Bagi Sedulur para pelaku usaha kecil menengan, bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah, simak cara cek bantuan UMKM di bawah ini!

Sebagai upaya membantu masyarakat pada masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PKKM) selama masa pandemi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan melalui program bantuan sosial. Kali ini bantuan sosial yang dikeluarkan dalam bantuan bagi para pelaku UMKM.

Banyak pihak yang terlibat dalam penyaluran bantuan dari pemerintah ini, salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia. Program ini dilakukan semata-mata untuk tetap mempertahankan kondisi ekonomi masyarakat Indonesia dan juga mendorong perekonomian negara agar tetap stabil di masa pandemi ini.

Sebagai awalan pembahasan terkait cara cek UMKM BRI 2021, kita buka pembahasan dengan pengertian dari BPUM BRI itu sendiri. Yuk, kita mulai saja pembahasannya di bawah ini.

Baca Juga: Jadi Super Agen, Raih Penghasilan Tambahan Jutaan Rupiah!

Apa itu BPUM BRI?

Apa itu BPUM BRI?
kompas.com

Sebelum mengetahui bagaimana langkah dan cara cek bantuan UMKM, akan lebih bijak jika kita mengetahui lebih jelas terkait banyak istilah dari program bantuan ini. Istilah pertama adalah BPUM, BPUM merupakan singkatan dari Bantuan Produktif Usaha Mikro, BPUM juga dikenal dengan istilah BLT (Bantuan Langsung Tunai) UMKM.

Sebagaimana namanya, bantuan ini diperuntukan bagi setiap pelaku usaha agar tetap bisa menjalankan usahanya secara produktif. Oleh karena itu, diberlakukan peraturan yang cukup ketat dengan pengawasan yang terjaga. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar menghindari oknum yang memanfaatkan bantuan dan juga mencegah salah sasaran pemberian bantuan.

Langkah pertama yang harus Sedulur lakukan adalah dengan melakukan cara cek bantuan UMKM. Apakah usaha Sedulur termasuk yang menerima bantuan atau bukan. Setelah itu, Sedulur bisa melanjutkan ke proses selanjutnya. Perlu Sedulur ketahui juga, bahwa pemerintah menargetkan penambahan target penerima BLT UMKM, sebanyak 3 juta penerima.

Program BPUM yang telah berlangsung, telah menggelontorkan dana untuk setiap penerima sebesar Rp 1,2 Juta, bantuan tahun ini ternyata lebih rendah dibandingkan bantuan tahun 2020 kemarin, yang setiap penerima mendapatkan bantuan sebesar Rp 2.4 Juta. Namun, tahun ini jumlah penerima bisa lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Cek Bantuan BPUM BRI eForm Tahap 3

Cek Bantuan BPUM BRI eForm Tahap 3
kompas.com

Bank Rakyat Indonesia atau BRI, memberlakukan beberapa tahap dalam memberikan BPUM. Melalui BRI eForm, kita bisa melakukan cek penerima BPUM BRI 2021 Online. Berikut ini langkah yang bisa kita lakukan untuk mengetahuinya:

  • Masuk ke laman eform.bri.co.id/bpum
  • Isi nomor KTP Masukkan kode verifikasi
  • Klik proses inquiry
  • Akan ada pemberitahuan apakah Sedulur termasuk penerima BPUM 2021 atau tidak

Setelah melakukan pengecekan eForm BRI cek penerima UMKM, Sedulur kemudian bisa melanjutkan ke proses selanjutnya. Tahapan yang paling penting adalah mengetahui syarat agar bisa mendapatkan BPUM eForm BRI tahap 3.

Baca Juga: Ini Kata Mitra Super Center tentang Aplikasi Super

Syarat Mendapatkan BPUM eForm BRI Tahap 3

Syarat Mendapatkan BPUM eForm BRI Tahap 3
wartaekonomi.co.id

Setelah mengetahui cara cek bantuan UMKM dan Sedulur termasuk dalam kategori penerima BPUM, Sedulur juga wajib mengetahui apa saja persyaratan untuk mendapatkan BPUM BRI ini. Berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM No. 2/2021, terkait pedoman Umum Penyaluran BPUM. Persyaratan dari BPUM adalah:

  • Belum pernah menerima dana BPUM
  • Telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya
  • Pelaku Usaha Mikro tidak sedang menerima KUR
  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik
  • Memiliki Usaha Mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan

Bukan Aparatur Sipil Negara, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, pegawai BUMN, atau pegawai BUMD

Daftar persyaratan di atas merupakan sebuah usaha pengawasan agar penerima BPUM tidak salah sasaran. Maka dari itu, bisa Sedulur perhatikan dari daftar syarat di atas, terdapat beberapa persyaratan yang cukup detail seperti bukan pegawai pemerintah (ASN), anggota TNI dan Polri, dan syarat detail lainnya.

Cara Daftar BPUM BRI 2021

Cara Daftar BPUM BRI 2021
detik.com

Setelah Sedulur melalui tahapan cara cek penerima nama bantuan UMKM, mengetahui persyaratan BPUM, maka langkah selanjutnya, Sedulur bisa melakukan pendaftaran BPUM BRI 2021. Untuk mendaftar BPUM 2021, Sedulur harus mengusulkan diri ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) di Kabupaten atau Kota tempat Sedulur tinggal. Sementara itu, berikut ini beberapa data dan berkas yang harus Sedulur siapkan dalam proses pendaftarnya:

  • Nomor Induk Kependudukan sesuai KTP Elektronik
  • Nomor kartu keluarga
  • Nama lengkap
  • Alamat sesuai KTP
  • Bidang usaha
  • Nomor telepon

Pastika semua berkas dan data yang Sedulur siapkan telah terverifikasi dan tervalidasi. Paling penting memastikan nomor kependudukan Sedulur apakah telah diperbaharui dan terdaftar dalam Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Karena jika tidak, proses untuk mendapatkan bantuan tidak bisa dilanjutkan. Intinya, memastikan validasi setiap berkas merupakan hal yang penting.

Semoga penjelasan terkait cara cek bantuan UMKM yang telah dijelaskan di atas bisa membantu mengarahkan Sedulur agar berhak mendapatkan bantuan untuk kepentingan usaha Sedulur di tengah ujian ekonomi sama pendemi Covid-19 yang memberatkan masyarakat Indonesia saat ini.

Salah satu solusi lain selain melakukan cara cek bantuan UMKM dan mendapatkan BPUM, usaha Sedulur juga bisa lebih dikembangkan dengan bergabung menjadi mitra Aplikasi Super. Untuk dapat mengetahui lebih jelas lagi, Sedulur bisa klik di sini untuk download terlebih dahulu Aplikasi Super.

Selanjutnya kemudian cek berbagai kemudahan yang disediakan oleh Aplikasi Super. Memanfaatkan keberadaan dan kehadiran Aplikasi Super untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan juga perekonomian Sedulur Super sekalian.