Tugas manajemen keuangan

Sedulur yang aktif dalam dunia keuangan, baik itu sedang dalam proses belajar di perkuliahan atau sudah menjadi profesi. Tentu posisi sebagai manajer keuangan menjadi hal yang sangat diimpikan. Bukan hanya memiliki gaji yang besar, tapi pekerjaan yang dilakukan juga sudah sesuai dengan kemampuan. Namun sebelum lebih jauh berbicara tentang gaji, maka Sedulur perlu mengetahui tugas manajemen keuangan agar bisa melakukan pekerjaannya dengan lugas dan tepat.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama berkaitan dengan tugas manajer keuangan mulai dari tugas sederhana dan wajib hingga pada tugas strategisnya. Tak hanya itu saja, kita juga membahas dengan tuntas terkait informasi kisaran gaji manajer keuangan sekarang ini. Untuk memulai pembahasan, mari kita simak dengan penjelasan terkait kemampuan yang harus dibutuhkan seorang manajer keuangan berikut ini!

BACA JUGA: Berapa Sih Gaji Management Trainee? Apa Saja Tugasnya?

Kemampuan manajer keuangan

Accountants One

Sebelum masuk ke pembahasan utama terkait tugas manajer keuangan, tentu Sedulur wajib mengetahui seperti apa kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang manajer keuangan. Berikut ini daftarnya agar Sedulur bisa mengejar kemampuan yang belum dimiliki:

  • Pengetahuan terkait komersial dan bisnis
  • Analisis dan strategi keuangan yang baik
  • Komunikasi dan presentasi yang mumpuni
  • Pengetahuan mendalam tentang standar laporan keuangan
  • Pengetahuan perpajakan dan undang-undang industri terkait
  • Perhatian terhadap detail
  • Keterampilan negosiasi
  • Mengkurasi big data menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti
  • Keterampilan SQL, Access, dll.
  • Keterampilan Excel, Word, dan PowerPoint

Tugas manajer keuangan

Tugas manajemen keuangan
Forbes

Nah kali ini kita masuk ke pembahasan utama terkait tugas dan tanggung jawab dari manajer keuangan yang merupakan bagian penting dalam perusahaan. Perusahaan sulit atau bisa dipastikan tidak akan berjalan dengan baik jika manajer keuangan tidak ada.

Maka dari itu pekerjaan ini termasuk dalam kategori pekerjaan yang sangat penting. Adapun tugas manajer keuangan di antaranya yaitu:

1. Mengkoordinasikan perencanaan dan pelaporan pajak

Manajer keuangan bertugas untuk mengkoordinasikan serta mengontrol aktivitas perpajakan perusahaan. Mulai dari perencanaan, pelaporan, hingga pembayarannya. Dalam aktivitas ini, manajer keuangan diharapkan dapat membuat skema perpajakan yang efisien.

Bukan hanya efisien namun juga harus sesuai dengan regulasi yang berlaku. Keuangan harus taat pada regulasi agar keuangan perusahaan tetap bersih dan dapat memberikan dampak yang baik bagi perkembangan perusahaan itu sendiri

2. Manajemen arus kas (cash flow)

Tugas manajer keuangan selanjutnya adalah mengelola arus kas perusahan, termasuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengontrolnya. Tujuannya untuk memastikan stabilitas arus kas untuk dana operasional perusahaan secara efektif dan efisien.

Manajer keuangan juga perlu menjaga arus kas, agar keuangan dari perusahaan tetap bersih bukan hanya perencanaan yang sesuai dengan pelaporan pajak yang menunjukan keuangan perusahaan yang bersih, namun juga manajemen arus kas.

3. Menjalankan fungsi akuntansi dan informasi keuangan

Salah satu alasan terpenting adanya manajer keuangan dalam perusahaan adalah menjalankan fungsi akuntansi dan informasi keuangan perusahaan. Karenanya, manajer keuangan dituntut dapat memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan akuntansi yang akurat.

Manajer keuangan juga dapat bertugas untuk mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur akuntansi untuk memastikan pelaksanaan transaksi keuangan berjalan dengan tertib.

4. Pusat informasi keuangan untuk internal

Bertanggung jawab pada seluruh aktivitas pengelolaan kas dan akuntansi perusahaan, membuat manajer keuangan pun menjadi pusat informasi dan interaksi keuangan dengan karyawan. Mereka harus mampu menjalin kerja sama dengan para manajer lainnya untuk mengoperasikan roda bisnis perusahaan dengan strategi yang efektif dan efisien.

5. Berinteraksi dengan pasar keuangan

Tidak hanya seputar pengelolaan arus kas internal, manajer keuangan pun bertanggung jawab untuk menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan. Tujuannya, untuk menanamkan ataupun memperoleh dana hingga surat berharga perusahaan yang dapat diperdagangkan.

6. Menganalisis keputusan investasi dan pendanaan

Tugas manajemen keuangan
Career Trend

Manajer keuangan bertanggung jawab untuk menganalisis dan menentukan skema penjualan yang optimal, menentukan aset yang harus perusahaan peroleh, hingga memutuskan cara paling efektif dan efisien untuk mendanai aset tersebut. Tidak berhenti disitu, peran ini juga bertanggung jawab untuk mengambil keputusan investasi dan pembiayaan yang dibutuhkan dari keputusan ini.

7. Manajemen risiko

Terakhir, manajer keuangan bertanggung jawab untuk mengelola program manajemen risiko keuangan secara menyeluruh. Hal ini termasuk mengidentifikasi risiko yang ada serta mengelolanya secara efisien. Manajemen risiko ini juga dapat meminimalisir risiko keuangan perusahaan itu sendiri.

8. Bekerja sama dengan manajer lainnya

Tugas dan tanggung jawab dari manajer keuangan selanjutnya yaitu wajib bekerja sama dengan manejer lainnya. Tujuannya sangat penting karena saat bekerja sama dengan manajer lainnya dapat merencanakan serta meramalkan beberapa aspek dalam perusahaan.

Termasuk perencanaan umum keuangan. Tujuannya untuk memastikan keuangan perusahaan dengan baik serta agar keuangan perusahaan bisa memberikan dampak baik bagi perusahaan itu sendiri.

9. Memastikan roda perusahaan berjalan

Menjalankan dan mengoperasikan roda kehidupan perusahaan se-efisien dan se-efektif mungkin dengan menjalin kerja sama dengan manajer lainnya. Pada tugas dan tanggung jawab ini, terlihat bahwa tugas seorang manajer keuangan amatlah sangat penting.

10. Mengambil keputusan terkait keuangan

Tugas penting terakhir dari seorang manajer perusahaan yaitu mengambil keputusan penting terkait keuangan perusahaan. Tugas ini, berarti mengambil keputusan penting dalam investasi dan berbagai pembiayaan serta semua hal yang terkait dengan keputusan tersebut.

BACA JUGA: Gaji Kerja di Kapal Pesiar Sampai Milyaran Per Tahun, Tertarik?

Tanggung jawab manajer keuangan

Pexels

Selain dari tugas manajer keuangan. Ada beberapa tanggung jawab manajer keuangan yang secara umum berkaitan dengan tugas di atas. Namun, untuk memudahkan Sedulur, kami rangkum di bawah ini tugas dari manajer keuangan yang dimaksud, yaitu:

  • Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan, serta pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
  • Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, serta mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.
  • Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan akuntansi keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat.
  • Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem serta prosedur keuangan dan akuntansi. Selain itu juga mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur.
  • Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.
  • Merencanakan, mengkoordinasi, dan mengontrol arus kas perusahaan (cash flow), terutama pengelolaan piutang dan utang. Sehingga, hal ini dapat memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kondisi keuangan dapat tetap stabil.

Gaji manajer keuangan

Tugas manajemen keuangan
Sage

Untuk lebih memotivasi Sedulur, tentu Sedulur perlu mengetahui gaji manajer keuangan bukan hanya mengetahui tanggung jawab dan tugas manajer keuangan saja. Rata-rata gaji manajer keuangan di Indonesia adalah sekitar Rp8.504.821 per bulan. Berikut ini rata-rata gaji manajer keuangan pada beberapa kota di Indonesia, antara lain yaitu:

  • Kota Jakarta: Rp13.564.920
  • Kota Tangerang: Rp11.580.561
  • Kota Depok: Rp7.093.169
  • Kota Surabaya: Rp6.948.463
  • Kota Palembang: Rp6.459.680
  • Kota Medan: Rp5.895.678
  • Kota Bandung: Rp5.699.669
  • Kota Denpasar: Rp4.065.508
  • Kota Yogyakarta: Rp3.149.129

Nah, itulah penjelasan lengkap terkait tugas manajer keuangan beserta dengan tanggung jawabnya. Dilengkapi dengan informasi dari gaji seorang manajer keuangan yang bisa memotivasi Sedulur agar lebih giat belajar untuk bisa mencapai posisi sebagai manajer keuangan.