20+ Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Terbaru 2020

Sedulur tertarik menjalankan usaha rumahan? Yuk, daftar peluang usaha rumahan yang bisa Sedulur jalankan di bawah ini.

Salah satu bisnis atau usaha yang bisa dicoba untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang Sedulur hadapi adalah dengan menjalankan usaha yang bisa dilakukan di rumah. Jenis usaha rumahan ini sangat cocok bagi Sedulur yang memiliki banyak waktu luang.

Banyak daftar usaha rumahan yang tidak ada matinya, seperti usaha makanan atau usaha camilan. Disebut tidak ada matinya karena kebutuhan masyarakat Indonesia yang sangat senang ngemil ketika waktu luang.

Atau juga ada jenis usaha rumahan yang lagi trend, seperti menjalankan usaha aneka minuman yang sedang hits. Atau banyak rekomendasi usaha rumahan lainnya yang bisa Sedulur jalankan. Dalam kesempatan kali ini Superapp.id akan membahas beberapa daftar peluang usaha rumahan yang bisa dijalankan dengan modal kecil.

Seperti apa saja jenis peluang usaha yang dimaksud? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya dengan seksama di bawah ini.

Baca Juga: 15 Ide Usaha Pertanian Rumahan Modal Kecil & Cepat Untung

Daftar Bisnis Rumahan yang Mudah dan Menguntungkan

1. Membuka Jasa Laundry

1.   Membuka Jasa Laundry

Peluang usaha rumahan yang bisa Sedulur coba yang pertama adalah membuka usaha laundry, seperti yang Sedulur ketahui mencuci baju merupakan hal yang sangat berat untuk dilakukan. Namun kita semua wajib mencuci baju.

Menjalankan peluang usaha ini sangat cocok, terutama bagi Sedulur yang memiliki rumah di kawasan pendidikan atau perkantoran. Target utama adalah mahasiswa dan para pekerja. Mereka semua dijamin malam mencuci baju karena kegiatan kampus dan tanggung jawab pekerjaan.

Pada awal menjalankan usaha laundry, Sedulur tidak harus membeli mesin cuci dalam jumlah banyak secara langsung. Bahkan jika Sedulur bersedia mencuci secara manual, hal tersebut juga akan dapat meringankan modal untuk menjalankan usaha ini.

2. Membuka Tempat Cuci Motor

2.   Membuka Tempat Cuci Motor

Salah satu peluang usaha rumahan di desa yang akan memberikan Sedulur keuntungan adalah membuka tempat cuci motor. Karena peluang usaha ini masih jarang di desa. Terlebih, Sedulur juga masih jarang mendapatkan pesaing.

Umumnya masyarakat di desa banyak yang langsung mencuci motornya sendiri, berbeda dengan masyarakat di perkotaan yang sudah mempercayakan urusan kebersihan motor kepada pihak cuci motor. Terutama ketika menjalankan usaha cuci motor di tengah musim hujan, dijamin usaha cuci motor Sedulur akan sangat ramai.

Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan di Tengah Pandemi Corona

3. Membuka Jasa Foto dan Video

3.   Membuka Jasa Foto dan Video

Salah satu ide usaha kreatif rumahan yang bisa Sedulur coba adalah membuka studio foto atau video yang memberikan jasa dokumentasi untuk segala keperluan. Ditambah lagi, membuka usaha ini akan sangat menguntungkan di tengah menggeliatnya usaha online shop.

Online shop mengharuskan setiap perusahaan memiliki foto produk yang sangat bagus dan memadai, hal tersebut bisa dilihat sebagai peluang dengan membuka tempat usaha jasa foto dan video. Walaupun memang modal yang dikeluarkan cukup besar, namun pemasukannya pun tidak kalah luar biasa.

4. Menjual Pulsa dan Token Listrik

4.   Menjual Pulsa dan Token Listrik

Kali ini merupakan usaha rumahan yang menjanjikan. Bagaimana tidak menjanjikan, saat ini setiap masyarakat sudah menggunakan gadget sebagai alat utama untuk berkomunikasi. Oleh karena itu setiap orang tersebut membutuhkan pulsa untuk gadgetnya. Dan juga setiap rumah telah menggunakan listrik yang menggunakan token.

Keuntungan menjalankan jenis bisnis ini memang tidak terlalu banyak. Tetapi, jika dijalani dengan serius, Sedulur akan banyak mendapatkan keuntungan walaupun hanya sedikit. Keuntungan yang sedikit jika didapat dari jumlah yang banyak sama-sama akan memberikan keuntungan juga.

Selain itu, usaha ini bisa Sedulur jalankan di rumah dan sangat mudah dilakukan. Modal untuk bisnis ini pun tidak banyak, lho. Sedulur hanya membutuhkan smartphone, dan beberapa e-money untuk pulsa dan token.

5. Menjual Camilan dan Makanan Ringan

2. Menjual Camilan dan Makanan Ringan

Salah satu jenis usaha rumahan dengan modal kecil namun untung besar adalah dengan menjual camilan dan makanan ringan. Ditambah lagi, telah banyak contoh sukses yang melakukan usaha ini yang telah terbukti menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Hal yang membuat usaha ini menjadi menguntungkan adalah karena banyak masyarakat Indonesia yang sangat menyukai camilan. Masyarakat Indonesia sering kali menghabiskan waktu luang dengan ngemil makanan ringan.

6. Menjual Minuman

6.   Menjual Minuman

Jenis usaha rumahan selanjutnya yang bisa memberikan Sedulur keuntungan adalah menjual aneka jenis minuman, baik jus buah, kopi atau thai tea, baik dingin maupun hangat. Menjalankan usaha ini juga bisa Sedulur lakukan di rumah dan bisa dijalankan dengan modal yang kecil.

Keuntungan menjalankan usaha ini adalah bisa dijalankan di berbagai musim, mulai dari musim hujan hingga musim panas. Dijamin akan mengantarkan banyak keuntungan dan mudah dilakukan.

7. Menjual Sarapan Pagi

7. Menjual Sarapan Pagi

Peluang usaha ini muncul disebabkan karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang jarang memasak di pagi hari. Untuk mengatasi rasa lapar di pagi hari, banyak masyarakat yang memilih untuk membeli sarapan ketimbang membuatnya sendiri.

Hal tersebut yang menjadikan jenis usaha rumahan ini memberikan peluang besar untuk Sedulur Super dan bisa memberikan keuntungan yang super melimpah.

8. Membuka Warung Kopi di Depan Rumah

8.   Membuka Warung Kopi di Depan Rumah

Jenis usaha rumahan yang sangat banyak dilakukan adalah membuka usaha warung kopi. Warung kopi juga bisa Sedulur jalankan di rumah, dengan membuka bagian rumah Sedulur dan menjadikannya sebagai warung kopi.

Minum kopi seolah telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Hampir setiap orang kini memiliki hobi minum kopi. Tak hanya karena memiliki cita rasa dan aroma yang menyegarkan, minum kopi juga telah menjadi gaya hidup tersendiri bagi kalangan anak muda. Banyaknya pecinta kopi seperti sekarang ini, dapat dijadikan peluang untuk membuka usaha warung kopi.

Jenis usaha ini selain menguntungkan juga mudah dilakukan. Tak hanya itu, membuka warung kopi juga terbilang tidak membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Mulai dengan membuka warung kopi kecil-kecilan terlebih dahulu, baru ketika usaha mulai berkembang Sedulur bisa memperbesar usaha warung kopi yang Sedulur jalankan.

9. Menjual Kerajinan Tangan

9.   Menjual Kerajinan Tangan

Jenis usaha rumahan yang bisa Sedulur lakukan adalah membuka toko yang menjual karya tangan dan cinderamata. Terutama bagi Sedulur Super yang memiliki rumah di daerah strategis seperti di samping jalan raya dan tinggal di tempat wisata.

Banyak karya tangan dan cinderamata seperti tas, sepatu hingga berbagai pernak-pernik rumah bisa Sedulur buat. Keuntungan dengan membuat usaha rumahan jenis ini adalah Sedulur tidak memerlukan banyak modal.

Karena kerajinan tangan dan cinderamata yang Sedulur buat bisa dari bahan-bahan daur ulang. Hal ini juga sangat baik untuk lingkungan, karena bahan daur ulang yang Sedulur gunakan sebagai bahan utama pembuat karya tangan dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

10. Usaha Cuci Sepatu

10.   Usaha Cuci Sepatu

Salah satu jenis usaha rumahan yang hanya memerlukan modal sedikit ialah cuci sepatu. Jenis usaha ini hampir dengan usaha jasa lain, seperti jasa laundry misalnya. Akan tetapi lebih sederhana dan mudah dilakukan usaha cuci sepatu. Karena Sedulur hanya membutuhkan sikat sepatu, cairan pembersih dan peralatan lainnya.

Saat menjalankan usaha ini Sedulur Super juga perlu mempertimbangkan situasi dan kondisi di lingkungan. Apabila lokasi rumah Sedulur berada di pusat kampus atau perkantoran, jenis usaha ini sangat cocok dikembangkan. Hanya dengan jumlah modal yang tidak besar, usaha cuci sepatu menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan.

11. Menjual Tanaman Hias

11.   Menjual Tanaman Hias

Usaha rumahan yang sedang trend saat ini adalah menjual tanaman hias, menjual tanaman hias bisa sangat menguntungkan. Karena selain bisa mempercantik halaman depan rumah atau interior rumah, tanaman hias juga memiliki fungsi untuk sirkulasi udara di rumah kita.

Selain itu juga perawatan tanaman hias tidak begitu sulit untuk dilakukan, hal ini juga menjadi daya tarik masyarakat untuk membeli tanaman hias. Selain itu, menjual tanaman hias juga bisa ditambah dengan menjual batu alam.

Tanaman hias dan batu alam merupakan kombinasi dan komposisi yang pas untuk membuat halaman rumah kita menjadi cantik dan indah. Terdapat berbagai macam jenis tanaman hias yang bisa Sedulur jual, riset terlebih dahulu tanaman hias yang disukai dan paling banyak dibeli di daerah tempat Sedulur.

12. Jasa SEO (Search Engine Optimization)

12.   Jasa SEO (Search Engine Optimization)

Bagi Sedulur yang mempunyai skill dalam bidang menulis dan ketertarikan dalam hal teknologi, jenis usaha rumahan satu ini menarik untuk dijalani. SEO merupakan salah satu trend usaha yang saat ini sedang populer.

Banyak blog, website dan situs yang membutuhkan jasa SEO agar dapat lebih memaksimalkan penggunaan dan akan menguntungkan penggunanya. Sedulur perlu memaksimalkan dan mengoptimalkan bagaimana sebuah konten di blog atau website bisa muncul pada halaman pertama mesin pencarian.

Karena saat ini, banyak masyarakat yang menggunakan mesin pencarian untuk mencari hal apapun. Karena itu, menawarkan jasa satu ini merupakan sebuah peluang usaha baru yang sangat menarik untuk dilakukan.

13. Penulis Lepas

13.   Penulis Lepas

Profesi ini akan sangat dibutuhkan oleh para SEO Specialist. Karena dengan mengetahui celah untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan sebuah konten, butuh materi tulisan untuk menjadikannya jauh lebih menarik dan optimal.

Oleh karena itu menawarkan jasa menulis konten merupakan sebuah peluang usaha baru yang sangat menarik untuk dilakukan. Terutama bagi Sedulur yang memiliki minat dan ketertarikan dalam dunia menulis, menjadikan penulis konten sebagai sebuah peluang usaha baru akan sangat mudah dilakukan.

14. Reseller atau Berjualan Online

Menjadi reseller bisa sangat menguntungkan di era digital saat ini. Sedulur akan bekerjasama dengan sebuah perusahaan yang memiliki produk dan lalu menjual produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Keuntungan menjadi reseller adalah Sedulur akan mendapatkan komisi setiap bulannya. Selain itu, Sedulur bisa menjalankan usaha ini di rumah saja.

Oleh karena itu, menjadi Reseller merupakan sebuah trend usaha baru yang sangat menjanjikan untuk dicoba. Selain itu, menjadi reseller tidak terlalu sulit, hal tersebut dikarenakan biasanya produk yang kita jual telah dikenal oleh masyarakat banyak. Dan kita tinggal hanya menjualnya saja. Karena itu, menjadi reseller merupakan trend sebuah usaha yang sedang ramai dilakukan

15. Digital Marketing Expert

15.   Digital Marketing Expert

Sedulur menyukai bermain medsos? Atau Sedulur kuat dan siap menghabiskan waktu berlama-lama memainkan smartphone untuk melihat media sosial? Jika jawabannya adalah iya, jenis usaha satu ini akan sangat cocok untuk Sedulur.

Karena menjalankan Digital Marketing salah satu syarat pentingnya adalah terus memainkan media sosial dan mempromosikan produk dengan sangat menarik. Saat ini, banyak perusahaan yang mulai menggunakan jasa digital marketing satu ini. Dan yang paling penting, Sedulur bisa menjalankan usaha ini dari rumah.

Jika Sedulur merasakan memiliki bakar berjualan dan juga kuat dan tahan lama menggunakan medsos, bisa menjadikan digital marketing sebagai sebuah peluang usaha baru yang sangat wajib untuk dicoba.

16. Membuka Warung Makan

16.   Membuka Warung Makan

Makan dan minum merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Sehingga selamanya, seseorang pasti akan selalu membutuhkan makanan. Sehingga membuka warung makan menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang paling menjanjikan.

Membuka warung makan sebagai usaha rumahan yang menjanjikan sangat wajib dicoba. Bagi Sedulur yang memiliki bakat memasak, sebaiknya mencoba membuka warung makan. Untuk menentukan jenis makanan yang akan dijual, sebaiknya memperhatikan lingkungan sekitar.

Apabila lokasi rumah berdekatan dengan kampus atau sekolah, maka sesuaikan jenis makanan yang disukai kalangan pelajar dan mahasiswa. Sedulur juga tidak membutuhkan modal begitu besar untuk membuka warung makan, terlebih jika warung makan dibuka di rumah Sedulur.

17. Membuka Rental PS (Playstation)

17.   Membuka Rental PS (Playstation)

Dunia game saat ini selalu mengalami perkembangan yang semakin hari semakin canggih. Membuka rental PS merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang sangat menguntungkan yang sudah dijalankan sejak dulu oleh beberapa orang.

Target pasar usaha rental PS ini biasanya adalah anak-anak hingga remaja yang memang sedang masanya menyukai bermain game konsol PS.

18. Membuka Servis Barang Elektronik

18.   Membuka Servis Barang Elektronik

Usaha rumahan satu ini bisa dijalankan oleh Sedulur yang memiliki bakat, kemampuan dan ketertarikan di dunia teknologi. Semakin hari semakin banyak gadget yang dikeluarkan, dan juga semakin banyak masyarakat yang menggunakan gadget.

Setiap gadget atau barang elektronik yang digunakan juga ada kemungkinan rusak, pada titik ini peluang usaha servis elektronik bisa berjalan. Sedulur juga bisa membuat usaha ini di rumah tanpa harus menyewa toko atau tempat usaha.

19. Membuka Jasa Isi Ulang Air Minum

19.   Membuka Jasa Isi Ulang Air Minum

Banyak masyarakat saat ini yang menggunakan air minum kemasan, baik dalam bentuk galon atau botol. Membuka jasa isi ulang air minum dapat memberikan keuntungan yang melimpah. Terlebih membuka usaha ini bisa dijalankan di depan rumah dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

20. Membuka Toko Kelontong

20.   Membuka Toko Kelontong

Toko kelontong merupakan salah satu jenis usaha yang paling banyak diminati, hal tersebut karena toko kelontong menjual berbagai jenis sembako kebutuhan sehari-hari masyarakat. Dikarenakan permintaan barang dan kebutuhan masyarakat akan sembako selalu tinggi di setiap harinya, membuat usaha toko kelontong sangat menggiurkan untuk dijalani.

Terlebih lagi, usaha toko kelontong bisa dijalankan di rumah dan tidak memerlukan modal untuk menyewa tempat. Bagi Sedulur Super yang tertarik membuka usaha kelontong, Sedulur Super juga bisa menggabungkan usaha toko kelontong Sedulur menjadi Mitra Super Center yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Tentu saja, Sedulur Super harus menggunakan Aplikasi Super terlebih dahulu.

Dengan bergabung menjadi Mitra Super Center, toko kelontong yang Sedulur jalani akan dapat berkembang pesat dan Sedulur mendapatkan untung super melimpah. Banyak kemudahan yang diberikan Aplikasi Super jika Sedulur bergabung ke dalam Mitra Super Center.

Yaitu, prioritas pelayanan, harga sembako yang sangat murah yang akan memberikan keuntungan bagi Sedulur Super saat menjual kembali di toko Sedulur, dan juga terdapat pelatihan yang bisa Sedulur Super dapatkan yang diberikan oleh Aplikasi Super.

Bagi Sedulur Super yang tertarik dan belum download Aplikasi Super, segera download Aplikasi Super sekarang juga. Dan bagi Sedulur yang ingin mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, bisa klik di sini dan jangan sia-siakan berbagai manfaat dan untung super melimpah yang diberikan oleh Aplikasi Super.