fasilitas yang diharapkan

Sebagai pekerja keras, kita tentu menginginkan fasilitas yang diharapkan sebagai imbalannya. Bukan maksud perhitungan atau adanya pikiran kita sebagai pekerja tidak melakukan pekerjaan dengan ikhlas. Fasilitas yang dimaksud lebih kepada jaminan kesehatan, pekerjaan dan jaminan di hari tua nanti.

Berikut ini beberapa daftar fasilitas yang diharapkan oleh setiap pekerja terhadap tempatnya bekerja. Sedulur yang merupakan pekerja, wajib mengetahui apa saja fasilitas yang dimaksud.

BACA JUGA: Purchasing Staff: Tugas, Tanggung Jawab, Gaji, & Jenjang Karier

1. Tunjangan transportasi

fasilitas yang diharapkan
LinovHR

Fasilitas kerja adalah sebuah kemudahan yang didapatkan oleh setiap pekerja dari perusahaan tempatnya bekerja. Kemudahan tersebut bisa dalam berbagai bentuk, seperti tempat tinggal atau transportasi. Salah satu yang dibutuhkan oleh para pekerja dan merupakan hal yang paling penting adalah tunjangan transportasi.

-->

Tunjangan transportasi juga menjadi salah satu fasilitas tambahan dari kantor yang banyak diharapkan pekerja selain gaji. Apalagi jika Sedulur tinggal jauh dari kantor, atau jenis pekerjaannya seperti sales (business development) atau account manager yang mengharuskan pergi ke sana kemari untuk bertemu klien dan meeting di luar kantor.

Tunjangan transportasi dapat berbentuk jaminan akomodasi untuk perjalanan bisnis yang meliputi pemesanan kamar hotel, tiket pesawat, dan masih banyak lagi. Termasuk uang tol hingga bensin yang dikeluarga selama untuk kepentingan pekerjaan atau urusan kantor.

2. Tunjangan tempat tinggal

Tribun

Selain transportasi, fasilitas lainnya yaitu tempat tinggal. Ini juga merupakan fasilitas yang diharapkan BUMN oleh para pekerjaan. BUMN merupakan instansi negara yang tersebar di seluruh Indonesia, biasanya para anggotanya sering dikirim bekerja di luar kota atau luar pulau. Tempat tinggal menjadi salah satu fasilitas yang diberikan.

Bukan hanya BUMN, perusahaan swasta atau starup juga sering mengirim pekerjanya untuk dinas luar kota.  Dengan adanya fasilitas tempat tinggal, memudahkan para pekerja untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan yang dituju di luar kota tersebut. Namun, sebagai pekerja kita harus detail mengetahui apa saja fasilitas tempat tinggal yang dimaksud. Jangan sampai apa yang kita dapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan

3. Tunjangan teknologi

fasilitas yang diharapkan
Kompasiana

Fasiltas ini merupakan fasilitas yang diharapkan fresh graduate atau lulusan baru. Pekerja seperti content writer, desain grafis, programmer atau yang berkaitan dengan teknologi digital biasanya akan mendapatkan tunjangan teknologi berupa gadget seperti smartphone, tablet hingga laptop.

Selain itu, tunjangan teknologi juga bisa seperti maupun insentif uang pulsa atau kuota data internet bulanan. Tunjangan seperti ini dapat kau tanyakan terutama jika pekerjaannya mengharuskan Sedulur sering menelepon klien atau melakukan online meeting. Di tengah pandemi saat ini, fasilitas gadget merupakan hal yang penting dan dapat menunjang pekerjaan kita.

4. Konsumsi makan siang

Detik Food

Konsumsi merupakan fasilitas yang diharapkan saat interview. Saat ini tersedia banyak jasa katering online yang membuat fasilitas satu ini layak diharapkan untuk disediakan kantor baru selain gaji. Dengan tersedianya catering, Sedulur tidak perlu lagi repot-repot memikirkan mau makan siang apa di kantor.

Sedulur juga bisa menghemat pengeluaran bulanan dengan adanya fasilitas ini. Semakin memudahkan Sedulur, ketika bisa menu makanan yang sesuai dengan kondisimu jika ikut catering di kantor. Sebagai contoh, catering diet keto atau makanan bebas gluten.  Beberapa perusahaan ada yang sudah memasukkan fasilitas makan siang gratis untuk karyawannya.

Namun jika tempat kerja barumu tidak demikian, tidak ada salahnya untuk menanyakan apakah ada kompensasi berupa uang makan siang dan sudah termasuk dalam gaji atau tidak.

5. Program pengembangan SDM

fasilitas yang diharapkan
Tokopedia

Fasilitas yang bisa diharapkan calon karyawan selain gaji dari kantor dapat berupa benefit non-materiil. Salah satu contohnya adalah training atau workshop pengembangan diri. Saat ini, para pekerja bisa mendapatkan workshop pengembangan diri seperti leadership training, management training, sampai skill training yang lebih spesifik seperti public speaking dan pelatihan komunikasi.

Workshop-workshop di atas diperlukan karena dapat membantu mengasah keterampilan sekaligus menjadi bekal memajukan karier ke depannya. Mungkin, tidak semua perusahaan dapat menawarkan benefit ini di awal. Namun, Sedulur bisa coba meminta kepada atasan untuk mengadakannya di kemudian hari. 

Program pengembangan diri lainnya yang bisa Sedulur minta kepada  perusahaan tempat Sedulur kerja yaitu adalah keanggotaan eksklusif di tempat olahraga atau gym, membership maskapai penerbangan, atau di klub-klub sosial. Dengan mendapatkan semua jaminan yang diharapkan dari perusahaan ini, Sedulur tidak ada alasan lagi untuk lalai dalam bekerja.

6. Asuransi kesehatan

fasilitas yang diharapkan
Lifepal

Ini merupakan fasilitas yang diharapkan oleh setiap pekerjaan dari tempat mereka bekerja, yaitu asuransi kesehatan. Terkait asuransi kesehatan pun, telah diatur oleh UU Pemerintah. Jika ada perusahaan atau instansi yang tidak memberikan asuransi kesehatan kepada pekerjaanya, pemerintah akan menindak dan memberikan sanksi kepada perusahaan atau instansi tersebut.

Ketersediaan asuransi kesehatan dari perusahaan merupakan sebuah jaminan bagi setiap karyawan, agar tetap tenang untuk mengerjakan pekerjaannya dan perusahaan atau instansi dapat mencapai target atau tujuannya.

7. Fleksibelitas jadwal kerja

Grid

Bukan hanya gaji yang diharapkan oleh setiap pekerja, namun flesibelitas jadwal kerja juga merupakan hal yang diharapkan. Setiap perusahaan memiliki aturan tentang jadwal dan waktu bekerjanya masing-masing. Namun, tidak ada salahnya Sedulur membicarakan ulang mengenai hal ini.

Sedulur wajib menanyakan beberapa hal secara spesifik, bukan hanya menanyakan, jika bisa memastikan. Salah satu contohnya seperti pertanyaan apakah perusahaan membolehkan karyawannya untuk masuk lebih siang atau lebih pagi dari yang ditentukan dalam kondisi tertentu.

Atau pertanyaan bolehkah untuk pulang lebih awal jika ada keperluan mendesak atau mendadak? Dan peraturan seperti kebijakan bekerja dari rumah (WFH). Fasilitas WFH kini menjadi salah satu benefit yang sangat diharapkan oleh karyawan karena selain menghemat pengeluaran gaji, juga hemat waktu dan tenaga.

Kemajuan teknologi saat ini pun juga sangat memudahkan pekerjaan orang-orang sehingga tidak harus setiap hari datang ke kantor. Ditambah terjadinya pandemi Covid-19, membuat pekerjaan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.

8. Fasiltas khusus karyawati

fasilitas yang diharapkan
Chatelaine

Salah satu fasilitas yang diharapkan adalah fasilitas khusus untuk pekerja perempuan atau karyawati. Setiap pekerja wanita wajib memastikan hak-hak khususnya, termasuk hak cuti haid serta cuti hamil dan melahirkan. Menurut UU No. 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Pasal 81 ayat (1).

Dalam Undang-Undang di atas, disebutkan bahwa pekerja atau buruh perempuan yang tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua haid jika mengalami nyeri parah (dysmenorrhea). Sementara itu cuti hamil dapat diambil sebelum, saat, dan setelah melahirkan. Dengan begini, para pekerja perempuan tetap bisa mendapatkan haknya setelah menuntaskan setiap kewajibannya.

BACA JUGA: 12 Contoh Pertanyaan Interview User dan Cara Menjawabnya

9. Konsultasi kesehatan mental

Yougov

Di tengah keterbukaan informasi saat ini, banyak masyarakat yang sekarang menyadari betapa pentingnya kesehatan mental. Karena, salah satu penyebab banyak orang yang terganggu kesehatan mentalnya yaitu karena tekanan pekerjaan dengan berbagai macam beban dan tuntutan atasan.

Akibat pemahaman yang baik terhadap kesehatan mental, saat ini perusahaan dan startup memberikan asuransi kesehatan mental. Baik berupa konsultasi atau pun pengobatan. Konsultasi pun didampingi oleh psikolog atau psikiater yang ditunjuk langsung oleh perusahaan tempat kita bekerja.

10. Fasilitas cuti berbayar

fasilitas yang diharapkan
Sleekr

Fasilitas yang diharapkan terakhir adalah fasilitas cuti berbayar. Fasilitas yang dikenal dengan paid leave ini cukup penting untuk Sedulur dapatkan. Sebab, sudah pasti terkadang Sedulur membutuhkan waktu istirahat di tengah jadwal kerja yang padat. Selain itu, kompensasi yang tetap cair di waktu rehat juga dapat membuatmu merasa tenang dan kembali semangat saat harus kembali bekerja.

Sayangnya, keuntungan satu ini sering disepelekan job seeker saat menandatangani kontrak. Padahal, tak semua perusahaan akan memberikannya kepada karyawan mereka. Meskipun diberikan, bisa aja perusahaan hanya menyediakan unpaid leave atau cuti tidak berbayar.

Maka dari itu, selalu perhatikan kontrak kerja sebelum Sedulur memberikan paraf. Lalu, bila fasilitas ini ternyata tidak tercantum dalam kontrak, Sedulur juga bisa langsung negosiasikan dengan pihak HRD atau atasan di perusahaan.

11. Program beasiswa dan pengembangan karir

Pintek

Setiap pekerja, terutama yang memiliki potensi, sangat menginginkan fasilitas yang diharapkan ini. Yaitu fasilitas program beasiswa pendidikan. Karena perusahaan yang baik akan peduli dengan peningkatkan kualitas pendidikan pekerjanya. Sedulur juga perlu menambah pengetahuan dengan pendidikan tambahan.

Program beasiswa juga kadang bukan hanya dalam biaya pendidikan, namun juga beserta dengan tunjangan harian selama menempuh pendidikan. Namun, selepas usai menempuh pendidikan, kita harus memberikan yang terbaik kepada perusahaan yang telah membiayai kita sekolah.

Bukan hanya pendidikan saja, kita sebagai pekerja juga perlu meningatkan pengembangan karir. Meski dengan menempuh pendidikan juga bagian dari memikirkan pengembangan karier. Jenjang karir merupakan bagian penting yang juga harus dipikirkan oleh perusahaan.

12. Kesehatan gigi dan tunjangan kacamata

fasilitas yang diharapkan
Lifepal

Fasilitas yang diharapkan dari perusahaan selain gaji adalah kesehatan gigi dan tunjangan kacamata. Meskipun sama-sama berkaitan dengan kesehatan karyawan atau pekerja, namun kesehatan gigi dan mata perlu diperhatikan berbeda dengan kesehatan tubuh secara umum.

Karena fasilitas yang didapatkan berbeda dan membutuhkan perawatan secara spesifik. Akibat pemahaman yang baik terhadan kesehatan karyawannya, saat ini perusahaan telah memberikan asuransi kesehatan khusus untuk kacamata dan kesehatan gigi. Ditambah, khusus untuk mata dan gigi membutuhkan biaya yang besar.

13. Asuransi keluarga

Futuready

Asuransi keluarga juga merupakan salah satu fasilitas yang diharapkan oleh setiap pekerja. Untuk mendukung kesehatan karyawan dan melindungi karyawan secara finansial, beberapa perusahaan menyediakan fasilitas asuransi kesehatan untuk keluarga karyawan. Fasilitas ini memberikan perlindungan kesehatan yang diperuntukkan untuk para karyawan dan anggota keluarganya dalam keluarga inti misalnya untuk pasangan dan anak.

Perusahaan yang memberikan fasilitas yang diharapkan ini menggunakan jenis asuransi kesehatan grup atau asuransi kumpulan. Jenis asuransi ini dikhususkan bagi sekelompok orang yang tergabung dalam suatu perusahaan atau lembaga.

14. Jaminan hari tua

fasilitas yang diharapkan
Danamon

Fasilitas yang diharapkan terakhir yang diidamkan oleh setiap pekerja adalah jaminan hari tua. Banyak perusahaan besar kini menyediakan fasilitas jaminan hari tua pada talenta profesional perusahaannya. Jaminan hari tua dapat diberikan berupa pesangon atau bahkan uang pensiun.

Banyak juga perusahaan yang memberikan bagian saham perusahaan sebagai jaminan hari tua jangka panjang yang keuntungannya bisa didapatkan selama puluhan tahun. Fasilitas tunjangan ini dapat membuat setiap pekerja bisa fokus untuk bekerja tanpa harus merisaukan masa tuanya.

Sekian daftar fasilitas yang diharapkan oleh setiap pekerja terhadap perusahaan, startup atau instansi tempat mereka bekerja. Dengan adanya fasilitas yang menunjang dan menjamin para pekerja, hal tersebut bisa meningkatkan kinerja dari perusahaan, startup atau instansi tempat bekerja.