pekerjaan lulusan sma gaji besar

Ada banyak orang yang lebih memilih untuk langsung bekerja setelah lulus SMA ketimbang melanjutkan ke bangku kuliah. Namun, apakah ada pekerjaan lulusan SMA gaji besar dengan jenjang karir yang menjanjikan? Faktanya, hal tersebut masih ada dan cukup banyak di Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama rekomendasi pekerjaan lulusan SMA gaji besar yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Terutama bagi Sedulur yang memang tengah mencari pilihan pekerjaan setelah lulus sekolah. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak penjelasan tentang rekomendasi pekerjaan lulusan SMA gaji besar di bawah ini!

BACA JUGA: Cara dan Tips Mendapat Pekerjaan di Singapura

1. Pramugari atau pramugara

pekerjaan lulusan sma gaji besar
iStock

Salah satu pekerjaan lulusan SMA gaji besar yang bisa jadi pilihan Sedulur adalah dengan menjadi pramugari atau pramugara. Terlebih, bekerja sebagai pramugari atau pramugara memiliki kebanggan tersendiri. Selain bergaji besar juga Sedulur bisa mendapatkan jalan-jalan gratis.

-->

Jangan Sedulur tanyakan terkait penghasilannya, jika Sedulur berhasil lulus sarjana atau magister, Sedulur bisa mendapatkan gaji yang lebih besar termasuk tunjangan. Fasilitas yang didapatkan saat bekerja juga lumayan banget, misalnya minimal penginapan yang diberikan adalah hotel bintang empat. Saat ini emang udah banyak sekolah-sekolah khusus pramugari, tapi lowongan kerjanya terbuka buat siapa aja, termasuk lulusan SMA, SMK atau MA.

2. Asisten pilot

pekerjaan lulusan sma gaji besar
iStock

Rekomendasi pekerjaan lulusan SMA gaji besar selanjutnya yaitu dengan menjadi asisten pilot. Beberapa maskapai penerbangan di Indonesia membuka lowongan untuk asisten pilot atau bahkan pilot itu sendiri dengan lulusan SMA.

Setelah lulus seleksi, Sedulur bakal diberikan pelatihan dan pendidikan khusus selama beberapa waktu. Penting untuk belajar, berlatih dan terus menggali diri dan potensi agar Sedulur bisa lulus seleksi maskapai menjadi asisten pilot. Umumnya lama pendidikan untuk pekerjaan yang satu ini sekitar 112-150 hari, tergantung jenis pesawat yang bakal diterbangkan.

3. Polisi

pekerjaan lulusan sma gaji besar
iStock

Salah satu pekerjaan yang paling banyak diminiati oleh anak muda lulusan SMA. Untuk masuk menjadi polisi, Sedulur wajib lolos seleksi dan masuk akademi polisi. Namun jika Sedulur tidak berminat mengikuti Pendidikan lanjutan, Sedulur bisa saja langsung mengikuti seleksi.

Persyaratan Pendidikan untuk menjadi polisi, salah satunya adalah lulusan SMA dari berbagai jurusan. Namun sebelum kemudian dilantik menjadi polisi, ada Pendidikan akademi polisi yang harus dilalui beberapa tahun. Tidak ubahnya seperti Pendidikan kuliah atau perguruan tinggi.

4. Tentara

pekerjaan lulusan sma gaji besar
iStock

Selain polisi, pekerjaan yang bisa Sedulur jalani bagi pekerjaan lulusan SMA gaji besar adalah tentara. Sama dengan polisi, tentara juga memiliki Pendidikan yang dikenal dengan nama akademi militer. Tentara juga merupakan pekerjaan yang banyak diminati sama seperti polisi.

Waktu Pendidikan yang dibutuhkan dalam menjalani masa akademi militer sekitar 3 sampai 4 tahun. Para peserta didik akademi militer yang lolos akan langsung ditugaskan dan disebar ke berbagai pelosok Indonesia untuk menjaga pertahanan dan kemanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

5. PNS

iStock

Pegawai Negeri Sipil atau PNS bukan hanya pekerjaan yang didambakan oleh lulusan SMA namun juga untuk lulusan kuliah dan lulusan lainnya. Pasalnya PNS memberikan jaminan penghasilan yang menjanjikan kehidupan yang sejahtera. Tentu saja pekerjaan ini sangat didambakan.

Bagi Sedulur yang lulusan SMA ingin menjadi PNS, ada banyak formasi PNS dengan ijazah lulusan SMA. Atau Sedulur yang lulusan SMA juga bisa masuk ke Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Menjalani Pendidikan selama 4 tahun, lalu setelah lulus akan mendapatkan predikat sebagai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).

Sama dengan yang mengikuti tes secara umum, akan menjadi CPNS dan menjalani masa percobaan selama satu tahun sebelum kemudian dilantik dan menjadi PNS sepenuhnya.

6. Asisten dokter gigi

iStock

Bukan lulusan kedokteran tapi pengin kerja di rumah sakit? Profesi yang cocok untuk Sedulur. Umumnya syarat pendidikan yang diperlukan adalah minimal SMA sederajat atau diploma keperawatan gigi.

Sedulur bakal mendapatkan pelatihan sebelum mulai bekerja, karena pekerjaan ini secara teknis membutuhkan pemahaman yang baik serta detail karena berkaitan dengan gigi. Karena urusan ini berkaitan dengan kesehatan gigi seseorang.

BACA JUGA: 15+ Rekomendasi Pekerjaan untuk Anak SMA, Dijamin Cuan!

7. Content writer

pengertian community manager
Unsplash

Pekerjaan yang sangat memungkinan untuk lulusan SMA adalah menjadi content writer atau penulis konten. Zaman sekarang, penulis konten terutama konten digital sangat dibutuhkan dan banyak dicari.

Biasanya dan umumnya, untuk pekerjaan ini tidak ada standar pendidikan dan persyaratan khusus. Asal kemampuan menulis mumpuni, Sedulur pasti diterima. Hal tersebut karena yang dibutuhkan adalah kemampuan menulisnya.

Ketika kemampuan menulis baik dan mampu marangkai kata yang baik, Sedulur bisa menjalankan profesi satu ini. Ditambah lagi, profesi ini dapat dilakukan secara full  time maupun sebagai pekerjaan sampingan.

Untuk meningkatkan skill dan menambah portofolio, rajin-rajinlah menulis di blog pribadi atau media online berbasis UGC (User Generated Content). Bisa jadi pekerjaan yang menarik dan menghasilkan banyak uang.

Setelah menjalankan pekerjaan ini, jangan lupa untuk mengumpulkan setiap tulisan yang telah dibuat. Karena hal tersebut bisa jadi portofolio Sedulur untuk mendapatkan pekerjaan lain dalam bidang kepenulisan dan sebagai syarat untuk menaiki jenjang karir.

8. Menjadi guru

Pekerjaan selanjutnya yaitu menjadi guru, lulusan untuk menjadi guru bisa oleh siapapun termasuk untuk lulusan SMA.  Hal penting yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini yaitu memiliki kesabaran dan kemampuan menjelaskan yang baik.

Ada banyak jenis guru yang bisa dijalankan, salah satu yang menarik adalah guru bimbel. Terutama bagi Sedulur yang memiliki prestasi cemerlang saat sekolah. Jangan biarkan prestasi Sedulur menguap begitu saja.

Pekerjaan yang cocok untuk Sedulur adalah guru bimbel atau guru les. Sedulur bisa mendaftar di bimbingan belajar atau menawarkan jasa secara pribadi. Dijamin gaji yang diberikan bisa sangat menjanjikan. Bahkan jika Sedulur enjoy menjalani pekerjaan ini, Sedulur bisa menjadikannya sebagai karir pekerjaan untuk masa depan.

Jika Sedulur memang enjoy dan menyukai mengajar, Sedulur bisa sambal meneruskan Pendidikan tinggi menjadi guru dan bisa mendalami profesi lebih baik lagi. Bukan hanya mendapatkan penghasilan, Sedulur juga bisa mendapatkan keberkahan dengan mengajar. Salah satu profesi yang memberikan kabaikan dunia dan akhirat.

9. Customer Service

Beberapa perusahaan menerima lulusan SMA sebagai customer service. Gaji yang didapatkan rata-rata pada batas UMP atau bahkan lebih. Umumnya pekerjaan customer service meliputi penanganan keluhan, serta menjelaskan dan menjalankan prosedur yang berkaitan dengan klien atau pelanggan.

Meski tampak sederhana, profesi ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai produk atau layanan perusahaan serta kemampuan melayani yang baik. Ditambah lagi kemampuan komunikasi yang baik agar setiap keluhan, kritik dan saran dari konsumen bisa dilayani dengan baik.

Selain itu, pekerjaan ini membutuhkan kesabaran yang tinggi, karena hampir rata-rata pelanggan yang menghubungi adalah pelanggan yang melakukan complain dan tentu perlu dilayani dengan sabar.

10. Sales marketing

iStock

Jika Sedulur menyukai bertemu dengan orang baru dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Sedulur bisa mencoba mengasah kemampuan menjadi sales marketing. Sales marketing memberikan penghasilan yang menjanjikan.

Terutama jika performa bagus dan target tercapai, Sedulur bisa mendapatkan komisi yang tinggi dan sangat menggiurkan. Beberapa perusahaan, terutama perusahaan perbankan, menawarkan berbagai reward buat sales yang kompeten, dari mulai uang hingga tiket jalan-jalan.

Bonusnya lagi, jadi sales bikin Sedulur punya jaringan yang luas. Hal ini penting buat perkembangan kariermu ke depannya. Dijamin bisa jadi pekerjaan yang sangat menjanjikan, Sedulur juga bisa mendalaminya sebagai karir untuk kehidupan di masa depan.

11. Penerjemah

Pekerjaan ini tentu saja bisa jadi pilihan, terutama bagi lulusan SMA yang memiliki kemampuan bahasa yang baik. Seorang penerjemah bahasa asing tentu saja harus memiliki keahlian dalam bidang bahasa.

Selain sebagai pekerjaan utama, pekerjaan ini juga sangat baik untuk sampingan terutama bagi mahasiswa dari Fakultas Bahasa ataupun yang pernah mengenyam pendidikan bahasa asing di lembaga tertentu.

Tak hanya bahasa Inggris saja, pekerjaan ini juga bisa dilakukan oleh Sedulur yang memiliki keahlian bahasa lain, seperti bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Korea, hingga bahasa Arab. Hal ini karena banyak orang yang membutuhkan ahli penerjemah bahasa asing untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Sedulur bisa memulai pekerjaan ini dengan menerjemahkan jurnal ataupun buku-buku asing. Bila Sedulur sudah semakin profesional dalam melakukan pekerjaan ini, gaji yang Sedulur dapatkan juga akan semakin tinggi.

12. Menjadi reseller

iStock

Bila belum sanggup membuka online shop sendiri, Sedulur bisa mencoba untuk menjadi seorang reseller. Secara sederhana, reseller adalah seseorang yang menjual barang dagangan milik orang lain, dan mendapatkan uang dari keuntungan barang yang terjual. Oleh karena itu, semakin banyak barang yang bisa terjual, semakin besar pula uang yang akan didapat.

Saat menjadi seorang reseller, Sedulur akan mendapatkan harga di bawah harga pasaran normal. Dengan begitu, saat Sedulur menjualnya dengan harga normal sekalipun, Sedulur tetap akan mendapatkan keuntungan. Besar kecilnya keuntungan tersebut bergantung pada distributor atau supplier yang memiliki produk dan produk apa yang Sedulur jual.

13. Desainer grafis

iStock

Pekerjaan sampingan ini banyak ditekuni oleh orang-orang yang ingin menghasilkan uang dalam jumlah besar dengan waktu yang cukup singkat. Pasalnya, harga untuk setiap desain yang Sedulur hasilnya bisa dihargai hingga jutaan rupiah.

 Hal ini karena desain yang Sedulur hasilkan biasanya akan digunakan untuk kepentingan komersial, seperti dicetak pada berbagai produk perusahaan.

14. Agen asuransi

pekerjaan lulusan sma gaji besar
iStock

Bidang asuransi dan keuangan bisa digeluti untuk Sedulur yang lulusan SMA. Terututama lulusan SMA jurusan IPS maupun jurusan lainnya yang menyukai bidang ini. Penghasilan yang bisa didapatkan dengan bekerja sebagai agen asuransi mendapatkan gaji per bulan Rp5,525 juta per bulan.

Untuk menjalankan pekerjaan ini, Sedulur wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik, termasuk kemampuan marketing yang baik. Akan lebih sukses, jika Sedulur memiliki kemampuan untuk meyakinkan orang lain. Dijamin Sedulur akan sukses.

15. Operator produksi

pekerjaan lulusan sma gaji besar
iStock

Jenis pekerjaan ini banyak jadi tujuan para lulusan SMK. Tetapi, para lulusan SMA juga banyak yang menjadi operator produksi di pabrik. Meskipun dikenal tes jadi pegawai pabrik tidak mudah karena harus bersaing dengan banyak orang setiap tahunnya, tetapi gajinya pun terbilang tinggi.

Masing-masing perusahaan menetapkan standar gaji yang berbeda-beda. Misalnya kita ambil contoh di PT Epson Indonesia yang akan membayar karyawan lulusan SMA dengan gaji sekitar Rp7 jutaan. Salah satu penghasilan yang tinggi bagi lulusan SMA.

BACA JUGA: Jadi Pekerjaan Idaman, Intip Berapa Gaji Pegawai Bank Berikut!

16. Staf di perkapalan

pekerjaan lulusan sma gaji besar
iStock

Ada banyak posisi di perkapalan yang ditujukan untuk para lulusan SMA. Bidang ini memang menawarkan sejumlah posisi pekerjaan dengan gaji tinggi. Beberapa posisi yang bisa dilamar para lulusan SMA antara lain wiper, kelasi, juru masak atau koki dan pelayan. 

Lalu, berapa gajinya? Maskapai pelayaran nasional Indonesia, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dalam beberapa tahun terakhir selalu membuka lowongan karyawan untuk posisi tersebut. Dan besaran insentif bagi tamatan SMA atau SMK akan mendapatkan gaji mulai dari Rp7 jutaan.

Bagi Sedulur yang memiliki jiwa petualang yang tinggi dan memiliki cita-cita untuk keliling dunia, bekerja di kapal bisa jadi pilihan menarik. Selain digaji dan mendapatkan uang, sama seperti pramugari, Sedulur akan berkeliling dunia menggunakan kapal.

Namun kekurangan dari pekerjaan ini adalah akan sedikit waktu yang dihabiskan bersama keluarga dan jauh dari tanah air dan kampung halaman. Bagi Sedulur yang tidak kuat jauh dari keluarga dan kampung halaman, tentu pekerjaan ini sangat tidak cocok.

17. Pengusaha

pekerjaan lulusan sma gaji besar
iStock

Pekerjaan lulusan SMA gaji besar terakhir yaitu pengusaha, untuk menjadi pekerjaan ini tidak perlu ada Batasan Pendidikan. Hal paling penting adalah semangat dan kedisiplinan. Karena banyak tantangan yang akan dihadapi.

Namun sebagai pengusaha, perlu banyak berkonsultasi dan belajar banyak ke pengusaha-pengusaha senior. Hal penting dalam menjalankan bisnis adalah konsistensi dan kedisiplinan yang akan mengantarkan kepada kesuksesan.

Demikian tadi deretan rekomendasi pekerjaan lulusan SMA gaji besar yang bisa jadi pilihan Sedulur. Jangan lupa untuk selalu melihat rekomendasi pekerjaan yang memiliki jenjang karir potensial agar masa depan Sedulur bisa terjamin. Selain itu keseriusan dalam bekerja penting untuk dilakukan, agar dapat memberikan hasil maksimal!