gaji barista di surabaya

Seiring banyak cafe dan coffe shop di Indonesia serta berbagai tempat nongkrong lainnya yang menjadikan kopi sebagai penjualan utama, tentu hal ini menjadikan pekerjaan sebagai barista merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan.

Bagi Sedulur yang tertarik menjadi barista dan berdomisili di Surabaya, tentu sedikit banyaknya Sedulur penasaran dengan gaji barista di Surabaya. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama berapa kisaran gaji barista di kota Surabaya.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak daftar gaji barista di Surabaya!

BACA JUGA: Wajib Tau! Ternyata Segini Gaji Dokter Gigi di Indonesia

-->

Tugas seorang barista

gaji barista di surabaya
iStock

Sebelum masuk ke pembahasan utama terkait gaji barista di Surabaya, tentu Sedulur harus tahu terlebih dahulu apa saja tugas seorang barista. Ada beberapa tugas dan pekerjaan seorang barista yang menjadi kewajibannya. Berikut ini adalah daftar tugas dan pekerjaannya:

  • Menyiapkan dan menyajikan kopi, baik kopi yang diracik manual maupun dengan mesin.
  • Merawat berbagai alat atau mesin yang ia operasikan sehari-hari.
  • Menyapa dan melayani pengunjung/pelanggan dengan ramah dan memberi kenyamanan.
  • Menyajikan minuman lain selain kopi jika ada menu tambahan di luar kopi.

Perlu Sedulur ketahui, daftar tugas dan pekerjaan di atas merupakan tugas umum seorang barista. Biasanya setiap coffee shop dan cafe memiliki kebijakan sendiri terkait pekerjaan barista.

Kemampuan yang harus dimiliki

gaji barista di surabaya
iStock

Selain kemampuan meracik kopi dengan baik agar menghasilkan kopi yang nikmat, seorang barista juga harus didukung oleh kemampuan lainnya. Terutama kemampuan non teknis seperti:

  • Ramah terhadap pelanggan
  • Mampu bekerja bersama tim
  • Mampu berinovasi
  • Mampu multitasking

Gaji barista di Surabaya

gaji barista di surabaya
iStock

Hitungan gaji setiap daerah tentu saja berbeda-beda. Biasanya patokan gaji ditentukan berdasarkan UMR (Upah Minim Regional). Hal tersebut ditentukan berdasarkan kemampuan dan pendapatan daerah tersebut.

Untuk di surabaya sendiri, gaji barista berada di angka Rp4.000.000-Rp5.000.000. Dibandingkan dengan gaji barista di daerah lain, gaji barista di Surabaya merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia.

Gaji barista full time di Indonesia

iStock

Selain gaji barista di Surabaya yang telah dibahas di atas, tentu Sedulur juga penasaran berapa gaji barista full time di Indoneis, atau di kota dan wilayah lain. Terutama bagi seorang full time barista. Seorang full time barista memiliki waktu kerja selama 40-50 jam per minggu.

Untuk setiap waktu kerjanya tersebut, setiap barista mendapatkan bayaran sesuai kontrak dan kesepakatan. Adapun daftar gaji rata-rata barista di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Jakarta : 977.761.
  • Bandung : Rp1.869.979.
  • Tangerang : Rp3.154.782.
  • Denpasar (Bali) : Rp2.752.467.

Selain mengacu pada perbedaan wilayah dan UMR, besaran gaji juga penentuannya bisa berasal dari tingkat kemahiran. Antara yang pemula dan senior, angkanya bisa berbeda.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Ternyata Segini Gaji Supervisor Pertamina 2023

Gaji barista part time

iStock

Sebagian coffee shop juga membuka lowongan part time bagi golongan seperti mahasiswa. Tentu saja, secara nominal bulanan gajinya lebih kecil, karena dalam seminggu jam kerjanya hanya berkisar 20-35 jam.

Perhitungan gajinya, biasanya berdasarkan jumlah jam masuk kerja. Salah satu tempat yang mempekerjakan part time worker adalah Starbucks. Starbucks memberikan gaji sebesar Rp150.000-200.000 untuk sembilan jam kerja per hari.

Jika dalam satu minggu, minimal kamu mendapat jatah 3 hari masuk, maka uang yang bisa kamu dapatkan mencapai Rp450.000-600.000 per minggu. Dengan kata lain, Rp1.800.000 sampai Rp2.400.000 per bulan. Namun, di coffee shop dengan reputasi lebih kecil dari Starbucks, jumlahnya bisa jadi lebih kecil. Dengan kata lain, di bawah Rp100.000 per hari.

Nah itulah informasi terkait daftar gaji barista di Surabaya dan gaji barista di Indonesia secara umum. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan motivasi dan semangat bagi Sedulur untuk bisa segera bekerja dan berkarya menyajikan kopi bagi setiap penikmatnya.