rute kereta api pandanwangi

Bagi yang sedang mencari informasi mengenai rute Kereta Api Pandanwangi, maka sedang membaca artikel yang paling tepat. Perjalanan menggunakan kereta api sendiri memang sering menjadi pilihan terbaik untuk melakukan perjalanan ke berbagai daerah lain.

Kereta Api Pandanwangi sendiri merupakan salah satu layanan kereta api yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kereta yang satu ini melayani rute lokal di Jawa Timur, menghubungkan beberapa kota penting yang ada di provinsi tersebut.

Nah, berikut ini informasi penting mengenai jadwal, tarif, dan juga rute Kereta Api Pandanwangi. Perhatikan dengan betul bagi Sedulur yang memang membutuhkan informasi mengenai kereta api yang satu ini!

BACA JUGA: Rute Bus Surabaya Sightseeing and City Tour (SSCT) dan Cara Pesannya

Kereta Api Pandanwangi

rute kereta api pandanwangi
Unsplash/Jed Dela Cruz

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, KA Pandanwangi (Kereta Api Pandanwangi) adalah layanan kereta api yang dioperasikan oleh PT KAI (PT Kereta Api Indonesia) bagi penumpang kelas ekonomi dengan relasi Jember – Ketapang PP (Pulang Pergi).

Kereta api yang satu ini menjadi salah satu rangkaian dari kereta api lokal yang ada di GAPEKA (Grafik perjalanan kereta api) 2023. KA Pandanwangi sendiri mulai beroperasi dengan jadwal baru per 1 Juni 2023 dengan nomor KA 447 serta KA 445 untuk relasi Jember – Ketapang.

Sementara itu, untuk relasi yang sebaliknya yakni Ketapang – Jember, kereta api tersebut menggunakan nomor KA 446 dan KA 444.

Rute Kereta Api Pandanwangi

Kereta api Pandanwangi merupakan kereta api Lokal dengan rangkaian kelas ekonomi. Kereta ini yang menawarkan rute jarak yang terbilang pendek, yakni hanya menempuh jarak kurang lebih 112,218 kilometer saja.

Kendati demikian, kereta api yang satu seringkali menjadi pilihan moda transportasi yang bisa diandalkan oleh para pelanggan. Bagi mereka yang hendak menjalani perjalanan dari yang berada di jalur Ketapang ke Jember atau sebaliknya, sering memilih moda transportasi ini.

Nah, secara keseluruhan, perjalanan dari kereta api ini melewati Stasiun Jember, Stasiun Kalibaru, Stasiun Kalisat, Stasiun Temuguruh, Stasiun Kalisetail, Stasiun Banyuwangi Kota, Stasiun Rogojampi, dan tentu saja Stasiun Ketapang.

BACA JUGA: 10 Hotel Murah di Jember, Mulai di Bawah Rp100 Ribu

Jadwal Kereta Api Pandanwangi

kereta komuter surabaya pasuruan
Unsplash/Salman Rameli

KA Pandanwangi ini adalah kereta api reguler yang memiliki jadwal operasi setiap hari. Bahkan dalam satu hari, kereta api ini melakukan dua kali keberangkatan, baik itu dari Stasiun Jember ke Stasiun Ketapang maupun relasi yang sebaliknya.

Nah, berikut ini adalah jadwal KA Pandanwangi relasi Jember – Ketapang PP yang diambil dari pada GAPEKA 2023. Jadwal ini sudah berlaku mulai dari 1 Juni 2023.

1. Jadwal KA Pandanwangi relasi Jember – Ketapang

  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Jember – Stasiun Ketapang, yakni pukul 05.30 WIB dan 14.30 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Kalisat – Stasiun Ketapang, yakni pukul 05.52 WIB dan 14.53 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Kalibaru – Stasiun Ketapang, yakni pukul 06.43 WIB dan 15.40 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Kalisetail – Stasiun Ketapang, yakni pukul 07.02 WIB dan 16.00 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Temuguruh – Stasiun Ketapang, yakni pukul 07.13 WIB dan 16.11 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Rogojampi – Stasiun Ketapang, yakni pukul 07.33 WIB dan 16.31 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Banyuwangi Kota – Stasiun Ketapang, yakni pukul 07.47 WIB dan 16.46 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi tiba di Stasiun Ketapang, yakni pukul 08.00 WIB dan 17.00 WIB.

2. Jadwal KA Pandanwangi relasi Ketapang – Jember

  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Ketapang – Stasiun Jember, yakni pukul 10.00 WIB dan 18.40 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Banyuwangi Kota – Stasiun Jember, yakni pukul 10.15 WIB dan 18.55 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Rogojampi – Stasiun Jember, yakni pukul 10.30 WIB dan 19.09 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Temuguruh – Stasiun Jember, yakni pukul 10.44 WIB dan 19.28 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Kalisetail – Stasiun Jember, yakni pukul 10.55 WIB dan 19.39 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Kalibaru – Stasiun Jember, yakni pukul 11.19 WIB dan – 20.00 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi Stasiun Kalisat – Stasiun Jember, yakni pukul 12.07 WIB dan 20.48 WIB.
  • Jadwal KA Pandanwangi tiba di Stasiun Jember, yakni pukul 12.30 WIB dan 21.10 WIB.

BACA JUGA: Kereta Komuter Surabaya Pasuruan: Jadwal, Rute, dan Harga Tiket

Tarif Kereta Api Pandanwangi

komuter surabaya pasuruan
Unsplash/Mike Kotsch

Tarif tiket dari kereta api Pandanwangi untuk kelas ekonomi, yaitu hanya Rp8.000 saja. Biaya tiket tersebut adalah tiket kereta api tanpa tempat duduk. Untuk pembelian tiket, Sedulur bisa melakukannya sejak H-7 keberangkatan melalui web kai.id, KAI Access, maupun channel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI.

Tips Menggunakan Kereta Api Pandanwangi

Menggunakan Kereta Api Pandanwangi bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan nyaman selama Sedulur mempersiapkan diri dengan baik. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan Kereta Api Pandanwangi tersebut.

  • Untuk menghindari kehabisan tiket, Sedulur sebaiknya memesan tiket lebih awal. Sedulur bisa memesan tiket melalui beberapa cara yang sudah dikatakan sebelumnya.
  • Pastikan mengetahui jadwal keberangkatan kereta.
  • Datanglah ke stasiun setidaknya 30 menit sebelum keberangkatan untuk menghindari keterlambatan dan agar Sedulur memiliki waktu yang cukup untuk check-in dan mencari peron yang tepat.
  • Selalu bawa identitas diri seperti KTP, SIM, atau kartu pelajar. Identitas ini mungkin diperlukan saat pemeriksaan tiket atau untuk verifikasi data penumpang.
  • Meskipun perjalanan dengan Kereta Api Pandanwangi tidak terlalu lama, membawa camilan, air minum, atau makanan ringan bisa membuat perjalanan lebih nyaman.
  • Bawa buku, majalah, musik, atau perangkat elektronik untuk mengisi waktu selama perjalanan. Ini bisa membuat perjalanan Sedulur lebih menyenangkan.
  • Selalu jaga kebersihan selama berada di dalam kereta. Buang sampah pada tempatnya dan patuhi aturan yang berlaku di kereta untuk kenyamanan semua penumpang.
  • Pastikan barang bawaan selalu dalam pengawasan. Jangan meninggalkan barang berharga tanpa pengawasan dan simpan barang-barang penting di tempat yang aman.
  • Pastikan Sedulur tahu stasiun tujuan dengan jelas dan tahu bagaimana cara melanjutkan perjalanan setelah turun dari kereta.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai jadwal, tarif, dan rute kereta api Pandanwangi yang perlu untuk diketahui. Selain beberapa hal tersebut, pastikan untuk memahami beberapa tips yang telah dijelaskan!

Oia, untuk menemani perjalanan Sedulur menggunakan kereta. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Yumikrez. Cemilan kriuk satu ini bisa menjadi teman untuk menghabiskan waktu selama berada di perjalanan dengan sangat seru.

Tak hanya rasanya yang enak, Yumikrez juga memiliki kemasan besar yang krezi banget isinya. Harganya juga terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp. Jadi tidak akan sulit untuk menemukannya.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.