tips mudik aman

Hari Raya Idulfitri atau juga biasa disebut lebaran identik dengan tradisi berkumpul bersama keluarga. Tak heran, lebaran menjadi momen bagi mereka yang merantau untuk kembali pulang ke kampung halaman alias mudik. Bagi Sedulur yang juga akan mudik pada tahun ini, penting untuk mengetahui tips mudik yang aman dan nyaman.

Berikut sudah dirangkum beberapa tips mudik aman dan nyaman yang bisa Sedulur ikuti.

BACA JUGA: 11 Tips MPASI Saat Mudik yang Mudah Dilakukan

Mengenal Tradisi Mudik di Indonesia

budaya mudik
Unsplash/Visual Karsa

Sebelum menyimak tips mudik aman dan nyaman, tak ada salahnya Sedulur mengenal tradisi mudik lebaran di Indonesia. Dihimpun dari berbagai sumber, mudik telah lama menjadi tradisi tahunan yang dilakukan masyarakat Indonesia terutama menjelang momen Idul Fitri atau Lebaran.

Istilah mudik sendiri dikatakan sebagai kependekan dari “mulih dilik” yang berarti pulang sebentar. Di sisi lain, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan arti mudik sebagai pulang ke kampung halaman. Tradisi mudik sendiri disebut dimulai pada tahun 70-an di mana saat itu banyak masyarakat dari luar kota atau desa yang merantau ke Jakarta.

Hal itu tidak lepas dari status Jakarta sebagai ibukota dianggap menawarkan peluang pekerjaan yang lebih baik. Adapun libur panjang saat lebaran kemudian dimanfaatkan sebagai momen untuk kembali ke kampung halaman.

BACA JUGA: 17 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik, Dijamin Aman!

Tips Mudik Aman dan Nyaman

Bagi Sedulur yang akan mudik pada lebaran tahun ini, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips berikut agar perjalanan mudik menjadi aman dan nyaman. Simak dan catat baik-baik, ya.

1. Rencanakan mudik sejak jauh-jauh hari

tips mudik aman
Unsplash/Abdul Ridwan

Meski telah menjadi agenda tahunan, mudik tetap perlu dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Hal ini terutama jika Sedulur akan melakukan perjalanan panjang dengan jarak yang jauh. 

Hal pertama yang penting untuk disiapkan adalah memilih moda transportasi yang akan digunakan. Jika Sedulur berencana menggunakan transportasi umum, tak ada salahnya untuk memesan tiket sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

2. Siapkan fisik

Hal berikutnya yang juga penting dipersiapkan adalah kondisi fisik Sedulur dan keluarga. Perjalanan panjang, baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun umum tentu akan menguras energi Sedulur. Untuk itu pastikan Sedulur dalam keadaan sehat saat mudik.

3. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

Salah satu cara agar kondisi fisik Sedulur tetap prima saat mudik adalah memperhatikan makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Pastikan nutrisi Sedulur terpenuhi sehingga tubuh tetap sehat selama perjalanan hingga kembali pulang ke tanah perantauan.

4. Sesuaikan barang bawaan dengan kendaraan yang digunakan

Selain menyiapkan kondisi fisik, Sedulur juga perlu menyiapkan berbagai barang, mulai dari pakaian, kebutuhan pribadi, hingga oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Dalam menyiapkan berbagai hal tersebut, Sedulur perlu menyesuaikan dengan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik. Hal ini dimaksudkan agar Sedulur tidak kerepotan saat membawanya sehingga perjalanan menjadi aman dan nyaman.

5. Bawa uang tunai maupun saldo e-money yang cukup

Selama perjalanan, tidak jarang Sedulur perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan, mengisi bahan bakar, ataupun membayar tol. Sebagai persiapan, Sedulur dapat menyiapkan uang tunai maupun saldo e-money yang cukup.

BACA JUGA: Tips Mudik Lebaran Naik Bus dan 6 Barang yang Wajib Dibawa!

6. Gunakan aplikasi GPS atau peta

tips mudik aman
Unsplash/Brecht Denil

GPS ataupun peta bisa menjadi penolong untuk Sedulur saat melakukan mudik dengan kendaraan pribadi. Selain menunjukkan arah, GPS juga bisa memberikan informasi mengenai kondisi jalan yang akan dilewati, di samping juga kemungkinan adanya jalan pintas untuk menghindari titik kemacetan.

7. Manfaatkan rest area

Bagi Sedulur yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya menyempatkan waktu beristirahat di tengah perjalanan. Sedulur dapat memanfaatkan rest area yang ada di tol maupun rumah makan yang dilewati selama perjalanan. Selain mengisi perut, Sedulur juga bisa melakukan peregangan atau sekedar meluruskan kaki setelah duduk berjam-jam di dalam mobil. Hal ini dapat membantu meredakan rasa lelah maupun penat selama perjalanan.

8. Periksa kondisi kendaraan sebelum mudik

Kondisi kendaraan yang digunakan memiliki peran penting untuk menjamin kelancaran perjalanan mudik Sedulur. Ada baiknya, Sedulur melakukan pemeriksaan maupun service di bengkel terpercaya sebelum melakukan perjalanan mudik.

9. Selalu patuhi rambu lalu lintas

Salah satu kunci perjalanan yang aman dan nyaman adalah mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Pastikan juga Sedulur berkendara dengan kecepatan sesuai batas keamanan yang sudah ditentukan.

10. Update informasi seputar mudik

Tips terakhir untuk mudik aman dan nyaman adalah selalu update informasi seputar mudik. Salah satunya terkait pengaturan kendaraan seperti pengalihan jalan yang umum dilakukan pihak terkait dalam rangka memperlancar arus mudik.

Itu dia beberapa tips mudik aman dan nyaman untuk Sedulur. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat untuk Sedulur.