latar di tahun 1991 dan mengikuti kehidupan seorang siswa kelas tiga SMP bernama Haruo Yaguchi, seorang gamer yang obsesif. Suatu hari, dia bertemu dengan seorang gadis kaya bernama Akira Oono di sebuah tempat permainan.

Meskipun memiliki kepribadian yang bertolak belakang, mereka berdua berbagi ketertarikan yang mendalam pada permainan video.

Seiring berjalannya waktu, hubungan mereka berkembang melalui persaingan dalam permainan, menyebabkan Haruo menyadari perasaannya terhadap Akira, sementara Akira belajar bagaimana cara berhubungan dengan orang lain melalui permainan.

BACA JUGA: 18 Judul Anime dengan Grafik Terbaik yang Siap Manjakan Mata

11. Danmachi

Cruncyroll/Danmachi

Danmachi adalah anime yang berlatar di sebuah dunia fantasi yang disebut Orario, yang dihuni oleh berbagai jenis makhluk mitologis. Ceritanya berpusat pada Bell Cranel, seorang petualang muda yang bercita-cita menjadi pahlawan terkuat di dunia.

Bell adalah seorang petualang solo yang berjuang untuk meningkatkan kemampuannya dan menjadi lebih kuat demi melindungi orang yang dia cintai.

Ketika dia bertemu dengan Dewi Hestia, seorang dewi yang juga merupakan dewi satu-satunya yang memiliki pengikut, Bell memulai petualangan yang menarik di Orario. Dengan bantuan Hestia dan teman-temannya di Guild Hestia, petualangan membawanya ke dalam labirin bawah tanah yang berbahaya.

12. The Rising The Shield Hero

The Rising of the Shield Hero mengisahkan tentang seorang mahasiswa biasa bernama Naofumi Iwatani, yang tiba-tiba dipanggil ke dunia fantasi bersama dengan tiga pahlawan lainnya untuk menjadi penyelamat dari bencana yang mengancam dunia tersebut.

Setiap pahlawan diberikan senjata legendaris yang mewakili kelas mereka, dan Naofumi diberikan perisai, menjadikannya Pahlawan Perisai. Namun, Naofumi dengan cepat menyadari bahwa dia telah dikhianati dan difitnah, dituduh melakukan kejahatan yang tidak dia lakukan.

Dia kehilangan segalanya. Terisolasi dan putus asa, Naofumi memulai perjalanannya sendiri untuk bertahan hidup dan membuktikan kebenarannya.

13.  Selector Infected WIXOSS

Selector Infected WIXOSS mengisahkan tentang gadis remaja bernama Ruko Kominato yang secara tidak sengaja terlibat dalam permainan kartu khusus yang disebut WIXOSS. WIXOSS bukanlah permainan kartu biasa.

Para pemain yang dipilih sebagai Selector memiliki kesempatan untuk bertarung dengan keinginan untuk memenuhi keinginan mereka yang paling dalam. Ruko, bersama dengan teman-temannya, menemukan bahwa permainan ini memiliki konsekuensi yang lebih dalam daripada yang mereka kira.

Mereka bertemu dengan seorang gadis misterius bernama Tama, yang kemudian berubah menjadi kartu khusus yang memberikan kekuatan kepada Selector.

14. Phi Brain: Kami no Puzzle

Phi Brain: Kami no Puzzle berkisah tentang seorang remaja jenius bernama Kaito Daimon, yang memiliki kemampuan analitis yang luar biasa. Dia tertarik pada teka-teki dan puzzle, dan hidupnya berubah ketika dia diundang untuk bergabung dengan klub teka-teki di sekolahnya, Root Academy.

Di Root Academy, Kaito dan teman-temannya terlibat dalam serangkaian tantangan puzzle yang disebut Puzzle of God. Mereka menemukan bahwa permainan puzzle ini bukan hanya permainan biasa; itu juga memiliki efek samping yang berbahaya.

Saat mereka melangkah lebih dalam ke dalam dunia puzzle, Kaito dan teman-temannya menemukan rahasia gelap di balik Phi Brain, termasuk organisasi misterius yang mengendalikan permainan tersebut.

15. Angel Beats!

Rekomendasi anime tentang game yang terakhir adalah Angel Beats!. Anime yang satu ini, mengambil latar di sebuah dunia antara hidup dan mati, di mana siswa yang telah meninggal dunia berkumpul di sebuah sekolah yang disebut Sekolah Menengah Atas Afterlife.

Di sekolah ini, para siswa yang telah meninggal berjuang melawan “Tenshi” atau “Malaikat”, seorang gadis misterius yang tampaknya bertugas menjaga ketertiban di dunia tersebut. Nah, cerita ini berkisah tentang Otonashi, siswa baru yang mendapati dirinya di dunia ini tanpa ingatan tentang kehidupan sebelumnya.

Dia segera bergabung dengan SSS (Shinda Sekai Sensen), sebuah kelompok perlawanan yang dipimpin oleh Yuri Nakamura. Mereka bertujuan untuk melawan Tenshi dan mencari tahu kebenaran di balik dunia setelah kematian ini.

Nah, itu dia beberapa anime tentang game yang direkomendasikan. Beberapa judul anime yang ada di atas, menawarkan pengalaman yang unik dan juga berbeda melalui berbagai jenis permainan atau dunia virtual. Tidak hanya itu, sudah pasti cerita yang dihadirkan menarik dan karakter-karakter yang beragam.