alat apa saja untuk jadi streamer

Konten live streaming kini menjadi salah satu aktivitas yang banyak dijadikan sebagai pekerjaan. Orang-orang yang bergelut dan mengembangkan konten live streaming biasanya dikenal dengan nama streamer. Namun, siapa sangka untuk bisa menjadi seorang streamer profesional, diperlukan banyak alat agar bisa menghasilkan konten yang bagus. Terkadang para streamer pemula cukup bingung untuk memilih alat apa saja untuk jadi streamer yang bagus.

Live streaming sendiri menjadi cara yang efektif untuk berinteraksi dengan audiens secara real-time ketika para streamer membagikan kontenmya secara langsung. Profesi ini sendiri sudah mulai berkembang dan banyak diminati karena bisa menghasilkan pundi-pundi keuntungan yang cukup besar.

Nah, jika Sedulur tertarik untuk menjadi seorang streamer dan ingin mengetahui alat apa saja untuk jadi streamer. Coba simak beberapa rekomendasi dan ulasan berikut ini, karena kita akan membahas segala macam kebutuhan seorang streamer dari hardware hingga softwarenya. Sudah tidak sabar? Langsung simak berikut ini!

BACA JUGA: Alat Musik Melodis: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

1.  Komputer atau laptop

alat apa saja untuk jadi streamer
iStock

Komputer atau Laptop adalah hal paling dasar yang Sedulur butuhkan untuk melakukan live streaming game tentunya Sedulur harus memiliki komputer atau laptop terlebih dahulu. Komputer maupun laptop digunakan untuk menghubungkan video Sedulur yang sedang bermain game dengan video dalam game, sehingga game yang Sedulur mainkan dapat ditampilkan juga di media live streaming.

2. Kamera

alat apa saja untuk jadi streamer
iStock

Selanjutnya Sedulur harus memiliki kamera. Kamera dalam live streaming digunakan untuk menampilkan visual diri Sedulur saat memainkan game. Saat ini terdapat banyak sekali pilihan kamera yang dapat Sedulur gunakan untuk menunjang live streaming. Namun, jika Sedulur masih seorang pemula, maka Sedulur bisa menggunakan webcam terlebih dahulu.

Akan tetapi, jangan menggunakan webcam bawaan dari laptop, gunakankah webcam eksternal yang bisa Sedulur beli secara terpisah. Spesifikasi minimal webcam eksternal yang harus Sedulur gunakan yaitu webcam tersebut dapat merekam gambar dengan kualitas Full HD agar bisa memberikan kualitas video yang cukup bagus.

3. Mikrofon kondensor

alat apa saja untuk jadi streamer
iStock

Melakukan live streaming tidak hanya tentang bagaimana caranya memberikan pengalaman menonton yang berkualitas untuk audiens, tetapi juga Sedulur harus menghibur mereka melalui ucapan Sedulur. Pada dasarnya Audiens tidak hanya ingin melihat Sedulur bermain game saja, tetapi mereka juga ingin mendengar Sedulur berbicara.

Sebab suara yang Sedulur hasilkan ketika gembira, panik, bahkan kaget dapat menghibur mereka. Jadi Sedulur harus memastikan kualitas audio yang Sedulur hasilkan dapat didengar dengan baik oleh Audiens. Streamer profesional biasanya memakai mikrofon kondensor karena dapat menangkap suara secara detil dan utuh, termasuk suara dengan power yang kecil sekalipun.

4. Lighting

alat apa saja untuk jadi streamer
iStock

Alat apa saja untuk jadi streamer berikutnya yang perlu Sedulur pertimbangkan adalah lighting. Sudah pasti Sedulur membutuhkan peralatan yang satu ini agar output video yang Sedulur hasilkan dapat dilihat dengan jelas oleh Audiens. Untuk Sedulur yang masih pemula, setidaknya Sedulur boleh menggunakan ring light sebagai sumber cahaya.

Apabila cahaya yang dihasilkan ring light belum cukup memuaskan Sedulur, Sedulur bisa menambahkan LED lighting. Sedangkan untuk seorang live stream profesional, Sedulur tentunya membutuhkan peralatan lighting yang lebih advance. Dalam kasus ini, Sedulur bisa menggunakan freshnel lighting.

5. Headset

alat apa saja untuk jadi streamer
iStock

Salah satu alat penting untuk melakukan live streaming adalah headset. Headset diperlukan untuk mendengarkan suara dari game yang Sedulur mainkan agar suara dalam game tersebut terdengar lebih jelas dan Sedulur bisa lebih fokus memainkan game tersebut.

Dengan menggunakan headset, akan membuat Sedulur lebih menghayati game yang Sedulur mainkan, sehingga akan membantu Sedulur menunjukkan berbagai ekspresi yang dapat menghibur Audiens. Sedulur boleh mempertimbangkan headset yang memang diperuntukkan untuk gaming, atau lebih dikenal sebagai headset gaming.

Tipsnya temukan headset gaming yang sudah mendukung fitur 7.1 karena akan menyajikan suara yang lebih detil, luas, dan memberikan kesan mendalam sehingga membuat Sedulur serasa masuk dalam suasana game yang Sedulur mainkan.

6. Capture card

alat apa saja untuk jadi streamer
Plaza Kamera

Peralatan selanjutnya merupakan capture card yang memiliki fungsi untuk menangkap video dari komputer secara langsung, kemudian memproduksinya untuk ditampilkan secara langsung di media streaming. Capture card memungkinkan Sedulur untuk melakukan streaming dan merekam permainan di komputer tanpa mengganggu pengalaman bermain game Sedulur.

Ketika Sedulur hendak memilih capture card, Sedulur harus menyesuaikannya dengan budget serta kebutuhan Sedulur. Sebab apabila Sedulur memiliki kebutuhan untuk menampilkan ketajaman kualitas video yang dihasilkan, tentunya budget yang dibutuhkan semakin besar. Untuk streamer game pemula, gunakanlah capture card yang harganya terjangkau terlebih dahulu.

7.  Internet

iStock

Tentunya koneksi internet merupakan hal terpenting untuk melakukan live streaming. Percuma saja Sedulur memiliki peralatan streaming level atas apabila koneksi internet Sedulur lambat, Audiens tidak akan bisa menikmati streaming.

Sedulur harus menyiapkan koneksi internet yang memiliki kecepatan upload minimal 50 mbps. Jadi, carilah penyedia layanan internet terbaik di daerah Sedulur yang memiliki kecepatan upload lebih dari 50 mbps.

BACA JUGA: 21+ Ide Usaha Franchise 2023, Menjanjikan dan Wajib Dicoba!

8.  Kursi gaming

iStock

Kursi gaming adalah satu perangkat yang tidak boleh Sedulur lupakan. Kursi gaming tidak hanya membuat Sedulur merasa nyaman, melainkan juga akan meningkatkan nilai dan kualitas Sedulur sebagai streamer.

9.  Software streaming

iStock

Software ini akan memberikan efek yang dapat digunakan agar hasil video menjadi lebih menarik. Sedulur bisa memilih perangkat untuk streaming, seperti OBS, Game Show, Raptr, Magix YouCast, FFSplit dan lainnya.

10.  Mixer audio

iStock

Jika Sedulur ingin mengatur audio dengan lebih banyak kontrol, pertimbangkan untuk menggunakan mixer audio yang memungkinkan Sedulur untuk mengatur tingkat suara dan kualitas audio secara lebih akurat.

Selain itu, mixer audio memiliki peran yang sangat penting dalam live streaming. Fungsi utama dari mixer audio adalah mengatur dan mengelola sinyal audio dari berbagai sumber sehingga menghasilkan kualitas suara yang baik dan dapat diatur sesuai kebutuhan.

11. Tripod atau mount

iStock

Tripod atau mount diperlukan untuk menjaga kamera atau smartphone Sedulur tetap stabil selama live streaming. Tanpa tripod atau mount sebenarnya tidak masalah, banyak alat atau benda yang bisa dijadikan penyangga agar kamera tetap stabil. Namun tripod merupakan alat yang akan membuat kamera tetap stabil

BACA JUGA: Manfaat Influencer Beserta Tips Memilihnya untuk Bisnismu

12. Aksesoris tambahan

iStock

Terakhir, alat apa saja untuk jadi streamer yang harus dipertimbangkan adalah penggunaan aksesori tambahan untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik live streaming Sedulur. Sedulur bebas menentukan aksesoris dan alat tambahan yang sesuai dengan keinginan dan tentu saja kebutuhan.

Menjadi seorang live streamer memang merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Namun, agar hasil konten lebih bagus dan berkualitas, tentu para streamer membutuhkan peralatan yang mumpuni. Sedulur bisa mencoba beberapa rekomendasi di atas agar bisa menunjang karir sebagai seorang live streamer. Pastikan Sedulur sudah menyiapkan semua alat apa saja untuk jadi streamer sebelum memulai proses rekaman, ya!