Pada era yang serba digital ini, cari lowongan kerja terbaru cukup mudah untuk dilakukan. Ditambah, ada berbagai situs dan aplikasi khusus yang bisa diakses masyarakat secara mudah dengan berbagai informasi tambahan yang rinci. 

Informasi tambahan tersebut bisa digunakan untuk mempermudah seseorang dalam mencari pekerjaan, karena bisa mengetahui lokasi, syarat, serta rentang gaji yang akan didapatkan. Tentu saja, ada berbagai tipe pekerjaan yang diinformasikan pada situs-situs tersebut. Jadi, para pencari kerja bisa menemukan pekerjaan yang sesuai seperti part time, freelance, kontrak, ataupun full time. 

Nah, bagi Sedulur yang sedang berstatus fresh graduated atau sedang menganggur, maka berikut ini adalah 6 cara mudah dalam mencari pekerjaan yang bisa digunakan. Simak, ya!

BACA JUGA: Struktur Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar Serta Contohnya

-->

1. Menggunakan sosial media

cari lowongan kerja
unsplash

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mencari lowongan kerja hari ini adalah dengan memanfaatkan sosial media yang Sedulur miliki. Berhasil atau tidaknya cara ini ditentukan oleh diri sendiri, apakah memiliki niat untuk mencarinya atau tidak. Sosial media sendiri sudah sangat dikenal oleh masyarakat umum. Selain melalui website atau aplikasi, biasanya para perusahaan atau instansi membuka loker melalui sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Caranya adalah dengan mengikuti akun-akun berisi loker atau komunitas dan grup loker di Facebook. Untuk Instagram, Sedulur bisa menggunakan fiturnya yaitu hashtag. Ketik hashtag yang diinginkan sesuai kebutuhan, misalnya #lowkerjogja2022 atau #lowkersurabayaterbaru. Maka, akan muncul beberapa postingan yang terkait dengan hashtag.

Namun, pastikan untuk jangan mudah tergiur dengan gaji yang ditawarkan, ya. Apalagi jika gajinya cenderung besar dengan job desk yang terbilang sepele. Bisa jadi, itu merupakan sebuah bentuk penipuan. Cari tahu dulu perusahaan yang akan dilamar melalui mesin pencari seperti Google. Temukan alamat serta profil dari perusahaan terkait agar Sedulur lebih yakin dan percaya.

2. Melalui situs pencarian

cari lowongan kerja
unsplash

Situs pencarian seperti Google atau Yahoo bisa dimanfaatkan untuk mencari lowongan kerja terdekat. Caranya cukup mudah untuk dipraktikkan, yaitu dengan mengetikkan kata kunci yang spesifik pada halaman utama Google. Setelah menunggu beberapa saat, mesin pencari akan memunculkan beberapa rekomendasi website yang berkaitan dengan apa yang Sedulur cari. Kemudian, pilih mana saja yang sesuai dengan kemampuan dan hubungi serta kirimkan file yang terkait dan dibutuhkan ke alamat email atau alamat yang tertera pada iklan tersebut.

3. Menggunakan aplikasi lowongan kerja

cari lowongan kerja
unsplash

Apabila cara sebelumnya sudah Sedulur lakukan namun belum memiliki hasil, coba saja mengunduh beberapa aplikasi terkait yang terpercaya. Umumnya, aplikasi tersebut bisa didapatkan melalui ponsel pintar agar mempermudah para job seekers. 

Dengan melalui aplikasi, maka kelebihannya adalah sudah dilengkapi dengan alamat, kualifikasi, serta gaji yang ditawarkan. Selain itu, terdapat pula tombol yang berguna untuk mengirimkan lamaran melalui aplikasi. Cara penggunaan aplikasi adalah dengan mengetikkan pada kolom pencarian sesuai kebutuhan Sedulur.

Misalnya adalah “cari lowongan kerja lulusan smp”, maka akan muncul beberapa loker yang berkaitan dengan keyword tersebut. Pada beberapa aplikasi, terdapat pula kelebihan lainnya seperti pilihan yang lebih beragam, mulai dari loker freelance, part time, maupun full time. 

BACA JUGA: Tips & Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Benar, Yuk Pelajari!

4. Melalui situs penyedia lowongan kerja

inews

Ada berbagai macam situs yang bisa digunakan para job seekers untuk mencari pekerjaan. Berikut adalah rangkuman beberapa situs yang paling banyak diakses untuk Sedulur:

Jobstreet.com

Situs ini dikembangkan di Malaysia sebagai media komunikasi antara pencari dan penyedia lapangan pekerjaan. Situs ini bisa diakses di Malaysia, Filipina, Vietnam, Indonesia, dan Singapura. Jobstreet didirikan pada tahun 1997 dan memiliki kurang lebih 80 ribu perusahaan yang sudah tergabung serta 11 juta job seekers yang telah mendaftar.  

Untuk para job seekers, cara untuk bergabung di situs ini cukup mudah. Setelah masuk ke dalam situsnya, daftar atau masuk dan lengkapi berbagai informasi yang terkait. Kemudian, perbarui profil dan data diri agar perusahaan yang dituju dapat tertarik. 

Apabila beruntung, maka akan dihubungi langsung oleh perusahaan terkait melalui nomor telepon atau alamat email yang tercantum dalam informasi diri. Jobstreet memberikan kemudahan akses bagi para penggunanya agar bisa memantau prosesnya, mulai dari surat sudah diterima, panggilan wawancara, sampai berbagai proses yang lainnya. 

Jika lamaran yang telah dibuat dilihat oleh perusahaan, maka pengguna akan diberitahukan melalui sebuah notifikasi yang dikirimkan melalui email atau dalam akun pribadi Jobstreet. Begitu pun dengan wawancara dan proses lainnya. Perusahaan terkait bisa dengan mudah menghubungi secara langsung melalui kontak pribadi yang ada dalam informasi diri.

Glints

Situs selanjutnya adalah Glints yang berasal dari Singapura. Portal ini menjadi salah satu yang populer dan menjadi rekomendasi bagi pengguna yang baru lulus ataupun para profesional yang ingin mengembangkan kariernya. 

Tampilan halaman utamanya disajikan dengan sangat menarik dan cocok untuk kaum milenial. Selain itu, Glints juga menyediakan berbagai informasi mengenai magang yang bisa dipilih. Terdapat pula fitur rekomendasi pengembangan karier dan konsultasi yang bisa diakses melalui live chat dan dilengkapi dengan pelatihan keahlian khusus yang bisa membuat penggunanya memiliki upgraded skills.

Karena adanya berbagai fitur yang ditawarkan, ini membuat Glints cocok sebagai situs pencari lowongan kerja online untuk pelajar maupun mahasiswa karena terdapat fitur magang. Ada pula empat kategori pekerjaan yang bisa memudahkan pengguna, seperti freelance, part time, full time, ataupun remote. Tak sampai situ saja, ada berbagai informasi mengenai perusahaan top yang sedang aktif dalam perekrutan karyawan.

Linkedin

Dibandingkan dengan yang lainnya, LinkedIn merupakan situs yang memiliki format layaknya media sosial yang dikemas dalam wajah profesional. Dengan keunikannya ini, LinkedIn berhasil menjadi jaringan profesional terbesar di dunia dengan pengguna lebih dari 690 juta pada lebih dari 200 negara.

Para perekrut mudah untuk memantau jaringan profesional dan memantau koneksinya melalui situs ini. Tak hanya itu, ada pula fitur rekomendasi yang bisa diisi oleh orang lain mengenai keahlian apa saja yang ada dalam diri pelamar. Tentunya, akan menjadi sebuah nilai tambah bagi perusahaan yang berkaitan.

Pengguna juga bisa mengetahui berbagai iklan loker dengan cara mengetikkan keyword tertentu pada kolom pencarian seperti “lowongan kerja online dari rumah”. Platform ini sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik pelamar dan perekrut, karena keduanya bisa dengan mudah memantau perkembangan perusahaan atau pelamar melalui Linkedin. 

5. Melalui grup WhatsApp

pexels

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan layanan bertukar pesan dan panggilan dengan sederhana. Ternyata, mencari pekerjaan juga bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi chat ini, lho. Caranya adalah bergabung dengan grup job seekers yang gemar memberikan informasi mengenai iklan-iklan terkait seperti cari lowongan kerja pulang sore. Namun, Sedulur harus tetap berhati-hati serta harus memilah informasi dengan benar, ya. 

BACA JUGA: 25 Rumus Excel Paling Sering Dipakai di Dunia Kerja, Harus Tau

6. Buat situs pribadi yang berisi profilmu

unsplash

Cara yang terakhir adalah dengan membuat situs pribadi yang memuat data lengkap mengenai diri sendiri, termasuk apa saja yang bisa dikerjakan, besaran gaji yang diinginkan, dan pengalaman pekerjaan sebelumnya. Bisa juga ditambahkan dengan informasi lainnya seperti kondisi pekerjaan yang bisa diterima, apakah itu full time, part time, atau freelance. Sebelum membuatnya, pastikan data yang dimasukkan tidak membuat privasi menjadi terganggu, ya.

Demikian 5+ cara mudah dalam mencari lowongan kerja secara online yang bisa Sedulur ikuti. Sekarang, Sedulur tidak perlu lagi ribet berburu loker dengan cara konvensional yang tentunya melelahkan karena menguras tenaga, ya. Semoga berhasil!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.