Sedulur merupakan seorang pelajar yang ingin mendapat pekerjaan sambilan? Tepat sekali, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa pekerjaan yang cocok untuk para pelajar, sekaligus website kerja online untuk pelajar yang bisa digunakan.

Seperti yang diketahui, dari tahun ke tahun persaingan kerja semakin kompetitif. Setiap orang dituntut untuk lebih mahir dan cerdik agar bisa mendapat pekerjaan yang sesuai di masa mendatang.  Solusi untuk menghadapi kompetisi ini, sebaiknya pelajar mulai mencari peluang kerja sedini mungkin.

Untuk saat ini, informasi sangat mudah diakses sehingga yang dibutuhkan adalah niat dan usaha. Tidak hanya itu, kini juga sudah banyak pekerjaan yang dapat dilakukan secara online lho! Jadi tidak alasan untuk menunda-nunda dalam mencari pekerjaan.

BACA JUGA: Apa itu Agency? Simak Pengertian dan Pekerjaannya Berikut Ini!

Jenis Pekerjaan Online untuk Pelajar

Unsplash/Surface

Nah, sebelum kita membahas soal website kerja online untuk pelajar, ada baiknya Sedulur tahu kira-kira apa jenis pekerjaan online yang paling tepat. Kurang lebih, berikut ini beberapa jenis pekerjaan online untuk pelajar dengan penghasilan yang cukup menjanjikan.

1. Freelance writer

Pekerjaan online untuk pelajar yang saat ini banyak digeluti adalah menjadi seorang freelance writer. Freelance sendiri merupakan istilah yang merujuk pada jenis atau tipe pekerjaan lepas. Jadi pekerjaan yang dilakukan tidak terikat dengan waktu dan tempat secara pasti.

Bagi Sedulur yang hobi menulis, tentu saja dapat mengambil peluang kerja yang satu ini. Untuk saat ini, ada banyak media di Indonesia yang seringkali membutuhkan freelance writer. Kemudian untuk hasil yang maksimal, pastikan untuk melakukan latihan seperti banyak membaca dan melatih kemampuan menulis.

2. Freelance graphic designer

Selain dari bidang kepenulisan, desainer grafis juga cukup banyak dicari untuk saat ini. Pekerjaan utama dari seorang freelance graphic designer adalah membuat desain sesuai dengan permintaan dari klien. Desain tersebut bisa saja untuk keperluan poster, produk, dan lain sebagainya.

Namun sebelum itu, Sedulur perlu membuat portofolio yang menarik secara visual terlebih dahulu. Dan untuk mendapat perhatian dari calon konsumen, dapat dengan menawarkan jasamu dengan strategi Word of Mouth, alias mulut ke mulut melalui teman maupun promosi melalui akun sosial media.

3. Freelance video editor

Pekerjaan yang juga banyak dicari di website kerja online untuk pelajar adalah freelance video editor. Baik itu perusahaan maupun influencer pribadi, biasanya menggunakan video untuk keperluan konten mereka. Sehingga tidak jarang mereka mencari orang untuk mengedit video yang nantinya akan diupload.

Untuk bisa menghasilkan editan video yang menarik, tentu saja dibutuhkan skill yang mumpuni. Sedulur harus menguasai minimal satu aplikasi pengedit video seperti Adobe Premiere Pro, Cap Cut, Final Cut Pro, Lightworks, Sony Vegas, dan lain sebagainya.

4. Freelance data entry

Memasukkan atau menginput data-data yang penting biasanya menjadi tanggung jawab dari seorang freelance data entry. Jika Sedulur memiliki pengetahuan tentang Microsoft Excel dan memahami data berupa angka, maka dapat coba peluang kerja online satu ini.

Tidak hanya tergolong sebagai pekerjaan yang mudah, penghasilan yang akan juga dapatkan cukup menjanjikan. Dan yang paling penting, pekerjaan ini tidak akan mengganggu aktivitas pelajar, karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

5. Voice over talent

Mengisi suara pada sebuah konten video, iklan, atau live event adalah tugas dari voice over talent. Untuk dapat memperoleh peluang kerja yang satu ini, Sedulur harus punya penekanan dan intonasi suara yang baik, terutama pada saat menyampaikan pesan.

Selain mengisi suara, biasanya voice over talent juga dituntut untuk bisa mengedit audio tersebut dengan meminimalkan suara bising yang terjadi ketika perekaman suara berlangsung. Ini adalah pekerjaan online yang sangat mudah bagi pelajar, karena tidak memerlukan modal yang banyak.

6. Bisnis online

Jika Sedulur suka berjualan atau mempunyai minat dalam berwirausaha, maka dapat mencoba bisnis online. Satu hal yang wajib dilakukan selama berbisnis yakni konsisten. Nah, contoh barang yang dapat dijual seperti makanan ringan, kerajinan tangan, kue, hampers, dan masih banyak lagi.

Sama halnya seperti freelance graphic designer, Sedulur dapat menarik para calon konsumen melalui strategi Word of Mouth dan juga promosi di sosial media. Buatlah campaign yang unik sehingga orang-orang yang melihatnya akan tertarik dan segera melakukan transaksi.

7. Dropshipper

Hampir sama dengan jenis pekerjaan yang sebelumnya, bedanya pekerjaan ini tidak perlu memikir persediaan barang sampai pengiriman barang. Sebab yang menyediakan barang serta mengirimkannya adalah pihak supplier.

Jadi tugas dari seorang dropshipper hanya menarik para konsumen untuk membeli barang tersebut. Peran utama dropshipper adalah menjadi perantara antara supplier dan konsumen. Kemudian penghasilan yang akan didapatkan berasal dari keuntungan barang yang berhasil terjual.

8. Reseller

Jika tugas dari dropshipper hanya cukup menarik para konsumen, lain halnya dengan reseller. Reseller harus bisa mengatur persediaan barang sekaligus mengirimkannya. Entah itu dropshipper maupun reseller, keduanya sama-sama menjual barang dari supplier alias tangan pertama.

Keuntungan yang akan didapatkan juga berasal dari profit atau laba penjualan barang. Walaupun sedikit lebih rumit dan membutuhkan lebih banyak modal, namun Sedulur tidak hanya bisa menawarkan barang secara online, namun juga offline kepada para pelanggan.

9. Penerjemah

Penerjemah alias translator menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari di website kerja online untuk pelajar. Bagi Sedulur yang jago berbahasa asing, maka pekerjaan ini sangat cocok untuk dicoba. Pekerjaan yang dilakukan seperti menerjemahkan dokumen sampai menerjemahkan transkripsi percakapan.

Selain penerjemah atau translator, istilah lain dari pekerjaan ini adalah localization atau lokalisasi. Sedulur bisa mencoba semua istilah tersebut pada saat memasukkan kata kunci di website kerja online untuk pelajar.

10. Fotografi

Bisa dibilang jika fotografi menjadi kerja online yang banyak diminati oleh para pelajar. Bila Sedulur memiliki foto-foto yang berkualitas dengan resolusi yang tinggi di galeri, cobalah menjualnya melalui situs khusus jual beli foto.

Penghasilan yang didapatkan dari menjual foto ini tentu saja sangat memuaskan. Apalagi jika Sedulur memang suka memotret berbagai hal menarik, dijamin foto-foto yang diupload dna dijual akan laku keras dan mendatangkan banyak keuntungan.

BACA JUGA: 17 Pekerjaan Lulusan SMA Gaji Besar, Bisa Jadi Incaran Kalian!

Website Kerja Online untuk Pelajar

Unsplash/Windows

Nah, setelah tahu beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk pelajar, selanjutnya Sedulur akan diberitahu website apa saja yang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa website kerja online untuk pelajar.

1. Upwork (upwork.com)

Upwork merupakan platform yang menyediakan berbagai pekerjaan lepas dan juga proyek sambilan. Sedulur bisa mencari pekerjaan di berbagai kategori, seperti penulisan, desain grafis, penerjemah, dan masih banyak lagi.

2. Freelancer (freelancer.com)

Sesuai dengan namanya, Freelancer menawarkan berbagai macam pekerjaan lepas yang bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja. Sedulur bisa membuat profil, kemudian mengajukan penawaran untuk proyek-proyek yang sesuai dengan keahlian.

3. Toptal (toptal.com)

Kemudian untuk Toptal, merupakan platform yang lebih berfokus pada pengembang dan desainer teratas. Walaupun mereka cenderung mencari profesional yang berpengalaman, para pelajar dengan keterampilan yang tinggi tetap memiliki kesempatan menemukan pekerjaan sambilan yang sesuai di website ini.

4. PeoplePerHour (peopleperhour.com)

PeoplePerHour adalah website kerja online untuk pelajar, yang memungkinkan mereka untuk menemukan pekerjaan lepas dalam berbagai kategori. Misalnya saja seperti penulisan, desain, pemasaran, dan lain sebagainya.

5. Remote OK (remoteok.io)

Remote OK menawarkan daftar pekerjaan jarak jauh di berbagai industri. Ada banyak jenis pekerjaan yang dapat ditemukan di situs yang satu ini, termasuk desain, penulisan, penerjemah, pengisi suara, dan masih banyak lagi pekerjaan jarak jauh lainnya.

6. StudentFreelance (studentfreelance.com)

StudentFreelance adalah sebuah Platform ini dirancang secara khusus untuk mahasiswa dan pelajar. Di sini Sedulur dapat dengan mudah menemukan berbagai pekerjaan lepas, proyek, serta lowongan magang yang sesuai dengan keahlian dan juga minat.

7. Indeed (indeed.com)

Terakhir ada Indeed, salah satu situs pencarian pekerjaan populer yang menyediakan berbagai macam lowongan pekerjaan. Baik itu pekerjaan paruh waktu maupun proyek sambilan, Sedulur bisa menemukan pekerjaan yang paling sesuai di situs ini.

Nah, itulah informasi terkait jenis pekerjaan dan juga website kerja online untuk pelajar. Penting untuk mengetahui bakat dan juga minat, walaupun pekerjaan yang dilakukan bersifat online atau lepas. Dengan begitu, maka Sedulur bisa bekerja dengan semangat dan tidak merasa terbebani.

Selain itu, jangan lupa pastikan bahwa pekerjaan yang dipilih tidak mengganggu aktivitas belajar. Bagaimanapun juga, kewajiban utama dari seorang pelajar adalah belajar dan menuntut ilmu.