Sedulur yang sedang mencari pekerjaan, bisa coba mencari pekerjaan di luar negeri. Salah satu negara yang menjadi tujuan para pencari kerja di Indonesia yaitu Singapura. Untuk mendapatkannya, tentu Sedulur harus tahu seperti apa cara kerja di Singapura.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama bagaimana cara kerja di Singapura. Bukan hanya itu, Sedulur juga harus tahu seperti apa keuntungan bekerja di sana. Oleh karena itu, yuk mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Cara Menulis Alamat Lamaran Kerja, Jangan Sampai Salah!

Keuntungan kerja di Singapura

cara kerja di singapura
iStock

Tentu saja ada beberapa keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan ketika Sedulur bekerja di Indonesia. Terlebih lagi, Singapura merupakan pusat perekonomian Asia Tenggara. Maka dari itu, akan banyak keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan.

-->

Berikut ini beberapa keuntungan saat Sedulur berhasil mendapatkan pekerjaan di Singapura:

1. Gaji di atas rata-rata

Setiap perusahaan di Singapura selalu mencari pekerja terbaik di bidangnya. Pekerja berkualitas tinggi dari luar negeri menjadi prioritas utama. Bekerja di Singapura dapat memberikan penghasilan tinggi bagi Sedulur, karena gaji yang diberikan di sana di atas rata-rata

Rata-rata pendapatan para pekerja di Singapura setiap bulannya 4.530 dolar Amerika Serikat (AS), atau setara dengan Rp64,5 juta. Bahkan bisa mencapai 50.000 dolar Singapura per tahun atau sekitar Rp380 juta.

2. Pajak yang rendah

Keuntungan bekerja di Singapura yaitu pajak yang rendah. Jika dibandingkan dengan pajak di Indonesia, pajak di Singapura lebih tinggi. Namun, jika bekerja di Singapura urusan pajak tidak perlu Sedulur khawatirkan.

Ketika Sedulur bekerja tanpa residence permit (izin tinggal), pajak penghasilanmu hanya dipotong sebesar 15%. Sedangkan bagi yang memiliki residence permit, potongan pajaknya akan lebih beragam, contohnya:

Apabila Sedulur memiliki pendapatan kurang dari 22.000 dolar Singapura per tahun atau sekitar Rp233 juta, pajak Sedulur adalah 0%. Sementara dengan 320.000 dolar Singapura per tahun atau sekitar Rp3,4 milliar, pajakmu adalah 20%.

Selain itu, pajak tersebut hanya berlaku bagi pendapatan yang kamu dapat di Singapura. Artinya, jika Sedulur punya penghasilan lain di luar Singapura, tentunya akan bebas pajak.

3. Tingkat kriminal dan korupsi yang rendah

Singapura berada di peringkat ketiga dalam Indeks Korupsi menurut data yang dikeluarkan oleh Transparency di tahun 2020. Hal tersebut membuat Singapura menjadi negara yang bersih dari korupsi. Hal ini tentu sangat baik bagi Sedulur.

Sedulur tidak perlu khawatir dengan kolusi, korupsi dan nepotisme yang merengut kesempatan bagi banyak orang. Kemampuan dari setiap orang menjadi penilaian utama untuk bekerja di Singapura. Selain itu, Sedulur pun tidak perlu terlalu khawatir apabila Sedulur harus pulang kerja larut malam karena tingkat kriminalitas di Singapura yang sangat rendah.

BACA JUGA: Cara Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

Tips dan cara kerja di Singapura

Terdapat beberapa hal yang harus Sedulur lakukan agar bisa mendapatkan pekerjaan di Singapura. Berikut ini beberapa langkah penting yang perlu Sedulur lakukan agar Sedulur mendapatkan pekerjaan di negara paling makmur di Asia Tenggara ini:

1. Cek persyaratan yang berlaku

cara kerja di singapura
iStock

Untuk cara kerja di Singapura terdapat banyak persyaratan yang perlu dipenuhi. Sedulur perlu cek apakah Sedulur masuk dalam persyaratan tersebut. Termasuk kualifikasi yang telah ditentukan. Kualifikasi tersebut diantaranya:

  • Izin kerja profesional
  • Izin kerja skilled and semi-skilled worker
  • Izin kerja untuk trainee dan mahasiswa (magang serta work holiday)
  • Izin kerja untuk anggota keluarga dari individu yang sudah jadi warga negara Singapura
  • Izin khusus dengan berbagai pertimbangan

Sedulur bisa mengetahui apakah Sedulur memenuhi syarat melalui self-assessment tool yang diluncurkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Singapura. Untuk tahap pertama, Sedulur bisa mencari tahu dan memastikan hal ini terlebih dahulu.

2. Pilih industri yang berkembang

cara kerja di singapura
iStock

Paling efektif agar Sedulur bisa bekerja di Singapura adalah dengan memilih industri yang tepat. Ini merupakan tips penting sebagai cara kerja di Singapura. Secara umum, industri yang berkembang di Singapura yaitu industri di bidang teknologi dan e-commerce.

Kedua industri tersebut bisa jadi pertimbangan Sedulur untuk memilih industri yang tepat. Jika melihat industri tersebut, maka lowongan pekerjaan seperti UX dan UI designer sangat tinggi. Selain itu, lowongan di bidang turisme, jasa, dan perhotelan pun sedang banyak dicari.

3. Pahami dunia kerja di Singapura

cara kerja di singapura
iStock

Salah satu cara kerja di Singapura yang perlu Sedulur lakukan sebagai persiapan yaitu dengan memahami dunia kerja di Singapura seperti apa. Pahami bagaimana dunia kerja di Singapura dengan mengecek employment practices dari Kementerian Ketenagakerjaan Singapura yang bisa Sedulur telusuri di mesin pencarian.

Sedulur bisa mengetahui informasi tentang gaji, pelatihan skill, cuti, hari libur, kontrak, jam kerja, dan masih banyak lagi. Pahami terkait hak-hak yang akan Sedulur dapatkan sebagai pekerja di Singapura.

BACA JUGA: 15 Contoh Surat Referensi Kerja Berbagai Jenis, Paling Lengkap!

4. Ajukan visa kerja

iStock

Jangan lupa untuk mengajukan via kerja sebelum Sedulur berangkat ke Singapura. Sedulur bisa mengajukan visa kerja ke bagian Imigrasi. Untuk mendapatkannya, Sedulurharus memiliki offer letter dari tempat kerja, membayar biaya registrasi, dan mengirimkan lamaran visa.

Terkadang, perusahaan pun menanyakan apakah Sedulur sudah memiliki visa kerja ke Singapura atau belum ketika tahap wawancara. Biasanya, apabila Sedulur diterima tetapi belum memiliki visa, perusahaan lah yang akan mengurus visa kerja.

5. Kemampuan bahasa Inggris

cara kerja di Singapura
Freepik

Bahasa Inggris merupakan bagian yang penting agar Sedulur bisa kerja di Singapura. Percuma melakukan tahapan dalam cara kerja di Singapura, jika kemampuan bahasa Inggris Sedulur sangat lemah. Maka dari itu, penting untuk menguasai bahasa Inggris terlebih dahulu.

Selain karena bahasa Inggris merupakan bahasa komunikasi yang sering digunakan di sana, Singapura juga merupakan salah satu pusat perekonomian terbesar di Asia Tenggara. Itu artinya, banyak perusahaan di sana berhubungan dengan dunia internasional, sehingga kemampuan bahasa Inggris akan sangat berguna dalam melakukan pekerjaan.

6. Buat portofolio karir

iStock

Tips dan cara kerja di Singapura yang perlu Sedulur lakukan adalah dengan membuat portofolio karir. Portofolio karir adalah kumpulan dokumen yang menunjukkan kualifikasi, pengalaman, dan pencapaian seseorang dalam bidang pekerjaannya. Biasanya, portofolio karir mencakup:

  • Riwayat pekerjaan: Informasi tentang posisi yang pernah dipegang, tanggal mulai dan berakhirnya setiap pekerjaan, dan tanggung jawab yang diberikan dalam setiap pekerjaan tersebut.
  • Sertifikat dan gelar: Informasi tentang sertifikat dan gelar yang dimiliki seseorang, termasuk tempat dan tanggal mereka mengikuti program tersebut.
  • Contoh pekerjaan atau proyek: Contoh-contoh pekerjaan atau proyek yang pernah dikerjakan oleh seseorang, termasuk deskripsi singkat dari pekerjaan atau proyek tersebut, serta hasil yang dicapai.
  • Prestasi: Informasi mengenai prestasi yang telah dicapai oleh seseorang, termasuk penghargaan atau sertifikat yang telah mereka terima.

Portofolio karir berguna bagi para pekerja yang ingin menunjukkan kompetensi mereka kepada pemberi kerja potensial, dan dapat membantu mereka dalam mengembangkan karier.

Demikian tips dan cara kerja di Singapura yang bisa dilakukan. Keuntungan bekerja di Singapura sangat besar, khususnya untuk pengembangan karir dan mendapatkan penghasilan yang layak. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur dan juga memberikan gambaran serta motivasi dalam mengembangkan pekerjaan di Singapura.