gaji kurir

Semakin terpercayanya belanja online, maka secara otomatis semakin berkembang juga bisnis online. Di sisi lain, dapat dipercayanya belanja online, salah satu yang terdampak adalah perusahaan logistik dan meningkatnya gaji kurir yang mengantar pesanan.

Tentu saja, semakin besarnya kebutuhan pengantaran barang maka akan semakin besar juga tanggung jawab seorang kurir. Jadi tidak heran jika kini kebutuhan kurir pada perusahaan berbasis online juga meningkat. Nah, bagi Sedulur yang tertarik bekerja sebagai kurir, ada beberapa hal yang perlu diketahui, termasuk salah satunya gaji kurir.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seperti apa saja gaji kurir. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak daftar penjelasan gaji kurir di bawah ini!

BACA JUGA: Segini Gaji Business Development Officer dan Prospek Kerjanya

Daftar Gaji Kurir di Perusahaan Logistik Indonesia

gaji kurir
Pexels/Artem Podrez

Berikut ini akan disampaikan daftar gaji kurir di perusahaan logistik Indonesia, perusahaan logistik seperti JNE, J&T, Shopee, JNE, Anteraja, Sicepat dan beberapa perusahaan logistik lainnya yang aktif beroperasi dan dipercaya layanannya oleh masyarakat Indonesia.

1. Kurir JNE

Gaji kurir pertama dari perusahaan logistik terbesar dan sudah dikenal di Indonesia, yaitu JNE. Perusahaan ini bahkan semakin tumbuh dan berkembang yang salah satu buktinya bisa dilihat dari banyaknya jumlah cabang dan agen JNE.

Saat ini, JNE sudah memiliki 53 kantor cabang, 75 unit, dan lebih dari 2000 agen lho, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.  Sebagai salah satu perusahaan ekspedisi senior, JNE selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan dan tidak ketinggalan juga memperhatikan kesejahteraan para karyawan, seperti salah satunya pada bagian kurir.

Besaran gaji kurir JNE adalah sekitar Rp2.000.000-Rp3.000.000 per bulan. Selain gaji pokok, JNE juga menyediakan sejumlah tunjangan seperti berikut ini:

  • Biaya parkir: Rp100.000
  • Servis kendaraan: Rp300.000
  • Uang kehadiran: Rp440.000
  • Uang bensin: Rp150.000/minggu
  • Bonus: Rp200.000 jika pengiriman paket di atas 90%

2. Kurir J&T Express

J&T Express sudah memiliki sekitar 4.000 gerai yang terdiri dari Collection Point Drop Point yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Perusahaan ini menawarkan tiga jenis layanan pengiriman paket (barang dan dokumen) berikut ini:

  • J&T EZ (Reguler): ongkos kirim standar dengan estimasi waktu pengiriman 2-3 hari.
  • J&T ECO (Ekonomi): ongkos kirim paling ekonomis dengan estimasi pengiriman 5-14 hari.
  • J&T Super: waktu pengiriman lebih cepat sekitar 1-2 hari dengan ongkos kirim lebih mahal.

Lalu untuk gaji kurir J&t Express, rata-rata adalah Rp2.500.000/bulan tapi belum termasuk berbagai tunjangan ya. Salah satu yang akan diberikan di luar gaji pokok adalah uang bensin dan komisi Rp1.000 per paket.

3. Kurir Shopee

Pexels/Ketut Subiyanto

Selain sebagai marketplace yang bermitra dengan sejumlah perusahaan ekspedisi, Shopee juga memiliki jasa pengiriman sendiri lho untuk para customer, namanya adalah Shopee Express. Salah satu inovasi dari Shopee ini sudah ada sejak 2015 dan masih eksis nih sampai sekarang.

Jika menjadi kurir Shopee Express, maka Sedulur akan memiliki 6 hari kerja dalam 1 minggu, namun untuk hari liburnya tidak selalu minggu ya. Sistem liburnya adalah shifting alias bergantian dengan teman kurir lainnya.

Jadi jika pada minggu ini Sedulur mendapat jatah libur hari Sabtu misal, maka di minggu berikutnya bisa saja libur di hari Senin, Rabu, Jumat, atau lainnya. Lalu untuk sistem gaji kurir Shopee Express adalah dihitung per paket.

Satu paket yang telah berhasil dikirimkan ke alamat tujuan akan dihargai sekitar Rp2.213. Jika dalam 1 hari Sedulur berhasil mengirim 40 paket misal, maka upah Sedulur di hari tersebut adalah Rp2.213 x 65 paket= Rp88.520.

Meski dihitung per hari, namun invoice adalah sistem perhitungan gaji dari Shopee Express. Jadi nantinya upah per hari akan diakumulasikan untuk 1 bulan dan ditambah dengan tunjangan seperti uang bensin dan uang makan.

4. Kurir Anteraja

Jika dibanding dengan ketiga perusahaan ekspedisi di atas, Anteraja memang termasuk masih junior nih. Perusahaan di bidang logistik ini mulai beroperasi pada tahun 2019 lalu.  Namun jangan salah, jenis pelayanan pengiriman barang yang ditawarkan termasuk lengkap dan tarifnya juga ramah di kantong lho. Kemudian untuk kurir di Anteraja dibagi menjadi dua jenis, yaitu Sprinter dan Ekspedisi.

Keduanya sebenarnya memiliki job desk yang sama, yaitu mengantarkan paket ke alamat penerima. Perbedaannya terletak pada jam kerja seperti berikut:

  • Sprinter: jam kerja 08.00-20.00 WIB
  • Ekspedisi: 24 jam dengan sistem shifting

Info gaji kurir Anteraja untuk tahun ini adalah sekitar Rp2.500.000-Rp3.500.000/bulan sudah termasuk uang makan, uang bensin, dan biaya perawatan kendaraan. Tapi jika berhasil mencapai target, maka gajinya juga bisa lebih lho.

5. Kurir SiCepat Express

Perusahaan di bidang jasa pengiriman barang dan dokumen ini berdiri pada tahun 2014 dan terus berkembang hingga sekarang. Jumlah gerai SiCepat yang tersebar di Tanah Air sudah mencapai 1.500 buah lho, dan masih ditambah 149 Pick Up Drop Point, 7.000 titik SiCepat Point, dan 84 Sortation.

Sesuai namanya, kecepatan pengiriman barang adalah yang menjadi fokus utama nih dari SiCepat, dan salah satu yang memiliki peran penting dalam hal ini tentunya adalah kurir ya. SiCepat memberikan gaji pokok kepada kurirnya sekitar Rp2.500.000/bulan pada 2022 ini. Ada juga fasilitas lain seperti berikut:

  • Uang bensin (Rp30.000/hari)
  • Uang makan (Rp25.000/hari)
  • Uang servis kendaraan
  • Uang kehadiran
  • Bonus Rp500/paket (jika berhasil mengirim minimal 1100 paket dalam 1 bulan)

Para kurir SiCepat Express memiliki jam kerja dari 08.00-17.00 WIB dari Senin-Sabtu dan untuk Minggu libur. Namun untuk para kurir yang ingin tetap kerja di hari Minggu juga diperbolehkan lho, dan dengan jam kerja yang sama seperti biasanya. Begitu juga saat libur nasional.

BACA JUGA: Stock Keeper: Tugas, Tanggung Jawab, dan Pendapatannya

6. Kurir TIKI

gaji kurir
Pexels/Tima Miroshnichenko

Selanjutnya, gaji kurir yang bekerja di TIKI, TIKI sendiri merupakan ekspedisi dan perusahaan logistik yang paling awal berkembang di Indonesia. Tentu secara pelayanan, TIKI sudah terbukti dapat memberikan pelayanan yang maksimal.

Di perusahaan TIKI, kurir berstatus sebagai karyawan sehingga bisa menerima gaji sebesar Rp.2.700.000 per bulannya. Ditambah dengan berbagai tunjangan, kurir TIKI bisa mendapatkan gaji sekitar Rp.4.368.600 per bulannya.

7. Kurir Wahana

Selanjutnya yaitu kurir wahana, Kurir Wahana berstatus sebagai mitra freelance dan mendapat gaji Rp.51.000 per hari dan Rp.1.500 per paket. Jika masuk 26 hari kerja dengan catatan bisa mengantar minimal 60 paket per harinya, maka gaji yang didapat sebesar Rp.3.666.000 per bulan.

8. Kurir Lazada

Kurir Lazada Express mendapatkan Rp.50.000 per hari dan 2.100 per paket. Jika diasumsikan mengantar 50 paket sehari, maka gaji yang didapat bisa mencapai Rp.4.576.000.  Baca Juga : Berapa Gaji Pramugari Kereta Api? Ini Daftar Lengkapnya

9. Kurir Id Express

Gaji pokok kurir Id Express akan mengikuti UMR dan UMK yang ditetapkan oleh setiap daerah. Jika kita dapat diperkirakan maka besaran gaji perbulan mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp3.000.000.

Nilai gaji tersebut dikatakan wajar karena memang Id Express terus buka setiap hari untuk memenuhi kebutuhan paket dari konsumen. Namun, tidak hanya gaji pokok, kurir juga akan mendapatkan tunjangan yang diberikan Id Express.

10. Kurir Shopee

Gaji rata-rata yang didapat kurir Shopee Express berkisar antara Rp2.000.000- Rp4.500.000, tergantung upah minimum daerah. Untuk besaran gaji kurir Shopee Express terbilang besar dan cukup tinggi karena yang didapatkan di atas dari UMR.

BACA JUGA: Tugas Staff Admin di Sekolah yang Perlu Kamu Ketahui!

Syarat Menjadi Kurir Ekspedisi

gaji kurir
Pexels/Artem Podrez

Setelah cek gaji kurir (J&T, shopee, JNE, anteraja, sicepat) di atas, apakah Sedulur berminat untuk melamar? Jika iya, maka Sedulur perlu tahu nih apa saja syaratnya. Berikut daftarnya:

  • Laki-laki usia minimal 18 tahun saat mendaftar dan maksimal 35 tahun.
  • Sehat fisik dan rohani.
  • Memiliki SIM dan motor pribadi (untuk kurir mobil tidak harus memiliki mobil pribadi karena akan difasilitasi kantor).
  • Memiliki smartphone, paham rute, dan bisa membaca Google Maps.
  • Pendidikan minimal SMA/sederajat.
  • Memiliki skill komunikasi yang bagus.

Berdasarkan informasi gaji kurir (J&T, shopee, JNE, anteraja, sicepat) di atas, bisa disimpulkan bahwa gaji untuk profesi ini rata-rata adalah sekitar Rp2.500.000/bulan. Kunci agar gaji kurir bisa besar adalah pada jumlah paket yang dikirim. Semakin banyak paket dikirim maka semakin banyak juga bonusnya.

Nah itulah daftar gaji kurir di perusahaan logistik Indonesia. Semoga dari penjelasan di atas, dapat memberikan informasi terkait karir menjadi kurir. Di era digital saat ini, pekerjaan kurir menjadi pekerjaan yang penting!