cara menjadi youtuber

Bagi Sedulur yang tertarik menjadi seorang Youtuber, terutama bagi seorang pemula, tentu Sedulur harus mengetahui trik jitu cara jadi Youtuber. Karena saat ini, Youtube menjadi salah satu platform media yang menarik dan menjadi rujukan banyak orang.

Tentu hal ini bisa jadi cara bagi Sedulur, selain untuk mendapatkan penghasilan, juga untuk mengembangkan kemampuan di bidang broadcasting dan digital. Nah, lantas apa saja trik dan tips cara jadi Youtuber yang sukses? Yuk mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Ide Konten Youtube Mudah & Menarik, Cocok untuk Pemula!

Cara Jadi Youtuber yang Sukses

Terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan sebagai cara jadi youtuber yang sukses. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan, yaitu:

1. Pilih kategori konten

Hypop

Cara menjadi YouTuber yang pertama adalah seseorang harus menentukan jenis konten dan nama channelnya. Hal ini perlu dilakukan agar Sedulur punya rencana yang jelas dan tidak menyimpang dari jenis konten yang sudah direncanakan.

Poin kedua, kategori ini berhubungan dengan jumlah likes, komentar, dan bagikan (share) yang Sedulur miliki. Semakin banyak didapatkan, maka Sedulur dapat disebut sebagai YouTuber dengan engagement tinggi.

Poin ketiga adalah, monetisasi. Hal ini salah satu syarat cara menjadi YouTuber yang dapat menghasilkan uang. Tentu saja jumlah penghasilan setiap YouTuber akan berbeda-beda, tergantung pada kualitas video, jumlah penonton atau viewers, dan aspek lain yang menjadi pertimbangannya

2. Buat target

Seorang YouTuber pemula wajib memiliki target yang harus ditentukan. Baik jumlah viewer, comment, likes, dan subscriber. Hal ini perlu supaya mengetahui seberapa besar kemajuan channel dari hari ke hari.

Oia, satu hal yang juga tidak boleh dilewatkan seorang YouTuber pemula yaitu jumlah konten. Sedulur harus memiliki patokan yang jelas mengenai berapa konten yang harus dibuat dan diunggah di kanal YouTube Sedulur.

3. Tentukan niche sesuai dengan kemampuanmu

Pemilihan topik atau niche bagi YouTuber pemula wajib dilakukan. Pastikan Sedulur memiliki topik yang Sedulur kuasai. Hal ini akan mempermudah Sedulur dalam menyampaikan informasi.

Banyak sekali topik yang dapat dijadikan konten untuk YouTube, seperti musik, gim, fashion, kuliner dan masih banyak lagi. Apabila masih bingung, menentukan konten untuk kanal Youtube, Sedulur bisa mencari sumber referensi di media sosial atau mencoba mencari tahu apa yang menjadi hobi Sedulur.

4. Bangun karakter

Membangun karakter salah satu langkah penting cara menjadi YouTuber pemula. Ciri khas yang dapat Sedulur tonjolkan, antara lain intonasi bicara, tagline menarik, atau penampilan yang unik. Bangunlah karakter yang sesuai dengan jati diri Sedulur.

Selain itu, bangunlah image channel  Sedulur dengan baik supaya subscriber terkesan dengan konten-konten yang Sedulur buat.

5. Buat konten yang menarik

Satu hal lagi cara menjadi YouTuber pemula adalah kreativitas dalam membuat video. Seorang YouTuber harus memiliki memiliki ide-ide cemerlang dalam membuat konten. Selain itu, asah selalu kemampuan editing video, seperti cutting atau mengkomparasikan dengan suara dan animasi yang memukau agar konten Sedulur semakin berkualitas dan disukai oleh penonton.

6. Promosi

Mulberry

Bagi Sedulur seorang YouTuber pemula, promosi harus dilakukan. Maksud promosi ini adalah Sedulur harus mempromosikan channel ke banyak orang. Sedulur juga bisa mempromosikan ke sosial media agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

7. Konsistensi

Cara menjadi YouTuber pemula selanjutnya adalah masalah konsistensi. Banyak sekali YouTuber pemula yang masih sering tidak tepat waktu dalam membuat konten atau bisa dibilang tidak konsisten. Ini bisa berpengaruh terhadap jumlah subscriber dan permasalahan lainnya.

Dan tidak hanya itu, engagement juga bisa mengalami penurunan. Bila Sedulur tidak ingin hal tersebut terjadi, Sedulur harus bisa mematok target, berapa konten yang harus dibuat perhari dan berapa konten yang harus di upload ke channel Sedulur. 

8. Aktif menanggapi audience

Menjadi YouTuber pemula, tidak boleh mengabaikan setiap komentar-komentar atau interaksi dengan audience yang masuk ke channel youtube Sedulur. Sedulur harus aktif menanggapi setiap komentar-komentar yang masuk dari subscriber atau para penonton.

Selain itu, perlu membangun koneksi dengan sesama kreator lainnya. Kalau perlu, ajak mereka untuk membuat video kolaborasi. Biasanya, Sedulur juga akan menemukan feedback, baik positif maupun negatif, lewat kolom komentar tersebut. Jadikan ini sebagai masukan yang baik untuk konten berikutnya.

9. Belajar optimasi Youtube dengan SEO

Youtuber pemula wajib belajar mengenai optimasi Youtube dengan SEO. Ya, Search Engine Optimization atau SEO adalah salah satu cara agar konten-kontenmu bisa dijangkau oleh banyak orang. Agar konten yang telah dibuat dapat berkembang, para content creator video di YouTube juga mesti lihai dalam mengoperasikan beberapa tools dalam YouTube.

Misalnya, mengerti soal apa itu impression, mengenai views, watchtime, dan analisis data lainnya yang bisa menguntungkan akun YouTube kita.  Optimasi YouTube ini juga termasuk belajar SEO buat YouTube, yaitu cara agar video kita bakal tampil di halaman pertama YouTube ketika seseorang mencari dengan keyword atau kata kunci tertentu.

10. Lengkapi channel YouTube

Hal yang sepele namun penting, yaitu cara untuk menjadi YouTuber yang sukses selanjutnya adalah dengan melengkapi channel YouTube. Misalnya, memasang foto profil, mengisi kolom deskripsi, serta menggunakan banner yang sesuai dengan topik.

Jangan lupa juga tentukan gaya visual channelmu, hal ini untuk menunjukan konsistensi Sedulur dalam membuat konten video.

11. Promosikan akun Youtube di medsos

OFFEO

Bukan hanya untuk mempromosikan bisnis, mempromosikan video juga bisa Sedulur lakukan melalui media sosial. Salah satu cara menjadi YouTuber agar cepat mendapatkan kesuksesan adalah dengan sering melakukan promo.

Sedulur harus sering mempromosikan video Sedulur. Jika perlu, setelah video Sedulur selesai upload, Sedulur bisa langsung mempromosikannya ke medsos, terutama Instagram dan Facebook. Dengan begitu, video Sedulur akan cepat mendapatkan viewers dan YouTube Sedulur akan cepat berkembang.

12. Buat jadwal konten yang konsisten

Cara untuk menjadi YouTuber berikutnya, yakni pastikan Sedulur telah membuat jadwal konten yang konsisten. Dengan begitu, Sedulur dapat membuat dan mempublikasikan konten di channel YouTube secara rutin.

Jadwal juga akan membantu Sedulur tetap berada dalam timeline yang telah ditentukan. Jadi, audiens yang menikmati konten Sedulur bisa selalu mendapatkan konten baru secara berkala. Bagi Sedulur yang baru memulai, bisa coba untuk membuat jadwal mingguan. Lalu, meningkatkan intensitasnya menjadi setiap beberapa hari sekali.

Jangan lupa untuk memberitahukan para audiens channel YouTube Sedulur. Misalnya dengan membuat deskripsi video yang berisi jadwal upload konten Sedulur.

13. Coba analisis pesaing

Dalam mengelola channel YouTube, Sedulur juga perlu melakukan analisis kompetitor. Jadi, cobalah cari YouTuber yang memiliki target pasar atau konten video sama dengan Sedulur. Kemudian, pelajari teknik mereka dalam membuat video. Barangkali, ada pelajaran yang bisa Sedulur ambil dan dijadikan sebagai inspirasi.

Coba juga teknik-teknik lain yang belum pernah dilakukan oleh kompetitor Sedulur sebelumnya. Dengan begitu, channel YouTube Sedulur akan terlihat lebih unggul daripada pesaing.

14. Tambahkan CTA dalam setiap video

Untuk dapat membuat audiens terus menonton video Sedulur, cobalah untuk menambahkan tombol ajakan bertindak (Call-to-Action) dalam setiap video yang dibuat. Sedulur bisa membuat tombol ajakan bertindak ini dan menambahkannya pada bagian deskripsi video.

Misalnya dengan mencantumkan link situs web sumber konten Sedulur sehingga audiens bisa mempelajarinya lebih lanjut. Bisa juga dengan mencantumkan link yang berisi playlist video YouTube Sedulur. Jadi, audiens bisa menyaksikan lebih banyak video dalam channel Sedulur.

15. Edit video dengan profesional

Cara untuk menjadi YouTuber selanjutnya, yaitu pastikan kualitas pengeditan video di channel Sedulur berkualitas baik. Untuk dapat mengedit video YouTube secara profesional, Sedulur bisa memanfaatkan banyak aplikasi atau platform khusus pengeditan video.

Bila memungkinkan, coba pekerjakan editor profesional untuk membantu Sedulur dalam mengedit video-video yang akan diunggah ke channel YouTube.

 BACA JUGA: Penasaran Gaji Youtuber? Begini Cara Hitungnya, Bikin Melongo!

Cara Membuat Channel Youtube dari PC

ide konten youtube
PC Mag

Selain pembahasan di atas terkait cara jadi Youtuber yang sukses, Sedulur juga harus tahu cara membuat channel Youtube.

Pertama yaitu dengan mengetahui seperti apa cara membuat channel Youtube dari PC. Untuk melakukan ini, hal yang paling pertama yang harus Sedulur lakukan yaitu dengan membuat akun Google terlebih dahulu.

Selanjutnya, cara lengkapnya adalah sebagai berikut ini:

  • Buka situs https://www.youtube.com/ di browser.
  • klik Login di pojok sebelah kanan dan masuk dengan akun Google.
  • Setelah masuk dengan akun Google, pada pojok kanan atas, klik akunmu.
  • Pilih opsi Buat Channel atau Create Channel.
  • Setelah itu akan muncul pop-up untuk memilih nama channel sesuai akun Google atau membuatnya sendiri secara kustom. Pilih nama kustom agar Sedulur bisa menentukan nama Channel YouTube sendiri.
  • Setelah itu masukkan nama channel yang ingin Sedulur buat, centang syarat dan ketentuan, lalu klik buat.
  • Channel YouTube sudah berhasil dibuat.
  • Sedulur bisa mengganti foto profil, deskripsi channel, dan memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya.
  • Setelah semuanya selesai Sedulur bisa mulai mengunggah video kreatifmu.

Cara Membuat Channel Youtube dari Ponsel

Selain menggunakan PC, Sedulur juga bisa menggunakan ponsel dalam membuat channel Youtube. Nah berikut ini adalah langkah dan cara yang bisa Sedulur lakukan, yaitu:

  • Buka aplikasi YouTube pada ponselmu.
  • Jika menggunakan ponsel Android, biasanya akun Google sudah terintegrasi di aplikasi YouTube. Pilih ikon akun di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi Your Channel. Setelah itu akan muncul pop-up untuk mengisi nama channel. Isi nama channel sesuai keinginanmu.
  • Klik Create Channel.
  • Channel YouTube sudah berhasil dibuat. Ubah foto profil, deskripsi channel, dan Sedulur juga bisa memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya.

Cara Upload Video ke Youtube dari PC

Berikut ini cara jadi Youtuber yang paling penting yaitu bagaimana cara upload video sebagai cara untuk mengupload video di Youtube. Nah, berikut ini adalah cara yang bisa Sedulur lakukan:

  • Di bagian atas halaman, klik ikon Upload Video. Pilih Upload video.
  • Sebelum mulai mengupload video, Sedulur dapat memilih setelan privasi video. Pilih video yang ingin di upload dari komputer.
  • Sedulur juga dapat mengimpor video dari Google Foto.
  • Saat video di upload, Sedulur dapat mengedit informasi dasar dan setelan lanjutan untuk video tersebut, serta menentukan apakah ingin mengirimkan notifikasi kepada subscriber atau tidak. Jika Sedulur menghapus centang opsi ini, subscriber tidak akan mendapatkan notifikasi.
  • Sedulur dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter. Sedulur juga dapat menyesuaikan setelan Monetisasi.
  • Klik Publikasikan untuk menyelesaikan proses upload video publik ke YouTube. Jika Sedulur mengatur setelan privasi video ke Pribadi atau Tidak Publik, cukup klik Selesai untuk menyelesaikan upload, atau klik Bagikan untuk berbagi video secara pribadi.
  • Jika Sedulur belum mengklik Publikasikan, video tidak dapat dilihat orang lain. Sedulur dapat mempublikasikan video kapan saja di Pengelola Video.

Cara Upload Video ke Youtube dari Ponsel

Berikut ini adalah cara upload video ke Youtube yang bisa Sedulur lakukan dari ponsel. Adapun cara yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  • Tap ikon kamera di bagian atas halaman berSedulur dari halaman navigasi mana saja.
  • Rekam video baru atau pilih video yang ada untuk diupload.
  • Untuk merekam video baru: Tap ikon kamera video dan mulailah merekam. Untuk memilih video yang sudah ada: Gunakan galeri untuk memilih video.
  • Terapkan penyempurnaan opsional pada video tersebut, lalu tap Berikutnya.
  • Sesuaikan judul, deskripsi, dan setelan privasi video. Sedulur dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter.kemudian tap Upload.
  • Sedulur juga dapat mengubah jenis koneksi yang digunakan untuk mengupload video. Caranya adalah buka ikon akun. Tap Setelan> Umum> Upload.
  • Gunakan pengaturan ini untuk membatasi upload melalui Wi-Fi saja.
  • Terkadang Youtube akan mulai mengupload video saat Sedulur sedang merekam video tersebut. Namun YouTube tidak pernah mempublikasikan video tanpa persetujuan Sedulur.

Keuntungan yang Didapat Melalui YouTube

YouTuber bisa menambah pundi-pundi dengan cara menjalin kerja sama sendiri dengan perusahaan. Mereka memanfaatkan Google AdSense dengan menempelkan banner iklan di kanalnya. Terdapat dua cara mendapatkan uang dari iklan.

  •  Pertama, biaya per klik atau cost per click (CPC). Pengiklan akan membayar berdasarkan jumlah klik pada iklan. 
  • Kedua, biaya per tampil atau cost per view (CPV). Pengiklan membayar berdasarkan jumlah penayangan iklan. Pengiklan akan membayar jika iklan ditonton setidaknya 30 detik atau setelah dari durasi iklan.

Semua itu pun ada tahapan yang harus dilalui. Iklan akan datang ke YouTube jika pemili channel mengaktifkan opsi monetisasi. Iklan akan hadir di awal video, di tengah atau berbentuk pop up. Untuk mendapatkan ini, kanal YouTube harus memiliki paling sedikit 10 ribu view. Penghasilan dari iklan YouTube sekitar US$1,5 atau setara Rp 20.464 per 1.000 view.

Tidak bisa diketahui secara pasti,  berapa total pendapatan yang bisa didapat sebagai seorang YouTuber. Memang profesi menjadi YouTuber pemula bisa meraih pendapatan mencapai puluhan hingga ratusan juta. Meski demikian perlu usaha keras agar bisa meraih pendapatan tersebut.

Banyak sekali faktor yang berpengaruh bagi YouTuber bisa meraih pendapatan puluhan juta. Faktor tersebut antara lain, jumlah like, total viewers, interaksi dengan audience, jumlah subscriber, hingga harga iklan.

Pendapatan menjadi seorang YouTuber dihitung menggunakan cost per mille atau biaya per seribu tampilan. Pendapatan lainnya juga bisa berasal dari biaya per klik atau penghasilan yang diperoleh saat penonton klik iklan yang muncul pada kanal tersebut. Penghasilan lainya dapat berasal di luar YouTube. Misalnya, saat YouTuber  mendapatkan endorse atau bekerja sama dengan sebuah merek produk. 

BACA JUGA: Cara Picture in Picture Youtube di Berbagai Perangkat

Aplikasi Editing untuk Youtuber Pemula

Pinterest

Banyak sekali aplikasi editing yang bisa digunakan bagi YouTuber pemula. Baik itu yang sifatnnya gratis atau yang berbayar .Bagi Sedulur yang akan menjadi youtuber pemula, wajib memiliki aplikasi editing seperti yang akan dijelaskan oleh tim Super App berikut ini:

1. Adobe Premiere Pro

Adobe premiere pro adalah editing yang bisa dipakai bagi Sedulur yang akan terjun menjadi YouTuber pemula atau yang sudah profesional. Fitur-fitur yang diberikan pada aplikasi editing ini cukup lengkap, sehingga sangat layak buat Sedulur yang akan mengedit video.

2. Apple iMovie

Aplikasi selanjutnya adalah Apple i Movie Aplikasi ini tersedia gratis buat pengguna iPhone, iPad, Macbook, dan iMac. Dengan menggunakan aplikasi ini, edit video bisa kapan dan di mana saja, berkat fitur-fiturnya yang super lengkap. Ubah video yang tampak biasa saja dengan 14 template trailer, 8 tema unik dan 10 filter, bahkan menciptakan efek slo-mo yang keren.

3. Kinemaster

Aplikasi ini sangat dianjurkan sekali bagi seseorang yang belum tahu mengedit video dan ingin terjun menjadi YouTuber pemula. Keunggulan Kinemaster sebagai aplikasi edit video ini mudah dipakai oleh semua orang baik YouTuber pemula maupun profesional. Banyak fitur unggulan dalam aplikasi ini dan merupakan aplikasi yang banyak diunduh oleh YouTuber melalui smartphone.

BACA JUGA: Cara Download Youtube MP3 Mudah, Cepat dan Aman

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

fresh graduate kerja pegawai kantor
Student UK

Setelah Sedulur menerapkan beberapa cara jadi YouTuber, pastikan kerja kerasmu bisa menghasilkan banyak keuntungan. Bagi Sedulur yang ingin memonetisasi YouTube, bisa coba beberapa cara menghasilkan uang dari YouTube berikut ini:

1. Hubungkan dengan Google AdSense

Salah satu cara untuk menghasilkan uang dari YouTube, yaitu dengan menggunakan Google AdSense. Jadi, pastikan channel YouTube Sedulur telah terhubung dengan platform Google AdSense, ya. Pengiklan biasanya akan menggunakan Google AdSense untuk menawar ruang di video YouTube Sedulur berdasarkan faktor-faktor seperti jumlah pemirsa, konten video, dan kata kunci yang digunakan.

2. Buat konten video bersponsor

Cara lain yang bisa Sedulur lakukan untuk menghasilkan uang di YouTube, yakni dengan membuat dan menayangkan konten bersponsor. Bisa saja, Sedulur diajak kerja sama oleh brand yang sesuai dengan bidang atau minat dan target audiens channel YouTube-mu.

Dalam hal ini, Sedulur mungkin perlu mempromosikan produk atau layanan dari merek tertentu sehingga target audiens mengetahui brand tersebut dan tertarik untuk melakukan pembelian.

3. Buka toko online

Cara untuk menjadi YouTuber lainnya yang dapat Sedulur tempuh sehingga bisa menghasilkan banyak uang dari YouTube, yakni dengan membuka toko online. Dalam hal ini, Sedulur bisa mempromosikan toko online di YouTube sehingga produk atau layanan yang Sedulur tawarkan dapat menghasilkan lebih banyak penjualan.

Misalnya jika Sedulur menjual merchandise khusus audiens setia yang menonton konten video di YouTube. Buatlah konten berisi ulasan merchandise agar ada banyak audiens yang melakukan pembelian.

4. Live Streaming untuk mendapatkan donasi

YouTube sama seperti media sosial lain yang bisa digunakan content creator untuk melakukan live streaming. Namun di platform ini, Sedulur dapat menghasilkan uang secara langsung melalui fitur live streaming.

Selama live streaming, Sedulur bisa menggunakan Super Chat untuk menerima pembayaran langsung dari audiens. Ketika audiens melakukannya, komentar mereka di live streaming Sedulur akan tersorot dalam kolom live chat.

Nah itulah pembahasan lengkap tentang bagaimana cara jadi Youtuber yang sukses, terutama bagi Sedulur yang seorang pemula. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur, untuk dapat menjadi seorang Youtuber yang sukses, ya!