Menjalankan bisnis di tengah pandemi bukan hal mudah, berikut tips agar bisnis bertahan di tengah pandemi.

Tahun 2020 ini merupakan tahun yang luar biasa, banyak ujian dan cobaan yang harus diterima oleh masyarakat. Ujian terberat di tahun ini adalah menyebarnya virus corona yang berstatus sebagai pandemi secara global

Akibat dari situasi pandemi Covid-19 ini, memberikan beberapa tantangan tersendiri. Termasuk bagi para pebisnis dan pengusaha. Pembatasan sosial sebagai sebuah kebijakan untuk menekan angka penularan Covid-19, memberikan berbagai dampak buruk.

Banyak masyarakat yang dipecat dari pekerjaannya, banyak pedagang yang usahanya gulung tikar dan akibat dari pembatasan sosial itu sendiri adalah menurunnya daya beli dari masyarakat akibat tidak leluasa berbelanja.

-->

Dampak tersebut memberikan kesulitan bagi pebisnis dan pengusaha di tengah pandemi seperti saat ini. Namun, kondisi ini juga bisa menguatkan mental pengusaha yang kuat dan tahan banting. Ada beberapa tips bisnis di tengah pandemi yang bisa mempertahankan bisnis yang kita jalani.

Seperti apa saja tips bisnis di tengah pandemic yang dimaksud? Yuk, mari kita simak penjelasan dan ulasannya.

Baca Juga: Ide Bisnis yang Menarik di Hari Kemerdekaan

Tips Bisnis di Tengah Pandemi Agar Bertahan dan Sukses

1. Inovasi Produk

Bagi Sedulur yang menjalankan bisnis yang mengeluarkan sebuah produk, baik fashion atau kuliner, perhatikan inovasi produk sesuai kebutuhan. Tips bisnis di tengah pandemi satu ini akan memperpanjang umur bisnis yang dijalani.

Jika Sedulur Super menjalankan bisnis di bidang fashion, bisa melihat kebutuhan pasar saat ini berdasarkan tren yang terjadi. Saat ini, akibat Covid-19, banyak masyarakat yang membutuhkan masker. Membuat masker sebagai sebuah produk adalah pilihan yang tepat.

Masker merupakan sebuah inovasi produk yang berdasarkan kebutuhan pasar dan kebutuhan masyarakat. Para pengusaha masker yang telah ada pun tidak akan sanggup memenuhi kebutuhan pasar melihat saat ini pemerintah mewajibkan setiap masyarakat untuk menggunakan masker.

Inovasi produk harus tetap dipikirkan karena membuat inovasi harus melihat tren yang terjadi. Tren merupakan sesuatu hal yang bergerak dan selalu berubah, selain berdasarkan kondisi secara global, banyak faktor yang mempengaruhi tren terjadi.

2. Mengatur Cash Flow

Harus ada yang diubah dalam cara menjalankan bisnis, dari yang semula mode attack menjadi mode survival. Tips bisnis di tengah pandemi saat ini, lebih penting bertahan ketimbang melakukan promosi untuk meningkatkan daya beli masyarakat terhadap produk kita.

Upaya yang dilakukan mulai dari efisiensi biaya untuk kegiatan branding, menunda kegiatan ekspansi perusahaan, hingga menunda promosi lainnya.  Dalam internal perusahaan, wajib diberlakukan unpaid leave, pemotongan gaji bagi beberapa karyawan, dan bahkan pemecatan.

Walaupun berat hati, langkah tersebut dibutuhkan untuk menjaga cash flow jangka panjang mengingat belum adanya kepastian kapan pandemi akan berakhir.

3. Berempati dan Menjaga Komunikasi

Tips bisnis di tengah pandemi yang paling penting adalah bukan hanya sekadar untung tetapi juga menyediakan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan kondisi saat ini, alat kesehatan menjadi hal yang sangat dibutuhkan.

Jangan lupa untuk menyampaikan empati dan menjaga komunikasi terhadap setiap konsumen dan pembeli dari produk kita. Secara aktif menginformasikan apa yang sedang perusahaan lakukan untuk mencegah penularan virus.

Seperti melakukan penyemprotan disinfektan pada gudang, dan pengecekan suhu tubuh pekerja. Hal tersebut dilakukan guna mempertahankan kepercayaan konsumen bahwa perusahaan peduli terhadap kondisi saat ini.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Rudi Antoni, sebagai seorang pakar bisnis, membenarkan bahwa pada situasi saat ini penting bagi perusahaan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen, karyawan, komunitas, juga mitra.

Hal ini dilakukan untuk memunculkan rasa saling empati dan peduli satu sama lain, dan juga sebagai media untuk menguatkan satu sama lain di tengah kondisi pandemi virus corona saat ini.

4. Melakukan Strategi Marketing yang Baru

Selama masa pandemi ini, terjadi pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Masyarakat cenderung akan mengesampingkan hal-hal sekunder, seperti kebutuhan fashion, termasuk sepatu. Memberikan potongan harga untuk semua produk adalah salah satunya strategi marketing baru.

Keputusan membeli konsumen ditentukan oleh logika sebesar 20% dan emosional sebesar 80%. Oleh karena itu, perusahaan perlu untuk memaksimalkan aspek emosional pembeli, misalnya dengan mendonasikan sebagian keuntungan untuk kepentingan kemanuasiaa.

Hal ini juga merupakan salah satu strategi marketing baru di tengah masa pandemi saat ini, juga merupakan sebuah cara jitu sebagai tips bisnis di tengah pandemi virus corona saat ini.

5. Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Pondasi Bisnis

Tips bisnis di tengah pandemi selanjutnya adalah memanfaatkan media sosial sebagai pondasi berbisnis. Pembatasan sosial, jaga jarak dan juga hal lain yang berkaitan dengan berhubungan secara langsung menjadi hambatan dalam menjalankan bisnis.

Menggunakan media sosial adalah keputusan yang tepat agar bisnis tetap bisa berjalan. Kita tetap bisa menjual produk secara online, atau juga membeli berbagai kebutuhan bisnis juga dilakukan secara online.

Memanfaatkan media sosial dan teknologi informatika adalah langkah yang tepat. Hal tersebut juga yang dilakukan oleh para pengusaha toko kelontong dan sembako. Terdapat sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako bernama Aplikasi Super.

Aplikasi Super memberikan harga murah dan belanja sembako dengan mudah. Para pengusaha sembako memanfaatkan Aplikasi Super untuk memenuhi setiap kebutuhan sembako yang akan dijual kembali.

Selain itu juga Aplikasi Super memiliki beberapa program yang menguntungkan, yaitu Super Agen, Supercenter, dan Toko Saya. Setiap dari program Aplikasi Super dapat memberikan keuntungan bagi siapapun yang menjalankan bisnis di tengah masa pandemi virus corona saat ini.

Klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan jangan lupa kunjungi laman Aplikasi Super untuk mempelajari lebih lanjut tentang Aplikasi Super, termasuk cara daftar Aplikasi Super.