15 Cara Dapat Penghasilan Tambahan dari Internet di 2020

Butuh uang tambahan? Yuk, simak cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet di bawah ini.

Selain skill dan soft skill, terdapat beberapa cara lain untuk menghasilkan tambahan. Salah satu cara paling ampuh adalah mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Saat ini, internet merupakan salah satu tempat untuk menghasilkan uang yang sangat tinggi.

Selain itu, untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet sama sekali bisa dilakukan tanpa modal. Hal ini tentu saja sangat menggiurkan, oleh karena itu mulai banyak orang yang mencari penghasilan tambahan dari internet saat ini.

Artikel kali ini akan membahas cara mendapat tambahan penghasilan dari internet yang bisa Sedulur lakukan. Karena beberapa cara dapat penghasilan tambahan dari internet tidak begitu sulit, dan sebagian juga berkaitan dengan hobi. Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya.

Baca Juga: 9 Peluang Usaha Baru 2020, Tambah Penghasilan dari Rumah

Daftar Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Internet

1. Survey Online Berbayar

Survey Online Berbayar

Jika Sedulur pernah melakukan survey, kurang lebih survey online tidak jauh berbeda dengan survey biasa. Hanya saja, survey dilakukan secara online. Banyak perusahaan yang memberikan tarif pada responden untuk mendapatkan data mengenai produk dari perusahaan tersebut.

Melakukan survey online berbayar bisa membuat Sedulur mendapatkan penghasilan tambahan dari Internet. Bukan hanya berbentuk uang, kadang tarif dari survey online juga diberikan dalam bentuk pulsa atau paket data internet.

Salah satu syarat yang dibutuhkan untuk menjadi responden dalam survey online adalah koneksi internet yang stabil. Sedulur tidak memerlukan modal lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet satu ini.

2. Freelancer Penulis

Freelancer Penulis

Cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet selanjutnya adalah dengan menjadi freelance penulis. Sedulur hobi menulis atau ahli merangkai tulisan indah? Sedulur bisa mencari penghasilan tambahan dengan menjadi freelancer penulis atau content writer.

Sedulur harus mengetahui bahwa di era digital seperti saat ini, pekerjaan sebagai penulis konten sangat diminati oleh sebagian orang karena banyak perusahaan yang membutuhkan skill penulis untuk brand awareness dan meningkatkan omset bisnis.

Menjadi seorang freelancer penulis memang sangat menguntungkan. Jam kerjanya pun bebas dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Selain itu, Sedulur juga tidak perlu mengeluarkan modal untuk jadi seorang freelancer penulis, yang Sedulur lakukan hanyalah laptop atau gadget lainnya dan koneksi internet.

Selain itu juga saat ini terdapat beberapa situs yang menawarkan pekerjaan dan project untuk menulis artikel SEO (search engine optimization), dengan optimalisasi pencarian dari google, Sedulur bisa mendapatkan pemasukan tambahan yang diberikan oleh google yang didapat dari iklan-iklan produk.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Bagi Pemula & Pemalas

3. Vlogger dan Blogger

Vlogger dan Blogger

Cara mendapat penghasilan tambahan dari internet selanjutnya adalah menjadi blogger atau vlogger. Tidak ada yang menyangka, bahwa dengan menjadi vlogger bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Di era serba digital dan teknologi yang serba canggih seperti saat ini, sebagian besar orang menghabiskan waktunya mengunjungi internet, dan memanfaatkan internet untuk kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut bisa menjadi kesempatan bagi Sedulur untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari interet, baik dengan membuat konten blog dan atau video yang diupload di YouTube. Pelajari lebih lanjut terkait menjadi vlogger dan blogger agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

4. Online Shop

Online Shop

Berjualan secara online juga dapat menjadi cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Berjualan online shop juga tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan meski tanpa modal sama sekali.

Sebelum memulai jualan online shop, tentu Sedulur harus mencari jenis bisnis yang cocok untuk Sedulur kelola, seperti bisnis fashion, makanan, dan lainnya. Setelah itu, baru deh, Sedulur membuat akun di berbagai platform media sosial seperti Instagram, facebook, dan twitter. Sedulur juga bisa membuat akun di marketplace.

Dengan memanfaatkan media sosial, bisnis online shop yang Sedulur buat akan dikenal oleh banyak orang. Terlebih lagi, berbisnis di media sosial bisa menaikkan omset penjualan, lho! Jadi, jangan lupa manfaatkan media sosial ya, Sedulur Super!

5. Menjadi Fotografer

Menjadi Fotografer

Cara cari penghasilan tambahan dari internet selanjutnya adalah menjadi fotografer. Sedulur hobi memotret dan memiliki pengalaman banyak dalam dunia fotografi? Hal tersebut bisa  dimanfaatkan dengan maksimal oleh Sedulur.

Selain sebagai media untuk menyalurkan hobi juga dapat dijadikan ajang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Apalagi sekarang ini banyak orang yang membutuhkan fotografer tidak hanya untuk acara pernikahan, tetapi juga untuk foto produk bisnis.

Selain itu juga Sedulur bisa upload foto-foto hasil jepretan dan upload di beberapa web seperti Fotolia, Shutterstock, Dreamstime dan banyak lagi. Dari itu Sedulur bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari internet sesuai jumlah download foto. Biasanya komisi yang didapat berbeda setiap platform. Sekitar 20-45 persen.

6. Aplikasi Penyedia Jasa Online

Aplikasi Penyedia Jasa Online

Sedulur yang memiliki ketertarikan dalam bidan IT dan komputer, bisa mencoba membuat aplikasi penyedia jasa secara online. Jasa yang bisa ditawarkan banyak, seperti jasa membersihkan ruangan, jasa penerjemahan, dan jasa lainnya.

Karena dengan memiliki aplikasi dan aktif secara online, dapat memberikan penghasilan tambahan dari internet. Penghasilan yang didapat berasal dari iklan yang masuk ke aplikasi yang Sedulur miliki. Saat ini dunia digital, dengan internet sebagai nafasnya telah bisa memberikan peluang yang beragam untuk dapat menghasilkan uang.

7. Memiliki Website

Memiliki Website

­Memiliki website sendiri juga akan sangat menguntungkan bagi Sedulur, dan dapat memungkinkan Sedulur untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Terutama jika kebetulan memiliki hobby menulis dan fotografi.

Website yang Sedulur miliki bisa diisi oleh tulisan dan foto yang Sedulur potret sendiri. Jika website Sedulur menarik banyak pembaca dan pengunjung, pada akhirnya nanti Sedulur akan mendapatkan komisi dari Google yang akan langsung ditransfer ke rekening Sedulur.

8. Digital Marketing

Digital Marketing

Sedulur menyukai bermain medsos? Atau Sedulur kuat dan siap menghabiskan waktu berlama-lama memainkan smartphone untuk melihat media sosial? Jika jawabannya adalah iya, hal ini merupakan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Karena menjalankan Digital Marketing salah satu syarat pentingnya adalah terus memainkan media sosial dan mempromosikan produk dengan sangat menarik. Saat ini, banyak perusahaan yang mulai menggunakan jasa digital marketing dan aktivitasnya hanya seputar dunia maya dan internet saja.

Jika Sedulur merasakan memiliki bakar berjualan dan juga kuat dan tahan lama menggunakan medsos, bisa menjadikan digital marketing sebagai sebuah peluang usaha baru yang sangat wajib untuk dicoba.

9. Reseller

Reseller

Menjadi reseller bisa sangat menguntungkan di era digital saat ini. Sedulur akan bekerjasama dengan sebuah perusahaan yang memiliki produk dan lalu menjual produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Keuntungan menjadi reseller adalah Sedulur akan mendapatkan komisi setiap bulannya.

Selain itu juga, berjualan dengan mengandalkan internet berarti Sedulur mendapatkan penghasilan tambahan dari internet itu sendiri. Oleh karena itu, menjadi Reseller merupakan sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk dicoba.

Selain itu, menjadi reseller tidak terlalu sulit, hal tersebut dikarenakan biasanya produk yang kita jual telah dikenal oleh masyarakat banyak. Dan kita tinggal hanya menjualnya saja. Karena itu, menjadi reseller dianggap sebagai sebuah peluang usaha baru yang sangat menguntungkan.

10. Dropshipper

Dropshipper

Peluang untuk mendapatkan uang dari internet selanjutnya adalah menjadi dropshipper. Menjadi dropshipper. Cara kerja dropshipper sama dengan reseller, namun bedanya menjadi dropshipper tidak akan mendapatkan komisi tambahan dari perusahaan pemilik produk.

Keuntungan yang didapat oleh dropshipper yaitu dari harga yang dinaikan beberapa persen saja dari setiap produk yang dijual. Hal ini sangat menguntungkan jika jumlah barang yang dijual secara banyak.

Walaupun mengambil keuntungan sedikit, jika dikalikan dengan jumlah yang banyak akan memberikan banyak keuntungan juga. Kita hanya perlu rajin menggunakan internet, cek media sosial, dan membaca trend yang sedang disukai oleh masyarakat.

Semoga daftar peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet di atas bisa menjadi penyemangat bagi Sedulur yang sedang giat dan menggebu-gebu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jika penghasilan tambahan dari internet kurang, Sedulur bisa mencoba usaha lainnya. Berikut daftar usaha yang bisa memberikan penghasilan tambahan.

11. Usaha Kue Kering

Usaha Kue Kering

Contoh usaha yang sudah sangat terbukti mampu mengantarkan keuntungan yang sangat melimpah. Terutama jika menjual usaha kue kering pada momen-momen tertentu. Biasanya kue kering akan sangat laku jika dijual pada saat hari raya.

Membuat kue kering pun tidak terlalu sulit dan bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah didapat dan juga harganya sangat murah. Kita bisa semakin banyak mendapatkan keuntungan untuk menjalankan contoh usaha kecil-kecilan satu ini.

Sudah menjadi kebiasaan jika di Hari Raya harus tersedia kue kering sebagai sajian utama, disandingkan dengan berbagai hidangan berat lainnya, seperti opor ayam dan juga gulai. Hari Raya akan semakin lengkap dengan hadirnya kue kering. Hal tersebut yang menjadikan usaha satu ini sangat menguntungkan.

12. Menjual Sarapan

Menjual Sarapan

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia untuk selalu membeli sarapan. Hal ini karena jarang sekali masyarakat Indonesia yang memasak di pagi hari. Selain itu, contoh usaha kecil-kecilan ini juga mematok harga yang sangat murah. 

Hal tersebut yang membuat masyarakat Indonesia lebih memilih untuk membeli makanan untuk sarapan daripada memasak langsung. Sarapan yang umum dijual adalah bubur, ketoprak, ketupat hingga soto.

13. Membuat Parcel 

Membuat Parcel

Contoh usaha sangat menguntungkan untuk dilakukan, sama seperti kue kering. Usaha satu ini juga remain sekali pesanan ketika memasuki momen Hari Raya. Banyak masyarakat yang saling berbagi dan mengirim parcel untuk kerabat atau rekan kerja.

Sebagai bukti jalinan persahabatan atau juga bukti memperpanjang silaturahmi. Parcel menjadi simbol kasih sayang di Hari Raya. Menjalankan usaha parcel sebagai contoh usaha kecil-kecilan sangat menguntungkan sekali.

14. Berjualan Kerajinan Tangan

Berjualan Kerajinan Tangan

Contoh usaha lain yang bisa memberikan penghasilan tambahan adalah menjual kerajinan tangan, terutama kerajinan tangan yang kita buat merupakan kerajinan tangan khas yang tidak dimiliki oleh yang lain. Selain itu, menjalankan usaha ini membuat kita bisa memanfaatkan limbah plastik.

Banyak kerajinan tangan yang terbuat dari limbah plastik, hal ini baik untuk lingkungan kita. Plastik yang memberikan dampak buruk bagi lingkungan bisa kita jadikan sebuah kerajinan seperti tas, dompet hingga karpet.

15. Berjualan Sembako

Berjualan Sembako

Contoh usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang sangat menjanjikan adalah menjual sembako dengan membuka sebuah warung atau toko. Warung merupakan peluang usaha rumahan di desa yang umum kita temui. Hal ini karena sembako merupakan kebutuhan utama masyarakat untuk bertahan hidup.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat toko sembako semakin laris. Kita bisa melakukan promosi atau kerjasama dengan supplier sembako. Yang paling penting adalah menjalin komunikasi yang baik dengan setiap pelanggan adalah kunci utama untuk memajukan toko kelontong.

Satu cara lagi yang bisa kita lakukan untuk memajukan toko kelontong adalah dengan bergabung menjadi Mitra Super Center yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Aplikasi Super merupakan platform digital yang bergerak di bidang sembako. Walaupun hanya contoh usaha kecil-kecilan, namun bisa mengantarkan banyak keuntungan.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan jangan lupa pelajari segala sesuatu terkait Aplikasi Super. Banyak testimoni dari setiap pihak yang telah merasakan langsung manfaat Aplikasi Super. Jangan sampai kita menjadi orang yang melewatkan kesempatan emas untuk mendapatkan keuntungan. Selamat mencoba dan merasakan langsung manfaat dari Aplikasi Super!