teller bank

Sedulur yang pernah mengunjungi bank tentu tidak asing dengan sosok teller. Biasanya, seorang teller bank berjaga di area konter dan bertugas membantu nasabah melakukan proses transaksi. Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa keberadaan profesi ini cukup penting dalam dunia perbankan khususnya untuk keperluan pelayanan kepada nasabah.

Ingin tahu lebih jauh mengenai pekerjaan teller bank? Berikut sudah dirangkum informasi selengkapnya. Mulai dari definisi, kualifikasi atau persyaratan, hingga tugas dan tanggung jawab. Yuk, langsung disimak artikelnya di bawah ini!

BACA JUGA: Mengenal Corporate Relations Beserta Tugas dan Fungsinya

Mengenal profesi teller bank

teller bank
iStock

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih jauh mengenai pekerjaan teller bank, ada baiknya Sedulur memahami definisinya terlebih dahulu.

Dihimpun dari berbagai sumber, teller bank atau juga biasa disebut frontliner adalah pegawai yang bertugas untuk membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. Mereka biasanya akan berjaga di konter yang terletak di area depan sehingga juga langsung berhadapan dengan ruang tunggu nasabah. Sehingga teller juga sekaligus menjadi garda terdepan yang akan menentukan reputasi bank khususnya dalam hal pelayanan kepada nasabah.

BACA JUGA: Legal Officer: Pengertian, Deskripsi Pekerjaan, dan Skill Wajib

Kualifikasi teller bank

teller bank
iStock

Untuk dapat menjalankan tugas dengan baik, seorang teller bank harus memenuhi sejumlah persyaratan termasuk menguasai keterampilan tertentu. Berikut syarat atau kualifikasi seorang teller bank yang perlu Sedulur ketahui, terlebih jika tertarik untuk berkarier di bidang tersebut.

  1. Pendidikan

Lowongan untuk posisi teller biasanya mensyaratkan pendidikan minimal lulusan diploma tiga (D-3). Namun ada pula bank tertentu yang memperbolehkan lulusan SMA untuk melamar posisi tersebut. Di sisi lain, kebanyakan bank tidak memberikan syarat terkait jurusan atau bidang ilmu tertentu, sehingga lulusan dari segala jurusan bisa mendaftar sebagai teller bank. Sebab nantinya para calon teller akan mendapatkan pelatihan khusus.

  1. Hard skill

Meski lowongan teller bank sering kali dibuka untuk semua jurusan, seorang kandidat diharapkan memiliki keterampilan tertentu yang akan mendukung pekerjaannya. Beberapa keahlian yang perlu dikuasai oleh teller bank, adalah menguasai operasi komputer, hitungan dasar, dan bahasa Inggris.

  1. Soft skill

Seorang teller juga diharapkan memiliki sejumlah soft skill atau keterampilan yang akan mendukung pekerjaan. Terlebih mereka banyak berhubungan dengan nasabah sehingga diperlukan sejumlah keterampilan untuk dapat memberikan pelayanan terbaik. Di antaranya adalah keterampilan komunikasi, disiplin, teliti, ramah, dan memahami tentang pelayanan kepada pelanggan.

  1. Berpenampilan menarik

Disinggung sebelumnya, teller merupakan garda terdepan yang akan menentukan citra atau reputasi bank di mata nasabah. Oleh karenanya, seorang teller diharapkan bisa memberikan kesan baik saat berhubungan dengan nasabah bank, termasuk dengan berpenampilan menarik. Artinya ia dapat menjaga penampilannya sehingga terlihat rapi dan memberikan rasa nyaman bagi nasabah.

BACA JUGA: Kisaran Gaji Data Analyst di Indonesia, Menggiurkan!

Tugas dan tanggung jawab

Sementara, berikut uraian mengenai tugas dan tanggung jawab teller bank secara lebih terperinci.

1. Melayani nasabah

Depositphotos

Secara umum, tugas seorang teller adalah memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. Adapun pelayanan yang diberikan terutama berkaitan dengan transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Sehingga teller diharapkan bisa memberikan solusi khususnya terkait dengan transaksi perbankan.

2. Berjaga di area konter

Depositphotos

Lantaran bertugas untuk melayani nasabah secara langsung, seorang teller bank harus senantiasa berjaga di area konter. Apabila ada keperluan lain yang mengharuskannya meninggalkan area konter, ia harus memastikan terdapat petugas lain yang berjaga. Dengan begitu, pelayanan kepada nasabah bisa terus dilakukan tanpa adanya halangan yang dapat menyebabkan kerugian.

3. Melakukan pengecekan identitas nasabah

iStock

Salah satu tugas penting yang harus dijalankan oleh seorang teller adalah melakukan pengecekan data nasabah khususnya terkait identitas mereka. Hal ini mengingat pekerjaan seorang teller banyak berhubungan dengan transaksi keuangan dan dokumen penting.

4. Membantu transaksi keuangan nasabah

iStock

Selanjutnya, teller bertanggung jawab untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan. Mulai dari setor tunai, penarikan dana, dan transfer. Selain itu mereka juga bertugas memberikan pelayanan transaksi perbankan lain, seperti membayar tagihan, deposito, hingga tabungan pensiun.

5. Melakukan pemeriksaan kas

Depositphotos

Berikutnya, seorang teller juga bertugas untuk melakukan pemeriksaan kas. Dalam hal ini, pemeriksaan kas yang dimaksud adalah mereka akan menghitung transaksi yang dilakukan selama waktu kerja menggunakan alat penghitung khusus. 

6. Input data transaksi

teller bank
Depositphotos

Selain menghitung kas atas transaksi yang dilakukan setiap harinya, teller bank juga harus memasukkan atau input data transaksi ke dalam sistem komputer bank. Melalui data tersebut, akan diperoleh tanda terima yang kemudian divalidasi oleh teller.

7. Memeriksa uang yang disetorkan oleh nasabah

Depositphotos

Salah satu transaksi yang umum dilakukan oleh nasabah melalui teller adalah setor tunai. Dalam hal ini, seorang teller tidak hanya bertugas menerima uang yang diserahkan oleh nasabah namun juga memeriksanya secara teliti. Prosedur tersebut dimaksudkan untuk menghindari kerugian, seperti adanya uang palsu atau jumlah uang yang tidak sesuai dengan nominal yang ingin disetorkan.

8. Melakukan identifikasi kesalahan transaksi

Depositphotos

Dalam kondisi tertentu, teller bisa dihadapkan pada masalah adanya kesalahan transaksi seperti debut dan kredit yang tidak seimbang. Untuk itu, mereka harus bisa melakukan identifikasi terhadap kesalahan tersebut dan menemukan solusi untuk mengatasinya.

9. Melakukan tugas administrasi bank

iStock

Tugas yang berikutnya adalah menyelesaikan urusan administrasi bank. Pekerjaan administrasi perbankan di sini meliputi pengarsipan, pencatatan, hingga memasukkan data ke sistem komputer. Oleh sebab itu, keterampilan operasi komputer menjadi salah satu kualifikasi yang harus dipenuhi oleh seseorang yang ingin melamar posisi teller.

10. Melakukan pelayanan cek tunai dan deposit

iStock

Bentuk pelayanan lain yang juga diberikan oleh teller kepada nasabah adalah cek uang tunai dan uang deposit. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa jumlah uang dan slip setoran sudah tepat.

11. Memberikan informasi seputar produk dan layanan bank kepada nasabah

iStock

Seorang teller juga bertugas untuk memberikan informasi seputar produk dan layanan bank kepada nasabah. Terlebih jika layanan tersebut berhubungan dengan transaksi yang sedang dilakukan. Selain dapat memudahkan proses transaksi, informasi tersebut juga bisa menarik minat nasabah untuk menggunakan produk atau layanan tersebut.

12. Melakukan pekerjaan sesuai prosedur

teller bank
iStock

Setiap pekerjaan tentu memiliki prosedur tersendiri yang harus diikuti. Demikian juga dengan pekerjaan teller, yang selain mengurus masalah administrasi juga memberikan pelayanan kepada nasabah. Agar tujuan atau target pekerjaan tersebut bisa tercapai dengan baik, seorang teller harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak bank terkait.

Demikian ulasan mengenai pekerjaan teller bank khususnya terkait tugas dan tanggung jawabnya. Nah, apakah Sedulur tertarik untuk berkarier sebagai teller?