penataan toko atk minimalis

Bisnis alat tulis kantor (ATK) menjadi usaha yang tidak akan pernah mati. Hal ini tak lepas dari kebutuhan kertas, bolpen, pensil, dan berbagai alat tulis lainnya yang masih cukup esensial di kehidupan sehari-hari. Namun, ketika Sedulur ingin membuat usaha ATK maka perlu memikirkan tentang penataan toko ATK minimalis yang tepat. Ini supaya toko bisa menampung banyak barang tanpa membuat pelanggan kesulitan mencari barang kebutuhan

Nah, untuk memberikan referensi penataan toko ATK minimalis tersebut, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas ide desain serta tips penataan toko AK minimalis yang bisa jadi panduan Sedulur agar bisa menjalankan bisnisnya dengan baik. Seperti apa saja ide desain dan tipsnya? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 27 Desain Toko Baju Anak Ukuran Kecil dan Minimalis

Ide Desain Toko ATK Minimalis

Sebagai referensi, berikut ini ada beberapa ide desain toko ATK minimalis yang bisa jadi referensi Sedulur. Sebelum Sedulur memahami lebih lanjut tentang bagaimana tips penataan toko ATK yang baik dan minimalis. Yuk kita simak beberapa rekomendasi ide desain yang dimaksud.

1. Ide desain ATK rak berjajar

penataan toko atk minimalis
Japan Crate

Ide penataan ATK minimalis pertama yaitu dengan rak berjajar yang bisa Sedulur lihat dalam foto dan desain pada gambar di atas. Desain penataan di atas bisa diterapkan bagi Sedulur yang memiliki luas tempat yang cukup.

2. Ide desain rak untuk alat tulis

penataan toko atk minimalis
Boston Magazine

Selanjutnya Sedulur bisa mengikuti penataan toko ATK minimalis sebagaimana yang terlihat pada gambar di atas. Terutama bagi Sedulur yang butuh ide desain rak untuk bagian alat tulis. Desain di atas bisa jadi salah satu referensi, ya!

3. Ide desain ATK sederhana

So City

Bagi Sedulur yang terbatas tempat untuk toko ATK, Sedulur bisa mencoba menerapkan ide desain di sebagaimana dalam gambar di atas. Desain di atas juga umum ditemui di beberapa toko ATK.

BACA JUGA: Bikin Pembayaran Makin Mudah, Ini Cara Daftar QRIS Untuk Toko Kelontong

Tips Penataan Toko ATK Minimalis

penataan toko atk minimalis
Pinterest

Selain beberapa ide desain di atas, ada beberapa tips yang perlu Sedulur ketahui dalam penataan toko ATK minimalis. Berikut ini beberapa tips yang bisa Sedulur terapkan.

1. Atur konsep toko

Langkah pertama harus Sedulur pikirkan adalah dengan menentukan konsep toko yang ingin diarahkan seperti apa.  Saat Sedulur sudah menentukan konsepnya seperti apa, jelas akan memudahkan dalam mengaturnya. Apalagi dalam penataan barang yang berjumlah cukup banyak, tentunya bisa sesuaikan saja dari jenis tersedia dari A sampai Z. beberapa ide desain di atas bisa jadi langkah awal bagi Sedulur untuk menentukan konsep yang akan digunakan.

2. Pisahkan jenis ATK

Karena alat perkantoran tersedia cukup banyak, maka pisahkan setiap barang barang yang masuk dalam satu kategori. Semisal saja pensil dan alat tulis lainnya, maka bisa disatukan. Sama seperti halnya dengan kertas kertas yang wajib dijadikan satu tempat. Begitu juga dengan berbagai buku tulis atau peralatan lainnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pembeli untuk dapat bisa memilih perlatan yang dibutuhkan dengan mudah

3. Persiapkan tempat

Ketika setiap barang di pisah pisah per kategori, selanjutnya tinggal persiapkan saja tempatnya. Dalam menyediakan tempat akan disesuaikan dengan konsepnya, jadi tinggal meletakkan barang satu per satu, tempat juga akan sangat menentukan desain yang akan digunakan.

4. Atur tata letak ATK

Sebagaimana sudah dijelaskan kepada kalian semua, dalam penataan memang harus di pisahkan setiap jenisnya atau dalam penataan harus saling berkaitan. Dengan begitu setiap pelanggan yang bertujuan membeli satu barang saja, maka bisa membeli barang lain karena tertarik dengan apa yang dilihat.

5. Mengatur posisi

Pengaturan posisi juga sangat penting sekali, karena itu sangat berpengaruh sekali akan ramainya pengunjung. Apalagi jika barang yang diletakkan tersebut pada posisi yang mana dari awal masuk langsung melihat barang tersebut, oleh karena itu kenapa disarankan agar memilih barang yang sekiranya paling penting.

6. Beri ruang gerak pengunjung

Mengatur ruang gerak pengunjung mengacu juga pada mengatur posisi barang yang dijual, silahkan bayangkan saja ketika kalian pergi ke sebuah toko, lalu akses gerak terbilang sempit. Maka bisa dipastikan pengunjung merasa tidak nyaman sekali, dari pengalaman tersebutlah kenapa mengatur ruang gerak lebih di utamakan.

7. Letakkan meja kasir dengan tepat

Berikutnya tinggal posisikan meja kasir pada titik yang mana setiap pelanggan telah melewati semua barang yang disediakan, dalam artian memposisikan pada tempat yang tidak jauh dari pintu keluar. Umumnya banyak yang menyimpan meja kasir di bagian depan, agar memudahkan pembeli saat selesai melakukan pembelian.

8. Label harga di tiap barang

Agar pelanggan bisa mengetahui harga setiap masing masing barang yang disediakan, dengan begitu pelanggan dapat mengetahui harga setiap item tersedia. Pada tahap ini, bisa sekalian membuat promosi dimana setiap pembelian 2 pcs harga akan lebih murah bila dibandingkan dengan harga per pcs.

9. Mengatur pencahayaan

Meskipun bukan termasuk langkah langkah agar penataan lebih terlihat minimalis, namun semua itu akan lebih sempurna ketika mengatur pencahayaan sesuai dengan konsep awalnya. Dengan memainkan pencahayaan, maka terlihat lebih sempurna dan enak di pandang nantinya.

Nah itulah beberapa tips penataan toko ATK minimalis beserta dengan ide desain toko ATK yang bisa jadi referensi dan rujukan Sedulur. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, terutama bagi yang akan memulai bisnis berjualan ATK.