anime bertarung antar sekolah

Bagi pecinta anime, tentu banyak sekali cerita menarik yang patut untuk ditonton. Salah satunya adalah anime bertarung antar sekolah atau anime tawuran. Pasalnya genre action ini akan memberikan hiburan tersendiri. Saat menontonnya akan membuatmu merasa tegang, deg-degan, dan ceritanya seru.

Banyak sekali rekomendasi anime tawuran yang menceritakan tentang kehidupan sekolah. Malahan, anime school termasuk salah satu genre anime yang cukup digemari. Untuk itu berikut anime bertarung antar sekolah yang patut kamu tonton!

BACA JUGA: 45+ Anime Bercerita tentang Bertahan Hidup, Bikin Ikut Tegang!

1. Mahouka Koukou no Rettousei

B-Station/Mahouka Koukou no Rettousei

Mengisahkan tentang dunia di mana sihir merupakan hal nyata dan kini merupakan sebuah teknologi canggih yang digunakan untuk keperluan militer. First High School, merupakan sekolah sihir khusus yang menampung banyak murid penyihir muda tingkat atas. 

Sekolah tersebut mempunyai aturan dengan membagikan dua kelas yang ditempatkan berdasarkan hasil nilai ujian masuk. Kelas “Blooms”, adalah kelasnya untuk para murid unggulan dengan nilai tertinggi sedangkan “Weeds” adalah kebaikannya. Kehidupan sekolah penuh dengan halangan dan tantangan telah menunggu mereka.

Review:

Cerita tentang sekolah sihir yang sangat seru dan wajib diikuti karena dijamin akan membuatmu terkesan. Alasan mengapa seri ini layak menjadi salah satu anime action school sudah jelas, di mana seri ini bersetting di sekolah sambil melakukan pertarungan sihir di sekolah tersebut.

2. Boku no Hero Academia

Di dunia ini sebagian besar manusia yang lahir telah diberkati sebuah kemampuan khusus yang disebut “Quirks”, yaitu kekuatan yang jenisnya bermacam-macam dalam diri manusia. Seiring berjalannya waktu, hampir seluruh manusia memiliki Quirks dan hal ini membuat keadaan dunia berubah di mana ada yang menggunakannya untuk kejahatan maupun kebaikan. 

Berkisar di wilayah Jepang, di sana mereka memiliki seorang pahlawan yang dijadikan sebagai simbol perdamaian karena sering menumpas kejahatan dan menyelamatkan orang tanpa mengalami masalah. Ia adalah All Might, Pahlawan nomor 1 di jepang yang selalu tersenyum dalam menjalani tugasnya sebagai pahlawan.

Review:

Anime action school yang menjadi salah satu anime shounen terpopuler karena ceritanya sangat keren, memiliki banyak pesan positif, dan dapat memberikan motivasi penonton. Konsep ceritanya adalah tentang pahlawan dimana seri ini menceritakan tokoh utama yang berjuang menjadi seorang pahlawan melalui sekolah khusus pahlawan.

3. Ansatsu Kyoushitsu

Bulan tiba-tiba hancur begitu saja tanpa penyebab yang jelas. SMP Kunigagaoka, dikenal sebagai SMP unggulan karena di sana merupakan tempat bagi para murid terbaik, berprestasi, dan sering mendapatkan nilai tinggi.

Namun sekolah tersebut memiliki aturan khusus, yaitu menempatkan para murid yang mendapatkan nilai terburuk ke tempat kelas terburuk, yaitu “Kelas E”.

Telah diketahui kelas tersebut dijadikan sebagai tempat diskriminasi untuk memotivasi para murid supaya mereka tidak akan menjadi orang gagal. Namun pada suatu hari, Kelas E mendapatkan perlakuan khusus dari pemerintah dan belajar di bawah bimbingan seorang guru aneh. 

Review:

Walaupun pengaturannya seperti sekolah biasa, namun seri ini memiliki sebuah keunikan, yaitu belajar sambil membunuh gurunya dan gurunya tersebut merupakan makhluk gurita yang sangat sangat kuat, pintar, dan cepat.

Sepanjang cerita kamu akan disajikan berbagai kisah kehidupan sekolah dengan comedy yang sangat menghibur, serta adanya adegan pelatihan khusus bagaimana cara bertarung dengam animasi gerakan yang sangat keren.

4. Kill la Kill

Kamui atau bisa disebut dengan “Pakaian Dewa”, merupakan seragam khusus yang dibuat dari bahan organisme bernama “Life Fiber” yang diketahui dapat memberikan kekuatan besar kepada sang pemakai. Ryuuko Matoi, adalah seorang gadis remaja yang berpetualang untuk mencari pelaku yang telah membunuh ayahnya.

Dalam perjalanannya, Ryuuko menemukan Honnoji Academy, sebuah sekolah khusus yang menjadi perhatian utamanya dan membuat ia berkeinginan untuk mendaftar di sekolah tersebut sebagai murid pindahan. Setelah menghadiri di sekolah tersebut, Ryuuko duduk di dekat seorang gadis ceria dan banyak tingkah bernama Mako Mankanshoku.

Karena Ryuuko merupakan murid baru yang belum mengetahui banyak hal tentang Hannoji Academy, Mako menjelaskan segalanya termasuk informasi tentang ketua OSIS bernama Satsuki Kiryuin yang memiliki kemampuan hebat dalam bertarung.

Review:

Anime action school terbaik yang satu ini sangat wajib ditonton karena selain memiliki cerita yang menarik, pertarungannya juga sangat seru, penuh gerakan cepat yang dibuat dengan animasi khas dari Studio Trigger. Selain itu komedinya juga sangat lucu terutama pada tingkah Mako yang membuatmu tertawa.

5. Beelzebub

Ini adalah kisah tentang dua iblis yang ditakdirkan untuk bertemu. Awal kisah berkisar di sekolah SMA Ishimaya, sekolah dimana terdapat seorang murid kelas satu yang memiliki sifat kejam dan mengerikan.

Dia adalah Oga Tatsumi, meskipun masih menginjak siswa tahun pertama, ia sudah terkenal dikalangan para murid lain sebagai berandalan tak kenal ampun dengan sebutan “Rampaging Ogre” yang kekuatannya mampu mengalahkan para seniornya.

Suatu hari, saat Oga sedang memberi pelajaran kepada beberapa orang, ia melihat seorang pria tua yang sedang hanyut di sungai. Setelah diselamatkan oleh Oga, tiba-tiba tubuh pria tersebut membelah dan mengeluarkan sosok bayi imut berambut hijau. Ketika menangis, bayi tersebut mengeluarkan sengatan listrik yang berbahaya.

Review:

Cerita anime bertarung antar sekolah ini berfokus pada berandalan sekolah dengan cerita yang sangat unik dimana ia harus menjaga seorang bayi iblis. Berbeda dengan seri sebelumnya, anime action school terbaik satu ini lebih fokus terhadap comedy cerdas dan tak terduga.

6. Prison School

anime bertarung antar sekolah
B-Station/Prison School

Anime bertarung antar sekolah satu ini dirilis pada tahun 2015 dan memiliki episode sebanyak 12 episode. Genre dari anime yang satu ini sendiri adalah Comedy, Ecchi, Romance, School dan juga Shounen. Selain itu anime yang satu ini juga mendapatkan Rating sebesar 7,83 loh yang membuatnya layak untuk ditonton.

Berceritakan tentang sebuah sekolah khusus wanita yang bernama Hachimitsu Academy yang tiba-tiba membuka pendaftaran pelajar laki-laki. Nah otomatis keadaan cerita dari anime ini akan masuk kedalam genre komedi kan!?

Sekolah tersebut memang menggunakan standar kelulusan yang sangat tinggi untuk pendaftar laki-laki yang alhasil hanya 5 pelajar laki-laki yang dapat lulus bersekolah pada sekolah tersebut.

Tidak lama Fujino Kiyoshi melakukan kesalahan yang tidak disadarinya, hal ini wajar karena aturan-aturan di sekolah tersebut memang kebanyakan dibuat untuk para pelajar wanita. Akhirnya sekolah memberikan dua pilihan terhadap siswa tersebut yakni dipenjara selama 1 bulan atau dikeluarkan dari sekolah.

Review:

Jika kamu merupakan penyuka anime komedi action, ini adalah rekomendasi terbaik untuk kamu karena ceritanya sangat berkualitas, keren, dan dijamin membuatmu penasaran di setiap episodenya. Selain itu pertarungannya juga seru dengan gerakan animasi yang menakjubkan!.

7. Angel Beats

Seorang remaja bernama Yuzuru Otonashi tiba-tiba saja terbangun tanpa tahu apa yang terjadi. Selain itu, ia tidak mengingat apapun sebelum ia berada di tempat tersebut dan hanya mengetahui namanya saja. Pada saat itu ia bertemu dengan seorang gadis yang sedang membawa senapan bernama Nakamura Yuri. 

Ia menjelaskan situasi yang terjadi dengannya dimana ia sedang berada di dunia Afterlife, dunia selanjutnya setelah kematian. Telah diketahui bahwa Yuri sedang menentang dewa karena tidak puas dengan takdir kehidupannya.

Untuk menunjukkan ketidakpuasannya, Yuri berusaha untuk membunuh seorang gadis yang diduga malaikat yang ditugaskan untuk mengawasi dunia tersebut. 

Review:

Awal episode dari anime action school ini memberikan banyak adegan action dengan tambahan comedy yang dijamin membuatmu tertawa. Konsepnya juga menarik di mana seri ini bertema Isekai dengan latar dunia bagaikan sebuah game serta adanya hal-hal yang berkaitan dengan sekolah.

8. Gakusen Toshi Asterisk

Invertia, dikenal sebagai bencana mengerikan yang telah melanda bumi dan membuat keseimbangannya memburuk. Beberapa tahun kemudian sesudah bencana Invertia, kondisi Bumi semakin lama semakin memburuk terutama dalam kebutuhan ekonomi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Umat manusia membentuk Kelompok Lembaga Perusahaan Terpadu yang didirikan untuk menjalani tugas dalam menyeimbangkan Bumi. Di wilayah Kanto bagian Utara, di mana terdapat sebuah kota terapung.

Cerita berpusat tentang Ayato Amagiri, seorang murid pindahan dari sekolah elit bernama Akademi Seidoukan. Tujuan sebenarnya Ayato menjadi murid Akademi Seidoukan sebenarnya hanyalah untuk menyelidiki adiknya, yaitu Haruka Amagiri, yang diketahui telah menghilang.

Review:

Seri ini berlatar tentang sekolah yang berkaitan dengan acara pertarungan antar murid sekolahan, karakter utama yang memiliki kemampuan hebat dalam menggunakan berpedang. Visualnya bagus, pewarnaan cerah yang pas, serta animasi gerakan pertarungan yang disajikan dengan baik sehingga seri ini sangat direkomendasikan untuk ditonton.

9. Busou Shoujo Machiavellianism

Nama karakter utama dari anime ini adalah Fudo Nomura, dimana sang Main Character ini memang sangat sering melakukan kegiatan onar di sekolahnya. Keributan yang terjadi di sekolah tempat dia belajar sudah pasti disebabkan olehnya.

Alhasil dia dikeluarkan dari sekolahnya dan mendaftar pada sekolah yang baru, tetapi ternyata sekolah barunya tersebut merupakan sebuah sekolah khusus perempuan yang dimana para pelajarnya selalu membawa pedang sebagai senjata jaga-jaga.

Setelah dia bersekolah di sekolah tersebut dia masih kebiasaan dalam membuat keonaran dan alhasil dia menjadi incaran salah seorang pelajar perempuan yang sangat mahir menggunakan pedang nih.

Nama pelajar tersebut adalah Rin Onigawara alhasil agar dia bisa bertahan bersekolah di sekolah tersebut sang MC harus mengalahkan kelompok pedang penguasa pada sekolah tersebut.

Review:

Anime action school dengan cerita penuh plot twist tak tertebak. Apalagi tokoh utama dalam seri ini juga sangat keren dan akan membuatmu terkagum-kagum dimana ia memiliki kekuatan overpower serta tindakannya yang membuat ia dianggap sebagai tokoh utama anti-hero.

10. Rakudai Kishi no Cavalry

Sihir adalah nyata, para manusia yang memiliki kekuatan sihir disebut sebagai “Blazer”. Kekuatan sihir tersebut diketahui dapat membuat sang pengguna untuk menciptakan sebuah senjata untuk melakukan sebuah pertarungan. Untuk mengembangkan kekuatan para Blazer, mereka diwajibkan mengikuti latihan khusus untuk menjadi seorang ksatira bernama “Mage-Knight”.

Akademi Hagun, salah satu sekolah bergengsi untuk para Blazer yang memiliki keinginan kuat untuk menjadi Mage-Knight. Telah diketahui sekolah tersebut menerapkan sebuah sistem pembagian kelas berdasarkan tingkat kemampuan Blazer.

Review:

Anime action school dengan penuh pertarungan di sebuah sekolah khusus karena sekolah dan bertarung merupakan hal yang berkaitan. Selain menarik dari segi cerita, karakternya juga sangat bagus, terutama karakter perempuan yang cantik-cantik dan waifuable, serta tokoh utama yang keren dan juga badass dimana ia membuat para penonton tertarik dengan karakteristiknya.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Anime Orang Korea Terbaik 2023

11. Zero no Tsukaima

B-Station/Zero No Tsukaima

Bercerita di dunia sihir tepatnya di negara Tristain yang berada di Benua Halkegenia. Di sana berdiri sebuah sekolah sihir bergengsi bernama Akademi Tristain yang ditujukkan untuk para murid dari bangsawan. Di sana terdapat seorang murid yang payah dalam menggunakan sihirnya.

Ia adalah Louise Françoise Le Blanc de La Vallièr. Setiap ia mengeluarkan sihir, ledakan selalu terjadi. Payahnya Loise dalam menggunakan sihir membuat ia mendapakan julukan “Louise the Zero”.

Pada suatu hari, Akademi Tristain telah mengadakan Upacara khusus bernama Upacara Familiar, yaitu upacara untuk para siswa penyihir yang akan melakukan ritual pemanggilan makhluk beranekaragam jenis yang bernama “Familiar”.

Review:

Anime dengan konsep Isekai (tokoh utama terlempar di dunia lain) yang terkenal dengan karakternya yang tsundere dan imut, yaitu Louise. Selain memiliki segi cerita fantasy yang menarik, pertarungannya juga seru, ada unsur romance yang berasa, serta fanservice ecchi yang tak terlalu berlebihan namun bisa dinikmati.

12. Shonan Junai Gumi

Anime bertarung antar sekolah selanjutnya adalah Shonan Junai Gumi. Meskipun anime ini sudah sangat lama dirilis ceritanya tetap seru. Dimana menceritakan tentang dua sahabat sejati yakni Onizuka Eikichi dan Danma Ryuji dua orang pelajar yang berusaha menjadi anak yang baik untuk memperbaiki citra mereka di mata publik.

Alhasil dua pelajar ini sangat menarik perhatian para wanita di sekolah barunya dan akan tetapi juga menarik perhatian oleh para berandal-berandal lain di sekolah barunya.

Anime ini diwarnai oleh banyak adegan-adegan tawuran dan perkelahian yang sangat heboh. anime tentang berandalan sekolah ini tidak hanya bergenre Shounen tetapi juga menggabungkan genre comedy, drama, gangster dan violence dalam satu anime.

Review:

Satu lagi anime action school dengan cerita harem dan adanya unsur mecha. Karena cerita semacam ini memang sering ditemukan, namun terdapat hal berbeda dari seri ini adalah karakternya yang memiliki keunikan masing-masing.

Selain karakter yang menarik, disini kamu akan disuguhkan banyak adegan pertarungan mecha yang sangat seru ditambah dengan fanservice ecchi yang sangat mantap.

13. Kishuku Gakkou no Juliet

Ini adalah kisah tentang dua negara yang telah berseteru dan menjadi musuh abadi sejak lama. Mereka adalah Bangsa Timur Touwa dan Asrama dari Kerajaan Barat. Setiap hari selalu terjadi persaingan di antara mereka yang berlangsung di sebuah sekolah perbatasan Akademi Dahlia. 

Dua pesaing tersebut masing-masing memiliki sebutan, yaitu “Anjing Hitam dari Touwa” dan “Kucing Putih dari Kerajaan Barat”. Walaupun mereka selalu berperang yang sudah dilakukan dari generasi sebelumnya, mereka memiliki sebuah kesamaan, yaitu sebuah kebanggaan dan semangat juang yang tinggi.

Namun telah diketahui bahwa pemimpin dari kedua pihak, yaitu Juliet Persia dari Kerajaan Barat serta Romio Inuzuka dari Touwa, ternyata saling jatuh cinta secara diam-diam. Kini pasangan yang disebut cinta terlarang tersebut harus memperjuangkan cinta mereka sambil menghindari masalah yang mungkin dapat merusak hubungan persaingan dari masing-masing pihak.

Review:

Sudah ada gambaran tentang anime action school dari seri ini setelah baca sinopsisnya? Yah, memang seri ini terbaik yang rilis pada tahun 2018. Namun seri ini juga menyajikan comedy dan romance yang sangat menghibur dan lucu.

14. Accel World

Haruyuki Arita hanyalah sekadar remaja biasa bertubuh pendek dan gendut yang mengalami kehidupan kurang menyenangkan di masa SMP nya karena ia selalu di bully oleh teman-temannya di sekolah. Namun ada satu keunggulan yang menjadi keahilan Haruyuki, yaitu bermain game.

Telah diketahui bahwa Haruyuki sangat hebat dalam game VRMMORPG dan hal tersebut membuat dirinya menarik perhatian wakil ketua OSIS yang cantik dan populer bernama Kuroyukihime.

Kuroyukihime memperkenalkan kepada Haruyuki tentang Brain Burst, sebuah program aplikasi game ARMMO (Augmented Reality Massively Multiplayer online). Dalam aplikasi tersebut, para pemain akan bertarung satu sama lain untuk mendapatkan point yang dapat digunakan untuk melakukan akselerasi di dunia nyata. 

Review:

Ini adalah anime yang dijamin membuatmu iri terutama bagi jomblo yang belum pernah merasakan pacaran atau disukai oleh perempuan. Tokoh utama dari seri ini berbeda dari biasannya, dimana ia diatur sebagai remaja bertubuh kecil, gemuk, dan tidak tampan namun disukai oleh karakter perempuan yang cantik.

15. Knight’s & Magic

Tsubasa Kurata adalah seorang programmer yang diakui oleh rekan-rekannya karena kehebatannya dalam bekerja. Selain menjadi programmer handal, ia juga seorang otaku mecha yang sudah mengoleksi banyak model mecha di apartemennya. Namun sesuatu terjadi padanya. 

Namun Kehidupan Tsubasa belum berakhir karena setelah itu ia mengalami reinkarnasi menjadi seorang anak laki-laki cantik dan imut bernama Ernesti Echavalier atau “Eru” yang hidup di dunia fantasy abad pertengahan dengan adanya sihir.

Review:

Anime tentang Isekai dengan unsur mecha yang sangat seru untuk ditonton dan tidak boleh dilewatkan. Plotnya rapi walaupun sebenarnya agak berbeda dengan sumbernya (Light Novel). Selain memiliki cerita yang tidak mudah membuatmu bosan, animasinya juga bagus, latar belakang sekolah, dan banyak pertarungan antar robot yang dapat kamu temukan di sini.

16. Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records

Kekaisaran Alzano, kerajaan di dunia sihir yang mendirikan sekolah bernama Alzano Imperial Magic Academy, sekolah bergengsi yang berisi siswa-siwa ambisius yang ingin mengasah kekuatannya untuk menjadi penyihir hebat. Murid-murid berbakat dan juga berpotensi, dididik secara khusus cara menggunakan sihir dengan benar. 

Sistine Fibel, adalah seorang murid yang bersemangat dan rajin bersama dengan sahabatnya yamg bernama Rumia Tingel berusaha keras untuk meningkatkan keterampilan sihir mereka. Namun sayangnya, guru favoritnya telah diganti dan cara mengajarnya buruk.

Review:

Anime action school berlatar fantasi dengan tokoh utama yang merupakan seorang guru. Karena ceritanya berfokus tentang tokoh utama guru, pastinya seri ini sering memberikan adegan latar sekolah. Selain itu ada keunikan yang terdapat dalam seri ini, yaitu sebuah fanservice dari seragam para wanita yang sangat feminim yang dapat menarik perhatian para penonton penyuka karakter cantik.

17. Tokyo Revenger

anime bertarung antar sekolah
Netflix/Tokyo Revenger

Anime bertarung antar sekolah yang terakhir adalah Tokyo Revenger. Anime ini memiliki karakter utama yaitu Takemichi Hanagaki, seorang pekerja lepas yang telah mencapai lubang keputusasaan mutlak dalam hidupnya.

Dia mengetahui bahwa satu-satunya pacar yang pernah dia miliki, di sekolah menengah, Hinata Tachibana, telah dibunuh oleh Geng Tokyo Manji yang kejam. Hal itu membuat dirinya ancur dan penuh dengan dendam.

Sehari setelah mendengar tentang kematiannya, dia berdiri di peron stasiun dan akhirnya didorong ke rel oleh sekelompok orang. Dia menutup matanya berpikir dia akan mati, tetapi ketika dia membuka matanya kembali, dia entah bagaimana kembali ke waktu 12 tahun.

Sekarang dia kembali menjalani hari-hari terbaik dalam hidupnya, Takemichi memutuskan untuk membalas dendam pada hidupnya.

Review:

Anime action school yang wajib diikuti dengan bersetting sekolah di Jepang yang penuh gangster dan kelompok anak nakal. Yang menguatkan unsur school dari seri ini adalah pertarungan tangan kosong tiap karakternya yang membuatnya begitu realistis.

Itulah tadi anime bertarung antar sekolah yang wajib untuk kamu tonton. Kalau kamu sendiri suka nonton yang mana nih?