cara mempertahankan pelanggan

Cara mempertahankan pelanggan merupakan langkah penting dalam sebuah bisnis. Tanpa mampu mempertahankan pelanggan dan membuat pelanggan tetap loyal, sebuah bisnis akan sulit untuk berkembang bahkan mendapatkan keuntungan.

Bagi Sedulur yang masih pemula dalam berbisnis dan belum mengetahui tips dan cara mempertahankan pelanggan, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama bagaimana tips dan cara mempertahankan pelanggan. Lantas seperti apa saja tips dan cara mempertahankan pelanggan? Yuk, mari langsung kita simak jawabannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook, Cuannya Ngalir!

1. Berhubungan baik secara personal dengan pelanggan

cara mempertahankan pelanggan
iStock

Tips dan cara mempertahankan pelanggan yang pertama yaitu dengan menjaga hubungan baik, bahkan jika bisa lakukan hubungan secara personal dengan pelanggan. Bisnis akan berkembang ketika Sedulur memiliki kedekatan sendiri dengan pelanggan.

-->

Jika Sedulur tidak mendekatkan diri dengan pelanggan, hubungan sedulur dengan para pelanggan hanya sebatas hubungan jual-beli tidak lebih. Sebuah bisnis dapat memosisikan diri sebagai pemberi solusi atau bahkan teman mereka sehingga pelanggan akan loyal terhadap bisnis yang sedulur jalani.

2. Memberikan bonus dan promo menarik

Cara mempertahankan pelanggan yang kedua adalah dengan memberikan bonus atau keuntungan yang akan didapatkan jika membeli produk atau jasa yang Sedulur tawarkan. Setiap pembeli atau pelanggan pasti akan tertarik dengan kata promo atau gratis.

Jika rutin menawarkan bonus yang sesuai dengan minat pelanggan, pelanggan juga pastinya akan tertarik untuk mengunjungi bisnis Sedulur secara berkala. Berikut adalah jenis-jenis bonus atau penawaran menarik yang bisa sedulur tawarkan:

  • Gratis ongkos kirim
  • Potongan harga (diskon)
  • Promo (contohnya beli 1 gratis 1)
  • Produk gratis setelah melakukan beberapa pembelian
  • Jaminan tukar barang jika terdapat kerusakan atau kesalahan
  • Intinya, apa pun bonus yang ditawarkan, pastikan sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen.

3. Perkuat bisnis dengan komunitas pelanggan

cara mempertahankan pelanggan
iStock

Sedulur juga bisa memperkuat bisnis dengan komunitas pelanggan, ini juga merupakan salah satu cara mempertahankan pelanggan yang bisa Sedulur lakukan. Bahkan, dengan cara ini Sedulur bisa menggaet pelanggan baru sekaligus mempertahankan pelanggan yang sudah loyal.

Hal ini bisa mendorong mereka untuk setia membeli produk yang Sedulur jual. Strategi ini sudah banyak digunakan oleh berbagai bisnis, salah satu yang paling umum adalah bisnis otomotif yang memiliki klub motor atau mobilnya.

4. Manfaatkan social proof

Sedulur bisa memanfaatkan social proof. Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh Google, 59% pembeli melakukan riset online terlebih dahulu untuk memastikan bahwa produk yang diincar memang layak untuk dibeli. Hal tersebut dikenal dengan nama social proof modern dan Sedulur bisa melakukannya.

Hal ini menjadi alasan mengapa banyak bisnis yang menampilkan testimoni positif di berbagai saluran pemasaran mereka. Tujuannya agar calon pembeli percaya dengan produk mereka. Salah satu tips untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan membuatnya bertahan.

5. Meminta feedback dari pelanggan

iStock

Sesuatu hal yang wajar bagi produsen ketika ingin mengetahui apa yang sebenarnya diingkan oleh pelanggan. Sedulur hanya perlu menanyakan langsung kepada konsumen yang telah membeli produk atau jasa yang telah ditawarkan.

Hal ini bisa menjadi bentuk dari kepedulian terhadap konsumen jika suatu perusahaan meminta feedback kepada pelanggannya. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminta feedback kepada pelanggan, mulai dari menyebarkan kuesioner, membuka sesi Q&A di media sosial, hingga melakukan survei via e-mail.

Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengirimkan survei online kepada pelanggan. Hal ini dapat membantu Sedulur untuk mendapatkan informasi mengenai alasan mereka terus menggunakan produk dan apa yang seharusnya diperbaiki dari bisnis yang sedang Sedulur jalani. Survei ini juga membantu untuk mengidentifikasi pola pembelian pelanggan.

6. Melakukan personalia pada pengalaman pelanggan

Setelah menjalih hubungan personal yang baik dengan pelanggan. Sedulur juuga bisa mengeksplorasi pengalaman yang personal kepada pelanggan lama. Ingat preferensi mereka, ulang tahun, atau perayaan khusus lainnya.

Sediakan rekomendasi atau penawaran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Personalisasi pengalaman pelanggan menciptakan hubungan yang lebih dalam dan membuat mereka merasa dihargai.

7. Buat program loyalitas

iStock

Cara mempertahankan pelanggan selanjutnya adalah dengan membuat program loyalitas. Program Loyalitas merupakan program khusus yang dibuat untuk memicu loyalitas pembeli. Cara ini terbilang cukup popular dalam suatu bisnis.

Sedulur pun pasti pernah merasakan praktiknya secara langsung. Program ini merupakan cara yang ampuh untuk memicu pelanggan agar melakukan pembelian berulang. Mereka dapat tergoda dengan bonus yang ditawarkan tiap berbelanja.

8. Memberikan kesan terbaik

Bisnis yang diingat adalah bisnis yang meninggalkan kesan yang baik kepada pelanggannya. Oleh karena itu, berikan kesan terbaik untuk pelanggan Sedulur. Caranya bagaimana? Sedulur bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pastikan website Sedulur memiliki kecepatan loading yang tinggi sehingga mudah dikunjungi.
  • Pastikan website Sedulur responsif. Jadi, tampilannya tetap bagus walau dibuka di perangkat mobile.
  • Berikan pelayanan yang prima. Hal ini sangat penting karena pelanggan tak akan ragu untuk membeli kembali apabila mereka merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan.

9. Menjalin komunikasi dengan baik

Sedulur wajib menjalin komunikasi dengan baik kepada pelanggan. Sedulur juga harus memastikan bisnis Sedulur muncul dan aktif di berbagai platform social media, tujuannya agar pelanggan bisa dengan mudah menghubungi Sedulur.

Bisnis Sedulur akan semakin terhubung dengan para pelanggan dengan cara ini. Sedulur juga bisa dengan mudah menyampaikan berbagai informasi penting, seperti update produk terbaru atau info promosi.

10. Memprioritaskan pelanggan

Sedulur juga wajib memprioritaskan pelanggan dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Banyak perusahaan yang masih memiliki fokus terhadap bisnis atau produk mereka, padahal fokus pada pelanggan juga menjadi hal yang penting.

Karena pelanggan bisa memberikan pengalaman serta saran setelah menggunakan produk bisnis yang Sedulur jalankan, yang nantinya bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk produk yang akan datang.

Cara mendekati pelanggan adalah dengan memberikan pelanggan yang terbaik, karena ketika mereka ingin membutuhkan produk atau layanan dari sebuah bisnis, biasanya pelanggan akan melihatnya dari cara pelayanan bisnis tersebut. Tidak jarang apabila pelayanannya buruk, mereka akan berpaling ke produk atau kompetitor lain.

Untuk memberikan pelayanan yang baik Sedulur bisa membuat pelanggan untuk selalu mendapatkan perhatian baik melalui email, telepon, atau layanan pesan langsung cari tahu apa yang paling pelanggan butuhkan agar mereka juga bisa terbantu.

11. Melakukan pelayanan yang proaktif

iStock

Jangan hanya menunggu pelanggan lama menghubungi Sedulur dengan masalah atau pertanyaan. Sebaliknya, cobalah untuk aktif dalam memantau kebutuhan mereka dan menawarkan bantuan sebelum mereka memintanya.

Ini dapat dilakukan dengan mengirimkan pesan atau panggilan secara berkala untuk menanyakan apakah mereka puas dengan produk atau layanan yang mereka gunakan. Dengan menjadi proaktif, Sedulur dapat menunjukkan perhatian dan kepedulian yang mengesankan kepada pelanggan, serta memberi mereka rasa dihargai.

12. Analisis perilaku pelanggan

Memahami perilaku dari pelanggan membantu sedulur untuk menyusun strategi pemesaran yang sesuai dengan keinginan mereka. Mulailah dengan mencari tahun kebiasaan- kebiasaan konsumen saat membeli produk dari bisnis yang sedulur jalankan.

Bisa juga dengan mencari informasi dari produk apa yang paling sering dibeli pelanggan dan frekuensi mereka membeli produk tersebut. Analisis perilaku pelanggan merupakan cara mempertahankan pelanggan yang selalu efektif dan berhasil.

13. Menggunakan strategi kode referal

Preloved artinya
iStock

Cara mempertahankan pelanggan lama serta mencari pelanggan baru dengan mudah adalah menggunakan strategi pemasaran kode referal, Sedulur bisa menawarkan diskon atau promo kepada pelanggan yang berhasil merujuk teman atau kerabat untuk membeli dan berlangganan produk atau jasa bisnis perusahaan. Sedulur bisa memberikan pelanggan beberapa poin yang dapat ditukarkan setiap pembelian.

14. Melakukan update pada produk terbaru

Cara mencari pelanggan selanjutnya adalah dengan menginformasikan perkembangan baru seperti produk baru melalui saluran komunikasi, e-mail atau WhatsApp agar lebih personal terhadap pelanggan.

BACA JUGA: 7 Cara Membangun Reputasi Bisnis dengan Baik!

Manfaat mempertahankan pelanggan

cara mempertahankan pelanggan
iStock

Selain dapat membuat bisanis Sedulur berkembang, mempertahankan pelanggan juga dapat membuat bisnis Sedulur lebih stabil dan terjamin di masa depan. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa Sedulur dapatkan. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasannya:

1. Angka penjualan akan naik

Sedulur sudah berhasil mengamankan laba bisnis yang stabil dengan adanya pelanggan yang setia. Pelanggan yang pernah menggunakan produk Sedulur akan berpotensi untuk kembali membeli produk tersebut jika mereka memiliki kesan yang baik terhadap sebuah bisnis.

2. Kualitas makin meningkat

Sebuah kesempatan emas jika seorang pebisnis dapat merekrut loyalitas pelanggan. Hal ini diyakini bisa memperbaiki produk Sedulur dengan saran dan masukan langsung dari mereka. Begitu banyak informasi membangun bisa didapatkan untuk mengatur kembali strategi usaha dan menjaga umur bisnis Sedulur dalam jangka waktu panjang. Jadi, jangan mengabaikan kritik dan saran dari pelanggan setia, ya.

3. Dapat meningkatkan brand awareness

Ketika merek sebuah brand makin dikenal oleh konsumen, maka Sedulur akan lebih mudah mendapatkan loyalitas dari konsumen. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan memanfaatkan SEO untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Nah itulah tips dan cara mempertahankan pelanggan yang bisa Sedulur terapkan agar bisnis Sedulur bisa berjalan dengan lancar. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, bukan hanya untuk mempertahankan bisnis saja namun juga untuk mengembangkan bisnis itu sendiri.