10 contoh usaha mikro

Selama beberapa tahun terakhir, pertembungan dari usaha mikro memang terus mengalami peningkatan. Seperti pada 10 contoh usaha mikro yang nantinya akan diberikan, pendapatan yang cukup lumayan membuat banyak orang mulai menggeluti bidang tersebut.

Usaha mikro sendiri tergolong ke dalam kategori UMKM, dimana usaha tersebut mempunyai kekayaan bersih yang mencapai batas maksimal 50 juta rupiah. Hal ini tentu saja telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008.

Walaupun begitu, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Sehingga peluang mengalami kerugian pun tidak terlalu besar. Nah, bagi yang tertarik untuk mencobanya, berikut akan diberikan 10 contoh usaha mikro dan tips dalam memulai usaha tersebut.

BACA JUGA: 

Deretan 10 Contoh Usaha Mikro

Aplikasi Super

Untuk saat ini, ada banyak sekali jenis usaha yang tergolong sebagai usaha mikro. Mulai dari usaha di bidang kuliner, sampai jasa pun bisa Sedulur coba. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini adalah 10 contoh usaha mikro yang bisa coba dilakukan.

1. Usaha katering

Usaha katering sendiri merupakan jenis usaha penyedia layanan makanan dan minuman kepada para. Bisnis katering ini bisa berupa usaha skala kecil yang melayani acara pribadi seperti ulang tahun, pernikahan, dan pesta.

Atau bisa juga beroperasi dalam skala besar yang menyediakan layanan katering untuk perusahaan, pemerintah, atau acara-acara besar. Selain itu, Sedulur juga bisa menyediakan katering untuk ibu rumah tangga atau anak kost yang tidak punya waktu untuk memasak.

2. Usaha kue kering

Usaha kue kering menjadi salah satu jenis bisnis yang populer dan juga berpotensi sangat menguntungkan, terutama pada saat musim liburan hari besar maupun sebagai camilan sehari-hari. Terlebih jika Sedulur memiliki resep khusus yang lezat, fokus pada kualitas, dan juga pemasaran produk dilakukan dengan baik.

Tentu saja akan banyak orang yang terpikat dengan produk kue kering yang dihasilkan. Oh iya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan regulasi dan peraturan keamanan makanan, untuk memastikan keamanan serta kualitas produk yang dihasilkan oleh bisnis rumahan ini.

3. Usaha clothing line

Pinterest

Memulai usaha clothing line atau bisnis pakaian, merupakan langkah usaha yang sangat menarik dan bisa menjadi peluang yang benar-benar mendatangkan keuntungan. Seperti yang telah diketahui, fashion menjadi satu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat modern.

Akan tetapi, untuk memulai clothing line ini memang memerlukan waktu, usaha keras, dan juga dedikasi. Namun dengan visi yang kuat, desain yang menarik, serta pemasaran yang efektif, maka bisnis tersebut memiliki potensi untuk berkembang dan menjadi sukses kedepannya.

4.  Usaha MUA

Bagi yang punya keterampilan dalam bidang make-up, sepertinya memulai usaha sebagai Makeup Artist (MUA) merupakan peluang yang sangat menarik untuk berkarir di dunia kecantikan dan tata rias. Dengan begitu, Sedulur bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapat pundi-pundi rupiah.

Nah, kesuksesan dalam bisnis yang satu ini sebenarnya bergantung pada kualitas layanan yang diberikan, pemasaran yang efektif, dan juga kemampuan untuk menjaga hubungan baik dengan para klien. Dengan begitu, bukan tidak mungkin lambat laun bisnis MUA akan semakin melejit.

5. Usaha bengkel motor atau sepeda

Kemudian bagi yang punya keahlian dalam bidang mekanik motor atau sepeda, membuka usaha bengkel motor atau sepeda menjadi pilihan bisnis yang berpotensi menguntungkan. Potensi besar dari usaha bengkel ini, berkat kendaraan yang mana selalu membutuhkan perbaikan dan pemeliharaan rutin.

Jika ingin mencobanya, Sedulur harus berfokus pada kualitas layanan, kejujuran, dan pelayanan kepada para pelanggan yang baik. Dengan begitu, Sedulur dapat membangun basis pelanggan setia yang juga akan mendukung kesuksesan bisnis tersebut.

6. Usaha warnet

GForGames

Mungkin saat ini keberadaan warnet sudah sangat langka, dan semakin berkurang. Namun jangan salah, kebutuhan akan warnet sendiri tidak pernah bisa dihindari. Sehingga hal ini dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, terutama jika berada di daerah dengan permintaan tinggi akan akses internet.

Akan tetapi, pastikan Sedulur menyediakan fasilitas yang nyaman dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang memadai untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para pelanggan. Jangan hanya mengandalkan perangkat yang biasa-biasa saja, karena saat ini sudah tidak memiliki harga jual.

7.  Usaha kafe atau warung kopi kekinian

Minat masyarakat akan kopi serta tempat ngopi yang terus meningkat, membuat peluang usaha kafe atau warung kopi kekinian terasa sangat menarik. Warung kopi kekinian tidak hanya menawarkan sekadar minuman kopi saja.

Namun juga menciptakan pengalaman sosial dan estetika yang unik. Nah, kesuksesan dari bisnis ini bergantung pada kualitas kopi, suasana yang nyaman, serta layanan pelanggan yang baik. Dengan fokus pada kreativitas, inovasi, dan kepuasan pelanggan, Sedulur bisa membangun bisnis kafe yang sukses.

8. Usaha toko kelontong

Toko kelontong toko ni'amah
Aplikasi Super

Membuka usaha toko kelontong menjadi usaha yang umum dan juga stabil. Hal ini karena toko kelontong menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat. Bahkan bisnis tersebut dapat berkembang seiring dengan kebutuhan masyarakat.

Faktor kunci dalam menjalankan bisnis yang satu ini adalah harga yang bersaing, keberlanjutan persediaan barang, serta pelayanan pelanggan yang baik. Selain itu, dengan manajemen yang baik, Sedulur bisa membangun toko kelontong yang sukses dan sangat menguntungkan.

Agar bisa mendapatkan makin banyak keuntungan, Sedulur bisa belanja dan kulakan di Aplikasi SuperAplikasi Super adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah.

9. Usaha laundry kiloan

Sama halnya seperti toko kelontong, layanan laundry kiloan selalu dibutuhkan oleh masyarakat, terutama yang ada di kota-kota besar. Usaha laundry ini memang membutuhkan investasi awal dalam peralatan dan juga bahan-bahan yang dibutuhkan.

Kendati demikian, potensi untuk memberikan pengembalian yang stabil sangat besar. Pastikan untuk selalu memberikan pelayanan dan kualitas yang memuaskan bagi para pelanggan. Dengan begitu, orang-orang akan terus datang dan menjadi pelanggan tetap.

10. Usaha digital marketing

Houzz

Urutan terakhir dalam daftar 10 contoh usaha mikro, adalah dengan membuka usaha di bidang digital marketing. Ini adalah langkah yang menarik dan tepat, terutama di era digital yang terus berkembang seperti saat ini.

Digital marketing sendiri melibatkan berbagai strategi untuk membantu perusahaan dan merek untuk mempromosikan produk atau layanan mereka secara online. Di samping kreativitas, untuk menjalankan usaha ini, Sedulur harus terus mengikuti perkembangan teknologi dan juga tren digital.

Tips Memulai Usaha Mikro

toko kelontong
Aplikasi Super

Selain 10 contoh usaha mikro yang sudah disebutkan di atas, kita juga akan membahas mengenai tips untuk memulai usaha mikro tersebut. Nah, tidak perlu basa-basi lagi, berikut ini beberapa tips dalam memulai usaha mikro yang harus Sedulur ingat.

1. Rencana bisnis yang komprehensif

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat rencana bisnis yang komprehensif. Rencana yang dimaksud mencakup pada visi, misi, tujuan jangka panjang, strategi pemasaran, analisis pasar, serta perencanaan keuangan.

Rencana tersebut harus juga mencakup pada proyeksi pendapatan dan biaya dengan cermat. Dengan perencanaan yang matang, maka kemungkinan terburuk pun bisa diminimalisir.

2. Tim manajemen yang kuat

Dalam memulai dan menjalankan sebuah bisnis, manajemen yang baik menjadi kunci kesuksesannya. Oleh sebab itu, Sedulur perlu membentuk tim manajemen yang benar-benar kompeten dan berpengalaman di bidangnya.

Selain itu, pastikan manajemen tersebut memiliki pemimpin yang kuat dan tim yang terampil, sehingga kunci kesuksesan bisnis makro bisa didapatkan.

3. Keuangan yang stabil

Pembuatan sebuah bisnis memang tidak bisa lepas dari yang namanya modal dan keuangan. Untuk itu, pastikan bisnis yang Sedulur miliki, mempunyai modal yang cukup untuk mendukung operasi pada skala besar.

Mungkin Sedulur dapat mencari tambahan sumber pendanaan seperti investasi modal ventura maupun pinjaman bank jika memang diperlukan.

4. Perhatikan efisiensi operasional

Manajemen yang efisien serta proses operasional yang teroptimasi dengan baik, menjadi kunci penting dalam menjalankan dan mengoperasikan bisnis makro. Pertimbangkan untuk mengadopsi teknologi dan otomatisasi untuk meningkatkan efisiensi juga diperlukan.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pembaruan, terutama terkait dengan teknologi yang semakin hari semakin maju dan banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Demikian tadi 10 contoh usaha mikro dan sedikit informasi tentang tips dalam memulai dan menjalankan usaha mikro. Memulai sebuah usaha walaupun hanya usaha mikro kecil pun tidaklah mudah. Dibutuhkan modal, usaha keras, dan juga kesabaran untuk mencapai kesuksesan.

Jadi kunci lain yang harus selalu dipegang dalam menjalankan usaha, yakni jangan pernah menyerah dan jangan ragu untuk selalu bangkit lagi ketika terpuruk.