Tertarik membangun startup? Simak tips membangun startup di bawah ini, agar semakin percaya diri.

Startup saat ini menjadi trend bisnis yang sangat banyak diminati oleh para pelaku bisnis. Banyak startup yang lahir dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal tersebut dikarenakan selain karena perkembangan teknologi yang canggih, banyak celah yang bisa dilakukan oleh startup.

Startup pada dasarnya memberikan inovasi dan solusi untuk setiap permasalahan sehari-hari dengan teknologi yang ditawarkan. Saat ini banyak startup yang sukses karena kebutuhan masyarakat yang tinggi.

Jika Sedulur Super tertarik membangun startup, simak tips membangun startup di bawah ini, agar Sedulur Super semakin percaya diri dalam menjalankan startup. Seperti apa saja tips-nya? Yuk mari kita simak ulasannya.

-->

Baca Juga:Tips Bisnis di Tengah Pandemi

Tips Membangun Startup

1. Tentukan Ide Startup dari Masalah yang Ditemui Sehari-hari

Pada dasarnya, perusahaan startup adalah sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi untuk menyelesaikan masalah yang ditemui oleh masyarakat setiap hari. Oleh karena itu, kita dapat memulai memikirkan konsep startup dari apa yang kita rasakan setiap hari.

Amati kehidupan sehari-hari masyarakat, permasalahan apa yang menganggu dan yang dapat diselesaikan oleh teknologi. Para pengusaha startup juga berawal dari melakukan hal tersebut.

Contohnya Travis Kalanick dan Garrett Camp menciptakan Aplikasi Uber karena mereka kesulitan untuk memesan taksi. Mereka meyakini itu adalah sebuah masalah yang sering ditemui di masyarakat sehari-hari saat memesan taksi.

Nadiem Makarim, pendiri Go-Jek, memiliki ide berawal dari permasalahan dalam memesan ojek yang dialaminya. Tarif ojek yang tidak sesuai dengan jarak, dan pelayanan yang urakan dan bahkan tidak bertanggung jawab.

Bahkan Aplikasi Super pun sebagai sebuah platform digital dan juga startup, berawal dari permasalahan setiap masyarakat dalam kulakan sembako yang sangat ribet dan membutuhkan waktu yang banyak. Akhirnya, Aplikasi Super menciptakan sebuah layanan belanja sembako online yang jauh lebih mudah.

2. Pilih Co-Founder dari Lingkungan Terdekat

Setelah memiliki ide, carilah seseorang untuk membangun startup bersama. Hal ini sangat penting di fase awal membangun sebuah startup saat dibangun dari 0 (nol) karena kita tidak dapat menjalankan dengan sendirian.

Kita dapat mencari seorang co-founder atau wakil kita dari lingkungan terdekat yang terlebih dahulu yang biasa bertemu dan bertukar gagasan. Bisa dari teman hingga seseorang yang kita temui di sebuah kegiatan

Pilih co-founder yang memang cocok dengan kita, baik secara gagasan dan secara visi dalam melihat perkembangan dunia bisnis, terutama bisnis start-up. Jangan salah pilih partner, jika ingin startup kita berkembang dengan pesat.

3. Berjalan Bertahap

Mungkin banyak yang berpendapat jika untuk memulai sebuah startup membutuhkan hal-hal yang luar biasa ribet. Seperti misalkan dana yang besar hingga anggota tim yang besar. Hal tersebut tentu saja salah besar.

Sebetulnya, kita bisa memulai startup dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu, dan bisa berjalan secara bertahap dan pelan-pelan. Seperti misalnya, pertama-tama buatlah terlebih dahulu aplikasi atau website yang sederhana (tahap beta) dengan dana yang seminimal mungkin.

Selanjutnya, baru membuatnya semakin kompleks seiring berjalannya waktu dan permintaan. Kitsa juga dapat mengikuti berbagai seminar atau workshop yang berkaitan tentang startup. Banyak sekali seminar atau workshop yang memberikan pemahaman membangun startup dari berbagai sisi

Mulai dari membangun konsep, Human Resource, Finance, hingga Programming. Pelatihan dan kursus merupakan hal yang sangat penting untuk kita dalam membangun start-up. Selain menambah wawasan kita dalam menjalankan startup, juga akan meningkatkan mentalitas bisnis kita.

4. Minta Saran dan Pendapat dari Konsumen

tips membangun startup selanjutnya  tidak akan bisa lepas dari feedback user startup yang kita jalani. Karena kita harus terus memahami apa yang diminta dan dibutuhkan oleh konsumen kita. Waktu untuk mendapatkan saran dan pendapat dari konsumen adalah pada saat tahap percobaan.

Dengan cara ini kita akan terus membangun startup dengan pendekatan customer-oriented yang mempunyai kesempatan besar untuk memiliki konsumen yang loyal terhadap startup kita. Jika telah memiliki konsumen loyal, produk apapun pasti akan dibeli,

5. Bangun Relasi dan Lakukan Kolaborasi

Sama seperti manusia yang tidak bisa survive jika hanya sendirian. Startup pun juga membutuhkan pihak lain untuk terus bisa survive dan sustainable, apalagi jika kita benar-benar membangun startup dari nol.

Oleh karena itu, kita membutuhkan relasi dengan cara terus menerus mengembangkan relasi dan jaringan bisnis. Dengan relasi yang luas, kita bisa memiliki banyak opsi kesempatan untuk berkolaborasi dengan pihak lain untuk menghasilkan kerja sama yang menguntungkan.

Salah satu cara untuk meluaskan relasi dan jaringan adalah dengan terus bersosialisasi atau gabung dengan komunitas startup. Selain akan mendapatkan pengetahuan, kita juga akan mendapatkan pengalaman dari sesame pengusaha dalam menjalankan startup.

Namun, jika cara membangun startup di atas dirasa masih terlalu sulit, kita bisa memulai usaha dari yang tingkatnya lebih kecil dulu. Semisal menjual sembako atau kebutuhan-kebutuhan dasar bagi masyarakat.

Sambil mengasah mentalitas bisnis dan mengasah visi dalam menjalankan bisnis. Sebelum langsung terjun dalam membangun sebuah bisnis yang tingkatannya lebih tinggi lagi, yaitu sebuah bisnis startup. Kita bisa mencoba berjualan sembako melalui Aplikasi Super.

Aplikasi Super akan memberikan kita keuntungan dan juga pengalaman dalam berbisnis. Banyak kemudahan dan program yang menguntungkan yang akan membantu kita dalam menjalankan bisnis. Sedulur Super juga bisa mendapatkan pengalaman, pemahaman dan juga pemasukan.

Jangan lupa kunjungi laman Aplikasi Super untuk mempelajari lebih lanjut terkait Aplikasi Super. Bagaimana Aplikasi Super bekerja, bagaimana cara daftar Aplikasi Super dan apa saja keuntungan berbisnis menggunakan Aplikasi Super.

Klik di sini bagi Sedulur Super yang belum download Aplikasi Super. Jangan sampai Sedulur Super menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan, pemasukan dan pengalaman dalam berbisnis.

Ingat, pebisnis yang sukses adalah pebisnis yang lahir di masa sulit dan di tengah keterbatasan yang akhirnya melahirkan inovasi dan kreatifitas. Jangan banyak mengeluh dalam menjalankan sesuatu, nikmati segala prosesnya dan rasakan setiap langkah yang akan mengantarkan kita pada kesuksesan.