contoh cv copywriter

Copywriter merupakan salah satu pekerjaan yang dibutuhkan, terutama untuk kebutuhan perusahaan dalam mengiklankan dan memasarkan produk-produk yang dimiliki. Bagi Sedulur yang tertarik berkarir sebagai copywriter, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas contoh CV copywiter yang baik untuk dijadikan referensi.

Dengan mengetahui beberapa contoh CV copywriter, Sedulur bisa mengetahui apa saja bagian penting yang harus ada serta seperti apa CV yang dapat menarik perhatian rekruter. Yuk, mari kita langsung saja simak penjelasan terkait contoh CV copywriter yang dimaksud seperti apa!

BACA JUGA: Cara & Tips Membuat CV ATS-Friendly Agar Lolos Screening

Cara membuat CV Copywriter

iStock

Sebelum kita membahas terkait contoh CV copywriter agar bisa sebagai referensi Sedulur, tentu Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa cara membuat CV copywriter agar Sedulur tidak kebingungan saat membuat CV sendiri. Berikut ini beberapa tahapan yang bisa Sedulu lakukan dalam membuat CV copywriter, yaitu:

-->

1. Susun struktur CV dengan rapi

Cara membuat CV pertama yang penting untuk diperhatikan yaitu harus menyusun struktur CV dengan rapi. CV yang baik adalah CV yang menyertakan informasi dengan singkat, padat, dan jelas sehingga tidak membingungkan pembaca.

Oleh karena itu, pada saat Sedulur ingin membuat CV untuk melamar sebagai Copywriter, pastikan bahwa struktur dari CV tersebut dapat mudah dimengerti. Secara umum, struktur penulisan CV dari bagian atas hingga bawah adalah:

  • Nama lengkap dan kontak pribadi
  • Biodata diri
  • Pengalaman bekerja
  • Latar belakang pendidikan
  • Skills yang dimiliki

Jika menyertakan semua informasi-informasi ini dengan lengkap, kamu akan memiliki kemungkinan yang tinggi untuk dilamar. 

2. Sertakan link ke porofolio

Jangan lupa juga untuk menyertakan protofolio menulis yang Sedulur miliki. Terlebih lagi, sebagai karier di bidang kreatif, portofolio adalah dokumen utama yang dapat menunjukkan bahwa Sedulur memiliki bukti pengalaman mengerjakan suatu karya atau proyek.

Jika memiliki web portofolio, kamu dapat mencantumkan link website portofolio tersebut di bawah biodata dan nomor kontak. Jika Sedulur belum memiliki portofolio dalam bentuk website, Sedulur dapat menyertakan portofolio dalam bentuk file bersamaan dengan CV copywriter pada saat mengirim lamaran.

3. Tuliskan pencapaian yang telah diraih

Jangan lupa untuk menuliskan pencapaian yang telah Sedulur raih. Karena pekerjaan menjadi Copywriter memiliki banyak peminat, tentu akan banyak saingan Sedulur miliki. Capaian-capaian yang telah Sedulur dapatkan bisa dimasukkan dalam CV untuk memperkuat nilai CV Sedulur itu sendiri.

Penting untuk membuat CV dibuat sebaik mungkin dan dibuat semenonjol mungkin. Salah satu cara untuk dapat membuat CV lebih menonjol adalah menjelaskan pencapaian yang Sedulur raih pada pengalamansebelumnya. Sebagai contoh, Sedulur dapat menulis kalimat seperti:

  • Membantu menaikkan click rate newsletter dengan copy call-to-action yang menarik. (Increase newsletter’s click rate by using persuasive call-to-act copy)
  • Menaikkan engagement dan jumlah follower social media dengan caption yang menarik. (Improve company’s social media engagement and follower using persuasive captions)

Selain menuliskan kalimat di ata dan dimasukkan ke dalam CV, Sedulur juga bisa menyertakan buktinya di dalam CV agar semakin meningkatkan CV Sedulur dan semakin menonjol. Sedulur bisa menggunakan laporan statistik terkait poin nomor satu.

Untuk poin nomor dua di atas pun sama demikian, namun bisa dilengkapi dengan jumlah follower sebelum Sedulur masuk dengan jumlah terkini setelah Sedulur masuk. Dengan begitu CV Sedulur bukan hanya semakin menonjol namun juga memiliki nilai yang lebih.

4. Tuliskan kemampuan yang dikuasai

Penting untuk menuliskan kemampuan yang Sedulur kuasai, bisa berkaitan dengan copywiriting atau juga kemampuan penunjang lainnya. Adapun kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang copywriter sendiri yaitu sebagai berikut:

  • Copywriting
  • Search engine optimization (SEO)
  • CTA writing
  • Editing
  • Digital marketing
  • Google Ads

Skill-skill di atas adalah hard skill yang secara umum dibutuhkan seorang copywriter yang andal dan profesional. Juga untuk pekerjaan lain yang berkaitan dengan digital marketing. Meski begitu, seorang copywriter juga harus memiliki soft skill.

Soft skill akan sangat membantu pekerjaan copywriter dan membuat pekerjaan Sedulur bisa semakin baik lagi. Adapun soft skill yang dibutuhkan seperti time management, attention to detail, dan komunikasi verbal dan nonverbal yang kuat.

BACA JUGA: Contoh CV Lulusan SMK Lengkap Dengan Cara Membuatnya

Tips membuat CV Copywriter

iStock

Setelah mengetahui cara menyusunnya di atas, tentu Sedulur harus mengetahui tips membuat CV agar Sedulur dapat membuat CV yang baik tanpa ada kekurangan sama sekali. Ada beberapa hal yang bisa Sedulur perhatikan dalam membuat tampilah CV, yaitu sebagai berikut:

Pertama, Sedulur harus memperhatikan tampilan dari CV. Sedulur tidak disarankan untuk menggunakan desain yang rumit sehingga tidak nyaman di mata pembaca. Selain itu, cek juga isi dari CV dari atas hingga bawah.

Jangan sampai ada misinformasi dan kesalahan pada penulisan yang dapat membuat Sedulur dianggap ceroboh oleh rekruter. Terakhir, perhatikan juga apakah ada perusahaan tersebut menggunakan mesin ATS dalam menyortir lamaran yang masuk.

Biasanya, perusahaan yang menerima lamaran dalam jumlah banyak setiap hari akan menggunakan ATS untuk melihat apakah seorang job seeker memenuhi kualifikasi pada suatu lowongan kerja. Oleh karena itu, Sedulur  juga dapat menyiapkan sebuah CV ATS-friendly supaya lamaran dapat terlihat oleh mesin ATS.

Contoh CV Copywriter

Nah kali ini kita akan masuk ke dalam pembahasan utama yaitu terkait contoh CV copywriter yang bisa jadi referensi atau contoh Sedulur saat membuat CV. Terdapat beberapa rekomendasi CV yang dimaksud, Berikut ini contoh-contoh CV yang dimaksud:

1. CV Copywriter bahasa Indonesia

Contoh CV copywriter yang pertama yaitu contoh CV dalam bahasa Indonesia. Contoh CV di bawah ini bisa jadi referensi Sedulur:

contoh cv copywriter
Glints

2. CV Copywriter bahasa Inggris

Selanjutnya yaitu contoh CV copywriter bahasa Inggris. Tidak sedikit rekruter atau perusahaan meminta pelamar membuat CV dalam bahasa Inggris. Nah, bagi Sedulur yang mengalami kondisi tersebut, Sedulur bisa melihat CV di bawah ini sebagai referensi, yaitu:

contoh cv copywriter
Glints

BACA JUGA: Cara Menulis Hobi di CV Beserta Contoh dan Pertimbangannya

3. CV Copywriter ATS-Friendly

Berikut ini adalah contoh CV copywriter ATS-Friendly yang bisa jadi referensi Sedulur. Berikut contohnya bisa Sedulur lihat dalam gambar di bawah ini:

contoh CV Copywriter
Kickresume

Nah itulah contoh CV copywriter yang bisa jadi referensi Sedulur. Ditambah lagi dengan kenjelasan terkait bagaimana cara membuat dan menyusun CV disertai dengan tipsnya diharapkan bisa semakin mempermudah Sedulur untuk membuat CV, ya!