Begini Cara Mudah Daftar UMKM Online, Wajib Catat!

Tertarik mendaftarkan bisnis Sedulur secara resmi? Yuk, simak cara daftar UMKM di bawah ini!

Sepanjang September hingga Desember, pemerintah mengeluarkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif, atau Bantuan Langsung Tunai, untuk setiap pengusaha mikro sebagai modal untuk membuka dan menjalankan usaha di tengah krisis masa pandemi virus corona ini.

Salah satu syarat penting mendapatkan bantuan adalah usaha atau UMKM telah resmi terdaftar. Lantas, seperti apa cara daftar bantuan UMKM atau cara mengajukan bantuan UMKM. Bantuan UMKM online setidaknya dapat memperpanjang nafas para pengusaha.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan cara daftar UMKM serta dengan cara dapat bantuan UMKM atau cara mendapatkan dana UMKM online agar Sedulur dapat tetap bertahan menjalankan usaha di tengah sama pandemi virus corona saat ini. Yuk, mari kita langsung saja simak cara daftar UMKM dan bagaimana daftar bantuan UMKM dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Super Praktis, Ini Cara Membuat Minyak Kemiri Sendiri di Rumah!

Cara Daftar UMKM Agar Dapat Bantuan Dana Usaha Gratis

Cara Daftar UMKM Agar Dapat Bantuan Dana Usaha Gratis
elitemarketer.id

Agar usaha Sedulur mendapatkan bantuan dan bisa mengikuti program bantuan UMKM dari pemerintah, tentu saja Sedulur harus mengetahui cara mendaftarkannya. Sedulur perlu melakukan cara daftar UMKM melalui Dinas Koperasi dan UMKM daerah, sesuai domisili masing-masing.

Cara dan syarat pengajuan UKM sangat mudah, Sedulur pertama-tama harus mengirim surat atau menggunakan panggilan telepon ke dinas yang menangani urusan Koperasi dan UMKM, agar Sedulur dapat diusulkan menjadi calon penerima bantuan langsung dari pemerintah.

Selanjutnya, dinas tersebut akan melakukan verifikasi dan mengusulkan para pengusaha yang telah mendaftar kepada Kemenkop UKM. Sedangkan bagi calon penerima bantuan, dapat juga diusulkan oleh koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum resmi oleh pemerintah.

Bagi Sedulur yang telah mengajukan permohonan dan telah melakukan cara daftar UMKM, syarat dan data kelengkapan yang harus Sedulur siapkan untuk mendapat bantuan adalah:

  • NIK (Nomor Induk Kependidikan)
  • Nama lengkap
  • Alamat tempat tinggal (sesuai KTP)
  • Bidang usaha
  • Nomor telepon

Persyaratan Mendapatkan BLT UMKM

Persyaratan Mendapatkan BLT UMKM
superapp.id

Setelah Sedulur rampung melakukan cara daftar UMKM, Sedulur juga harus menyiapkan beberapa persyaratan agar mendapatkan BLT UMKM. Persyaratan yang wajib dipenuhi adalah:

  • Memiliki usaha berskala mikro
  • WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Bukan ASN (Aparatur Sipil Negara), TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD
  • Tidak sedang memiliki pinjaman di bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Bagi Sedulur yang memiliki alamat berbeda antara domisili dan lokasi usaha, maka Sedulur dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU). Lalu, bantuan nantinya akan disalurkan melalui nomor rekening penerima bantuan dengan cara bertahap melalui proses yang telah ditetapkan.

Jika Sedulur sebagai pelaku usaha ingin mendapatkan bantuan namun belum memiliki nomor rekening, maka Sedulur dapat membuat rekening bank saat pencairan di daftar bank penyalur yang sudah ditentukan. Beberapa bank BUMN terlibat dan bekerjasama dengan program bantuan UMKM ini.

Baca Juga: 8 Bisnis Minuman Kekinian dan Menguntungkan di 2021

Proses Pencarian Bantuan UMKM

Proses Pencarian Bantuan UMKM
superapp.id

Bagi setiap penerima Bantuan UMKM yang dinyatakan telah lolos akan mendapatkan pencairan yang hanya akan diberikan langsung kepada pelaku UMKM, yang belum pernah mendapatkan atau menerima bantuan dari perbankan. Penerima bantuan juga akan mendapatkan pemberitahuan ketika bantuannya telah dapat dicairkan oleh pihak bank.

Pemberitahuan akan dilakukan melalui SMS oleh pihak bank secara resmi. Pihak bank akan memberitahukan kepada penerima bantuan bahwa setiap penerima harus langsung mendatangi bank yang ditentukan. Kelengkapan-kelengkapan dokumen pun harus dibawa dan juga surat pernyataan. Jika keduanya tidak lengkap, pihak bank siap menolak pemberian bantuan.

Cara Cek Kelulusan Penerimaan BLT UMKM

Cara Cek Kelulusan Penerimaan BLT UMKM
superapp.id

Selain cara daftar UMKM, dalam proses mengajukan bantuan, Sedulur juga memikirkan bagaimana cara cek kelulusan penerimaan Bantuan dari pemerintah. Sedulur bisa melakukan pengecekan secara online, yaitu dengan tahapan:

  • Klik dan masuk pada laman eform.bri.co.id/bpum
  • Input atau masukkan nomor KTP
  • Jawab langkah perhitungan matematika sebagai proses verifikasi
  • Kemudian klik proses inquiry
  • Peserta akan mendapatkan pemberitahuan mengenai apakah mereka mendapatkan bantuan atau tidak.

Total Bantuan yang Diberikan

Total Bantuan yang Diberikan
superapp.id

Pemerintah akan memberikan bantuan sebesar Rp. 2.400.000 yang diberikan sebagai modal untuk menjalankan usaha, agar para pengusaha UMKM dapat mengejar target usaha dengan modal tambahan yang diberikan oleh pemerintah. Sebanyak 9 juta pengusaha UMKM telah terdaftar dan terverifikasi mengikuti program bantuan ini.

Sebagai pengusaha UMKM, bantuan dari pemerintah ini akan sangat bermanfaat dan juga dapat menunjang perputaran uang bagi usaha Sedulur. Namun, masih banyak hal lain yang menguntungkan selain bantuan. Salah satunya partner bisnis yang memberikan banyak bonus dan program. Di mana Sedulur bisa mendapatkan hal tersebut?

Sedulur bisa langsung cek aja di Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super terlebih dahulu. Dan juga klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super. Banyak program menarik yang menguntungkan yang dapat membuat Sedulur untuk super melimpah yang diberikan oleh Aplikasi Super.