Butuh asupan serat yang tinggi untuk tubuh? Sedulur bisa mendapatkannya dari makanan tinggi serat. Simak daftarnya di bawah ini!

Tubuh memerlukan asupan serat yang tinggi, jika tubuh kekurangan serat akan berdampak pada kesehatan tubuh itu sendiri. Sedulur bisa mendapatkannya dari makanan yang mengandung serat tinggi. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan mengulas daftar makanan berserat tinggi, baik itu buah berserat tinggi, sayuran tinggi serat atau olahan makanan lain.

Buah yang mengandung serat tinggi adalah alpukat contohnya, sedangkan makanan yang mengandung serat dan protein yaitu gandum. Terdapat juga beberapa makanan yang mengandung serat untuk diet, makanan kaya serat untuk pencernaan dan makanan berserat untuk pencernaan. Yuk kita langsung saja simak daftar makanan tinggi serat yang bisa dikonsumsi oleh kita semua dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Belanja Buah Super Murah? Coba di Super Eats Aja!

Daftar Makanan Tinggi Serat yang Wajib Sedulur Konsumsi Rutin!

1. Brokoli

1. Brokoli
kompas.com

Daftar makanan pertama adalah sayuran yang mengandung serat tinggi, yaitu brokoli. Brokoli merupakan sayuran yang sudah tidak asing lagi dikonsumsi, banyak pedagang di pasar yang menjual brokoli. Dalam 100 gram brokoli, mengandung 2.6 gram serat yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan serat setiap harinya.

Brokoli juga mengandung vitamin C, K, B, kandungan asam folat, potassium dan zat besi. Kandungan tersebut juga akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

2. Alpukat

2. Alpukat
tirto.id

Selain lezat, buah alpukat juga sangat menyegarkan. Makanan tinggi serat satu ini telah dikenal mengandung berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh. Sebagai makanan diet, buah alpukat sangat cocok. Hal tersebut dikarenakan buah alpukat merupakan makanan alami yang mengandung tinggi serat dan rendah kalori.

Kandungan lemak sehat dalam alpukat juga sangat baik untuk tubuh. Ditambah kandungan vitamin C, kalsium, magnesium, vitamin E, dan vitamin B yang akan sangat bermanfaat untuk tubuh. Dalam 100 gram alpukat, mengandung 6.7 gram serat, sangat cukup untuk kebutuhan serat setiap harinya.

3. Kacang Lentil

3. Kacang Lentil
detik.com

Selain sayuran dan buah-buahan, kacang dan biji-bijian juga mengandung serat tinggi. Kacang lentil merupakan makanan tinggi serat selanjutnya yang wajib Sedulur konsumsi. Kandungan protein dan serat yang sangat tinggi dalam kacang lentil akan sangat bermanfaat untuk tubuh Sedulur.

Dalam 100 gram kacang lentin, terkandung 8.6 gram serat. Sedulur bisa mengkonsumsi kacang lentil dengan berbagai cara, banyak resep olahan makanan yang menggunakan kacang lentil sebagai bahan utamanya.

4. Kacang Polong

4. Kacang Polong
idntimes.com

Kacang polong sudah terkenal dengan manfaatnya terhadap tubuh. Banyak khasiat kacang polong yang dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Dalam 100 gram kacang polong, mengandung 8.3 gram serat yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan serat bagi tubuh di setiap harinya. Sedulur bisa mengolah kacang polong menjadi berbagai olahan makanan atau juga mengolah kacang polong menjadi camilan.

Baca Juga: Tips Super Memilih Sayur & Buah, Sedulur Wajib Tahu!

5. Raspberries

5. Raspberries
womantalk.com

Makanan tinggi serat selanjutnya yaitu buah-buahan. Raspberries merupakan buah-buahan jenis berry, seperti strawberry, blueberry dan blackberry. Buah satu ini banyak disukai oleh orang banyak, selain warnanya yang cantik, rasa dari buah ini juga sangat unik.

Kandungan buah ini memiliki vitamin C dan manganese yang cukup tinggi. Selain itu kandungan serat yang sudah jelas sangat tinggi dalam buah ini sangat dapat memenuhi kebutuhan serat setiap harinya. Dalam 100 gram buah raspberries, terdapat 6.5 gram serat.

6. Gandum

6. Gandum
detik.com

Salah satu biji-bijian yang berbagai jenis olahannya telah sering kita nikmati. Gandum merupakan biji-bijian yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti berbagai macam vitamin, mineral, dan juga kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Selain itu, gandum juga merupakan makanan yang mengandung serat larut yang tinggi, yang disebut juga dengan nama beta glukan. Serat tersebut memiliki efek yang baik untuk menjaga kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Dalam 100 gram gandum, mengandung 10.6 gram serat, sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

7. Popcorn

7. Popcorn
dapurkobe.co.id

Dengan camilan satu ini tentu saja Sedulur sangat akrab. Bahkan, ketika menonton film di bioskop, Sedulur seringkali memesan camilan popcorn ini. Popcorn merupakan makanan atau camilan yang terbuat dari jagung kering yang dipanaskan. Ketika dipanaskan, jagung kering akan meletup dan mengembang menjadi popcorn.

Popcorn ternyata mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 100 gram popcorn mengandung sekitar 14.5 gram serat, sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan harian serat bagi tubuh. Namun, walaupun mengandung tinggi serat, Sedulur tetap harus sewajarnya mengkonsumsi popcorn, jangan terlalu berlebihan.

8. Kacang Almond

8. Kacang Almond
tribunnews.com

Makanan tinggi serat selanjutnya adalah kacang almond. Kacang almond merupakan makanan tinggi serat yang sangat enak dan bisa kita jumpai di berbagai olahan makanan, biasanya digunakan sebagai topping pada kue dan es krim. Selain mengandung tinggi serat, terdapat beberapa kandungan yang terdapat dalam kacang almond.

Seperti vitamin E, manganese, fosfor, dan kalsium. Daftar kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh dan sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap fit dan sehat. Dalam 100 gram kacang almond, terkandung 12.5 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

9. Coklat Hitam

9. Coklat Hitam
beritasatu.com

Banyak orang yang menyukai coklat, selain aromanya yang wangi coklat juga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk serat. Dalam 100 gram coklat hitam, terkandung sekitar 10.9 gram serat yang ada di dalamnya, dan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, coklat hitam juga kaya akan antioksidan yang dapat membuat tubuh Sedulur menangkal berbagai virus dan bakteri yang berasal dari polusi udara dan juga kotoran seperti debu dan lain sebagainya.

10. Chia Seeds

10. Chia Seeds
merdeka.com

Chia seeds merupakan biji-bijian berwarna hitam yang memiliki ukuran sangat kecil. Makanan satu ini dikenal karena beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan juga beberapa kandungan gizi yang tinggi yang terdapat pada chia seeds. Chia seeds mengandung magnesium, fosfor dan kalsium dalam jumlah tinggi. Selain itu dalam 100 gram chia seeds mengandung sekitar 34.4 gram serat. Sangat tinggi dibanding makanan tinggi serat lainnya.

Masih banyak lagi daftar makanan tinggi serat yang bisa Sedulur konsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat bagi tubuh Sedulur. Namun, daftar makanan tinggi serat yang diulas di atas merupakan makanan yang paling umum dikonsumsi dan merupakan makanan tinggi serat yang mudah ditemui.

Sedulur wajib membeli dan menyediakan daftar makanan tinggi serat di atas, agar tubuh tidak kekurangan serat dan tetap mendapatkan asupan yang seimbang. Sedulur bisa membeli dan menyediakan makanan tinggi serat dengan membelinya di Aplikasi Super.

Melalui Super Eats dari Aplikasi Super, Sedulur bisa belanja berbagai kebutuhan sehari-hari dengan cara yang super mudah dan mendapatkan harga yang murah. Sedulur bisa klik di sini untuk cek langsung daftar barang yang tersedia di Aplikasi Super. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, bagi yang ingin mencobanya melalui aplikasi di smartphone. Selamat mencoba!