Resep chicken maryland

Semua bagian ayam bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan menarik. Salah satu olahan ayam yang unik kali ini datang dari Amerika Serikat, yaitu chicken maryland ayam maryland. Resep chicken maryland sendiri terkenal lezat karena proses memasak ayam melewati marinasi dan pembuatan saus khusus sebagai cocolannya.

Di Amerika sendiri, olahan ayam ini termasuk sebagai makanan tradisional kedaerahan. Sehingga penampilannya cukup berbeda dengan ayam KFC atau ayam tepung biasa. Bila diperhatikan lebih seksama, maka resep chicken maryland akan cukup mirip dengan menu banana fried dan corn fritture karena penggunaan tepung panir sebagai bahan utamanya. Lantas, bagaimana cara membuat resep chicken maryland? Simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: Resep Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kemiri, Gurih dan Enak

Chicken maryland

resep chicken maryland
Taste Atlas

Sebelum masuk ke pembahasan resep, Sedulur perlu tahu apa itu chicken maryland dan darimana asal makanan satu ini. Chicken maryland adalah ayam goreng dari maryland, salah satu negara bagian di Amerika Serikat.

Menu chicken maryland disajikan dengan saus krim gravy. Ayam maryland digoreng di wajan dan ditutup dengan erat setelah mulai menguning sehingga ayamnya sepeti dikukus sekaligus digoreng. Susu atau krim digunakan untuk menciptakan krim gravy berwarna putih, ini merupakan salah satu ciri lainnya dari maryland.

Di tempat asalnya, chicken maryland terbuat dari tepung panir dan ayam negeri yang dibumbui dengan bumbu bubuk barbeque kemudian diberi tepung dan digoreng. Disajikan juga bersama kentang goreng, saus tartar dan salad hasil rebusan.

Bahan yang dibutuhkan

resep chicken maryland
The Guardian

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat chicken maryland yaitu:

  • 4 potong ayam fillet
  • ½ sdt pala bubuk
  • 50 gr tepung terigu
  • 1 butir telur, kocok
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 100 gr tepung roti atau tepung panir
  • 1 buah pisang
  • 15 gr brokoli
  • 150 ml olive oil

Bahan saus

IDN Times

Bahan saus yang Sedulur butuhkan dalam resep chicken maryland adalah sebagai berikut:

  • 1 sdm margarin
  • 20 gr bawang bombay, cincang
  • 1 sdm tepung terigu
  • 250 gr susu cair
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt pala bubuk
  • 1 sdt garam

BACA JUGA: Resep Soto Ceker Tanpa Santan, Segar dan Gurih

Cara membuatnya

Serious Eats

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat chicken maryland Sedulur siapkan, Sedulur bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk membuatnya. Adapun langkah-langkah yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

1. Marinasi ayam terlebih dahulu

Pinterest

Langkah pertama yang perlu Sedulur lakukan adalah dengan memarinasi ayam. Pukul-pukul ayam bagian dada yang telah difiller hinga pipih dan melebar. Kemudian marinasi dengan menggunakan garam, pala bubuk dan merica. Lalu diamkan ayam selama 15-20 menit.

Akan semakin nikmat jika ayam dimarinasi dalam waktu yang lama. 15-20 menit merupakan waktu yang singkat dan sebenarnya sudah cukup untuk membuat bumbu meresap ke dalam ayam. Namun akan lebih baik jika dimarinasi dengan waktu lebih lama. Sedulur bisa memarinasi ayam selama semalam dan simpan ayam di kulkas.

2. Lumuri ayam dengan tepung

Setelah ayam dimarinasi, dan bumbu telah menyerap sempurna di dalam ayam. Selanjutnya lumuri ayam dengan tepung terigu, lalu celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok dan Sedulur siapkan. Terakhir, lapisi ayam dengan tepung roti.

Langkah ini sebagaimana yang dilakukan untuk membuat ayam tepung atau fried chicken. Hanya saja membuat fried chicken biasa, ayam tidak dilumuri tepung roti. Hanya dilumuri tepung biasa saja.

BACA JUGA: Resep Ayam Panggang Banjar, Masakan Khas Banjarmasin

3. Goreng ayam

NY Times

Langkah selanjutnya yaitu menggoreng ayam yang telah dilumuri oleh tepung. Sedulur bisa memanaskan olive oil. Lalu goreng ayam hingga kuning kecokelatan atau ayam telah matang. Setelah matang angkat ayam dan tiriskan.

4. Buat saus bechamel dan sajikan

Terakhir yaitu membuat saus bechamel dengan memanaskan margarin hingga meleleh. Kemudian tumis bawang bombay sampai layu. Masukkan tepung terigu, susu cair, merica, pala, dan garam. Aduk sampai merata dan kemudian angkat.

Terakhir Sedulur bisa memanaskan margarin, lalu tumis brokoli dan pisang hingga layu. Siapkan piring dan tata chicken maryland, brokoli, dan pisang di atas piring. Kemudian tuang saus di atas ayam. Sajikan selagi hangat dan nikmati bersama keluarga di rumah.

Demikian tadi cara dan tips untuk membuat resep chicken maryland yang bisa jadi pilihan Sedulur. Makanan satu ini dijamin bisa memanjakan lidah keluarga saat makan siang maupun makan malam. Rasanya yang gurih dengan saus bechamel memang membuat makanan ini begitu lezat.

Namun, supaya Sedulur bisa semakin mudah membuat resep chicken maryland di atas, bisa belanja dan beli bahan-bahan memasak resep di Aplikasi Super. Tersedia lengkap bahan untuk berbagai resep mulai dari bumbu dapur, tepung, sampai minyak goreng. Belanja di Aplikasi Super juga praktis karena setiap pesanan Sedulur akan diantar langsung sampai depan rumah dengan tepat waktu dan akurat.

Jadi bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, bisa segera mencarinya di Google PlayStore sekarang juga ya!