Sebagai karyawan yang bekerja di perusahaan atau sebuah instansi, peraturan masuk dan keluar kantor harus dipatuhi sesuai dengan jam yang ditentukan. Namun, terkadang seorang karyawan tidak dapat sepenuhnya memenuhi jam kerja karena kendala tertentu. Salah satunya karena masalah kesehatan atau sakit. Ketika masalah ini datang, maka Sedulur perlu mengetahui cara izin sakit ke atasan lewat WA atau WhatsApp karena bisa lebih efektif dan cepat.
Sayangnya, untuk melakukan cara izin sakit ke atasan lewat WA tidak boleh sembarangan dan harus memperhatikan tata bahasa agar tetap terlihat sopan. Cara ini mungkin akan bisa dan mudah diterapkan ketika Sedulur bekerja di perusahaan yang memiliki kultur kerja cukup santai dan fleksibel. Namun jika tidak, maka Sedulur tetap perlu mempersiapkan surat izin dokter ketika izin sakit lewat WA.
Lantas bagaimana cara izin yang sopan dan baik menggunakan WA? Simak ulasannya berikut ini.
BACA JUGA: Tips Melamar Kerja Melalui WhatsApp Beserta Contohnya!
Pentingnya Izin Kerja ketika Sakit
Izin kerja ketika badan sedang tidak fit atau sakit merupakan hal yang penting karena ketidakhadiran Sedulur di kantor bisa saja berdampak pada flow kerja karyawan lainnya. Dengan meminta izin, Sedulur sebagai karyawan dapat memberikan kesempatan kepada atasan untuk menyesuaikan alur kerja agar tetap bisa berjalan dengan baik.
Meminta izin juga dapat menunjukkan keseriusan dan tingkat keprofesionalan Sedulur dalam menjalankan tugas. Ketika Sedulur tidak mengajukan izin dan tidak hadir di tempat kerja, hal ini dapat mengganggu proses kerja dan mempengaruhi tim secara keseluruhan.
Alasan Harus Minta Izin Tidak Masuk Kerja
Ada beberapa alasan yang harus Sedulur pahami kenapa wajib meminta izin saat tidak masuk kerja ke kantor. Ini penting, selain karena sebuah etika kesopanan, meminta izin juga menunjukkan bahwa Sedulur tetap bisa komunikatif meskipun tidak bisa datang ke kantor. Berikut ini beberapa alasan kenapa meminta izin tidak masuk kerja itu penting.
1. Agar tidak dianggap membolos
Kita tahu bahwa hampir semua perusahaan atau instansi memiliki aturan-aturan yang patut ditaati oleh setiap karyawan, termasuk salah satunya tentang jam kerja kantor. Meskipun demikian, wajar saja jika kamu meminta izin ke atasan atau HRD mu untuk tidak masuk kerja jika kamu sedang sakit. Memberikan kabar ini kepada atasan itu penting agar kamu tidak dianggap bolos dan agar gajimu tidak dipotong.
2. Wujud etika sopan santun
Mengambil sebuah tindakan untuk menulis surat izin sakit lewat WA kepada perusahaan atau instansi tempat kamu bekerja bahwa kamu sedang sakit adalah sebuah aksi yang patut dipuji. Sebab hal tersebut secara tidak langsung menunjukan sikap kamu yang sopan terhadap pekerjaan kamu.
3. Mengikuti aturan pekerjaan
Alasan terakhir mengapa kamu harus mengirimkan surat izin kerja lewat WA adalah untuk menaati peraturan kerja. Menyampaikan izin kepada atasan atau HRD tempat kamu bekerja adalah tindakan yang menunjukkan bahwa kamu menaati aturan-aturan yang berlaku di perusahaan tersebut tentang ijin masuk kerja.
Cara Izin Kerja lewat WA
Sedulur bisa menyimak beberapa cara dan langkah yang bisa dilakukan sebagai cara izin kerja lewat WA atau WhatsApp. Dalam kesempatan di bawah ini, Sedulur bisa mengikuti langkah dan tahapan untuk melakukan izin kerja lewat WA. Yuk, mari langsung kita simak caranya:
1. Awali dengan salam
Sedulur bisa mengawali cara izin tidak masuk kerja lewat WA dengan kata-kata salam.Sedulur bisa menyapa atasan dengan ucapan selamat pagi atau siang. Selain itu, Sedulur bisa juga memberikan ucapan “semoga bapak/ibu dalam keadaan sehat selalu”. Jangan lupa perkenalkan nama dan posisi pekerjaan Sedulur.
2. Sampaikan izin dengan kejelasan alasan
Selanjutnya, Sedulur bisa menyampaikan alasan izin untuk tidak masuk kerja, seperti sakit, sedang ada urusan keluarga, ataupun alasan lainya. Kejelasan alasan ini tentu sangat penting disampaikan, agar perusahaan atau instasi tempat Sedulur bekerja benar-benar memahami kondisi yang dihadapi Sedulur.
3. Sebutkan dengan waktu izin yang diajukan
Selain itu, cara izin sakit ke atasan lewat WA ataupun izin lainnya tentu lebih baik Sedulur harus mencantumkan lama waktu izin yang diajukan. Misalnya Sedulur bisa langsung menuliskan batasan waktu untuk memulai izin sampai kapan berakhirnya. Hal ini menjadi penting, agar perusahaan pun melakukan pencatatan, sehingga gaji Sedulur yang peroleh tetap utuh tanpa dipotong.
BACA JUGA: 12 Contoh Surat Cuti Kerja yang Benar untuk Berbagai Alasan
Contoh Izin Tidak Masuk Kerja lewat WA Karena Sakit
Setelah mengetahui beberapa langkah untuk melakukan cara izin sakit kerja, berikut ini beberapa contoh yang bisa Sedulur rujukan untuk izin sakit.
- “Selamat pagi Pak xxx, Mohon maaf izin tidak bisa masuk kerja untuk hari ini. Karena saya sedang tidak enak badan. Sudah dari kemarin gejalanya xxx. Hari ini rencananya saya ingin berobat ke dokter sekalian untuk minta surat keterangan dokter. Lampirannya saya kirimkan melalui email ya pak. Terima kasih.”
- “Pagi Pak xxx. Mohon maaf Pak sebelumnya, dikarenakan saya hari ini mau izin tidak masuk kerja dikarenakan sakit. Rencananya nanti pagi akan diantar istri untuk berobat ke dokter. Sudah dari malam badan terasa tidak enak dan hari ini bertambah parah. Untuk lampiran surat keterangan dari dokter akan saya lampirkan ke whatsapp dan email Bapak, sekalian akan saya isi form pengajuan izin sakit dari kantor. Terima kasih sebelumnya, mohon doanya pak agar bisa segera beraktifitas kembali.”
- “Selamat pagi Bapak xxx, Mohon maaf untuk hari ini sepertinya saya izin tidak masuk kerja dikarenakan sakit xxx. Untuk surat keterangan dari dokter akan saya susulkan setelah berobat nanti. Terima kasih pak semoga berkenan.”
- “Pagi Pak xxx, Melalui whatsapp ini saya sampaikan untuk izin kerja di hari ini dikarenakan saya sedang sakit xxx. Surat keterangan dokter akan saya lampirkan setelah berobat nanti. Dimohon pengertiannya ya pak. Terima kasih.”
- “Selamat pagi. Semoga Bapak/Ibu dalam keadaan sehat selalu. Melalui pesan WA ini saya ingin menyampaikan informasi bahwa hari ini. sedang dalam keadaan sakit dan masih dalam tahap pemulihan. Saya berharap Bapak/Ibu bisa memakluminya. Demikian informasi ini, saya ucapkan terima kasih.”
- “Selamat pagi Pak. Semoga Bapak selalu dalam keadaan sehat. Perkenalkan saya xxx, karyawan staf finansial ingin menyampaikan permohonan izin kerja karena sedang dalam keadaan sakit. Menurut keterangan dokter, saya membutuhkan istirahat sementara waktu terhitung dari 21 – 24 Februari 2022. Untuk surat sakit akan segera saya susulkan ketika kembali bekerja. Demikian pesan ini saya sampaikan, saya berharap Bapak bisa memberikan izin dan akhir kata saya ucapkan terima kasih.”
- “Selamat siang Ibu xxx. Saya harap ibu senantiasa dalam keadaan sehat dan semangat. Saya ingin menyampaikan permohonan izin kerja melalui pesan WA ini dikarenakan saya sedang dalam keadaan tidak enak badan akibat musim hujan beberapa hari ini. Agar pekerjaan saya tetap berjalan, saya meminta keringanan untuk mengerjakan tugas-tugas kantor di rumah (work from home). Demikian informasi ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih.”
- “Selamat pagi bapak XXXX. Mohon maaf bapak saya ingin menginformasikan bahwasanya saya tidak bisa hadir bekerja untuk hari ini dikarenakan sakit XXX. Untuk surat sakitnya akan saya susulkan besok ya pak jika saya sudah masuk kerja lagi. Terima kasih.”
- “Selamat pagi bapak/Ibu XXX. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, saya ingin izin sakit untuk hari ini. Dikarenakan saya sakit XXX dan tidak bisa bekerja untuk hari ini. Mohon maaf saya informasikan melalui whatsapp terlebih dahulu selebihnya akan saya kirimkan form surat izin sakitnya. Terima kasih atas pengertiannya.”
- “Selamat malam bapak/ibu XXX. Saya ingin menginformasikan bahwa saya izin sakit untuk besok dikarenakan sakit XXX dan diharuskan untuk rawat inap di rumah sakit xxx. Untuk surat izinnya akan saya susulkan setelah mendapatkan surat izin dari rumah sakit. Terima kasih atas perhatiannya selamat malam.”
- “Selamat pagi, permisi Ibu mohon maaf menyita waktunya. Saya ingin meminta izin tidak masuk kerja hari ini karena alasan kesehatan yang membuat saya tidak bisa bekerja dengan baik. Atas segala perhatiannya saya ucapkan terima kasih.”
Contoh Izin Tidak Masuk Kerja lewat WA Karena Suatu Hal
Berikut ini adalah contoh cara izin sakit ke atasan lewat WA untuk kegiatan atau ada hal penting:
- “Selamat malam bapak dan ibu sekalian. Mohon maaf saya sampaikan untuk besok saya izin tidak bisa bekerja dikarenakan saudara dari keluarga saya ada yang meninggal dunia. Form izin sudah saya kirimkan melalui email. Terima kasih atas perhatiannya.”
- “Selamat pagi bapak xxx. Mohon maaf untuk hari ini saya izin bekerja karena istri mendadak sakit xxx dan mengantarkannya ke rumah sakit. Maaf atas informasi yang mendadak ini, untuk surat izinnya akan saya susulkan”
- “Selamat pagi bapak/ibu xxx. Maaf saya ingin menginformasikan bahwa saya telat hadir ke kantor untuk hari ini dikarenakan saya mengantar anak saya yang sedang sakit ke rumah sakit. Kemungkinan saya bisa hadir jam 12 siang dan bekerja seperti biasanya. Terima kasih atas perhatiannya.”
- “Selamat siang Ibu CEO PT.xxx. Saya berharap Ibu dalam keadaan sehat dan segala pekerjaan tetap lancar. Saya meminta izin tidak bisa masuk kerja hari ini, saya sudah mendelegasikan presentasi laporan untuk rapat hari ini kepada asisten project manager. Saya berharap informasi ini bisa berkenan dihati Ibu selaku pimpinan saya. Terima kasih.”
- “Selamat pagi bapak xxx. Mohon maaf untuk hari ini saya izin bekerja karena istri mendadak sakit xxx dan mengantarkannya ke rumah sakit. Maaf atas informasi yang mendadak ini, untuk surat izinnya akan saya susulkan setelahnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.”
- “Selamat pagi, maaf. Dengan hormat saya ingin mengajukan izin tidak hadir hari ini karena ada kegiatan seminar yang sangat bermanfaat untuk perkembangan saya di bidang pekerjaan. Atas perhatiannya sya ucapkan terima kasih”
Contoh Izin Tidak Masuk Kerja lewat Grup WA
Contoh lainnya yang bisa Sedulur ikut adalah sebagai berikut ini:
- “Selamat pagi bapak dan ibu. Hari ini mohon maaf saya izin absen tidak masuk kerja ya pak. Dikarenakan saya sedang sakit xxx, sudah semalaman tidak enak badan semoga tidak parah. Untuk surat dari dokter akan saya susulkan setelah saya berobat ya pak dan saya update di form kantor. Terima kasih atas pengertiannya, semoga saya bisa sehat kembali keesokan harinya.”
- “Selamat malam bapak dan ibu sekalian. Mohon maaf saya sampaikan untuk besok saya izin tidak bisa bekerja dikarenakan saudara dari keluarga saya ada yang meninggal dunia. Form izin sudah saya kirimkan melalui email. Terima kasih atas perhatiannya.”
- “Selamat malam bapak/ibu xxx. Saya ingin menginformasikan bahwa saya izin sakit untuk besok dikarenakan sakit xxx dan diharuskan untuk rawat inap di rumah sakit xxx. Untuk surat izinnya akan saya susulkan setelah mendapatkan surat izin dari rumah sakit. Terima kasih atas perhatiannya selamat malam.”
Contoh Izin Telat Masuk Kerja lewat WA
Contoh lainnya yang bisa jadi referensi Sedulur adalah sebagai berikut:
- “Selamat pagi bapak xxx. Mohon maaf pak tadi di jalan saya ada kendala sebentar. Ban saya bocor dan ini masih di tambalkan. Posisi saya sudah di jalan xxx. Kemungkinan saya akan telat hadir bekerja 30 menit lagi. Terima kasih.”
- “Halo Pak xxx, Selamat pagi. Saya xxx karyawan bapak yang bekerja sebagai asisten produksi ingin meminta izin telat datang kekantor pada hari ini dikarenakan saya sedang menyelesaikan urusan keluarga. Semoga dapat memaklumi hal ini. Terima kasih. Selamat beraktivitas pak.”
- “Selamat pagi bapak/ibu xxx. Maaf saya ingin menginformasikan bahwa saya telat hadir kekantor untuk hari ini dikarenakan saya mengantar anak saya yang sedang sakit kerumah sakit. Kemungkinan saya bisa hadir jam 12 siang dan bekerja seperti biasanya. Terima kasih atas perhatiannya”
- “Selamat pagi bapak xxx. Mohon maaf pak tadi di jalan saya ada kendala sebentar. Ban saya bocor dan ini masih di tambalkan. Posisi saya sudah di jalan xxx. Kemungkinan saya akan telat hadir bekerja 30 menit lagi. Terima kasih. “
BACA JUGA: Cara dan Tips Mendapat Pekerjaan di Singapura
Tips Izin Kerja Lewat WA
Adapun tips yang bisa Sedulur terapkan untuk izin kerja lewat WA adalah sebagai berikut:
- Kirimlah surat izin tersebut dengan waktu yang cukup, jangan menunggu saat-saat terakhir.
- Pastikan pesan WA Sedulur terlihat profesional dan tidak terlalu informal.
- Periksa kembali tata bahasa dan ejaan sebelum mengirimkan pesan untuk memastikan kesan yang baik.
- Jika memungkinkan, berikan tahu atasan Sedulur secara langsung terlebih dahulu sebelum mengirim surat izin melalui WhatsApp.
- Bila diperlukan, siapkan dokumen pendukung seperti surat dokter jika alasan izin adalah karena sakit.
Nah, itulah bagaimana cara mengirim surat izin tidak masuk kerja lewat WhatsApp beserta tips-tipsnya. Semoga ini bisa bermanfaat bagi Sedulur. Meskipun ada banyak cara meminta izin kerja lewat WA, namun usahakan semaksimal dengan cara lain yang lebih sopan dan formal.