gaji fotografer

Salah satu profesi yang cukup diminati dalam beberapa tahun terakhir adalah fotografer. Hal ini tak lepas dari semakin berkembangnya penggunaan media sosial dan kebutuhan konten visual dalam bisnis komersial. Tak hanya itu, gaji fotografer yang menggiurkan juga meningkatkan para peminat dunia fotografi.

Namun, untuk Sedulur yang masih awam dan belum memiliki pengalaman sama sekali dalam dunia kerja seorang fotografer. Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas secara lengkap tentang gaji fotografer di Indonesia beserta jenis-jenis pekerjaannya. Kira-kira seperti apa penjelasan lengkapnya? Mari simak berikut ini!

BACA JUGA: 25 Ide Bisnis Jasa yang Menjanjikan dan Paling Diminati

Mengenal Profesi Fotografer

Freepik

Fotografer adalah seseorang yang merekam peristiwa dalam bentuk gambar untuk berbagai objek seperti orang, tempat dan peristiwa menggunakan kamera. Ada yang menawarkan jasa foto komersial secara langsung, yakni fotografer memotret lalu dibayar. Misalnya memotret perorangan, keluarga, acara pernikahan, ataupun produk.

Ada juga nih seorang fotografer yang gemar hunting foto, kemudian di jual untuk berbagai keperluan seperti iklan maupun foto di media. Tapi ada juga, fotografer yang memotret untuk tujuan pameran. Biasanya fotografer akan menyewa galeri untuk menampilkan karyanya, jadi kalau ada yang tertarik bisa membelinya.

Seorang fotografer yang baik nggak cuma asal jepret tetapi juga memiliki pesan yang akan disampaikan dalam setiap karyanya. Pekerjaan ini membutuhkan sudut pandang khusus untuk menentukan bagaimana cara menampilkan objek atau subjek dan pesan apa yang ingin disampaikan melalui gambar.

Selain itu, pekerjaan ini memerlukan teknik khusus masing-masing tergantung pada genre (seperti berita, iklan, dsb) atau objek yang akan difoto.

Lingkup Kerja Fotografer

Freepik

Sering ditemui seorang fotografer bekerja secara freelance. Namun, bisa juga ia terikat dengan suatu perusahan sebagai seorang fotografer. Terdapat beberapa bidang yang erat dengan profesi ini, seperti pada industri event seperti pernikahan, wisuda, atau event lainnya.

Tak hanya itu, seorang fotografer juga erat dengan dunia periklanan. profesi ini dapat membantu memberikan foto terbaik untuk kebutuhan iklan suatu produk. 

Bidang lain yang erat kaitannya dengan seorang fotografer adalah jurnalistik. Bukan barang asing ketika kamu membaca koran atau majalah, terdapat foto-foto yang ditampilkan. Itu adalah hasil kerja dari seorang fotografer.

Dengan mengetahui fokus dan minatmu, kamu bisa mendapatkan peluang lebih dalam berkarir sebagai fotografer. Ini karena kamu dapat memberikan nilai lebih dan ciri khas pada karya yang kamu buat.

Namun, seorang fotografer memiliki tugas yang menjadi tanggung jawab semua photographer. Berikut ini rinciannya:

  • Mengambil gambar dan edit konten visual untuk berbagai platform yang dibutuhkan klien atau perusahaan.
  • Menghasilkan foto menggunakan berbagai metode yang tersedia untuk media cetak atau digital.
  • Mengirimkan produk akhir ke berbagai sumber, termasuk pelanggan internal dan eksternal, media, desainer grafis, dan pihak komunikasi korporat.
  • Melakukan retouching dan penyesuaian gambar setelah proses pemotretan.
  • Mempromosikan bisnis kepada klien dan publik.
  • Membeli persediaan produksi dan editing yang mumpuni.

BACA JUGA: 30+ Ide Bisnis Sewa Paling Laris yang Anti Sepi & Untung Besar!

Jenis Fotografer

Pexels

Dalam dunia fotografer profesional, banyak sekali jenis tukang foto yang bisa Sedulur jumpai. Keberagaman ini tak lepas dari passion dan kolam pasar yang terbentuk dalam kebutuhan fotografi. Agar Sedulur lebih jelas mengenal jenis-jenis gaji fotografer, mari simak beberapa fotografer berikut ini.

1. Fotografer jurnalistik

Indonesia mempunyai banyak media yang tersebar  baik itu media nasional atau media lokasi dan media offline atau media online. Di sini tidak hanya jurnalis yang mengambil peran sepenuhnya, melainkan juga ada fotografer profesional.

Akan sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki dua profesi sekaligus yakni fotografer serta jurnalis. Contoh media yang selalu menyajikan foto-foto keren kepada para pembacanya adalah media National; Geographic.

2. Fotografer wedding

Ini adalah seorang fotografer yang menawarkan jasanya di acara pernikahan. Di sini Anda bisa mengawali karir  mulai dari memotret saudara atau teman yang sedang menikah. Profesi ini cukup bisa dibilang memiliki peluang yang bagus mengingat hampir setiap minggunya ada saja pasangan yang melangsungkan pernikahan.

Jika foto yang dihasilkan bagus dan disukai banyak orang, maka ini akan menjadi awal untuk menerima gaji fotografer pemula sebelum menerima gaji yang lebih besar lagi. Hasil foto tersebut juga bisa menjadi portofolio agar bisa bekerjasama dengan brand atau artis yang lebih besar.

3. Fotografer fashion

Perkembangan dunia fotografer fashion mengikuti seiring perjalanan tren fashion yang selalu up to date. Dalam hal ini, fotografer fashion memiliki peranan penting dalam membuat visual fashion yang menarik sesuai dengan sasaran konsumen. 

Jika ingin produk fashionnya bisa terjual keras, seorang desainer atau pengusaha membutuhkan  fotografer untuk mendapatkan berbagai jenis foto fashion. Seperti foto produk fashion, foto model yang mengenakan pakaian dan aksesoris dari desainer, maupun foto tampilan makeup.

4. Fotografer komersial

Fotografer komersial merupakan fotografer yang memiliki nilai jual sesuai dengan tujuan komersial. Contohnya untuk iklan produk, poster, dan media pemasaran lainnya, sehingga konsumen dapat tertarik mengenai produk tersebut dan membelinya.

5. Fotografer olahraga

Bukan hal yang mudah agar bisa menjadi fotografer olahraga yang perlu tanggung jawab dan dedikasi penuh dalam mengambil foto olahraga dan serba-serbinya. Kamu harus bisa menulis berita sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan sebaik mungkin.

Hasil foto terbaik selama pertandingan menjadi masterpiece seorang fotografer olahraga yang mendapatkan gaji jutaan rupiah, apalagi Kamu bisa menjadi fotografer yang berdiri di ujung lapangan liga internasional.

6. Fotografer entrepreneur

Selain menjadi seorang fotografer, apabila Anda memiliki usaha di bidang kewirausahaan maka tidak ada salahnya mencoba untuk menjadi entrepreneur di bidang fotografi. Contoh kecilnya membuat studio dan merekrut beberapa karyawan untuk membantu Anda menjalankan bisnis fotografi. 

Melalui bisnis ini juga, Anda bisa memberikan tempat kerja bagi orang-orang yang menyukai dunia fotografi, sehingga mereka dapat menghasilkan gaji meskipun dengan istilah gaji fotografer pemula.

Gaji Fotografer

bisnis sampingan karyawan
Unsplash

Melihat ulasan sebelumnya tentang jenis fotografer, tentu Sedulur mulai terbayang bahwa pekerjaan satu ini memiliki gaji yang beragam menyesuaikan jenis pekerjaannya. Sedulur juga perlu tahu, bahwa gaji fotografer akan semakin besar jika dia memiliki pengalaman lebih banyak dan hasil foto yang bagus.

1. Fotografer pemula

Besaran gaji fotografer pemula di Indonesia cukup variatif. Namun, rata-rata untuk satu pekerjaan, mereka akan mendapatkan bayaran sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu untuk sebuah foto pribadi.

Kemudian, untuk kebutuhan acara, seperti pernikahan, syukuran, dan lain sebagainya bisa mencapai Rp 5 juta sesuai dengan kebutuhan dan tim yang dibentuk. Meskipun terlihatnya kecil. tetapi gaji ini bisa semakin besar jika berhasil memikat klien dengan foto-foto yang dihasilkan.

2. Fotografer berpengalaman

Seorang fotografer berpengalaman di Indonesia biasanya mendapat pendapatan sekitar Rp9,5 juta per bulan. Namun, ada juga yang mendapat pendapatan mulai dari Rp 6 juta sampai Rp 13 juta per bulan tergantung banyaknya job yang diterima.

Sementara itu, profesi fotografer di luar negeri memiliki perhitungan gaji yang jauh berbeda. Pendapatan fotografer berpengalaman atau profesional di sana bisa mencapai US$15.000 atau setara Rp 214 juta per bulan. Bahkan, ada fotografer di Amerika Serikat yang mendapatkan gaji hingga $76.085 atau setara Rp 1 miliar per bulan. Namun, semua itu masih disesuaikan dengan besaran proyek dan kontrak klien yang diberikan.

3. Gaji tim fotografi

Seteleh mengetahui gaji personal seorang fotografer. Sedulur juga perlu tahu bahwa dalam beberapa pekerjaan, seorang fotografer akan membutuhkan tim untuk mengerjakan proyek tersebut. Berikut ini rincian gaji dari sebuah tim fotografi yang perlu Sedulur ketahui.

  • Asisten fotografer, memperoleh gaji Rp 6.500.000 per bulan
  • Operator, memperoleh gaji Rp 7.850.000 per bulan
  • Manajer riset foto, memperoleh gaji Rp 14.000.000 per bulan
  • Editor foto, memperoleh gaji Rp 8.000.000 per bulan
  • Juru foto, memperoleh gaji Rp 9.500.000 per project
  • Pengawas produksi fotografi, memperoleh gaji Rp 11.750.000 per bulan
  • Manajer studio, memperoleh gaji Rp 14.500.000 per bulan.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang jenis dan gaji fotografer di Indonesia. Semoga dengan penjelasan di atas, Sedulur semakin memiliki gambaran tentang profesi tersebut.

Tak hanya memerlukan kemampuan yang mumpuni, menjadi seorang fotografer juga harus memiliki dedikasi tinggi. Jadi pastikan Sedulur sudah memikirkan matang-matang tentang pekerjaan satu ini!