Ibu Super sedang hamil? Agar tetap janin tetap sehat dan masa kehamilan lancar, Ibu Super harus tahu posisi tidur ibu hamil yang baik dan benar.

Terdapat beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Tidak boleh asal daan sembarang tidur dengan posisi bebas. Hal tersebut akan menentukan posisi janin saat ibu tidur. Oleh karena itu, cara tidur ibu hamil merupakan salah satu hal penting yang perlu dan wajib diketahui.

Dengan mengetahui posisi tidur ibu hamil, Ibu Super juga akan tahu posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil seperti apa dan bagaimana saja posisi  tidur yang baik untuk ibu hamil 5 bulan. Salah satu posisi tidur ibu hamil yang menjadi pilihan adalah tidur miring saat hamil. Hal tersebut sekaligus menjawab pertanyaan bolehkah ibu hamil tidur miring ke kanan.

Cara tidur yang baik akan menentukan posisi janin, baik saat ibu tidur terlentang atau pun tidur miring. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 4 bulan berbeda dengan posisi tidur saat hamil 9 bulan. Posisi tidur ibu hamil tua biasanya akan menentukan proses persalinan nantinya. Yuk, mending kita langsung saja simak beberapa daftar posisi tidur ibu hamil dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 14 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil. Ibu Super Wajib Catat!

Daftar Posisi Tidur Ibu Hamil yang Wajib Ibu Super Ketahui!

1. Posisi Tidur Tengkurap

1. Posisi Tidur Tengkurap
nuvanna.com

Posisi tidur ibu hamil yang pertama adalah posisi tidur tengkurap. Posisi tidur ini baik untuk ibu hamil dalam usia kehamilan satu bulan. Ibu Super juga bisa menggunakan bantal untuk perut saat tidur dalam posisi ini hal tersebut untuk melindungi janin dalam rahim yang belum terlalu besar.

2. Tidur Telentang

2. Tidur Telentang
orami.co.id

Posisi tidur ibu hamil yang kedua adalah posisi dengan tidur terlentang. Posisi ini untuk ibu hamil yang menginjak usia kehamilan dua bulan. Setelah melewati masa dua bulan, atau memasuka trimester kedua dan ketiga, posisi tidur telentang harus dihindari. Hal tersebut akan memberikan dampak buruk bagi pertumbuhan janin dan juga bagi kesehatan Ibu Super.

3. Tidur Miring

3. Tidur Miring
orami.co.id

Posisi tidur bagi ibu hamil selanjutnya adalah tidur miring, baik ke arah kanan atau kiri. Posisi tidur ibu hamil dengan tidur miring akan baik bagi ibu hamil. Manfaat tidur miring ke kanan saat hamil akan dapat memberikan kenyamanan dan membuat Ibu Super tidur nyenyak. Dengan posisi tidur miring atau menyamping akan memungkinkan oksigen dan nutrisi mengalir secara optimal ke janin di dalam rahim.

4. Tidur Posisi Tiga Perempat

4. Tidur Posisi Tiga Perempat
verywellfamily.com

Jika posisi tidur menyamping atau miring, baik ke arah kiri atau kanan tidak cukup memberikan kenyaman untuk tidur. Ibu Super bisa mencoba posisi tidur tiga perempat. Posisi tidur ini dapat membantu Ibu Super menopang kepala lebih mudah. Posisi tidur ini juga akan bermanfaat bagi masa menyusui kelak.

Cara melakukan posisi tidur ini super mudah, Ibu Super tinggal mempertahankan satu kaki ditekuk dan satu kaki lain terentang dengan bantal di antara paha. Hal tersebut dapat memungkinkan aliran darah mengalir dengan baik dan mengurangi ketegangan otot dan persendian ibu hamil.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Daun Singkong Untuk Ibu Hamil

5. Posisi Tidur Masa Hamil 7-9 Bulan

5. Posisi Tidur Masa Hamil 7-9 Bulan
reviewgeek.com

Saat masa kehamilan, Ibu Super harus menyiapkan bantal kehamilan untuk digunakan sebagai penopang. Bantal kehamilan akan membantu masa tua kehamilan untuk mendapatkan posisi tidur yang baik. Posisi tidur di masa hamil ini pun beragam, bisa posisi tidur miring atau terlentang. Sesuai kenyamanan Ibu Super, namun pastikan Ibu Super nyaman dan tidak kekurangan oksigen.

6. Posisi Tidur Agar Lebih Nyenyak

6. Posisi Tidur Agar Lebih Nyenyak
healthline.com

Masa kehamilan merupakan masa yang penuh cobaan bagi setiap ibu hamil. Terumata untuk dapat tidur nyenyak. Jika beberapa posisi tidur tidak kunjung membuat nyenyak, Ibu Super bisa melakukan beberapa cara dibawah ini agar dapat tidur dengan nyaman:

  • Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti soda, kopi dan teh.
  • Hindari minum banyak cairan dan hindari mengkonsumsi makanan menjelang waktu tidur.
  • Biasakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama, membuat rutinitas baru yang baik untuk kenyamanan tidur.
  • Hindari olahraga atau kurangi gerak ketika Ibu Super hendak tidur.
  • Ikuti kelas yoga dan konsultasi dengan pakar yoga kehamilan untuk tidur lebih nyaman.

Semoga penjelasan mengenai posisi tidur ibu hamil di atas bisa memberikan referensi bagi Ibu Super yang sedang hamil. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan makanan dan minuman yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Ibu Super bisa membelinya di Super Eats Aplikasi Super, klik di sini untuk cek kelengkapan barangnya. Ibu Super juga bisa download Aplikasi Super dan cek kelengkapan barang melalui smartphone. Ibu Super bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Selamat mencoba!