promosi diri jobstreet bahasa inggris

Mencari pekerjaan memang semakin mudah, dimana Sedulur bisa menemukannya lewat situs online bernama Jobstreet. Namun, untuk mencari kerja disana, Sedulur perlu promosi diri Jobstreet Bahasa Inggris. Hal ini tak lepas dari banyaknya perusahan asing yang mencari pegawai lewat Jobstreet.

Bagi Sedulur yang ingin mencoba peruntungan di platform tersebut, kami ada beberapa tips promosi diri Jobstreet Bahasa Inggris yang bisa dilakukan. Apa saja tipsnya? Simak ulasannya berikut.

BACA JUGA: 22 Contoh Kekuatan dan Kelemahan Diri untuk Interview Kerja

1. Penggunaan grammar harus baik dan benar

Coursera

Penggunaan grammar Bahasa Inggris dalam dunia pekerjaan, khususnya surat lamaran pekerjaan sangatlah penting. Berbeda dengan bahasa berbicara yang mungkin Sedulur bisa sedikit agak lebih santai.

Grammar sendiri memiliki aturan yang baku dan jelas. Jadi Sedulur harus bisa membuat tulisan dengan baik dan benar karena ini akan memberikan kesan pertama HRD terhadapmu. Sayangnya, masih banyak pelamar kerja di Indonesia yang membuat lamaran kerja bahasa Inggris dengan grammar yang berantakan dan ngasal.

2. Selalu pastikan tidak ada typo pengejaan Bahasa Inggris

Banyak yang menyepelekan spelling bahasa Inggris. Padahal ini juga mempengaruhi penilaian HRD loh. Kalau tulisanmu banyak typo, HRD akan beranggapan kamu orangnya ceroboh dan tidak profesional.

HRD mungkin akan berpikir, “Untuk hal kecil saja ceroboh, bagaimana bisa diberi tanggung jawab yang lebih besar?”

Jika sudah seperti itu, tentu kesempatanmu untuk diterima kerja akan semakin kecil atau bahkan menghilang sama sekali. Jadi pikirkan baik-baik dan selalu teliti dengan cermat setiap kata yang kamu tulis.

3. Bahasa Inggris yang formal dan sopan

promosi diri jobstreet bahasa inggris
Wolters Kluwer

Memasukkan lamaran kerja berarti berkomunikasi secara resmi dengan pihak perusahaan yang dituju. Maka dari itu, gunakanlah bahasa Inggris yang formal dan sopan. Apalagi jika perusahaan yang Sedulur lamar merupakan perusahaan besar dan bonafide, maka tentu tingkat formalitas bahasa juga harus diperinci.

Sedulur bisa melakukan promosi diri dengan bahasa Inggris yang baku. Juga jangan menyingkat kata seperti saat mengirimkan chat. Mungkin ini hal yang sepele, tapi penyingkatan kata, khususnya dalam lamaran pekerjaan bisa membuatmu ditolak sejak awal.

4. Tunjukkan kemampuan yang relevan untuk posisi lamaran

Pastikan kamu membaca kriteria lamaran kerja dengan baik. Lalu, tuliskan skill kamu yang sesuai dengan yang mereka cari. Ini akan mempercepat HRD dalam menilai apakah kamu kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Dalam perkenalan singkat tersebut, Sedulur juga harus menjelaskan keahlian apa yang dimiliki. Misalnya pada lowongan videografer, maka Sedulur bisa menuliskan kemampuan terkait beberapa aplikasi video editor seperti Adobe Premiere Pro dan Windows Movie Maker.

Lalu bagaimana dengan pelamar lulusan baru? Tentu saja, Sedulur dapat menulis kemampuan apapun yang bisa Sedulur lakukan. Misalnya mampu mengedit foto menggunakan Canva ataupun jago menggunakan Ms Excel. Tuliskan saja meskipun kemampuan tersebut juga banyak dikuasai oleh orang lain.

5. Hindari bahasa subjektif dan generik

NetDocument

Usahakan tidak menggunakan kata-kata bahasa Inggris yang subjektif dan terlalu umum. Contoh penggunaan kata yang subjektif dan generik tersebut bisa dilihat seperti berikut.

  • I’m a hard-working individual.
  • I’m able to work under pressure.

Kalimat seperti di atas sebaiknya tidak digunakan karena tidak terlalu berguna jika tidak didukung dengan bukti konkret. Apalagi menggunakan hal-hal generik akan membuat promosi yang Sedulur lakukan tidak unik atau sama saja dengan pelamar yang lain. Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan kalimat promosi yang langsung pada intinya.

Cukup tutup perkenalan singkat tersebut dengan ucapan terima kasih dan cantumkan alamat email atau nomor telepon untuk memudahkan perekrut dalam menghubungi informasi selanjutnya. 

6. Masukkan pengalaman kerja atau magang

Selain skill atau kemampuan, Sedulur juga bisa menuliskan pengalaman yang dimiliki. Pengalaman kerja atau magang dapat menjadi nilai lebih agar lamaran Sedulur diproses lebih lanjut oleh perekrut.

Jika memungkinkan, tuliskan juga capaian kerja yang pernah dilakukan di tempat kerja terdahulu agar HRD dapat mengetahui performa kerja yang sudah Sedulur lakukan.

Namun, jika Sedulur merupakan lulusan baru tanpa pengalaman kerja atau magang, Sedulur bisa menuliskan pengalaman organisasi yang paling relevan. Tapi jika Sedulur benar-benar tidak memiliki apapun yang bisa ditonjolkan, maka bagian ini bisa dilewati saja dan fokuslah mencari pekerjaan di tingkat entry-level yang tidak membutuhkan pengalaman kerja atau tetap fokus pada penulisan skill saja.

7. Tampilkan prestasi yang sudah dicapai

Houzz

Bagian promosi diri di Jobstreet terbatas hanya 300 karakter saja. Untuk itu, Sedulur harus bisa memaksimalkan setiap kata agar bisa memikat hati perusahaan dan penerima kerja.

Sedulur bisa fokus pada 1 atau 2 prestasi terbaik yang pernah dicapai, baik itu saat berada di akademi maupun dunia kerja. Tidak perlu khawatir dengan sedikitnya prestasi yang dicantumkan, karena Sedulur juga akan memberikan CV yang lebih lengkap dalam tahap selanjutnya.

8. Promosi secara jujur

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menuliskan promosi di Jobstreet adalah kejujuran. Jangan sampai karena ingin menarik perhatian HRD, Sedulur jadi menghalalkan segala cara termasuk berbohong dengan menuliskan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan.

Promosi diri yang jujur akan membuatmu diterima apa adanya dan tidak akan menyusahkan diri di kemudian hari. Hal ini karena semua informasi yang diberikan saat melamar kerja harus bisa dipertanggung jawabkan saat sudah memulai kerja.

BACA JUGA: 10+ Contoh Surat Panggilan Kerja Cocok untuk Dikirim Lewat WA & Email

Contoh Promosi Diri di Jobstreet dengan Bahasa Inggris

promosi diri jobstreet bahasa inggris
Coursera

Agar Sedulur tidak bingung dan bisa mendapatkan inspirasi dalam membuat kata perkenalan diri di Jobstreet. Berikut ini ada beberapa contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang bisa disimak.

  • Contoh 1

A highly competent IT professional with a proven track record in designing websites, networking and managing databases. I have strong technical skills as well as excellent communication skills, enabling me to interact with a wide range of clients, also mastering PHP, Python, html & CSS as well.

  • Contoh 2

I have noticed about your company. I’d like to apply as one of Marketing Team on your company. My name is Julian Febri; I am 21 years of age and single. I simply moved on from my school in August 20th 2020. My experience instruction is copywriter; however I have an occupation experience as imaginative group before in one of neighborhood TV in my area.

  • Contoh 3

Having known a job vacancy advertised on Media Indonesia, 8th March, 2021, I am interested in the position as a Pharmacist at Happy Land Hospital. I have 1 year experience on my previous job in Hermina Hospital. I may inform you that I have some skills, my computer skill is good, then I was graduated from Muhammadiyah Bandung University.

Demikian tadi tips membuat promosi diri Jobstreet Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bisa berguna untuk Sedulur dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.