resort di banyuwangi

Banyuwangi memang menjadi tujuan utama para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai berpasir putih di Pulau Jawa. Bahkan, besarnya potensi wisata pantai ini membuat resort di Banyuwangi semakin menjamur dari tahun ke tahun.

Peningkatan fasilitas wisata ini tak lepas dari tingginya permintaan hotel berbintang baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Beragamnya potensi wisata juga ikut bertambah seperti pesona Gunung Ijen hingga Taman Nasional Meru Betiri.

Nah, bagi Sedulur yang ingin mencoba merasakan pengalaman menginap di resort terbaik Banyuwangi. Mari simak rekomendasinya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Hotel di Bromo Malang dengan View yang Keren

1. Ketapang Indah Hotel

resort di banyuwangi
Unsplash/Chandra Daru

Ketapang Indah Hotel jadi rekomendasi resort terbaik di Banyuwangi pertama. Hotel ini menyuguhkan pemandangan Pulau Bali yang cantik. Beberapa cottage dekat dengan pantai menawarkan pemandangan yang mempesona. Hotel ini juga punya konsep taman tropis yang luas, bersih, dengan jajaran pohon kelapa tertata rapi.

Bahkan, Ketapang Indah Hotel juga menyediakan kolam renang yang menghadap ke arah pantai secara langsung. Pastinya fasilitas ini bisa memberikan pengalaman berbeda untuk para wisatawan. Fasilitas lain yang tersedia di hotel ini juga cukup lengkap. Mulai dari ruang pertemuan, kids club, hingga tersedia shuttle service untuk antar jemput bandara.

Tak hanya itu, kuliner dan makanan yang lezat bisa menjadi santapan wisatawan yang menginap. Cocok banget untuk staycation bareng keluarga. Kamar yang bersih dengan connecting door juga tersedia bagi keluarga besar yang ingin menyewa cottage. Adapula Superior Room dan Garden Superior.

Lokasinya pun dekat dengan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Jaraknya dari Pelabuhan yang Ketapang hanya sekitar tujuh menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

  • Lokasi : Jalan Gatot Subroto KM 6, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Harga : Mulai dari Rp500 ribuan

2. Villa Solong

Villa Solong ini berada di Jalan Yos Sudarso, Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Menginap di hotel ini serasa berada di Ubud Bali. Sebab berjajar cottage berciri khas rumah Osing khas Banyuwangi, membuat lebih nyaman wisatawan.

Tak hanya itu, jajaran cottage rumah Using itu menghadap Selat Bali. Terdapat pula taman yang luas dengan rindangnya pohon kelapa, membuat menginap di sini seakan memiliki pantai secara privat.

Lokasinya berada di pinggir pantai yang sepi. Karena sangat nyaman, nggak heran kalau vila ini sering jadi langganan para artis. Staycation di hotel ini bisa menjadi pilihan untuk liburan keluarga. Apalagi hotel ini juga terkenal dan sempat dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo.

Villa Solong memiliki area terbuka hijau yang luas dengan view pantai Solong. Dengan panorama yang romantis, hotel ini juga sering dijadikan tempat foto prewedding dan honeymoon. Jika ingin menikmati villa yang nggak jauh dari Pelabuhan Ketapang. Letaknya hanya sekitar 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari Pelabuhan Ketapang.

  • Lokasi : Kaltak, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Harga : Mulai dari Rp990 ribuan

3. Jiwa Jawa Resort

Seperti yang telah kita ketahui, salah satu pantai di Banyuwangi yang ikonik adalah Pantai Plengkung atau yang juga banyak yang mengenalkan dengan nama G-Land. Pantai yang satu ini mempunyai ombak yang cukup besar, dan cocok digunakan untuk aktivitas surfing.

Jadi memang tidak heran jika para wisatawan lokal maupun mancanegara penasaran, dan ingin mencoba ‘mengendarai’ ombaknya yang terkenal legendaris tersebut. Menariknya lagi, para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tidak perlu khawatir terkait dengan akomodasi.

Terdapat beberapa penginapan yang bisa ditemukan di sekitar, salah satu yang paling sering menjadi pilihan adalah Jiwa Jawa. Penginapan ini menawarkan beberapa jenis kamar yang bisa dipilih sesuai keinginan pengunjung, seperti halnya kamar bungalow dan juga luxury glamping.

Bukan hanya itu, ada juga beberapa jenis kamar lain yang bisa dijadikan sebagai pilihan oleh para pengunjung di Jiwa Jawa. Masing-masing kamar pastinya juga telah dilengkapi dengan AC, mesin pembuat teh, serta beberapa fasilitas pendukung lain, tergantung jenis kamar yang dipilih.

  • Lokasi : Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Harga : Mulai dari Rp750 ribuan

4. Ijen Resort and Villas

Nama Ijen Resort and Villas sudah tersohor sejak dahulu, sebelum hotel-hotel besar bermunculan di Banyuwangi. Kalau hotel lainnya menawarkan pemandangan pantai dan laut, Ijen Resort and Villas punya pemandangan pegunungan dan persawahan yang sangat asri dan sejuk. Suasananya juga sangat tenang, mirip seperti di kawasan Ubud, Bali.

Fasilitas yang disediakan juga nggak kalah lengkap. Mulai dari kolam renang dengan pemandangan alam, taman, kafe, layanan laundry, dan juga ruangan untuk rapat.

Ijen Resort and Villas berada di Dusun Randu Agung, Desa Kluncing, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Sebelum masuk ke kawasan hotel, wisatawan akan menikmati pemandangan sawah yang asri di sepanjang jalan. Lokasi yang jauh dari keramaian membuat hotel ini menjadikan wisatawan tinggal di lokasi yang privat.

  • Lokasi: Randu Agung RT.01/RW.01, Krajan, Kluncing, Kec Licin, Kabupaten Banyuwangi.
  • Harga: Mulai dari Rp1,4 juta

5. Hotel Dialoog

Sedulur sedang mencari rekomendasi hotel Banyuwangi dekat pantai dengan pemandangan yang pantai indah? Jika iya, maka Dialoog Hotel bisa menjadi destinasi berikutnya yang dapat dikunjungi. Berada di bibir pantai, membuat hotel ini mempunyai pemandangan kamar cantik yang menghadap ke pantai.

Di Hotel Dialoog sendiri, tersedia beberapa tipe kamar yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Di antaranya seperti deluxe twin, deluxe double, deluxe ocean twin, deluxe ocean double, dan juga suite. Para pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang telah disediakan Dialoog Hotel.

Mulai dari spa, gym, kolam renang, sampai restoran bisa dinikmati di hotel yang satu ini. Selain itu, Sedulur juga bisa bersantai sambil menikmati pemandangan pantai di kursi-kursi yang sudah disediakan oleh pihak pengelola hotel tersebut.

Pemandangan pantai yang indah juga bisa didapatkan oleh para pengunjung sambil menikmati makanan yang ada di restoran hotel. Tentu saja hal ini menghadirkan pengalaman yang tidak akan pernah bisa dilupakan, bukan?

  • Lokasi : Jalan Yos Sudarso, Klatak, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Harga : Mulai dari Rp1,6 jutaan

BACA JUGA: 10 Spot Snorkeling Banyuwangi Paling Worth It, Karangnya Indah!

6. Watu Dodol Hotel

hotel banyuwangi dekat pantai
Unsplash/Chelsea Gates

Rekomendasi hotel Banyuwangi dekat pantai selanjutnya adalah Watu Dodol Hotel. Watu Dodol Hotel merupakan hotel dengan konsep cottage yang ada di Banyuwangi. Hotel ini beralamat di Jalan Raya Situbondo KM 14, Kalipuro, Banyuwangi.

Hanya saja, Watu Dodol Hotel hanya menyediakan satu tipe kamar, yaitu deluxe room. Kendati demikian, fasilitas yang ditawarkan oleh Watu Dodol Hotel ini cukup lengkap, mencakup kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan AC, televisi, kamar mandi pribadi, dan teras atau balkon dengan pemandangan laut.

Beberapa kamar yang tersedia di hotel ini bahkan menawarkan pemandangan langsung ke laut. Selain itu ada pula beberapa fasilitas yang dihadirkan. Beberapa di antaranya seperti kolam renang yang menghadap langsung ke pantai dan rumah makan dalam hotel.

Watu Dodol Hotel memang bisa dijadikan pilihan yang baik bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan di pantai Banyuwangi dengan kenyamanan dan fasilitas yang memadai. Jadi bagi Sedulur yang bingung dalam memilih hotel Banyuwangi yang dekat dengan pantai, Watu Dodol Hotel bisa menjadi alternatif.

  • Lokasi : Jalan Raya Situbondo No.Km 14, Gumukremuk, Ketapang, Watudodol, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Harga : Mulai dari Rp600 ribuan

7. Margo Utomo Kalibaru Resort

Resort satu ini menawarkan paket lengkap untuk berwisata dengan keluarga. Terletak di pegunungan Raung, hotel ini merupakan bagian dari perkebunan di sekitar Kalibaru. Terdapat pula peternakan sapi perah dan juga pembuatan keju.

Saat ini ada 95 ekor sapi berjenis Holstein Friesian yang ada di peternakan itu. Pemerahan dilakukan dengan cara modern, yaitu dengan alat pemerah susu, bukan dengan tangan. Pemasaran susu segar dijual ke daerah Banyuwangi, Jember hingga Bali. Sedangkan turunannya dibuat dalam bentuk Keju Mozarella.

Wisatawan yang datang kesini, juga akan disuguhkan berbagai tanaman perkebunan. Seperti kopi, kakao, karet hingga pembuatan gula aren dan gula kelapa. Banyak wisatawan mancanegara yang datang kesini hanya sekadar untuk menikmati suasana perkebunan dengan udara yang segar dan tenang.

  • Lokasi: Jl. Lap. No.10, Kalibaru Kulon, Dusun Krajan, Banyuanyar, Kec. Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi.
  • Harga: Mulai dari Rp350 ribu

8. The Wisma Pulau Merah

Rekomendasi hotel Banyuwangi dekat pantai yang berikutnya adalah The Wisma Pulau Merah. Pantai Pulau Merah sendiri menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang berlibur ke daerah Banyuwangi.

Keindahan dari pantai yang satu ini memang tidak dapat diragukan lagi. Jika ingin menikmati debur ombak yang merdu di malam hari serta pemandangan pantai nan ciamik di pagi hari, tidak ada salahnya untuk memilih bermalam di penginapan yang ada di dekat Pantai Pulau Merah.

Nah, salah satu penginapan yang direkomendasikan ada The Wisma Pulau Merah. Tersedia beberapa jenis kamar yang ditawarkan oleh The Wisma Pulau Merah, yakni family room, standard room, bahkan sampai villa with private garden.

Tentu saja setiap ruangan sudah dibekali dengan fasilitas WiFi, televisi, hingga AC. Bagi Sedulur yang ingin menikmati santap pagi di The Wisma Pulau Merah, telah disediakan pula beberapa pilihan menu yang bisa dipilih, mulai dari western sampai menu dengan citarasa lokal.

  • Lokasi : Jalan Pulau Merah, Dusun Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Harga : Mulai dari Rp300 ribuan

9. Grand Harvest Resort and Villas

Terletak di dataran tinggi Banyuwangi, Grand Harvest Resort and Villas menawarkan hotel dengan pemandangan gunung dan pepohonan hijau yang rimbun. Hotel ini juga memiliki kolam renang outdoor, perawatan spa dan akses WiFi gratis di seluruh area. Kamarnya juga sudah ber-AC lengkap dengan TV layar datar, meja rias dan minibar.

Fasilitas pembuat kopi atau teh juga sudah disiapkan bersama air mineral. Kamar mandi dalamnya menyediakan shower, pengering rambut dan peralatan mandi gratis. Beberapa tpe kamar bahkan memiliki kolam renang pribadi atau balkon untuk Sedulur bersantai.

Restoran dan cafe di hotel menyajikan berbagai hidangan Indonesia dan oriental, Ada banyak fasilitas dan kegiatan yang tersedia untuk kenyamanan Sedulur, seperti trek jogging, ATV dan bersepeda. Sedulur yang bepergian dengan anak dapat menikmati kolam renang anak atau memetik buah di kebun organik milik hotel.

Ada banyak wisata yang dekat dengan resort ini seperti Air Terjun Jagir yang berjarak 6.9 km dari hotel. Lalu Sedulur juga bisa snorkling di Pantai Green Bay yang terletak 16.4 km atau mendaki Kawah Ijen, satu jam dari hotel.

  • Lokasi: Dusun Krajan, Tamansari, Licin, Kabupaten Banyuwangi.
  • Harga: Mulai dari Rp600 ribu

BACA JUGA: 6 Tempat Ayam Kesrut Banyuwangi Terenak, Segar dan Pedas!

10. Lintang Luku Tent Resort

resort di banyuwangi
Unsplash/Jeremy Bishop

Lintang Luku Tent Resort adalah resort dengan konsep glamping yang terletak di Blimbingan, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Dengan lokasi resort yang berada di sekitar pepohonan hijau yang rindang dan gemercik suara alam yang menenangkan, tempat ini menawarkan pengalaman liburan yang unik dan menyegarkan.

Sedulur bisa merasakan momen pagi hari di Lintang Luku Tent Resort dengan cahaya mentari yang mempesona, menciptakan suasana yang hangat dan memikat. Spot glamping yang tersedia menawarkan penginapan dalam tenda-tenda berbentuk khas dengan berbagai fasilitas modern di dalamnya.

Setiap tenda dilengkapi dengan kasur yang empuk, pendingin ruangan, jaringan Wi-Fi, dan kamar mandi dalam untuk memberikan kenyamanan maksimal. Tirai di dalam tenda juga memastikan privasi tetap terjaga untuk Sedulur saat menginap di sana.

Selain penginapan yang nyaman, Lintang Luku Tent Resort juga menyediakan berbagai fasilitas dan sarana rekreasi. Mulai dari taman bermain anak, restoran dengan pemandangan alam yang memukau, hingga kolam renang yang menyegarkan, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas yang menyenangkan di tempat ini.

  • Lokasi: Dusun Glondok, RT.001/RW.001, Blimbingan, Licin, Kabupaten Banyuwangi.
  • Harga: Mulai dari Rp1,5 jutaan

Demikian tadi deretan rekomendasi resort di Banyuwangi yang bisa Sedulur pilih untuk berlibur bersama keluarga dan orang terkasih. Tak hanya menyajikan pesona pantai yang indah, ada banyak hotel yang juga menonjolkan pesona alam pegunungan di Banyuwangi.

Jadi kira-kira resort mana yang akan jadi pilihanmu nih? Semoga artikel kali ini bisa membantu dan memberikan referensi terbaik untukmu ya!