perbedaan corcom dan corporate relation

Tahukah Sedulur apa saja perbedaan corcom dan corporate relation? Bagi mereka yang masih awam, memahami corporate communication dan corporate relation mungkin agak sedikit sulit. Istilah tersebut jarang didengar pada percakapan sehari-hari, kecuali jika Sedulur memang berkecimpung pada pekerjaan yang berkaitan erat dengan keduanya.

Nah, untuk memperluas wawasan Sedulur, yuk coba cari tahu pengertian, tujuan, tugas, serta perbedaan corcom dan corporate relation pada artikel berikut ini!

BACA JUGA: Lateral Thinking: Definisi, Manfaat & Cara Mengembangkannya

Pengertian corporate communication

perbedaan corcom dan corporate relation
Depositphotos

Sebelum masuk ke pembahasan perbedaan corcom dan corporate relation, ada baiknya kita membahas satu per satu pengertian serta aspek-aspek lain dari keduanya. Pada poin ini, kita akan berfokus pada pengertian corporate communication.

-->

Secara sederhana, Sedulur dapat memahami corporate communication (corcom) sebagai cara bagaimana perusahaan menjalin komunikasi dan membangun citra yang baik kepada lingkup internal dan masyarakat di luar perusahaan. Corporate communication akan diterapkan apabila terjadi masalah di internal atau eksternal perusahaan, melakukan siaran pers dengan media, komunikasi dengan politisi, atau bahkan beberapa perusahaan melibatkan corporate communication ke dalam bagian dari tim pemasaran.

BACA JUGA: Six Sigma adalah: Pengertian, Metode, Prinsip dan Tekniknya

Tujuan corporate communication

perbedaan corcom dan corporate relation
Depositphotos

Setidaknya terdapat tiga tujuan utama dari penerapan corporate communication ini dalam operasional perusahaan. Berikut ini adalah pembahasan dari tiga tujuan tersebut.

1. Membangun dan meningkatkan awareness

Corporate communication berupaya untuk membangun dan meningkatkan awareness. Dalam hal ini, membangun dan meningkatkan awareness yang dimaksud adalah untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dijual kepada masyarakat luas.

Perusahaan yang baru berdiri tentu perlu mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat. Agar lebih dikenal, perusahaan terkadang mengundang media untuk melakukan wawancara dan menerbitkannya di publik. Media promosi lain juga dapat digunakan dalam rangka peningkatan awareness ini.

2. Selalu berorientasi keuntungan

Tujuan kedua dari corporate communication adalah orientasinya yang selalu kepada keuntungan. Corporate communication diharapkan mampu meningkatkan awareness dan pemasaran melalui aset promosi atau media sekalipun. Dari situ, perusahaan akan memperkirakan berapa nilai yang akan didapatkan.

Misalkan setelah menggunakan media, maka diperkirakan akan mendatangkan pendapatan sebesar 10% dari biaya yang dikeluarkan untuk komunikasi tersebut. Hal ini tentu perlu diperhitungkan agar biaya yang telah dikeluarkan juga akan menghasilkan profit bagi perusahaan.

BACA JUGA: Marketing Executive: Tugas, Kualifikasi, Gaji & Jenjang Kariernya

3. Selalu berorientasi untuk mencapai tujuan perusahaan

Terakhir, corporate communication akan digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan secara umum. Beberapa target yang biasa diterapkan oleh perusahaan adalah keuntungan, pengelolaan sumber daya manusia, tata kelola manajemen yang baik, image, dan lain sebagainya.

Pengertian corporate relation

perbedaan corcom dan corporate relation
Everypixel

Pada pembahasan perbedaan corcom dan corporate relation ini, Sedulur juga akan diajak untuk sedikit mengulas mengenai apa itu corporate relation. Selain corporate communication, profesi berikut ini juga banyak berhubungan dengan pihak eksternal. Profesi yang dimaksud adalah corporate relation. 

Secara singkat, corporate relation dapat Sedulur pahami sebagai para ahli yang bertanggung jawab atas seluruh keperluan promosi dan public relations suatu perusahaan.

Ketika Sedulur menjadi seorang corporate relation, maka Sedulur biasanya akan berfokus pada beberapa pekerjaan utama. Contohnya seperti menulis press release, mengatur jadwal wawancara dewan direksi, dan bekerja dengan departemen lain untuk memberikan informasi terkait pangsa pasar perusahaan.

Jika Sedulur bekerja pada perusahaan dengan skala yang lebih besar, kemungkinan Sedulur juga harus berkutat dengan wawancara kepada wartawan, memantau berita yang beredar terkait perusahaan, dan juga menjaga informasi konfidensial perusahaan dari pihak luar.

Tugas corporate relation

Depositphotos

Setelah memahami seluk-beluk dari pengertian corporate relation, mungkin saat ini di antara Sedulur ada yang bertanya-tanya, “Apa sebenarnya tugas dari seorang corporate relation?”. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba simak apa saja kewajiban yang harus diemban oleh corporate relation berikut ini!

  • Menulis press release dan menyiapkan informasi untuk media.
  • Mengidentifikasi kelompok klien utama dan audiens untuk menentukan cara terbaik untuk menjangkau mereka.
  • Menunjuk juru bicara yang tepat atau sumber informasi untuk pertanyaan media.
  • Mengembangkan citra dan identitas perusahaan.
  • Membantu dan beri tahu eksekutif dan juru bicara perusahaan.
  • Merancang program iklan dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.

BACA JUGA: Pengertian Subject Matter Expert Beserta Tanggung Jawabnya

Kualifikasi yang dibutuhkan corporate relation

Berikut ini adalah beberapa skill utama yang dibutuhkan oleh seorang corporate relation.

  • Public speaking
  • Kemampuan menulis
  • Leadership
  • Problem solving
  • Komunikasi

Perbedaan corcom dan corporate relation

Depositphotos

Nah, setelah mengetahui apa saja pengertian dari corporate communication dan corporate relation, pada bagian ini Sedulur akan diajak untuk memahami apa saja perbedaan di antara keduanya.

1. Media

Perbedaan corcom dan corporate relation yang pertama terletak pada media. Media yang digunakan oleh corporate communication tidak harus menggunakan media dari pihak lain. Mereka yang bertanggung jawab atas proses marketing communication akan menggunakan email, infografik, iklan, video, ilustrasi, atau materi promosi lainnya.

Akan tetapi, seorang corporate relation biasanya akan lebih sering membutuhkan pihak lain untuk melakukan tugasnya, terutama jika berkaitan dengan media atau komunikasi.

2. Definisi

Kembali ke pembahasan kita di awal tadi, secara definisi pun terdapat perbedaan corcom dan corporate relation yang sangat mencolok. Corporate communication mengacu kepada cara bagaimana perusahaan menjalin komunikasi dan membangun citra yang baik kepada lingkup internal dan masyarakat di luar perusahaan.

Sedangkan corporate relation adalah para ahli yang bertanggung jawab atas seluruh keperluan promosi dan public relations suatu perusahaan.

BACA JUGA: Product Designer: Definisi, Kualifikasi dan Skills yang Dibutuhkan

3. Target komunikasi

Perbedaan corcom dan corporate relation yang terakhir terletak pada target komunikasinya. Target komunikasi dari corporate communication adalah pemimpin, stakeholder, investor, sponsor, dan level manajemen perusahaan. Sedangkan pada corporate relation, target utama komunikasi mereka lebih kepada pemerintah, lingkup eksternal perusahaan, dan media.

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian, tujuan, tugas, serta perbedaan corcom dan corporate relation. Jika berbicara tentang perbedaan dari corporate communication dan corporate relation, sejatinya keduanya memiliki perbedaan pada media, definisi, dan juga target komunikasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!