Mengetahui contoh surat lamaran pekerjaan merupakan hal penting. Dengan memiliki contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, Sedulur bisa melakukan cara membuat surat lamaran kerja. Superapp.id, dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan contoh cv lamaran kerja, berikut tips dan langkah cara membuat lamaran kerja yang harus ditempuh.

Memiliki contoh surat lamaran kerja di PT akan lebih memudahkan bagi Sedulur untuk membuat surat lamaran kerja. Karena melalui contoh surat lamaran kerja terbaru, Sedulur memiliki gambaran terkait format lamaran kerja, baik itu dalam contoh surat lamaran kerja umum atau dalam template surat lamaran kerja.

Seperti apa saja contoh surat lamaran kerja bahasa Indonesia? Sedulur bisa simak dalam penjelasan di artikel ini. Namun sebelum itu, ada baiknya Sedulur simak dulu langkah dalam contoh surat lamaran kerja pada umumnya.

BACA JUGA: Cara Kerja Super Agen, Simpel, Mudah dan Untung

-->

Langkah membuat surat lamaran kerja

Sebelum melihat beberapa contoh dari surat lamaran kerja, tentu Sedulur harus tahu bagaiamana cara membuat surat lamaran kerja. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah membuat surat lamaran kerja berdasarkan tiap bagiannya.

Sedulur juga akan mengetahui fungsi dari masing-masing bagian dari di dalam surat lamaran. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak langkahnya di bawah ini!

1. Tempat dan tanggal penulisan surat

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
Berita Satu

Setiap surat, baik itu surat keputusan, surat pemberitahuan dan surat resmi lainnya harus memiliki identitas pembuatan, yaitu tempat dan tanggal penulisan surat. Dalam setiap contoh surat lamaran kerja, tempat dan tanggal penulisan surat merupakan hal pertama dan ditulis di pojok kanan atas sekaligus juga merupakan awalan dari surat lamaran kerja.

2. Penerima surat

2. Penerima Surat
Merdeka

Di bawah tempat dan tanggal surat, cantumkan penerima surat disertai dengan Yth (yang terhormat). Sedulur bisa mencantumkan nama seseorang beserta dengan gelarnya dan juga bisa menyertakan nama perusahaan tempat Sedulur akan melamar kerja.

3. Alamat penerima surat

3. Alamat Penerima Surat
Okezone

Baik itu alamat perusahaan atau seseorang yang akan menerima surat kita, alamat merupakan faktor penting. Hal ini meyakinkan penerima surat bahwa surat lamaran kerja memang ditujukan kepada mereka. Dalam setiap contoh surat lamaran kerja, alamat penerima surat berada di bawah penerima surat.

4. Salam pembuka dan kata pengantar

4. Salam Pembuka dan Kata Pengantar
Detik

Selanjutnya masuk pada isi surat lamaran kerja. Dimulai dengan salam pembuka lalu masuk pada kata pengantar atau pembukaan.  Dalam kata pengantar dan pembukaan, jangan lupa untuk mencantumkan dari mana Sedulur mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang Sedulur lamar. Sebutkan juga posisi yang Sedulur inginkan. Hal ini sangat penting.

5. Biodata pribadi

5. Biodata Pribadi
Kumparan

Dalam setiap contoh surat lamaran kerja, biodata pribadi adalah hal yang sangat penting. Melalui biodata pribadi ini, perusahaan bisa mengetahui Sedulur. Cantumkan lama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor handphone, alamat email, dan pendidikan terakhir. Agar lebih meyakinkan, Sedulur bisa menyertai gelar akademik yang Sedulur miliki.

6. Pengalaman kerja dan kemampuan diri

6. Pengalaman Kerja dan Kemampuan Diri
Pulung

Bagian ini merupakan bagian penting yang akan meyakinkan setiap perusahaan, yaitu pengalaman kerja dan kemampuan diri Sedulur itu sendiri. Dalam setiap lamaran kerja, pada bagian ini banyak yang menyampaikan pengalaman dan kemampuan diri dengan sangat baik agar meyakinkan perusahaan. Sedulur juga wajib melakukan hal tersebut.

7. Penutup

7. Penutup
Suara

Bagian terakhir adalah penutup, gunakan bahasa yang sopan dan halus serta sampaikan bahwa Sedulur benar-benar berharap untuk bekerja di perusahaan yang dituju dan sampaikan secara yakin bahwa dengan adanya Sedulur di perusahaan tersebut dapat memberikan perubahan untuk perusahaan itu sendiri. Akhir surat dengan tanda tangan berikut nama lengkap Sedulur.

8. Lampiran

8. Lampiran
Wowheboh

Ini juga bagian penting, dalam setiap contoh surat lamaran kerja pasti dilampirkan pas foto, KTP, CV atau daftar riwayat hidup, ijazah terakhir dan juga sertifikat kompetensi yang dimiliki. Tujuannya untuk semakin meyakinkan perusahaan agar dapat mempekerjakan Sedulur.

Setelah mengetahui daftar langkah membuat surat lamar kerja, tentu Sedulur ingin mengetahui bagaimana contoh surat untuk melamar kerja? Berikut ini terdapat beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa Sedulur gunakan.

BACA JUGA: Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Sambil Mengurus Rumah Tangga

Tips ampuh membuat surat lamaran kerja

Mamikos

Berikut ini beberapa tips yang bisa jadi perhatian Sedulur saat hendak membuat surat lamaran kerja. Tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Jangan tulis ulang informasi yang ada di CV

Tips pertama adalah membuat surat lamaran yang padat dan to the point. Jangan sekali-kali Sedulur mengulang informasi yang sudah ditulis lengkap di CV. Karenanya, jika isi CV dan surat lamaran sama persis, tidak ada gunanya

2. Perhatikan paragraf pembuka dan penutup

Selain tentang isi surat lamaran kerja yang pantang sama persis dengan isi CV, Sedulur juga harus memperhatikan paragraf pertama (pembuka) dan terakhir (penutup) pada surat lamaran kerja yang ditulis.

Salah satu tips cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah dengan memastikan paragraf pembuka yang ditulis tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok bahasan.

3. Tulis tentang perusahaan yang dilamar

Surat lamaran pekerjaan tentunya ditujukan bagi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan yang dilamar. Karenanya, sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, lakukan dulu beberapa penelitian terkait perusahaan yang lowongannya akan kalian lamar.

Di awal surat, selipkan beberapa kalimat tentang apa yang kalian ketahui soal perusahaan tersebut. Pihak perusahaan tentu saja akan senang jika ada pelamar yang mengetahui banyak hal tentang mereka.

4. Jangan tulis semua pengalaman dan skill

Surat lamaran kerja harus dibuat dengan singkat dan jelas. Karenanya, salah satu cara membuat surat lamaran kerja  yang disukai HRD adalah dengan tidak bertele-tele, termasuk dalam menuliskan skill dan pengalaman.

Ingat jika semua kemampuan dan keterampilan yang Sedulur miliki sudah tertulis di CV atau riwayat hidup. CV pasti juga ikut dikirimkan bersamaan dengan surat lamaran kerja karena CV merupakan salah satu lampiran penting.

5. Tunjukkan rasa antusias

Jika sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan, sudah bisa dipastikan jika ada harapan tinggi dari perusahaan, termasuk dari staff HRD, untuk mendapatkan calon-calon karyawan yang antusias dengan pekerjaan yang mereka tawarkan.

6. Tambahkan tanda tangan

Staff HRD biasanya memiliki background pendidikan dari bidang psikologi. Mereka bisa menilai kepribadian seseorang dengan banyak cara. Selain dengan membaca tulisan tangan (inlah mengapa banyak perusahaan bonafit yang mewajibkan surat lamaran kerja ditulis tangan), staff HRD biasanya juga menggunakan tanda tangan sebagai cara membaca kepribadian seseorang.

7. Buat surat dengan rapi

Terakhir adalah dengan membuat surat serapi mungkin. Ingat, meski isi surat lamaran kerja sangat menarik, namun jika surat lamaran kerja yang dikirimkan terlihat kotor, lusuh, penuh dengan coretan typo atau bekas tipe-X, maka nilai lamaran kalian akan berkurang.

Namun masalah ini sudah dapat diatasi dengan kecanggihan penulisan melalui laptop atau PC dan akan terhindar dari typo.

Daftar contoh surat lamaran kerja

Setelah mengetahui bagaimana langkah membuat lamaran kerja yang baik serta beberapa tips yang perlu diperhatikan, agar pemahaman Sedulur lebih matang lagi terkait membuat lamaran kerja Sedulur perlu melihat beberapa contohnya.

Berikut ini terdapat beberapa contoh yang bisa jadi rujukan Sedulur. Yuk, mari langsung saja kita simak daftar contohnya di bawah ini!

1. Contoh surat melamar kerja bagi yang berpengalaman

Contoh Surat Melamar Kerja Bagi yang Berpengalaman
Dream Begins

Bagi Sedulur yang telah berpengalaman mungkin sudah sangat biasa dalam membuat surat lamaran, terlebih biasanya perusahaan yang mencari Sedulur dan meminta untuk bekerja. Bukan Sedulur yang mencari pekerjaan. Biasanya surat lamaran lebih kepada sebagai formalitas yang harus dilalui saja. Sedulur bisa melihat contoh surat pada gambar di atas.

2. Contoh surat lamaran bagi fresh graduate

Contoh Surat Kerja Bagi Fresh Graduate
Dream Begins

Setiap orang yang baru lulus sangat minim pengalaman, maka dari itu panduan untuk membuat surat lamaran untuk kerja sangat penting. Sebenarnya tidak banyak yang berbeda dengan contoh lain, Sedulur bisa mengikutinya dengan melihat langkah di atas.

3. Contoh surat lamaran magang

Contoh Surat Lamaran Magang
Contoh Surat

Berbeda dengan yang mencari kerja, biasanya magang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman dan salah satu syarat untuk lulus perkuliahan atau sekolah. Sedulur bisa melihat contohnya di atas. Perbedaan terletak pada tujuan dan perihal surat, yaitu untuk magang bukan untuk bekerja.

4. Contoh surat lamaran BUMN

Contoh Surat

Contoh surat lamaran selanjutnya bisa Sedulur perhatikan bagi Sedulur yang melamar ke BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Dari contoh di atas, mungkin Sedulur melihat bahwa surat lamaran sangat kaku dan formal, namun umumnya surat kerja untuk kantor pemerintahan memang demikian adanya.

5. Contoh surat lamaran CPNS

contoh surat lamaran kerja
Berita99

Sedulur juga tahu sendiri bahwa pekerjaan sebagai PNS merupakan pekerjaan yang masih jadi primadona di Indonesia ini. Selain kesejahteraan terjamin, banyak fasilitas yang ditanggung. Bukan hanya itu, menjadi PNS juga menawarkan karir menjanjikan sehingga masa depan cerah dapat terjamin.

7. Contoh surat lamaran kerja guru

Berita99

Terdapat juga contoh surat lamaran kerja bagi Sedulur yang berprofesi guru. Contoh di atas bisa jadi patokah Sedulur dalam membuat surat lamaran pekerjaan dan mengajukannya kepada setiap sekolah yang menjadi incaran Sedulur.

7. Contoh surat lamaran kerja di toko

contoh surat lamaran kerja
Scribd

Bagi Sedulur yang ingin bekerja di sebuah toko, contoh di atas merupakan contoh surat lamaran kerja yang bisa jadi contoh dan referensi Sedulur. Secara umum, contoh surat lamaran di atas tidak jauh berbeda dengan contoh-contoh surat lamaran lainnya.

8. Contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris

Scribd

Terakhir adalah contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Contoh di atas bisa membantu Sedulur, terutama bagi Sedulur yang hendak melamar kerja di perusahaan asing atau bekerja langsung di luar negeri. Contoh di atas bisa jadi patokan Sedulur.

Nah itulah tadi contoh surat lamaran kerja disertai dengan langkah membuatnya dan tips yang perlu diperhatikan. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur untuk membuat surat lamaran kerja yang tepat dan sesuai sehingga Sedulur bisa cepat mendapatkan kerja.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.