peluang usaha es teler

Salah satu usaha yang tidak akan habis peminatnya yaitu usaha di bidang kuliner. Tentu ada banyak jenis usaha yang bisa Sedulur coba, mulai dari usaha makanan hingga minuman. Salah satu yang cukup direkomendasikan dalam kuliner minuman adalah usaha es teler.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas segala hal tentang usaha es teler. Mulai dari ulasan tentang peluang usaha es teler serta dengan analisis pasar yang wajib Sedulur ketahui sebelum memulai bisnis ini. Lantas seperti apa sih peluang dan analisis usaha es teler yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 8 Resep Es Teler Enak Berbagai Macam Isian untuk Buka Puasa

Sekilas tentang es teler

usaha es teler
Frisian Flag

Peluang usaha es teler sangat menjanjikan, hal tersebut disebabkan ada banyak ciri khas dari es teler itu sendiri. Es teler adalah minuman es berisi potongan bua alpukat, kelapa muda,nangka, dan santan kelapa encer dengan pemanis berupa sirup.

-->

Es yang dipakai bisa berupa es serut atau es batu. Variasi lain es teler berisi cincau, kolang kaling, pacar cina, potongan buah apel, pepaya, sawo, melon, roti, dan agar-agar. Variasi es teler yang kedua ini sulit di bedakan dengan es buah karena bahan bakunya hampir sama.

Es teler pada tahun 1980am dan dijual oleh pedagang es campur dengan grobak. Es teler sendiri merupakan varian lain dari es campur. Es campur yang telah dikreasikan tersebut memiliki rasa yang enak sehingga membuat orang yang memakannya merasa teler.

Berawal dari hal tersebut, istilah es teler lebih dikenal untuk merujuk pada varian es campur satu ini. Hal tersebut berkembang hingga saat ini dengan berbagai kreasi bahan yang lebih modern dan sedang diminati oleh masyarakat.

Peluang usaha es teler

usaha es teler
Fimela

Dari penjelasan di atas, Sedulur mungkin telah menyadari bahwa menjalankan usaha es teler memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Es teler sangat nikmat jika diminum saat cuaca sedang terik sehingga bisa melegakan tenggorokan.

Banyak kalangan yang menyukai segarnya minuman dingin ini mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Peluang bisnis dari es teler ini pun semakin banyak diminati karena memiliki banyak penyuka yang terdiri dari beragam usia dan beragam kalangan.

Nah, bagi Sedulur yang tertarik untuk menjalankan usaha satu ini, terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur simak dan pahami. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Bahan baku

Dalam menjalankan usaha es teler, Sedulur perlu memikirkan bahan baku. Salah satu bahan baku yang dibutuhkan yaitu buah-buahan. Jenis buah-buahan yang umum digunakan adalah alpukat, nangka, kelapa muda, dan untuk pelengkapnya yaitu berupa kolang-kaling, air gula, sirup, serta susu kental manis.

Sediakanlah bahan pembuatan es teler ini dengan kualitas yang bagus atau masih segar sehingga hasil dari es teler yang diperoleh akan semakin nikmat dan lezat. Para pelanggang Sedulur nantinya akan lebih menyukainya karena kualitas dari es teler yang ditawarkan.

2. Perlengkapan usaha

Jangan lupa juga perlengkapan usaha es teler. Untuk hal ini cukup banyak yang harus disiapkan. Seperti etalase atau gerobak yang memiliki ukuran sedang atau pun berukuran besar supaya bisa menyimpan atau memajang sekaligus bahan baku pembuatan es teler serta peralatan penunjang lainnya.

Selain gerobak atau pun etalase Sedulur juga patut untuk memiliki toples yang berguna dalam penyimpanan aneka bahan, serutan es batu, pisau untuk mengiris, termos es, mangkuk dan sendok untuk menyajikan es teler.

3. Tempat usaha

Hal ini juga merupakan hal penting yang harus dipikirkan. Terkait lokasi tempat usaha. Salah satu yang paling ideal adalah di kawasan pendidikan dan perkantoran, atau di pinggir jalan yang ramai dengan tempat umum seperti terminal dan stasiun.

Pilihlah lokasi yang banyak dilalui oleh banyak orang dan dapat dilihat dari segala penjuru serta mudah dijangkau oleh orang banyak. Pilih juga lokasi yang tidak terhalang dengan kios penjual lainnya atau pun warung lainnya dan juga jangan sampai memilih lokasi yang sepi.

4. Karyawan atau pekerja

Usaha es teler ini merupakan bisnis yang dapat dikerjakan sendiri oleh pelaku usahanya. Namun jika tidak memiliki waktu yang banyak untuk menjalankan bisnis es teler ini bisa juga dengan merekrut beberapa orang untuk menjalankan bisnis es teler ini.

Karyawan yang Sedulur rekrut nantinya akan bertanggung jawab dalam mengelola bisnis es teler ketika Anda sedang sibuk dengan urusan lainnya. Karyawan ini akan mendapatkan gaji Rp. 600.000 atau Rp. 800.000 dalam setiap bulannya.

5. Melakukan promosi

Jangan lupa untuk melakukan promosi. Setiap usaha membutuhkan promosi, termasuk dalam menjalankan usaha es teler. Media yang ampuh dan efektif untuk digunakan dalam promosi adalah spanduk.

Buatlah spanduk dengan tulisan yang berisi jenis menu yang disediakan, lalu tambahkan gambar foto es teler yang dijual semenarik mungkin dengan warna yang lebih menggoda sehingga membuat orang yang melihatnya menjadi tergoda dan ingin segera mencicipinya.

6. Menyesuaikan harga

Jangan lupa untuk menyesuaikan harga, sesuaikan tergantung tempat usaha es teler dilakukan. Es teler yang ditawarkan atau dijual di lingkungan kampus atau sekolahan tentu tidak akan sama dengan harga es teler yang dijual di tempat usaha atau mall.

Harga es teler termurah dalam seporsinya adalah sekitar Rp. 4.500 hingga Rp. 6.000 dan untuk harga es teler yang paling mahal yang dapat ditawarkan adalah dengan harga Rp. 8.000 sampai Rp. 11.000 dalam setiap porsinya.

7. Penting untuk melakukan riset pasar

Penting bagi Sedulur untuk melakukan riset pasar. Dengan melakukan riset pasar, Sedulur dapat mengetahui apakah bisnis yang Sedulur jalankan sesuai dengan pasar yang ada di wilayah Sedulur. Selain itu, Sedulur juga bisa mempelajari persaingan yang ada dan mencari tahu bagaimana strategi yang tepat untuk bersaing dengan mereka.

8. Bangun relasi

Sedulur dapat mencari dukungan dari komunitas bisnis lokal atau bergabung dengan kelompok pengusaha sejenis untuk mendapatkan wawasan dan peluang belajar dari pengalaman orang lain di industri yang sama.

Ini dapat membantu Sedulur memperoleh wawasan baru dan mengeksplorasi peluang untuk meningkatkan bisnis es teler Sedulur. Ketika menjalankan usaha, Sedulur harus selalu terbuka terhadap perubahan dan inovasi.

Selalu mencari tren terbaru dan berinovasi dalam produk dan layanan Sedulur dapat membantu memenuhi permintaan pasar yang berkembang dan menarik lebih banyak pelanggan. Cobalah hal baru dan kembangkan produk dan layanan yang unik untuk meningkatkan daya tarik bisnis Sedulur.

BACA JUGA: 25 Resep Minuman Segar Untuk Buka Puasa yang Mudah Dibuat

Resiko usaha es teler

usaha es teler
Detik

Selain peluang usaha es teler, ada hal lain yang perlu Sedulur pertimbangkan yaitu resiko usahanya. Resiko yang ada pada es teler yang biasa dialami oleh para penjual atau pedangan es teler yaitu tidak habis terjual es telernya karena tidak banyak orang yang membeli es teler tersebut.

Faktor tidak terjualnya es teler tersebut adalah seperti cuaca yang tidak mendukung seperti musim hujan, bila cuaca sedang terik tentu banyak yang membeli es teler untuk melegakan dahaga selain hal tersebut hal lain yang mempengaruhi penjualan adalah persaingan usaha yang ketat.

 Dalam mengatasi masalah cuaca yang tidak mendukung, Sedulur sebaiknya mengurangi pembelian bahan baku sehingga tidak akan membuang percumaa bahan baku yang dibeli. Untuk mengatasi masalah lainnya seperti persaingan yang ketat maka bisa diatasi dengan cara terus berusaha menjajakan produk es teler yang enak dan berkualitas.

Sehingga para konsumen nantinya akan datang dengan sendirinya bila mereka mengetahui bahwa kualitas dan rasa es teler yang Sedulur tawarkan lebih nikmat dan enak dibandingkan dengan lainnya.

BACA JUGA: Resep 5 Minuman Dingin Khas Surabaya Paling Menyegarkan!

Rekomenadasi resep es teler

Bagi Sedulur yang tertarik untuk menjalankan usaha es teler ini, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi resep yang bisa Sedulur jadikan menu untuk menjual es teler. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini:

1. Es teler original

usaha es teler
Kei Coffee

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah alpukat, belah dan ambil dagingnya
  • 4 suwir daging nangka sesuai selera, buang bijinya dan potong kecil-kecil
  • 1 buah kelapa muda, keruk dagingnya
  • Susu kental manis vanila atau cokelat sesuai selera
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Siapkan semua bahan di atas meja. Ambil gelas atau mangkuk saji.
  2. Tata es batu di atas wadah.
  3. Kemudian, tata juga buah yang sudah disiapkan. Urutannya terserah atau acak saja sesuai selera dan kreasi Sedulur.
  4. Siram dengan susu atau krimer kental manis sesuai selera. Cukup beberapa sendok makan saja, sih.
  5. Aduk rata dan biarkan es agak mencair selama beberapa menit di suhu ruangan. Kalau ingin lebih cepat dan nikmat, silakan es diserut dulu atau diblender agar lebih mudah disantap dan tak perlu menunggu hingga cair.

2. Es teler durian

usaha es teler
Treat Cafe

Bahan yang dibutuhkan:

  • 4 potongan durian, ambil dagingnya saja
  • 2 alpukat, belah dan ambil dagingnya
  • 2 suwir nangka, potong kecil-kecil
  • 1 kelapa muda, serut dagingnya
  • 1-2 sdm krimer kental manis
  • 3 sdm nata de coco
  • Susu cair sesuai kebutuhan
  • Es serut sesuai selera

Cara membuatnya:

  1. Siapkan semua bahan, kemudian masukkan bahan satu per satu. Mulai dari es serut dulu, disusul dengan buah-buahan dan pelengkap lainnya.
  2. Untuk kuah, hati-hati silakan masukkan pemanis dan susu sedikit demi sedikit dulu. Kalau memilih menggunakan susu cair, silakan kurangi takaran es serutnya agar tidak terlalu encer dan rasanya hambar.

3. Es teler santan

usaha es teler
Revaltiresto

Bahan yang dibutuhkan

  • 100 gr gula pasir
  • 100 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • 350 ml santan
  • 150 ml air kelapa muda
  • ¼ sdt garam

Bahan isi:

  • 3-4 alpukat, ambil dagingnya
  • 250 gr nangka, buang biji dan cincang dagingnya.
  • 2 kelapa muda, ambil dagingnya
  • Es serut
  • 2 sdm krimer kental manis (opsional)

Cara membuatnya:

  1. Larutkan gula dalam air. Rebus bersama daun pandan sampai mendidih. Matikan api, sisihkan.
  2. Rebus juga santan bersama garam dan seikat daun pandan sampai simmer. Angkat dari api dan sisihkan juga.
  3. Siapkan mangkuk saji dan masukkan es serut ke dalamnya.
  4. Masukkan potongan-potongan buah.
  5. Kemudian siram dengan santan, air kelapa. dan sirup dari larutan gula tadi. Takar sedikit dulu agar tidak kemanisan. Kalau ingin lebih creamy dan manis, silakan tambahkan kental manis.

4. Es teler yoghurt

usaha es teler
Ancillandian

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 buah alpukat
  • 2 suwir nangka
  • 200 gr kelapa muda
  • 200 ml yoghurt tawar
  • 1 sdm madu (opsional)
  • Es serut sesuai selera

Cara membuat:

  • Untuk membuat es teler gelas yang sehat ini, Sedulur hanya tinggal menata semua bahan dalam satu wadah. Mulai dengan es serut dulu.
  • Siram dengan yoghurt. Kemudian, tumpuk dengan buah-buahan.
  • Terakhir siram dengan madu bila ingin lebih manis. Tanpanya pun, tetap nikmat dan segar.

5. Es teler spesial

Kuliner Kota

Bahan yang dibutuhkan:

  • 200 ml air kelapa muda
  • 1 alpukat, keruk dagingnya
  • 4 suwir nangka
  • 150 gr daging kelapa muda
  • 150 gr melon
  • 50 gr kolang-kaling
  • 1 bungkus agar-agar warna merah
  • Es serut dan krimer kental manis sesuai selera

Cara membuat:

  1. Masak 1 bungkus agar-agar merah dengan beberapa sdm gula dan 2 gelas air. Cetak dalam loyang dan diamkan sampai mengeras. Simpan dalam kulkas agar nikmat.
  2. Rebus juga kolang-kaling sampai matang dan kenyal. Tiriskan.
  3. Jika agar dan kolang-kaling sudah siap, silakan potong-potong mereka.
  4. Siapkan gelas saji dan tuang es serut.
  5. Tata buah-buahan, agar, dan kolang-kaling di atasnya.
  6. Siram dengan air kelapa dan krimer kental manis. Sajikan.

6. Es teler cake

Dariaran

Bahan yang dibutuhkan:

  • 3 telur utuh
  • 1 putih telur
  • 50 gr gula pasir
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdm maizena
  • 40 gr tepung terigu
  • 60 gr mentega cair
  • 1 sdt pasta pandan
  • ½ sdm susu bubuk atau krimer nabati

Bahan krim kelapa:

  • 400 ml santan kental yang disimpan di kulkas semalaman atau heavy cream dingin

Bahan saus alpukat:

  • 3 alpukat, ambil dagingnya
  • 2 sdm susu kental manis
  • 60 ml air putih

Bahan pelengkap:

  • Potongan buah nangka
  • Serutan buah kelapa muda

Cara membuat:

  1. Buat kue dulu dengan mengocok telur, putih telur, tepung terigu, susu bubuk, baking powder, maizena dan gula. Kocok hingga mengembang dan berjejak.
  2. Tuang mentega cair, aduk rata sampai tidak ada mentega cair yang mengendap di bawah adonan.
  3. Masukkan pasta pandan, aduk rata kembali dengan spatula.
  4. Cetak adonan dalam loyang yang sudah dilapisi mentega tipis. Panggang dalam oven sampai matang.
  5. Sembari menunggu, mari membuat krim kelapanya. Ambil santan dari kulkas dan ambil bagian yang mengeras atau mengendap, buang air beningnya. Jika pakai heavy cream langsung saja tuang dalam wadah.
  6. Kocok menggunakan mixer sampai mengembang membentuk frosting. Sisihkan dulu. Sedulur bisa menambahkan madu atau sirup untuk membuatnya manis. Namun, pastikan dulu heavy cream-nya tawar.
  7. Buat saus alpukat dengan memblender daging alpukat dengan krim kental manis dan sedikit air. Kalau sudah halus, masukkan gelas. Sisihkan sebentar.
  8. Cek kue dan angkat dari oven. Keluarkan dari loyang dan potong ukurannya sesuai wadah yang akan dipakai.
  9. Letakkan di bagian paling bawah wadah. Lapisi dengan whipped cream, kemudian tumpuk dengan saus alpukat. Lapisan ketiga adalah kue lagi. Disusul whipped cream dan sisa saus alpukat. Terakhir, topping buah-buahan dan mungkin saja siraman madu atau gula merah. Selesai.

Nah itulah penjelasan terkait peluang usaha es teler, beserta dengan risikonya dan rekomendasi menu yang bisa Sedulur tawarkan untuk pembeli. Semoga usaha es teler bisa jadi jalan bagi Sedulur untuk membuka pintu rezeki dan memberikan pemasukan yang cukup untuk menjalani kehidupan, ya!