Peluang Bisnis Sosis Bakar & Rincian Modalnya

Tertarik menjual sosis bakar? Yuk simak tips bisnis sosis bakar dengan perhitungan modalnya

Bisnis sosis bakar salah satu jenis usaha camilan yang bisa Sedulur coba. Karena sosis bakar merupakan salah satu camilan yang sedang hits saat ini. Cara jualan sosis bakar pun tidak membutuhkan peralatan yang merepotkan, cukup satu tenda dan alat pemanggang. Terlebih, keuntungan bisnis ini, Sedulur bisa jualan sosis di rumah.

Sedulur juga perlu mengetahui trik jualan sosis bakar agar bisnis sosis sukses dan laris dibeli. Seperti menambahkan topping atau varian rasa bumbu sosis bakar itu sendiri. Superapp.id dalam kesempatan di artikel kali ini akan membahas beberapa tips dan peluang bisnis sosis bakar, beserta dengan rincian modal usaha sosis bakar. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

Baca Juga: Resep Sosis Goreng Tepung Enak & Crispy. Super Mudah!

Peluang Bisnis Sosis Bakar dan Rincian Modalnya

1. Baca Peluang Bisnis Sosis Bakar

1. Baca Peluang Bisnis Sosis Bakar

Peluang bisnis sosis sangat bisa memberikan keuntungan, karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan bisa dijual di depan rumah. Hal yang paling penting adalah camilan sosis bakar merupakan hal yang sedang hits.Sedulur harus juga mulai menghitung dan mempersiapkan segala sesuatunya ketika mengetahui peluang sosis bakar yang bisa memberikan keuntungan yang besar.

2. Riset Usaha Sosis Bakar

2.   Riset Usaha Sosis Bakar

Selanjutnya hal yang paling penting adalah Sedulur harus melakukan riset kecil-kecilan, seperti calon pelanggan, varian rasa dan menu, juga berkreasi membuat berbagai rasa sosis bakar. Agar sosis bakar yang Sedulur jual merupakan sosis yang original tidak dimiliki oleh penjual lainnya. Mempelajari usaha sosis bakar yang sudah ada juga sangat penting, sebagai perbandingan dan patokan berjalannya sebuah bisnis.

3. Tempat Strategis

3.   Tempat Strategis

Berjualan sosis sebenarnya bisa dilakukan di depan rumah Sedulur, terutama jika rumah Sedulur memiliki tempat di sisi jalan raya dan merupakan tempat ramai. Namun, Sedulur juga sebenarnya tidak memerlukan sewa tempat untuk berjualan sosis, hanya dengan sebuah tenda, bisnis Sosis bisa berjalan lancar. Hal terpenting adalah berjualan di tempat ramai lalu lalang orang banyak, karena banyak pelanggan adalah dari orang yang berlalu lalang.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pemanggang Sosis Bakar Murah Terbaik

4. Manfaatkan Momentum

4.   Manfaatkan Momentum

Memanfaatkan momentum sangat penting, banyak penjual sosis bakar yang berjualan di pasar kaget, pasar mingguan, pasar malam hingga car free day. Momentum tersebut merupakan ladang yang bisa Sedulur manfaatkan untuk membuat usaha Sedulur laris manis. Catat jadwal momentum di atas, dan pastikan Sedulur bisa berjualan di setiap momentum tersebut.

Karena camilan sosis akan sangat diminati oleh setiap masyarakat yang berdatangan ke setiap kegiatan seperti pasar kaget, pasar malam, car free day atau kegiatan lainnya. Sedulur juga harus menentukan harga jual yang pas, dan telah disesuaikan dengan perhitungan modal awal dan estimasi keuntungan yang didapat.

Pertimbangkan juga rentang harga jual sosis bakar dari harga sosis bakar yang telah ada pada umumnya serta besaran porsi yang ditawarkan untuk harga tersebut. Secara umum, Sedulur dapat menjual sosis bakar di harga Rp10.000,- hingga Rp15.000,- per porsinya. Namun setiap momentum juga bisa Sedulur manfaatkan untuk menaikan harga jual atau bahkan menguranginya.

Penting untuk diperhatikan adalah jangan sampai Sedulur menjual harga sosis dari perkiraan harga pokok produksi dari setiap sosis per porsinya.

5. Estimasi Modal Usaha

5.   Estimasi Modal Usaha

Untuk menghitung modal usaha sosis bakar, Sedulur juga tentu saja harus menghitung harga sosis bakar yang Sedulur jugal. Modal jualan sosis bakar harus Sedulur bagi menjadi beberapa bagian, seperti peralatan, bahan, operasional dan biaya yang terduga. Berikut rincian modal awal dari bisnis sosis bakar:

  • Peralatan tetap: Rp. 2.700.000
  • Belanja bahan: Rp. 2.000.000
  • Biaya operasional: Rp. 1.800.000
  • Biaya tak terduga: Rp. 200.000

Berdasarkan poin di atas, rincian total dari modal awal sosis bakar adalah Rp. 6.700.000. Makan biaya operasional yang dibutuhkan setiap bulannya adalah Rp. 4.000.000, karena dikurangi oleh biaya peralatan tetap. Berdasarkan dari rincian modal awal tersebut, perkiraan estimasi keuntungan yang akan didapatkan adalah:

  1. Pendapatan per bulan:  
  • 25 porsi/hari X Rp. 10.000 = Rp. 250.000
  •  Rp. 250.000 X 30 hari = Rp. 7.500.000
  1. Keuntungan per bulan:
  • Rp. 7.500.000 – Rp. 4.000.000 = Rp. 3.500.000

Jumlah keuntungan di atas merupakan hitungan umum, bisa lebih besar lagi jika Sedulur giat menjalankan usaha sosis bakar dan laris dibeli oleh pelanggan. Agar bisa semakin untung di awal mencoba, Sedulur bisa membeli bahan untuk sosis bakar di Aplikasi Super.

Aplikasi Super memiliki bahan baku sosis dengan harga murah dengan kualitas yang baik. Sedulur yang tertarik bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari segala sesuatu terkait Aplikasi Super.