Keuntungan toko kelontong kamu berkurang? Barang sembako susah laku? Tenang, cek cara jualan sembako di sini, dibuka rahasia biar laris manis.

Sedulur Super ingin memulai usaha berjualan sembako? Atau bahkan mungkin ada yang sudah memiliki toko sendiri? Agar toko kelontong ramai dikunjungi pembeli, memang membutuhkan banyak cara yang harus dilakukan.

Baik di bidang pemenuhan barang hingga pelayanan, tentunya dengan semakin menariknya toko Sedulur, maka semakin tinggi pula antusiasme para pembeli untuk berkunjung dan melakukan transaksi pembelian. Sebenarnya tidak sulit kok untuk mencapai hal itu semua. Untuk Anda pedagang toko, yuk cari tau cara jualan sembako biar laris di bawah ini!

Baca juga: 12 Desain Toko Sembako Sederhana

Cara Jualan Sembako Biar Laris

1. Perhatikan dan sesuaikan barang yang Sedulur jual di toko

Barang yang dijual
Barang yang dijual

Untuk bisa berjualan sembako biar laris, Sedulur Super harus memastikan dan menghitung kembali harga barang yang dijual. Toko kelontong yang menjual sembako dengan harga yang murah, pasti akan makin disukai oleh masyarakat dan menjadi tujuan utama saat ingin berbelanja barang kebutuhan pokok.

Yang pasti, Sedulur juga harus mengecek serta membandingkan dengan harga di toko lain, apakah sudah sesuai dengan harga pasar atau tidak.

Bisa dibilang, walaupun selisih 100 Rupiah saja lebih murah, secara psikologi pembeli akan lebih tertarik untuk membeli sembako di toko Sedulur dibandingkan dengan di toko lain.

2. Cari tahu dan maksimalkan barang apa yang paling dibutuhkan oleh pembeli

Barang yang dibutuhkan pembeli
Barang yang dibutuhkan pembeli

Toko kelontong merupakan tempat dimana berbagai kebutuhan pokok dan keperluan sehari-hari banyak orang dijual. Mulai dari beras, minyak goreng, sabun mandi, kopi, hingga camilan.

Tapi perlu diketahui juga jika tidak semua barang yang ada di toko akan cepat habis, karena tergantung dengan kebutuhan. Untuk itu, sebaiknya Sedulur perlu tau barang-barang apa aja sih yang lebih diminati dan merupakan  kebutuhan terbesar dari pembeli? Dengan begitu, Sedulur juga dapat memaksimalkan jenis dan ragam dari barang tersebut baik dari segi kuantitas merupakan frekuensi pembelian ke agen.

Hal ini bertujuan agar setiap pembeli yang mengunjungi toko kelontong Sedulur tidak akan pernah kehabisan barang tersebut dan selalu percaya bahwa toko sedulur merupakan toko yang lengkap.

3. Tingkatkan terus pelayanan di toko Sedulur kepada pembeli

Pelayanan toko
Pelayanan toko

Yang juga tak boleh luput dari perhatian Sedulur, pelayanan toko merupakan salah satu faktor yang bisa menjadi kunci kesuksesan serta kegagalan dalam berjualan.

Meningkatkan pelayanan yang ramah dan hangat menjadi cara jualan sembako biar laris yang utama. Pembeli akan selalu senang mengunjungi toko Sedulur dan betah untuk membeli berbagai barang kebutuhan lainnya secara sekaligus.

Selain keramahan, kecepatan dalam melakukan pelayanan juga tak kalah penting. Jangan biarkan pembeli menunggu terlalu lama untuk dilayani sehingga pembeli harus memanggil-manggil atau bahkan pergi dari toko Sedulur sebelum melakukan pembelian.

4. Pilih nama toko yang menarik perhatian

Nama toko yang menarik
Nama toko yang menarik

Pemilihan nama toko yang menarik juga merupakan cara jualan sembako biar laris manis. Tak tanya nama toko, pencahayaan di luar dan dalam toko, serta ornamen dekorasi di toko Sedulur juga jadi bisa jadi salah satu faktor yang membuat para pembeli betah untuk sering berbelanja di toko Anda.

Walaupun namanya simpel dan sederhana, tapi justru nama toko yang mudah diingat yang akan membuat toko Sedulur mudah juga untuk direferensikan ke pembeli lainnya.

5. Cara memajang serta peletakan barang yang dijual

Peletakan barang yang dijual
Peletakan barang yang dijual

Tata letak saat memajang barang juga tak boleh ketinggalan untuk Sedulur perhatikan sebagai salah satu cara jualan sembako biar laris. Jika penataan barang yang dijual di toko Sedulur rapi dan sesuai dengan kategorinya, maka dapat dipastikan bahwa pembeli akan makin mudah untuk memilih barang yang akan dibelinya. 

Selain itu, penataan yang menarik juga dapat membuat orang lain ingin membeli produk lain yang Sedulur jual di toko, selain barang yang dia butuhkan.

6. Pilih tempat Sedulur kulakan, pastikan agen tersebut lengkap dan memiliki harga terbaik

Agen kulakan
Agen kulakan

Cara jualan sembako biar laris manis selanjutnya adalah Sedulur juga harus memperhatikan agen tempat Anda mendapatkan barang untuk kemudian dijual kembali kepada pembeli. Selain kuantitas barang yang harus sesuai kebutuhan, kualitas barang yang Sedulur beli juga harus dijaga agar pembeli toko kelontong Anda juga merasa puas.

Tapi tenang, sekarang Sedulur tak perlu khawatir lagi karena ada Aplikasi Super yang lengkap menyediakan sembako dan berbagai kebutuhan pokok untuk Sedulur kulakan.

Selain selalu update dengan ragam barang dan kuantitas, Aplikasi Super juga memberikan fasilitas gratis ongkos kirim bagi Sedulur Super lho!

7. Miliki jam operasional toko yang panjang

Jam operasional toko
Jam operasional toko

Banyak yang mengesampingkan jam operasional. Padahal, justru jam operasional merupakan cara jualan sembako biar laris yang sangat penting.

Contohnya saat Sedulur membuka jam operasional toko kelontong di pagi hari saat ibu-ibu membutuhkan gas yang mungkin tiba-tiba habis atau bumbu masak, atau juga saat toko Sedulur masih buka di malam hari saat ada pembeli yang ingin membeli mie instan atau kopi.

Maka dapat dipastikan bahwa cara jualan sembako biar laris ini efektif dan toko kelontong Sedulur akan semakin memiliki pelanggan tetap.

8. Manfaatkan suatu momen dan berikan diskon ke pelanggan

Alangkah baiknya jika Sedulur juga dapat memanfaatkan suatu momen yang sedang terjadi. Contohnya saat semarak Hari Kemerdekaan Indonesia, alangkah baiknya jika Sedulur menghias toko dengan ornamen berwarna merah putih.

Atau saat momen Ramadhan tiba, pajang berbagai barang kebutuhan Puasa dengan diskon spesial sehingga pembeli makin tertarik untuk berkunjung dan membeli barang di toko Anda. Hal tersebut merupakan salah satu cara berjualan sembako biar laris yang juga efektif untuk dilakukan Sedulur.

9. Biar makin laris, dorong penjualan dengan promosi

Dorong penjualan dengan promosi
Dorong penjualan dengan promosi

Tentu Sedulur mau kan jika toko kelontong ramai pembeli? Untuk itu, salah satu cara berjualan sembako biar laris yang juga harus Sedulur tau adalah dengan mendorong penjualan dengan promosi.

Promosi di sini bisa dilakukan secara sederhana, yakni melalui mulut ke mulut atau rekomendasi pembeli satu ke pembeli lainnya.

Jika memang lokasi toko Sedulur berada di tengah pemukiman warga, sebaiknya beritahukan pada warga sekitar baik itu saat ada kegiatan warga atau hanya mengobrol santai di pos keamanan, bahwa Sedulur memiliki toko kelontong yang menyediakan sembako dan berbagai barang kebutuhan pokok lainnya.

Nah, itu tadi berbagai cara berjualan sembako biar laris yang harus Sedulur ketahui. Mudah bukan?

Apalagi, kini ada Aplikasi Super yang siap membantu Sedulur untuk memiliki toko yang ramai pembeli dengan menyediakan bermacam kebutuhan sehari-hari dengan lengkap dan harga terbaik. Yuk cari tau info lebih lebih lanjutnya di sini! Sudah siap menjadi pemilik toko kelontong sukses?