kerja online mengetik yang digaji

Tahukah Sedulur, jika saat ini mengetik dapat menjadi salah satu ide kerja sampingan yang cukup menjanjikan, lho! Pasalnya, di era modern seperti sekarang, ada banyak bisnis yang mulai merambah ke dunia digital. Dengan begitu, peluang kerja online mengetik yang digaji pun semakin meningkat.

Menariknya lagi, pekerjaan yang satu ini dapat memberikan hasil atau pendapatan yang sangat lumayan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang pada akhirnya, justru menjadikan pekerjaan menulis online sebagai pekerjaan utama mereka. Penasaran apa saja macam-macam kerja online mengetik yang digaji tersebut? Langsung saja, simak informasi yang ada di bawah ini, ya!

BACA JUGA: 20+ Web Freelance Indonesia Terbaik & Terpercaya

1. Content Writer

kerja online mengetik yang digaji
Unsplash

Urutan pertama dalam daftar kerja online mengetik yang digaji, adalah penulis konten alias content writer. Bisa dibilang jika content writer merupakan jenis pekerjaan yang sangat populer karena demand-nya memang cukup tinggi.

Untuk saat ini, ada banyak perusahaan yang mencari content writer. Biasanya posisi ini dibutuhkan untuk mengisi blog atau website resmi mereka.

2. Fiction Writer

Sedulur suka menulis cerita-cerita fiksi? Kembangkan terus kemampuan tersebut, karena jika sudah terbiasa menulis, nantinya gaya cerita Sedulur juga akan semakin luwes dan nyaman untuk dibaca. Perbanyak juga membaca untuk dapat mendapat referensi story telling sampai pengembangan karakter.

Sekarang terdapat banyak platform penulisan cerita fiksi seperti Fizzo, Wattpad, Rakata, sampai Karya Karsa, yang akan memberikan bayaran kepada para penulis cerita di dalamnya.

3. Copywriter

Kerja online mengetik yang digaji yang selanjutnya adalah copywriter. Jika Sedulur mempunyai keahlian dalam hal analisis customer atau pembuatan kata-kata yang catchy untuk sebuah brand, maka sangat cocok untuk menjadi seorang copywriter.

Semakin tinggi kemampuan copywriting yang dimiliki, tentu saja bayaran yang akan Sedulur dapatkan akan semakin mahal pula. Sangat menarik, buka?

4. Blogger

Menulis blog memang sempat menjadi tren di sekitar tahun 2000-an. Jika sampai saat ini Sedulur masih menulis di blog pribadi, maka hal ini bisa menjadi bekal yang sangat penting. Hal ini karena banyak kerja online mengetik yang bisa didapatkan.

Biasanya perusahaan akan menawarkan kerja sama kepada para blogger untuk menulis konten guna mendapatkan backlink.

5. Ghostwriter

Mungkin banyak yang belum tahu akan istilah yang satu ini. Jadi, ghostwriter adalah pekerjaan menjadi seorang penulis, akan tetapi nama Sedulur tidak dicantumkan sebagai penulis dari konten tersebut. Hal semacam ini memang sudah sangat wajar di industri kepenulisan.

Kendati demikian, bayaran yang bisa didapatkan bisa sangat tinggi, lho. Terlebih lagi, jika Sedulur sudah berhasil mendapatkan kontrak jual putus.

6. Script Writer

web penulis lepas
Unsplash

Apabila content writer identik dengan tulisan seperti artikel yang di-publish di suatu situs atau website, maka berbeda dengan script writer. Untuk script writer, tugas mereka akan menulis naskah film, sinetron, atau bahkan podcast.

Tentu saja gaji dari seorang script writer sangat menggiurkan. Apalagi, biasanya bayaran yang akan didapatkan adalah per naskah.

7. Proofreader

Bisa dibilang jika proofreader merupakan korektor tulisan. Kerja online mengetik yang digaji yang satu ini hampir sama, namun berbeda dengan editor. Tugas dari proofreader hanya mengoreksi kesalahan tanda baca atau hanya sekadar typo saja.

Bayaran proofreader pada umumnya, dihitung untuk per halaman tulisan yang dikoreksi oleh seorang proofreader. Pastinya pekerjaannya dibayar dengan harga yang lumayan.

8. Editor

Nah, untuk Editor adalah korektor tulisan dengan tugas yang lebih banyak dibandingkan dengan proofreader. Kerja online mengetik yang satu ini, mengharuskan Sedulur untuk melakukan koreksi. Mulai dari koherensi paragraf sampai melakukan penyuntingan secara mayor pada tulisan tersebut.

Sama seperti proofreader, bayaran dari editor ini pada umumnya diberikan per tulisan yang telah berhasil dikoreksi dengan baik.

9. Reviewer

Suka memberikan review setelah Sedulur membeli produk-produk tertentu? Nah, Sedulur dapat menjadi seorang reviewer profesional. Hal ini bisa dilakukan melalui website khusus yang memang membuka peluang untuk review produk.

Jika Sedulur sudah sering melakukan review dengan ulasan yang sifatnya objektif, dijamin akan langsung terpilih untuk menjadi tester yang nantinya diminta mengulas produk tersebut.

10. Mediator Grup Komunitas

Terdapat banyak perusahaan yang mulai mengembangkan komunitas, dengan tujuan untuk menarik target market mereka. Nah, pada saat mereka membuka banyak grup komunitas, ada beberapa mediator yang bukan berasal dari karyawan internal, melainkan freelance alias pekerja lepas.

Mediator ini bertugas untuk keep in touch dengan setiap anggota grup, dan juga merespons setiap pertanyaan dari mereka.

BACA JUGA: 15+ Aplikasi Cari Kerja Terpercaya dan Sering Dipakai HRD

11. Transkripsi

kerja online mengetik yang digaji
Unsplash

Kerja online mengetik yang digaji yang berikutnya adalah transkripsi. Apakah Sedulur sudah pernah mendengarnya? Ya, pekerjaan ini meliputi pengetikan dari rekaman suara atau video. Rekaman tersebut dapat berupa wawancara, video dokumenter, atau bahkan film.

Mengapa harus diketik? Hal ini biasa dilakukan untuk keperluan data kepenulisan atau bahkan pembuatan ulang naskah. Menariknya, umumnya gaji transkripsi dihitung untuk per 15 menit rekaman.

12. Subtitle Writer

Bagi Sedulur yang hobi menonton film dan memiliki kemampuan dalam penerjemahan bahasa, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi penulis subtitle. Ya, ada banyak lowongan kerja sebagai penulis subtitle yang bisa ditemukan di internet.

Gajinya pun juga terbilang cukup tinggi per bulannya. Bahkan jika dijalani dengan serius, bisa saja justru pekerjaan ini menjadi pekerjaan utama, lho.

13. Translator

Tidak hanya menjadi seorang penulis subtitle, dengan kemampuan penerjemahan yang dimiliki, Sedulur juga bisa menjadi translator alias penerjemah. Dalam menjalani pekerjaan ini, Sedulur dapat menawarkan jasa untuk menerjemahkan artikel, jurnal, hingga buku tertentu.

Menurut orang-orang yang sudah menjalani pekerjaan yang satu ini, mereka mengaku jika uang yang dihasilkan dari menjadi seorang penerjemah sangat lumayan.

14. Data Entry

Dalam menjalankan usaha atau bisnis, Data Entry menjadi posisi yang sangat penting. Data entry atau input data, sebenarnya merupakan jenis pekerjaan yang terbilang cukup sederhana, bahkan tidak mengharuskan pelakunya untuk memiliki skill khusus.

Nah, jadi biasanya Sedulur hanya akan diminta untuk memasukkan data ke spreadsheet. Selain itu, terkadang juga memasukkan informasi ke dalam sistem komputer perusahaan saja.

15. Content Planner

Unsplash

Untuk saat ini, agensi yang baru buka biasanya belum mempunyai sumber daya manusia yang cukup untuk mengisi setiap posisi yang ada. Oleh sebab itu, mereka seringkali membuka lowongan freelance untuk mengisi posisi sebagai content planner.

Tugas dari seorang content planner sendiri adalah memegang per klien mereka, dengan membuat rencana konten media sosial tiap bulannya. Nantinya, Sedulur akan dibayar per konten yang berhasil diciptakan.

16. Document Rewriter

Kerja online mengetik yang digaji selanjutnya adalah document rewriter atau penulis ulang dokumen. Ya, di zaman yang sudah canggih serba teknologi seperti ini, masih ada saja perusahaan yang belum menerapkan digitalisasi dokumen.

Ketika mereka sedang dalam tahap digitalisasi, maka akan ada banyak peluang kerja online mengetik ulang dokumen dengan bayaran per project.

17. UX Writer

Pengembangan aplikasi dan website memang sedang marak dilakukan belakangan ini. Sehingga ada banyak pihak yang terlibat dalam pengembangannya, mulai dari programmer bahkan sampai penulis. Penulisnya pun tidak sembarangan, melainkan yang paham akan kenyamanan user nantinya.

Nah, penulis dalam hal ini disebut sebagai UX Writer. Jadi bagi yang memang paham akan seputar UX Writer, dapat memanfaatkan peluang-peluang yang ada dengan gaji yang terbilang tinggi.

18. Technical Writer

Unsplash

Untuk kerja online mengetik yang digaji terakhir, ada technical writer. Apakah Sedulur selalu merasa tertantang untuk memparafrase kata-kata yang rumit menjadi lebih mudah untuk dipahami? Jika iya, maka akan sangat cocok menjadi seorang technical writer.

Menjadi technical writer sendiri bisa saja menjadi hobi yang dibayar, loh. Penulis yang satu ini memiliki tugas utama untuk menulis buku pedoman, instruksi, maupun petunjuk-petunjuk teknis yang lainnya.

Mungkin hanya itu kerja online mengetik yang digaji, yang dapat dibagikan pada kesempatan kali ini. Dengan menjalani pekerjaan-pekerjaan tersebut, Sedulur tetap bisa menghasilkan keuntungan hanya dengan bermodalkan mengetik saja, bahkan tanpa keluar rumah sekalipun.

Sistem kerjanya biasanya juga cukup fleksibel, Sehingga Sedulur masih bisa mengatur lebih banyak waktu untuk keluarga, teman, atau bahkan me time. Terasa sangat menyenangkan, bukan?