rute surabaya bus

Suroboyo Bus alias Surabaya Bus, merupakan salah satu transportasi umum dari Pemerintah Kota Surabaya. Rute Surabaya Bus yang mengelilingi hampir seluruh wilayah Surabaya, membuatnya menjadi pilihan yang cocok bagi Sedulur untuk berkeliling di Kota Pahlawan.

Layanan dari Pemerintah Kota ini, para penumpang bisa mengelilingi Kota Pahlawan dengan budget hemat. Bahkan ada juga layanan gratis dari Suroboyo Bus ini, lho! Tentu saja ini adalah hal yang menarik bagi yang Sedulur yang tinggal di Surabaya.

Untuk informasi secara lebih lengkapnya lagi mengenai pemesanan, harga tiket, hingga rute Surabaya Bus, simak penjelasan yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Jadwal Kereta Komuter Sidoarjo – Surabaya Terbaru

Layanan Surabaya Bus

rute surabaya bus
Unsplash/Chuttersnap

Dikutip dari akun Instagram resmi Suroboyo Bus, @suroboyobus, transportasi umum yang satu ini menyediakan layanan gratis untuk beberapa kategori penumpang.

Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Walikota Nomor 22 Tahun 2023, mengenai Tarif dan Kontribusi Sampah dalam Penggunaan Layanan Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Pengelolaan Transportasi Umum pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

Harga Tiket Surabaya Bus

Dulunya, Surabaya Bus menyediakan layanan tarif gratis untuk pegawai Pemerintah Kota, termasuk guru, pegawai kecamatan, dan pegawai kelurahan. Akan tetapi, untuk saat ini layanan gratis tersebut sudah tidak berlaku untuk para pegawai pemerintahan tersebut.

Namun hal itu bukan berarti tidak ada layanan gratis yang ditawarkan. Terdapat beberapa kategori penumpang yang berhak mendapat layanan tarif gratis Surabaya Bus, yakni sebagai berikut.

  • Lansia
  • Veteran
  • Penyandang disabilitas
  • Anak di bawah 5 tahun

Kendati demikian, syarat dan ketentuan juga berlaku bagi para penumpang yang mendapat layanan tarif gratis. Sementara untuk kategori lansia, yaitu minimal berusia 60 tahun. Di samping itu, tarif untuk bisa naik Surabaya Bus adalah seperti di bawah ini.

  • Rp 5.000 (umum)
  • Rp 2.500 (pelajar)

Pemesanan Tiket Surabaya Bus

Bagi para penumpang yang sering menggunakan Surabaya Bus, bisa membeli tiket harian atau bulanan di titik-titik penjualan resmi. Tiket ini memberikan kemudahan bagi penumpang yang menggunakan bus secara rutin dan bisa dibeli di beberapa halte atau pusat informasi Surabaya Bus.

Pembayaran Layanan Surabaya Bus

Kemudian untuk pembayaran layanan Surabaya Bus, Sedulur dapat menggunakan kartu uang elektronik (e-money) dari berbagai bank yang telah bekerja sama dengan Suroboyo Bus. Kartu e-money ini bisa diisi ulang di ATM, minimarket, atau tempat isi ulang lainnya.

Untuk membayar, cukup menempelkan kartu pada mesin pembaca yang tersedia di dalam bus atau halte. Selain itu, Surabaya Bus juga menerima pembayaran melalui aplikasi pembayaran digital.

Penumpang bisa membuka aplikasi tersebut, memilih opsi pembayaran Suroboyo Bus. Setelah itu, memindai kode QR yang tersedia di dalam bus atau halte.

Jam Beroperasi Surabaya Bus

Surabaya Bus memiliki waktu operasi mulai pukul 05.30 WIB sampai 21.00 WIB di setiap harinya. Terdapat dua rute yang dilewati oleh Surabaya Bus. Jalur paling panjang dari layanan busa kota ini adalah R7/R8.

Rute tersebut dimulai dari Terminal Osowilangun (Surabaya), serta berakhir pada Terminal Intermoda Joyoboyo (Sawunggaling). Rute dari bus ini mencakup lebih dari 21 km.

Sementara untuk jalur yang paling pendek adalah SBT (Suroboyo Bus Tumpuk). Untuk jalur bus yang satu ini dimulai dari Terminal Purabaya (Sidoarjo), serta berakhir di Pirngadi (Bubutan). Rute ini memiliki panjang sekitar 12 km.

BACA JUGA: Rute Bus Surabaya Sightseeing and City Tour (SSCT) dan Cara Pesannya

Rute Surabaya Bus

rute surabaya bus
Unsplash/Evan Krause

Bagi Sedulur yang tertarik untuk menggunakan layanan ini, tentu harus tahu rute Surabaya Bus yang satu ini. Untuk lebih jelasnya lagi, langsung saja berikut ini rincian rute dan juga halte-halte yang dilalui oleh layanan bus kota tersebut.

  • Rute Purabaya – Rajawali (PP)

Halte Rajawali – Jembatan Merah – Veteran – Halte Tugu Pahlawan – Halte Alun Alun Contong – Halte Siola – Halte Tunjungan – Simpang Dukuh – Gubernur Suryo – Halte Panglima Sudirman – Halte Sono Kembang – Halte Urip Sumoharjo – Halte Santa Maria – Darmo – Marmoyo – Halte Joyoboyo 2 – Halte RSAL – Halte Margorejo – Halte Wonocolo – Halte UIN – Halte Jemur Ngawinan – Siwalankerto 2 – Kerto Menanggal – Teminal Purabaya.

Terminal Purabaya – Dukuh Mananggal – Siwalankerto – Taman Pelangi – RS Bhayangkara – UBHARA – PUSVETMA – Ketintang – Museum BI – RS Darmo – Basra – Kaliasin – Embong Malang – Blauran – Pringadi – Pasar Turi – Masjid Kemayoran – Indrapura – Rajawali.

  • Rute TIJ-TOW (PP)

Terminal Oso Wilangun (TOW) – Halte Yono Suwoyo – PTC – Halte Graha Family – UNESA – Babatan -Griya Babatan Mukti – Dukuh Karangan – Pondok Rosan – Taman Mozaik – Kecamatan Wiyung – Keramat – Gemol – Gogor – Mastrip – Pasar Ikan – Rusun Gunung Sari – Marmoyo – Halte Joyoboyo 2 – Terminal Intermoda Joyoboyo.

Tempat Umum yang Dilalui

Suroboyo Bus melayani berbagai rute strategis yang mencakup banyak tempat umum penting di Kota Surabaya. Sesuai dari rute yang sudah dijelaskan sebelumnya, berikut ini beberapa tempat umum yang dilalui oleh Suroboyo Bus tersebut.

  • Terminal Purabaya (Bungurasih)
  • Stasiun Gubeng
  • Stasiun Pasar Turi
  • Tunjungan Plaza
  • Grand City Mall
  • Jalan Raya Darmo
  • Jembatan Suramadu
  • Kebun Binatang Surabaya (Bonbin)
  • Masjid Al Akbar Surabaya
  • Rumah Sakit Dr. Soetomo
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  • Universitas Airlangga (UNAIR)
  • Monumen Kapal Selam (Monkasel)
  • Jalan Tunjungan
  • Taman Bungkul

Itulah informasi mengenai jadwal, tarif, pembayaran, hingga rute Surabaya Bus. Pastikan Sedulur memahami informasi di atas dengan betul, agar bisa menikmati layanan ini dengan maksimal.

Surabaya Bus sendiri merupakan inovasi transportasi yang tidak hanya menawarkan kenyamanan dan efisiensi. Dengan berbagai fasilitas modern dan metode pembayaran yang beragam, layanan ini menjadi solusi transportasi yang praktis bagi masyarakat Surabaya.

Oia, untuk menemani perjalanan Sedulur menggunakan bus. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menjalani setiap aktivitas sehari-hari.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.