benefit memberikan promo gratis ongkir

Gratis ongkir menjadi fitur layanan yang paling diburu oleh konsumen toko online sejak beberapa tahun terakhir. Tak hanya membuat barang menjadi lebih murah, benefit memberikan promo gratis ongkir ternyata juga berdampak besar pada perusahaan.

Jika Sedulur memiliki sebuah usaha toko atau warung online dan masih bingung ingin memberikan promo gratis ongkir, maka wajib menyimak artikel ini.

Kami akan mengajak Sedulur mengetahui lebih dalam tentang benefit memberikan promo gratis ongkir kepada konsumen sehingga usaha atau bisnis menjadi lebih besar dan tumbuh pesat. Yuk, simak selengkapnya!

BACA JUGA: Promo Menarik di Aplikasi Super yang Wajib Sedulur Tahu!

Mengenal promo gratis ongkir

benefit memberikan promo gratis ongkir
The Motley Fool

Dalam sistem jual-beli online yang semakin berkembang belakangan ini, para penjual biasanya akan membebankan biaya pengiriman atau dikenal juga dengan ongkos kirim (ongkir) kepada pembeli. Jadi pembeli akan mentransfer uang dengan perhitungan total harga produk ditambah ongkos kirim.

Tarif pengiriman biasanya bervariasi tergantung berat dan dimensi produk, alamat tujuan, dan jenis paket layanan pengiriman. Malah terkadang, ongkos kirim bisa lebih mahal daripada harga produk. Hal ini bisa membuat pembeli berpikir dua kali untuk berbelanja online.

Guna menarik pelanggan, ada saja bisnis online yang berani menggratiskan ongkos kirim. Sistem gratis ongkir ini membuat pembeli lebih senang karena mereka akan merasa belanja lebih hemat karena cuma membayar harga produk saja.

Sistem gratis ongkir pada prinsipnya adalah untuk menekan biaya dengan mengurangi margin keuntungan, dengan harapan mendapatkan jumlah pesanan yang besar untuk menutupi margin keuntungan yang kecil tersebut.

Selain itu, bisa juga dengan secara tidak langsung membebankannya pada pembeli, dengan terlebih dahulu meningkatkan harga jual, kemudian memberikan gratis ongkir. Namun, cara kedua tidak direkomendasikan karena akan membuat pembeli merasa tertipu.

BACA JUGA: BARU di Aplikasi Super, Belanja Jadi Makin Untung dengan Poin Program Loyalitas Jawara

Benefit gratis ongkir

benefit memberikan promo gratis ongkir
Unsplash

Melihat penjelasan singkat tentang gratis ongkir di atas,, bisa diambil beberapa kesimpulan tentang benefit memberikan gratis ongkir dalam sebuah bisnis atau usaha. Berikut ini diantaranya:

  • Omzet penjualan meningkat drastis. Hal ini tidak lepas dari adanya stimulan pada konsumen agar berbelanja lebih banyak karena setiap pembelian hanya dikenakan biaya produk saja, tidak perlu menambah biaya ongkir saat belanja.
  • Berkurangnya biaya iklan dan promosi. Dengan adanya promo gratis ongkir, Sedulur bisa menyimpan lebih banyak modal untuk promosi. Misalnya jika banyak pembeli sudah mengetahui toko kita memberikan layanan gratis ongkir, maka para konsumen secara otomatis mencari tahu tentang usaha milik Sedulur.

Trik gratis ongkir untuk bisnis

benefit memberikan promo gratis ongkir

Jika melihat dari prinsipnya, tentu promo gratis ongkir bisa menjadi beban tersendiri untuk sebuah bisnis. Namun, Sedulur bisa melakukan beberapa trik agar promo gratis ongkir tetap memberikan banyak keuntungan.

1. Gratis ongkir hanya bonus

Jadikan gratis ongkir sebagai bonus pada pembeli. Sebaiknya jangan menganggapnya sebagai alat promosi utama ketika Sedulur menjalankan bisnis online, karena hal ini akan membuat kehilangan kreativitas dalam pemasaran.

Gratis ongkir mungkin bisa membuat toko online Sedulur ramai pembeli. Namun, hal ini hanyalah keuntungan sesaat jika tidak disertai dengan kualitas produk, pelayanan yang baik, kemasan produk yang menarik, dan sebagainya. Ingat bahwa Sedulur  itu menjual produk, bukan menjual ongkos kirim, jadi utamakan kualitas bisnis kamu.

2. Pasang promo ongkir pada momen tertentu

Ingin produk laris manis dan laku keras? Terapkan promo bebas ongkir pada saat momen besar. Misalnya promo free ongkir saat lebaran, bebas ongkir saat harbolnas, dan saat MayDay.Dengan memanfaatkan momen tersebut, peluang terjualnya seluruh produk juga akan besar.

3. Beri batas minimum pembelian

Buat ketentuan dengan sistem batas minimum pembelian. Misalnya, pembeli baru akan mendapatkan promosi gratis ongkir jika jumlah pembelian minimal dua barang.

Sehingga jika konsumen hanya membeli satu item saja, maka dia tidak berhak mendapatkan gratis ongkir. Untuk menentukan batas minimum pembelian, Sedulur harus jeli dalam melakukan perhitungan sehingga pelanggan tidak merasa dipermainkan dan bisnis tidak mengalami kerugian karena promo tersebut.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang benefit memberikan promo gratis ongkir dalam sebuah bisnis. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur menyiapkan strategi dalam sebuah usaha ya!