Sedulur tertarik membuka usaha kuliner? Seblak mungkin bisa jadi salah satu usaha yang Sedulur coba. Makanan berkuah dan pedas dari Jawa Barat ini, cocok dikonsumsi di segala cuaca, terutama saat hujan. Namun, sebelum memutuhkan untuk membuka usaha ini, Sedulur perlu tahu tips membuka usaha seblak terlebih dahulu.

Jangan khawatir, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama seperti apa tips membuka usaha seblak. Tentu tips kali ini bisa Sedulur jadikan sebagai panduan saat menjalankan usaha kuliner di masa yang akan datang. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya berikut!

BACA JUGA: 8 Resep Seblak Kuah Pedas Nagih Isian Lengkap 

Tips membukan usaha seblak

Menjalankan usaha tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, Sedulur perlu mengetahui tips dan langkah-langkah yang harus dilakukan. Nah, sebagai gambaran bagi Sedulur yang ingin menjalankan usaha ini, berikut ini beberapa tipsnya:

-->

1. Siapkan alat memasak

tips membuka usaha seblak
iStock

Hal penting yang perlu Sedulur persiapkan dalam memulai usaha seblak, yakni menyediakan alat-alat untuk memasak. Pastikan Sedulur memiliki peralatan yang dibutuhkan seperti wajan, panci, spatula, pisau, talenan, kompor, wadah bersih hingga sendok dan garpu untuk kepentingan produksi.

Sedulur bisa menyiapkan peralatan memasak yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan. Untuk awal, Sedulur tidak perlu menyiapkan peralatan dalam jumlah banyak. Jika Sedulur memulai usaha dengan skala yang kecil, peralatan memasak bisa disesuaikan.

Jangan lupa juga pertimbangkan modal yang dimiliki. Peralatan masak merupakan investasi bisnis Sedulur, karena penting untuk produksi. Maka jangan sungkan untuk membeli peralatan dengan kualitas yang baik.

2. Cari pemasok bahan baku

tips membuka usaha seblak
Batamnews

Tips membuka usaha seblak selanjutnya yaitu mencari pemasok bahan baku atau supplier. Adapun bahan-bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat seblak, yaitu kerupuk, aneka sayuran, seperti daun bawang dan sawi, mie, telur, aneka topping, dan bumbu lainnya.

Pastikan Sedulur bisa mendapatkan bahan-bahan baku tersebut dengan harga murah. Jadi, ongkos produksi untuk membuat seblak per porsinya lebih murah dan keuntungan yang Sedulur dapatkan maksimal.

Sedulur juga bisa bekerja sama dengan para pedagang sayur di sekitar lingkungan tempat tinggalmu, atau menjadi langganan dari pedagang bahan baku di pasar. Biasanya, pembelian bahan baku dalam jumlah besar akan dikenai potongan harga sehingga lebih murah.

Jangan lupa untuk memastikan bahan baku yang digunakan berkualitas, ya. Sebab, kesegaran dan kualitas bahan baku akan berpengaruh pada hasil masakan hingga cita rasanya. Jika Sedulur ingin bahan baku yang berkualitas dengan harga murah, Sedulur bisa belanja di Aplikasi Super, ya!

3. Tentukan lokasi usaha

tips membuka usaha seblak
blokTuban

Lokasi menjadi poin penting bagi Sedulur yang ingin membuka usaha kuliner, menentukan lokasi usaha yang tepat juga merupakan tips membuka usaha seblak yang perlu Sedulur perhatikan. Daerah sekolah atau lingkungan perkantoran merupakan tempat ideal untuk membuka usaha ini.

Selain itu juga tempat-tempat umum seperti stasiun, terminal dan berbagai tempat fasilitas publik bisa jadi alternatif pilihan lokasi usaha. Jika tempat tinggal Sedulur telah berada di lingkungan yang strategis, maka bisa langsung membuka bisnis seblak rumahan. Cara seperti ini cukup efektif untuk menarik pelanggan. Sedulur juga tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membayar sewa tempat usaha.

4. Inovasi sajian seblak

Kompas

Bagi Sedulur yang ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal, tentu membuat usaha menjadi lebih menarik adalah cara yang efektif. Selain dapat meningkatkan pelanggan, dengan inovasi usaha yang lebih menarik juga bisa membuat Sedulur lebih bersaing dengan pesaing bisnis lainnya.

Salah satu cara yang efektif yaitu dengan meningkatkan inovasi sajian seblak, agar menu yang dibuat berbeda dengan pesaing dan membuat pelanggan mendatangi Sedulur. Salah satunya dengan bisa membuat topping untuk menambah variasi sajian seblak. Kamu juga perlu melakukan berbagai eksperimen dan mencoba berbagai rekomendasi menu lalu memodifikasinya sehingga bisa menjadi resep khas miliki Sedulur.

5. Tetapkan harga bersaing

Qraved

Meskipun usaha seblak banyak diminati sehingga target pasarnya sangat luas, akan tetapi jumlah pesaingnya pun tak main-main. Bisnis kuliner yang cukup naik daun ini banyak tersebar di berbagai wilayah. Jadi, kompetitor yang Sedulur miliki akan sedikit lebih banyak ketimbang bisnis lain.

Oleh karenanya, Sedulur perlu menentukan harga jual makanan seblak yang pas sehingga bisa bersaing di pasaran. Dalam hal ini, Sedulur bisa melakukan riset pasar sehingga bisa mendapatkan harga jual yang relevan dengan target pasar.

Sesuaikan juga dengan besaran modal, ongkos produksi, dan biaya lain sehingga harga jual yang Sedulur bisa tetap menghasilkan keuntungan sepadan.

6. Sediakan layanan pesan antar

iStock

Untuk memberikan pelayanan terbaik, Sedulur bisa menyediakan layanan pesan antar bagi konsumen. Ditambah lagi, saat ini sudah tersedia aplikasi layanan pesan antar dan Sedulur bisa bekerja sama dengan berbagai aplikasi tersebut.

Cara ini juga merupakan bagian dari Sedulur melakukan marketing secara digital. Namun, saat akan menggunakan aplikasi tersebut, Sedulur harus memahami syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing aplikasi.

Perhatikan juga kualitas rasa dan kemasan yang digunakan. Jangan sampai pelanggan kecewa karena makanan yang mereka dapatkan tak sesuai. Berjualan seblak dengan aplikasi makanan yang menyediakan layanan pesan antar ini dinilai praktis untuk penjual maupun pembeli.

Terlebih, ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan. Mulai dari banyaknya promo hingga kemudahan transaksi.

7. Jual seblak instan

Endeus TV

 Inovasi yang bisa Sedulur lakukan selanjutnya yaitu dengan menjual seblak instan. Inovasi ini bisa jadi cara yang efektif bagi Sedulur untuk memaksimalkan keuntungan. Seblak instan ini hampir mirip dengan bisnis frozen food.

Sedulur mengemas bahan-bahan baku dalam wadah tertentu, jadi pelangganlah yang akan memasaknya sendiri hingga siap untuk disajikan. Saat ini, seblak instan menjadi salah satu makanan ringan yang populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya dijual secara offline, tetapi juga dapat dipasarkan online.

Jika Sedulur ingin menjual seblak instan, pastikan bahan baku yang digunakan berkualitas dan tahan lama. Jadi, pelanggan bisa tetap menikmati hidangan seblak yang fresh. Perhatikan juga kemasan yang digunakan untuk seblak instan. Pastikan kemasannya kokoh sehingga melindungi keseluruhan isi bahan baku seblak.

Selain itu, Sedulur dapat mengreasikan kemasan seblak dengan berbagai desain wadah. Misalnya plastik bening, standing pouch, kemasan dengan tutup zip lock, dan lainnya.

BACA JUGA: Resep Seblak Goreng yang Mudah, Pedas dan Dijamin Enak

Peluang usaha seblak

Kompasiana

Selain mengetahui tips membuka usaha seblak di atas, tentu Sedulur juga harus mengetahui apa saja peluang usaha seblak satu ini. Selain sebagai gambaran bagi Sedulur juga untuk semakin meyakinkan Sedulur saat menjalankan usaha satu ini!

1. Modal yang minim

Usaha seblak merupakan salah satu usaha dengan modal minim, untuk menjalankan usaha ini Sedulur hanya membutuhkan modal sekitar Rp5 juta saja. Dengan modal tersebut, Sedulur sudah bisa menjalankan usaha satu ini. Bukan hanya itu, usaha seblak juga merupakan salah satu usaha yang memungkinkan Sedulur bisa balik modal dengan cepat. Hal tersebut disebabkan karena minat pasar yang tinggi.

2. Bahan baku murah dan mudah didapat

Salah satu keuntungan menjalankan usaha seblak yang merupakan peluang usaha seblak itu sendiri, yaitu mendapatkan bahan baku yang murah dan mudah didapatkan. Bahan-bahan seperti kerupuk kanji mentah, telur ayam, daun bawang, seledri, garam, penyedap rasa, kecap, cabai rawit. bawang merah, bawang putih dan kencur bisa didapatkan dengan mudah. Namun pastikan Sedulur mendapatkan bahan yang berkualitas ya!

3. Target pasar yang besar

Peminat seblak sangat banyak dan beragam, tentu hal ini membuat usaha satu ini memiliki target pasar yang besar dan luas. Ditambah jika Sedulur melakukan inovasi bisnis, mulai dari varian menu dan berbagai strategi yang diterapkan. Tentu hal tersebut bisa menarik banyak minat pelanggan.

4. Marketing yang mudah

Strategi pemasaran seblak cukup mudah dilakukan, Sedulur bisa memanfaatkan media sosial. Buat gambar atau foto semenarik mungkin, berikan promo untuk setiap minimum pembelian supaya lebih menarik minat anak muda untuk mampir mencicip semangkuk seblak. Agar lebih menarik, desain lokasi atau toko dengan hiasan kekinian dan berikan signature agar lebih mudah diingat.

5. Pembuatan yang mudah

Peluang terakhir yaitu pembuatan seblak yang mudah dan tidak ribet. Sedulur hanya perlu merendam kerupuk dalam air panas dan biarkan mengembang, lalu beri sedikit minyak agar tidak lengket. Selanjutnya haluskan bumbu yang dibutuhkan dan tumis hingga harum.

Kemudian tambahkan irisan daun seledri dan duan bawnag, aduk hingga merata. Lalu masukkan kerupuk yang sudah lembek dan beragam topping tambahan ke dalam wajan berisi bumbu tumis. Kemudian tambahkan kocokan telur dan orak-arik.

Keempat, setelah air sedikit menyusut, masukkan air lagi (sedikit), garam dan penyedap rasa. Aduk hingga menguap, barulah masukkan kecap, dan dilanjutkan hingga air menguap. Terakhir, sajikan selagi hangat dalam mangkuk.

Demikian tadi tips membuka usaha seblak berserta dengan potensi dan peluang membuka usaha satu ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur dalam memberikan panduan menjalankan bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulannya.

Agar bisa lebih untuk, Sedulur bisa membeli setiap bahan yang dibutuhkan di Aplikasi Super. Maka dari itu, Sedulur bisa download terlebih dahulu Aplikasi Super di Google PlayStore. Gunakan aplikasi untuk belanja berbagai bahan baku berkualitas.

Aplikasi Super juga menyediakan layanan pengiriman gratis ongkir, sehingga Sedulur tidak repot keluar untuk membeli berbagai kebutuhan bahan baku. Jadi buruan belanja sekarang juga!