nama warung unik bahasa jawa

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha apapun itu, penting bagi Sedulur untuk menentukan nama yang baik untuk usaha. Terutama jika Sedulur memutuskan untuk membuka usaha warung, Sedulur bisa memilih nama warung unik bahasa Jawa dengan makna yang baik.

Sebagai referensi dan rekomendasi, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama rekomendasi nama warung unik bahasa Jawa yang bisa jadi pilihan Sedulur. Ada beberapa contoh rekomendasi nama yang bisa jadi pilihan Sedulur, yuk mari langsung kita cek!

BACA JUGA: Dijamin Bawa Hoki! Ini 100+ Nama Usaha yang Bagus & Artinya

1. Toko Sami Mirah

The Jakarta Post

Rekomendasi nama warung unik bahasa Jawa pertama yaitu Toko Sami Mirah. Nama ini merupakan salah satu rekomendasi dari nama toko dalam bahasa Jawa yang bisa Sedulur jadikan sebagai referensi, yaitu toko sami mirah.

Sama seperti nama usaha lainnya, nama toko ini memiliki maknanya sendiri. Arti dari sami mirah adalah sama murah dan juga terjangkau. Menggambarkan suatu produk murah dan bisa dijangkau oleh setiap pembeli dari setiap kalangan.

2. Sami Laris

Selain sami mirah, Sedulur bisa menggunakan nama sami laris. Ini merupakan nama bahasa Jawa lain yang bisa Sedulur jadikan referensi. Makna dari nama ini adalah sama-sama laris atau laku terjual, dengan harapan toko selalu laris nantinya. Perlu diingat, bahwa penggunaan nama itu akan memengaruhi hoki atau tidaknya usaha tersebut. Tentu Sedulur ingin bisnis yang dijalankan laris dan habis dibeli ‘kan?

3. Sami Remen

Ada nama toko dalam bahasa Jawa lainnya yaitu sami remen. Untuk makna yang diambil dari nama usaha tersebut adalah pada suka atau banyak yang menyukai tokonya. Dengan menggunakan nama ini, harapannya usaha Sedulur akan banyak disukai oleh calon pembeli.

4. Artomoro

Sedangkan nama bahasa Jawa lainnya adalah artomoro. Makna dari nama toko tersebut terbagi menjadi dua. Untuk arta artinya adalah uang, lalu moro artinya datang. Dengan menggunakan nama ini, berharap keuntungan akan mudah datang / banyak calon pembeli yang datang.

5. Kawit Esuk

Dalam melakukan usaha bisnis, sudah merupakan suatu kewajiban bagi pebisnis untuk selalu mengupayakan usahanya laku atau laris. Biasanya sebagian besar pebisnis akan memilih untuk membuka tokonya tepat di pagi hari. Di mana masih belum banyak calon pembeli yang lewat.

Pebisnis sudah banyak yang memercayai, bahwa membuka toko atau usaha apa pun sejak pagi hari. Tentu akan mudah mendapatkan rejeki/usahanya lancar. Nah, dalam hal ini Sedulur bisa menamai toko menjadi toko kawit esuk yang berarti sudah buka sejak pagi.

6. Estu Mirah

nama warung unik bahasa jawa

Tidak menutup kemungkinan, bagi setiap pebisnis pasti menginginkan banyak yang membeli produk dagangannya. Biasanya banyak sekali toko yang menawarkan harga terjangkau dari tempat lainnya. Supaya dapat menarik banyak pelanggan.

Sedulur bisa mematenkan hal tersebut juga dengan penggunaan nama toko dalam bahasa Jawa, yaitu seperti toko estu murah. Makna dari nama tersebut adalah benar – benar murah. Jadi, intinya semua produk dagangan memiliki harga yang terbilang cukup terjangkau.

7. Latar Ombo

Sedulur sudah pasti tidak asing lagi bukan dengan nama toko dalam bahasa Jawa satu ini? Biasanya ada beberapa pemilik usaha bisnis yang menamai tokonya dengan nama tersebut, seperti usaha jual beli kayu atau bahkan jasa las.

Jika Sedulur memiliki usaha toko yang terbilang cukup luas halamannya. Cobalah untuk menggunakan nama toko dalam bahasa Jawa latar ombo ini. Makna dari namanya sendiri adalah latar artinya halaman. Sedangkan ombo artinya luas. Jadi, digabung menjadi halaman yang luas.

8. Enggal Sae

Selain itu, ada salah satu nama toko dalam bahasa Jawa yang terbilang cukup unik dan menarik. nama tersebut adalah enggal sae. Menurut informasinya, makna dari nama tersebut adalah segera menjadi lebih baik.

9. Badhe Mriki

Sedangkan untuk nama dalam bahasa Jawa badhe mriki, umumnya memiliki makna mau datang ke sini. Dengan menggunakan nama toko ini, itu berarti Sedulur seakan sedang menawarkan kepada para calon pembeli untuk datang ke toko walau hanya sekedar melihat – lihat.

10. Podo Moro

Biasanya ada beberapa pebisnis yang menggunakan nama bisnisnya, yaitu seperti toko podo moro. Seperti pada rumah makan atau bahkan usaha lainnya. Arti dari nama toko dalam bahasa Jawa tersebut adalah datang kemari.

11. Mreneo

Sedangkan untuk nama toko mreneo memiliki arti kemarilah atau bahkan datanglah. Dengan menggunakan nama toko dalam bahasa Jawa tersebut. Sedulur seakan mengajak calon pembeli untuk datang membeli / sekadar melihat produk / barang dagangan di toko.

12. Klambinan

Kemudian, ada pilihan nama dalam bahasa Jawa lainnya yaitu klambinan. Makna dari nama toko tersebut adalah menggunakan pakaian atau baju. Akan sangat cocok bagi Sedulur yang membuka usaha dengan menerapkan pemakaian baju kerja khusus yang setiap karyawan sama semua.

13.Adem Ayem

Lalu ada nama toko dalam bahasa Jawa lainnya, yaitu adem ayem yang memiliki arti damai dan juga tenteram. Sedulur bisa menggunakan nama ini untuk menggambarkan usaha / toko yang isinya cukup aman, damai dan sangat nyaman. Seperti adanya CCTV / AC supaya pembeli tidak merasa panas.

14. Ampirono

Selain itu, ada nama unik dalam bahasa Jawa lainnya yaitu ampirono. Menurut informasinya, arti dari nama tersebut adalah merujuk pada sebuah perintah ajakan kepada para calon pembeli yang lewat di depan toko Sedulur.

Dengan menggunakan nama toko dalam bahasa Jawa ampirono ini, artinya adalah datangilah. Seakan – akan Sedulur mengajak para calon pembeli untuk masuk dan melihat produk / barang dagangan yang ada. Berharap banyak yang datang untuk membeli.

15. Bejo

Setiap pemilik usaha bisnis pasti menginginkan tokonya laris manis atau selalu laku setiap harinya. Itulah mengapa banyak sekali yang menerapkan penggunaan nama toko yang konon katanya mampu memengaruhi tingkatan kesuksesan seseorang.

16. Saerah

nama warung unik bahasa jawa

Saerah artinya Sae dan Murah. Biasanya nama ini digunakan oleh para pedagang kain, pakaian, dan barang-barang yang biasa digunakan orang. Arti kata sae dalam bahasa Indonesia adalah Bagus, dan rah artinya sama dengan bahasa Indonesia yaitu murah. Artinya pemilik toko menawarkan barang dagangan yang bagus namun dengan harga yang terjangkau.

17. Perko

Nama ini biasanya digunakan oleh para pedagang kaki lima dan berjualan di depan toko. Perko artinya emperan toko. Nama yang sederhana menunjukan kesederhanaan toko yang Sedulur jalankan. Meski nama dan tokonya sederhana, namun tentu saja rejekinya akan mewah luar biasa.

18. Lumintu

Kata tersebut memiliki banyak arti, pertama adalah selesainya satu pekerjaan, pekerjaan lain datang atau berlanjut. Sekian ulasan tentang kumpulan nama toko bahasa jawa dan tips membuat nama toko yang menarik, semoga bermanfaat.

Seperti dengan menggunakan nama toko dalam bahasa Jawa, yaitu bejo. Arti dari nama tersebut adalah beruntung. Berharap dengan menerapkan nama bejo, usaha yang Sedulur jalani akan selalu memberikan keberuntungan.

19. Pada Wareg

Rekomendasi nama warung unik bahasa Jawa selanjutnya yaitu pada wareg. Nama ini cocok untuk nama warung makan atau warung kelontong. Karena nama ini mengandung makna sama-sama (semuanya) kenyang. Tentu saja nama yang sangat disukai oleh pelanggan.

20. Toko Rene Wae

Nama warung unik bahasa Jawa lainnya yang bisa Sedulur gunakan adalah rene wae yang berarti ke sini saja. Sebuah ajakan kepada pembeli untuk belanja sepuasnya di toko yang Sedulur miliki. Nama usaha yang berarti ajakan bisa memotivasi pelanggan untuk belanja. Dijamin laris!

21. Toko Enggal Laris

Enggal laris berarti cepat laku atau cepal laris, yang merujuk kepada dagangan atau jualan yang cepat laris dibeli pelanggan. Semua nama usaha yang berbentuk doa. Tentu Sedulur ingin menjalankan usaha yang bermakna doa yang baik, bukan?

22. Warung Penak Mawon

Nama warung unik bahasa Jawa ini bisa digunakan untuk warung makan, penak dari Bahasa Jawa krama yang artinya kondisi enak/nyaman/mudah dan mawon artinya saja, yang berarti Sedulur mempersilakan pembeli/pengunjung untuk menikmati dengan suasana yang santai, nyaman, layaknya di rumah sendiri.

23. Semar Mesem

Semar mesem adalah ajian (jimat/mantra) dalam tradisi Jawa yang digunakan untuk pengasihan (memelet) seseorang yang dituju. Sedulur bisa menggunakan nama ini dengan harapan tokonya bisa laris dan disukai banyak orang, bukan berarti Sedulur menggunakan penglaris dukun.

24. Warung Ndeso

Nama warung unik bahasa Jawa ini bisa untuk usaha kuliner, namanya sangat mudah diingat dan biasa digunakan banyak orang untuk bahan candaan, “ndeso” artinya “perilaku orang desa”, meskipun sederhana tetapi layak menjadi favorit.

25. Toko Sukses Sembarange

Rekomendasi nama warung unik bahasa Jawa terakhir ini bisa diartikan seperti “toko serba guna sukses” yang berarti toko ini bisa digunakan sebagai nama toko yang menjual banyak bahan dan peralatan. Bisa jadi salah satu rekomendasi yang Sedulur gunakan.

BACA JUGA: 20 Ide Nama Usaha Makanan Unik dan Anti Mainstream

Manfaat menggunakan nama warung dari bahasa Jawa

nama warung unik bahasa jawa

Dari daftar rekomendasi nama unik dari bahasa Jawa di atas, tentu ada banyak nama dengan arti yang bagus. Sedulur sendiri mungkin bertanya. Nama yang sangat baik tentu akan memberikan manfaat yang baik kepada usaha yang dijalankan.

Karena, nama sendiri merupakan doa dan harapan bagi usaha itu sendiri. Selain itu, nama juga menjadi identitas yang melekat pada usaha warung Sedulur. Namun, setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa Sedulur dapatkan dengan menggunakan nama warung dari bahasa Jawa.

Beberapa manfaat yang dimaksud, bisa Sedulur simak di bawah ini barangkali bisa jadi inspirasi atau motivasi untuk Sedulur agar memilih dan menggunakan nama yang baik. Berikut ini manfaatnya:

1. Bisnis lebih populer

Nama toko yang sudah populer akan lebih mudah diingat oleh konsumen. Hal ini akan memudahkan proses pembelian serta penyebaran informasi dari mulut ke mulut, sehingga jumlah pelanggan meningkat. Tentu menggnakan nama populer dapat memberikan manfaat yang lebih banyak.

Bahasa Jawa sendiri merupakan bahasa daerah terbesar di Indonesia, penuturnya banyak serta banyak juga yang terbiasa dengan bahasa Jawa. Ditambah lagi beberapa istilah bahasa Jawa sudah tidak asing dan bahkan populer. Tentu ini dapat memberikan banyak manfaat.

2. Mudah dilacak situs pencarian

Menjadikan nama toko tercantum di halaman teratas hasil pencarian Google sangat penting bagi para pebisnis masa kini. Nama toko yang mudah diingat dan populer lebih cenderung dikenali oleh algoritme Google. Saat seseorang mencari produk tertentu di Google, nama toko Sedulur akan muncul dengan mudah.

Semakin populer nama yang digunakan, semakin mudah diingat oleh pelanggan. Bukan hanya pelanggan, ternyata Google dengan algoritmanya juga akan mudah mengingat nama tersebut. Sehingga nama yang mudah dilacak situs pencarian akan memudahkan menjalankan digital marketing. Meskipun usaha Sedulur berbasis offline, namun jika akan beralih online akan sangat memudahkan jika telah menggunakan nama yang sudah mudah dilacak oleh situs pencarian.

3. Mudah menarik pelanggan baru

Nama yang baik membuat sebuah bisnis cenderung menonjol di antara bisnis sejenis. Ini akan memberikan kepercayaan tambahan kepada calon pelanggan baru untuk memilih toko Sedulur. Nama toko yang ideal juga berfungsi untuk membangun loyalitas.

Ketika sebuah nama sering terdengar dan dikenal banyak orang, kesan positif dari bisnis tersebut semakin besar. Ini akan membuat orang lebih memilih toko yang terdengar familiar ketika mencari produk tertentu. Nama yang baik akan memberikan keuntungan ini.

Tentu Sedulur ingin menggunakan nama yang memberikan kemudahan dalam menarik pelanggan baru. Dengan begitu bisnis yang Sedulur jalankan pun semakin mudah untuk berkembang.

4. Memberi motivasi

Nama yang baik juga dapat memberikan motivasi, karena biasanya nama warung atau toko berasal dari harapan, keinginan dan doa dari pemilik usaha tersebut. Sehingga dalam nama tersebut terkandung doa yang ingin dicapai oleh pemiliknya.

Dengan begitu, nama tersebut akan menjadi manifestasi yang mewujud menjadi sebentuk usaha dan semangat sehingga bisa mendorong pengusaha atau pemilik warung untuk lebih giat lagi. Lambat laun secara perlahan, usaha pada akhirnya akan berkembang dan memberikan kemajuan serta keuntungan bagi pemiliknya. Dari sebuah nama, kesuksesan bisa ditentukan sejak dari awal. Maka dari itu, tidak boleh sembarang dan secara asal menentukan nama untuk sebuah warung atau toko usaha.

Nah itulah sederet daftar nama warung unik bahasa Jawa yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Semoga dari daftar nama di atas, ada nama yang cocok dan Sedulur gunakan sehingga bisa memberikan kelancaran bagi bisnis dan usaha yang Sedulur jalankan.